Tiga Perwira Taiwan Didakwa Lalai Meluncurkan Rudal Hsiu Feng III

Masih ingat penembakan rudal yang dilakukan korvet Taiwan yang meledakkan kapal pukat nelayan sebulan lalu ? Kini hasil penyelidikan sudah menunjukkan penyebab dan personel yang bersalah pada kejadian itu.

Insiden penembakan kapal pukat nelayan oleh Hsiung-feng III tersebut menurut Presiden Taiwan merusak citra militer Taiwan dan menimbulkan kemarahan Beijing.

Personel Kao Chia-chun didakwa melakukan kelalaian yang menyebabkan kematian dan korban luka-luka serta merusak persenjataan militer. Atasannya Chen Ming-hsiu dan Letnan Hsu Po-wei, yang bertanggung jawab untuk mengawasi persenjataan korvet Taiwan, didakwa mengabaikan tugasnya yang berakibat menimbulkan bencana.

Saat itu Kao Chia-chun berlatih sendirian menembakkan rudal tanpa pengawas selama tujuh menit. Meskipun sistem persenjataan saat itu sedang dalam ‘mode tempur’, Kao Chia-chun tidak menyadari kalau rudal Hsiung-feng III nomor 3 dan nomor 4 sudah dalam mode ‘siap tembak’. Kao kemudian menekan tombol ‘allow launch’ kemudian tombol ‘launch missile’ dan ‘confirm’ yang kemudian meluncurkan rudal.

Satu rudal meluncur selama dua menit, dan dengan sistem seeker yang dimilikinya, rudal otomatis mencari target sebelum mengunci sebuah kapal nelayan di perairan lepas Taiwan dan meledakannya.

Tinggalkan komentar

Most Popular

Komentar