India Sukses Uji Rudal Anti-Tank Berpemandu Laser

Jakartagreater – Sebuah Rudal anti-tank berpemandu laser yang dikembangkan di dalam negeri India telah berhasil diuji coba oleh Organisasi Penelitian dan Pengembangan Pertahanan atau DRDO India, pada jarak tembak di Ahmednagar Maharashtra, kata pejabat India, 23-9-2020, dirilis NDTV.com.

Senjata itu, memiliki jangkauan hingga 4 km, telah diuji coba dari MBT Arjun Tank di KK Ranges di Armored Corps Center and School (ACC & S) di Ahmednagar pada hari Selasa 28-9-2020, kata mereka.

Rudal berpemandu anti-tank dipandu laser (ATGM) kemungkinan akan secara signifikan meningkatkan kemampuan daya tembak Angkatan Darat India terutama di sepanjang perbatasan dengan Pakistan dan China, kata para pejabat.

Menteri Pertahanan Rajnath Singh memberi selamat kepada Organisasi Penelitian dan Pengembangan Pertahanan (DRDO) atas keberhasilan uji coba penembakan ATGM.

“Selamat kepada @DRDO_India karena telah berhasil melakukan uji tembak Rudal Dipandu Anti Tank Laser dari MBT Arjun di KK Ranges (ACC & S) di Ahmednagar. India bangga dengan Tim DRDO yang dengan tekun bekerja untuk mengurangi ketergantungan impor dalam waktu dekat,” katanya di-tweet.

Para pejabat mengatakan ATGM mencapai target dengan akurasi dan presisi total.

“Rudal tersebut menggunakan hulu ledak panas tandem untuk mengalahkan kendaraan lapis baja yang dilindungi lapis baja reaktif eksplosif. Rudal itu telah dikembangkan dengan kemampuan peluncuran beberapa platform dan saat ini sedang menjalani uji evaluasi teknis dari senjata MBT Arjun,” kata seorang pejabat.

Arjun adalah tank tempur utama generasi ketiga yang dikembangkan oleh DRDO.

Tinggalkan komentar