Nov 242018
 

Jet tempur generasi kelima, F-35A Angkatan Udara AS © US Air Force

JakartaGreater.com – Angkatan Udara AS (US Air Forces) telah memposting informasi terbatas tentang Tim Aerobatik Udara F-35A (F-35A Demo Team) baru untuk Pameran Udara 2019 mendatang, seperti dilansir dari laman The Aviationist.

Informasi tersebut muncul di hari Rabu, 21 Nopember 2018 pada halaman Acara Udara resmi Komando Tempur Udara USAF. Halaman web ini menjadi tuan rumah informasi resmi tentang berbagai tim demonstrasi penerbang Tempur Udara yang mencakup Tim Demo F-22 Raptor, Tim Demo A-10C Thunderbolt II, Tim Demo F-16 “Viper” dan Tim Penerbang Warisan.

Angkatan Udara AS belum merilis informasi spesifik tentang bagaimana atau kapan Tim Aerobatik F-35A akan tampil berbeda di musim demonstrasi 2018, tetapi nama tim baru mungkin mengisyaratkan demonstrasi penerbang F-35A Lighting II secara terpisah dari formasi Heritage Flight.

Jika F-35A menerbangkan aerobatik solo dibawah penunjukan tim baru, maka rutinitas ini dapat mencakup beberapa penerbangan aerobatic, meskipun Komando Tempur Udara tidak menawarkan rincian tentang rutinitas demonstrasi dari tim tersebut.

Kapten Andrew “Dojo” Olson menampilkan “high-speed pass” dari jet tempur F-35A Lightning II © US Air Force

Pada halaman baru adalah tampilan yang mungkin untuk patch Tim Aaerobatik F-35A, Bendera AS berkibar dilatar belakang patch dengan tampilan depan F-35A seperti yang terlihat di banyak patch unit F-35. Patch itu memiliki prasasti “F-35A Lightning II Demo Team”. Elemen kreatif yang cerdas adalah garis-garis pada latar belakang bendera yang membentuk petir.

F-35A Lightning II telah menerbangkan demonstrasi penerbangan terbatas di pameran-pameran udara tetapi biasanya sebagai bagian dari demonstrasi Penerbangan Warisan atau Heritage Flight, yakni sebuah formasi dari beberapa generasi pesawat tempur yang menampilkan warisan penerbangan Angkatan Udara AS.

Secara umum, formasinya spektakuler dan terbangnya tepat, formasi Heritage Flight dan F-35A tersebut tidak secara khusus menampilkan kemampuan dari F-35A dalam rezim penerbangan yang berkinerja tinggi.

Logo Tim Aerobatik Udara F-35A Lightning II © US Air Force via The Aviationist

Ada beberapa pengecualian penting untuk demo penerbangan F-35A. Pilot uji Lockheed Martin, Billy Flynn, menerbangkan demo aerobatik F-35A pada Paris Airshow tahun 2017 di bandara Le Bourget, Prancis. F-35A Angkatan Udara AS dari Wing ke-57 di Nellis AFB juga telah diterbangkan pada demonstrasi Angkatan Udara AS, yang mencakup sejumlah penerbangan berkinerja tinggi dalam kombinasi dengan jet-jet tempur lainnya dan untuk mensimulasikan berbagai skenario operasional. Akan tetapi pesawat ini tidak melakukan demonstrasi kemampuan khusus dari F-35A.

Bagikan:

  4 Responses to “Tim Aerobatik F-35A USAF Akan Diumumkan Tahun Depan”

  1.  

    Manuver Colibri
    here it comes

    F-35A kapan turun dikisaran 80jutaan?

  2.  

    Makin rame nih ajang air show dunia klu ada team Aerobatic F-35 unjuk kemampuan.

 Leave a Reply