Aug 162014
 
UAV Heron Australia saat operasi di Afghanistan (Photo: Australian Defence Force)

UAV Heron Australia saat operasi di Afghanistan (Photo: Australian Defence Force)

Tim transisi Joko Widodo-Jusuf Kalla menggelar rapat soal pertahanan, Jumat (15/8/2014), di Kantor Transisi, Jalan Situbondo Nomor 10, Menteng, Jakarta Pusat. Salah satu hal yang dibahas adalah soal pembelian pesawat tanpa awak atau drone.

Jenderal TNI (Purn) Fahrul Rozi, yang memimpin pembahasan pertahanan tersebut, kepada wartawan di Kantor Transisi menyebutkan, sesuai visi-misi Jokowi-JK, Indonesia membutuhkan drone tidak hanya untuk pertahanan.

“(Drone) juga bisa mendeteksi illegal fishing (penangkapan ikan secara ilegal), bisa mendeteksi hot spot (titik api) kalau terjadi kebakaran, illegal logging (pembalakan liar),” katanya.

Mantan Wakil Panglima TNI itu mengatakan, karena fungsinya tidak hanya sekedar untuk pertahanan, pengendaliannya pun tidak harus dari pihak TNI Angkatan Udara (AU). Soal siapa yang akan diberi tanggung jawab atas drone tersebut, tim masih membahasnya.

“Kalau administrasi dan pembinaan di TNI AU bisa, tapi penggunaannya bisa macam-macam instansi. Kodal (Komando dan Pengendalian) masih kita diskusikan tadi,” ujar dia.

Dalam kesempatan yang sama, Deputi Tim Transisi Andi Widjajanto menambahkan, dari kajian tim transisi, Indonesia setidaknya butuh 28 unit drone, yang beroperasi 24 jam penuh. Harga satu unitnya, menurut Andi, bisa berkisar antara 7-10 juta dollar AS.

“Jika diubah jadi combat drone, angkanya bisa naik,” ujar dia.

Saat ditanya apakah anggaran yang disusun pemerintahan Susilo Bambang Yudoyono (SBY) dalam Anggaran Penerimaan dan Belanja Negara (APBN) 2015 sinergi dengan visi Jokowi-JK, Andi mengaku belum bisa menilai. Dia mengatakan, tim transisi masih harus mengkaji lebih detail anggaran yang disusun SBY. (tribunnews.com).

  284 Responses to “Tim Jokowi Siap Perbanyak Drone”

    • Sabar sabar, jgn keburu nafsu deh….., itu SBY masih jadi presiden, hargai dong…..
      Baru klo MK udah mutusin, majikan elu yg ditakdirin jadi, baru elu buat program pertahanan yg jelas, blue print yg jelas.
      Ini yg jd presiden siapa ya? Kita serahkan ke MK, kita patuhi bersama.

      Lha wong yg jd menteri pertahanan siapa, trus TNI blm diajak omong, trus gmn kontrak yg sudah berjalan, trus gmn dgn pengadaan alutsista yg sdh dicabut tanda bintang sm DPR RI, gmn dgn DPR RI yg baru dll

      • Setuju 1000% dengan bung gue, memang idealnya harus seperti itu kalau sudah takdir gak akan kemana ya bung.

        • Sama. Ambil muka.

        • Iya bung rafly, manusia cuman bisa berusaha, beriktiar, berdoa.
          Insyaallah, jokowi dan prabowo adl nasionalis sejati.
          Juni kmrn pas saya ketemu pak jokowi di bandara solo nunggu pesawat ke jkt. Sempat photo bareng gitu, selfie gitu he he he…
          Insyaallah orang baik. Yg repot adl kadang ada orang yg di sekelilingnya byk mempunyai kepentingan individual/golongan.
          Mari kita hormati konstitusi kita, jd bola ada di MK.
          Kita berdoa semoga MK tetap amanah. Semoga setelah ini, kita mempunyai presiden /kepala pemerintahan/kepala negara/panglima tertinggi yg dicintai seluruh rakyat indonesia, jiwa raganya untuk NKRI, dan bisa membawa kejayaan NKRI, amin yra.
          Soal drone/uav dll udah ada dari bagian MEF dan dan program InHan. Juga ada undang undangnya. Sekarang kepala KKIP adl presiden.
          Jd kita dukung siapapun yg diputuskan oleh MK, semoga program programnya/kebijaksanaannya bisa membawa kejayaan nkri.

          • itu dia yang saya takutkan bung@Gue:”Yg repot adl kadang orang yg di sekelilingnya byk mempunyai kepentingan individual/golongan” pak Jokowi emang good person tapi orang disekeklilingnya yang saya takutnya mempengaruhi beliau untuk mengambil kebijakan nantinya pas beliau di putuskan resmi jadi presiden NKRI. Saya takut beliau nantinya menjadi PRESIDEN BONEKA.

          • Aminn bung gue… sy sih tidak ada masalah mau Pak Prabowo atau Pak Jokowi yg menjadi RI 1, dan bila sudah inkrah keputusan MK maka sy pribadi akan mendukung Presiden terpilih tsb. Tetapi mencermati dinamika tetap dgn cara mengkritisinya, dan yg terpenting harapan sy gak muluk2 bisa cara nafkah gampang utk menghidupi anak dan istri… kalau masalah politik mah sebatas sy menggunakan hak konstitusional sj (menjadi pemilih yg baik). Salam hangat bung gue 😀

          • berita2 yang terus menerus keluar membuat saya bosen bung…koq yang banyak koar2 ni malah tim sukses nya pak jokowi sih..padahal jokowinya saja belum keluar statement apa2..ini sudah kelihatan seperti orang2 yang sudah haus mau bikin laku barang2 tender atau dagangannya yang sebelumnya di era SBY tidak mendapat porsi apa2..terlebih soal MBT..

      • keliatan kalo ambisi banget………….hadew

        • -deleted- komentar yang santun (admin).

          • confirm bung waja, saya sudah cek th 2004 dan 2009 dulu memang tim yg kalah lebih legowo.
            saya tidak mau membela anda karena saya golfut, tapi saya bisa membedakan mana timses yg santun dan tidak mengagung2kan kemenangannya dan mana timsees yg diisi preman yg tidak terdidik….

            gak kebayang kalo yg menang sebaliknya, mgk Bapak Besar sudah didesak2 suruh buru2 lengser…..

          • @Ahmad…. Mungkin ente termasuk yg pertama kali dikarungi kalo perkiraan ente terjadi…

          • Bung danu. Segitunya ya. Kalo misal di mk pak wi ngga menang kudu pilpres ulang gimana. Bukannya kita memakai azas praduga tak bersalah. Begitu paranoid kah para pendukung pak wi. Orangnya masih belum jadi presiden, belum mati orangnya udah di tangkap duluan yah. Waduh…….
            Pantesan salah satu program pakwi polri di bawah presiden.
            Behbehbeh ini mah jaman suharto balik lagi kalo gini. Cuman kalo dulu denkarung yang turun sekarang si coklat. Maaf bung saya sebenarnya hormat pada anda cuman kalo fanatik walaupun anda anggota timses ya maaf. Fanatik agama aja teroris kalo fanatik presiden jadi apa ya ????????
            : bingung mode on:

          • bung bedil 212,

            silakan dicermati,

            https://id.answers.yahoo.com/question/index?qid=20100822074026AALfM9C

            mengancam lewat blog mirip dengan mengancam lewat facebook; pidana + UU ITE

            asal tahu, ini masalah serius, hati2 bicara…

          • om danu sepertinya pengetahuan anda mengenai jk penyelamat krisis 2008 salah…

            om tau tidak sepak terjang bukaka (perusahaan millik keluarga kalla) di indonesia pada saat jk jd wapres 2004-09?

            jembatan di kalimantan yg ambruk itu tanggung jawab siapa?
            kenapa jembatan sebesar n semegah itu ambruk merenggut banyak nyawa tapi tidak ada pemberitaan di media? tidak ada pengusutan yang jelas??

            silahkan di search

          • pak handal,

            anda enak banget ya, menuding orang terus saya disuruh search.
            OK lah sekali ini saya ladeni.

            pada saat ambruk jembatan telah berusia 10 tahun, sehingga masalahnya lebih pada aspek pemeliharaan, dalam hal ini tanggung jawab PU setempat.

            tidak benar tidak ada pengusutan yang jelas, sejumlah PTN, asosiasi profesi, BPPT terlibat, ini link yang cukup detail dan teknis,

            http://manajemenproyekindonesia.com/?p=1362

            analisa mengerucut pada erosi dasar sungai dan kabel penggantung / hanger + clamp-nya (ex PT Bakrie Tosan Jaya), serta prosedur maintenance yang sedang dilakukan.

            rangka baja jembatan dipasok Bukaka tahun 1995, dan Bukaka dijadwalkan untuk mengencangkan baut yang longgar tapi belum sempat bekerja saat terjadi keruntuhan jembatan.

            nah silakan dibabar sepak terjang bukaka (perusahaan millik keluarga kalla) di indonesia pada saat jk jd wapres 2004-09, jangan asbun…

        • yaah begitulah….syahwat politik yang masih membara…tdk bakalan padam jika blum menghuni neraka……mamih2 ….mbok sudah jangan nepsonan lagi….posisikan sebagai simbok ..yang ngademin semuanya…..jangan kaya DURGA….

        • bung bedil 212,

          saya hanya mengingatkan tentang kemungkinan salah sangka, salah tangkap dan salah vonis di tanah air tercinta ini, bukan saya yang perlu anda yakinkan (tapi pihak lain yang mungkin akan melakukan kesalahan2 tsb -semoga tidak terjadi)… 🙂

        • …saya baru tau ada pengancam yg bilang-bilang dahulu mau melakukan sesuatu…

          walah, anda dimana aja selama ini ?

          Permata Bank Sunter terima ancaman bom lewat telepon …
          merdeka,com

          Panin Bank Dapatkan Telepon Ancaman Bom…
          beritasatu,com

          Ancaman bom di Gedung Sona Topaz lewat handphone
          metro,sindonews,com

      • Tank terbang itu ya Thunderbolt, Warthog, sama Frogfoot brooo… Armor mereka tebal… Beda sama drone… Tank terbang d desain utk kecepatab yang tidak tinggi serta bawa membawa senjata berat…

      • PREKETHEK…!!!

        • Salah atau benar analisa ente ane kagak tahu, yang ane tahu senjata mau tank, pesawat atau bedil dan pisau silet sekalipun tetap penting. Alutsista tak berubah, yang berubah strategi perangnya…Dan hanya orang militer yang tahu cara menggunakannya. nggak percaya..? kenapa setiap prajurit masih bawa pisau ?

        • Bung Joko Preet bilang ada antidot nya. Kalau sekarang drone juga ada antidotnya. Jangan dikira yang anda bilang tank terbang tak ada antidot nya. Akhirnya semua ada antidotnya. Maka tak bisa mengabaikan alutsista lain begitu saja. Perlu kajian mendalam. Contoh, negara barat punya rencana mengganti sebagian MBT dengan tank medium. Tapi bukan berarti mereka menghilangkan sama sekali MBT. Jadi tetap ada kebutuhan2 yang sesuai dengan peruntukan dan doktrin yang digunakan.Bukan sedikit2 nanti bilang: itu gampang, tinggal dilelang, atau panggil programmer, atau apalagi. Urusan negara kompleks, amat rumit.

      • Kok kesannya tim transisi ini berjalan sendiri ya gak ada komunikasi sama sekali dgn pejabat/departemen yg bersangkutan.

        Kalo memang mempersiapkan peralihan/serah terima pemerintahan mbok ya duduk bareng biar jelas apa saja yg sudah/belum tercapai di era SBY agar pembangunan kita berkesinambungan.

      • hebat capres dan cawapres double J ini..leopard di ganti anoa biar jembatan dan jalan tidak amblas,pengoperasian drone untuk mengawasi wilayah NKRI, untuk sementara satelit pengendalinya cukup disewa aja,daaan sengketa wilayah perbatasan dengan negara lain jika diplomasi gagal dilanjutkan ke pengadilan internasional. ini bukan kata saya lho tapi ini kata pak double J yang mulia disaat debat capres/cawapres.buktikan sendiri dokumentasinya di TV swasta.ini pilihan rakyat ini maunya rakyat kita kita lihat aja kedepan rakyat ini akan beruntung atau buntung?kalau ada apa apa salahkan rakyat (makanya gw kata juga apa).ampun pemerintah ampuuuuuun.

      • mengapa orang-orang semakin berkuasa berambisi banget apa lagi dedengkot partai pengen baget jadi menteri cah imin sm puan. kepalanya beleum pasti jadi tapi pendukungan berebutan mau jadi menteri.
        dunia memang panggung sandiwara.
        salam hangat bung Gue

      • lebih murah pake layangan 😀

      • maaf ya… kalau menurut saya sih kayaknya maksud dari jokowi bicara soal drone itu sebenarnya hanya memancing aja, beliau hanya ingin menunjukan siapa sebenarnya yang dekat dengan “singapura”, karena sebagaimana kita tahu bahwa prabowo pernah meminjam “drone” dari singapura untuk pembebasan sandera di mapenduma, jadi sebenarnya yang lebih paham tentang drone itu siapa? IMHO CMIIW

        • Anda tll bharap lebih…bahasa tubuh n raut wajah joko pada debat capres kelihatan plongaplongo asal jeplak, bukan trkonsep…apalagi pada saat ngomong “kita…ramaikan..?? . Keliatan air wajahnya yg sdh blank, n bingung sendiri

          • yg nggak terkonsep aja pak bowo yth latah mulu apalagi terkonsep ya bung handal 😆

          • btw, anda juga hitung berapa kali prabowo mendatangi dan menyalami jokowi pada sekian kali sesi debat sambil berkata kl. ‘ide bagus, perlu didukung’ ?

      • Semakin jelas kan kualitas calon pemerintah terpilih….

        Ini bukan eng ing eng lagi…
        Ini udah, jeng jeennggg (zoom in zoom out)

      • Tulll itu………….kaya ga punya otak udah ngebet banget sampai ga lihat etika, eh btw mang bung rozi ngarep jadi menhan??? santai mas bro

        • Napa ga rapat pengentasan kemiskinan atawa pembangunan daerah terpencil kan bla bla bla masih banyak yg perlu dibenahi yg sifatnya sama mendesaknya, kok malah sektor pertahanan yg dibahas duluan, apa krn kuenya enak apa sentimen dgn pemerintahan yg mau dugantiin, rasa rasanya ada niat niat tertentu nih ?????? yg halus dong mas bro ……… rakyat sekarang udah mulai kritis kalee………

          • huehehe…

            baca2 dulu bung, ada 4 pokja di kantor transisi J-J,

            >legislasi

            >infrastruktur/transportasi/energi

            >kesra

            >hankam + LN

    • Kita punya 6 satelit aktif bro… coba check lagi

      • Ooo… satelit militer yaa… bukan semacam satelit indosat gitu. Supaya aman sebaiknya kita bikin sendiri dan pastikan prosesornya juga kita buat sendiri, jangan pakai intel, qualcomm, amd apalagi mediatek.il

      • drone yang dibuat sinkron dengan satelit yang sudah ada (frekuensi komunikasi dsb).

        drone patroli maritim gak perlu rumit2 amat, lintasan terbang bisa dibuat preprogrammed (walau tetap mengandalkan data koordinat GPS), untuk data pengintaian video realtime, lapan sudah punya pengalaman uplink dan downlink via satelit sejak program lapan-TUBsat.

        data pengintaian maritim ini secara militer juga gak strategis amat (seandainya disadap), bisa menggunakan satelit yang ada dulu…

      • akh ngeles aja loe roel..hahaha.

    • memang sebaiknya jangan ter-gesa2 mengambil keputusan strategis, jika ini tetap dilakukan bisa jd menimbulkan pertanyaan di khalayak, ada apa dg keputusan itu? atau apakah sblmnya ada deal dg pihak pabrik drone dg timses ?

    • betul.. betul.. betulllll

    • lah emang ente gk pernah liat drone bawa rudal ya?
      emng satelit bisa nembak real gun or plasma gun ya?
      kan satelit juga bisa liat

      smua itu ada plus and minus nya

    • bung arul,

      anda sudah menjawab pertanyaan sendiri,

      drone lagi,,,,buat ngedukung apa????

      ya untuk ngedukung pespur canggih,,atau kaprang cepat

      kalau pespur canggih atau kaprang cepat yang terus muter2 patroli, biaya per jamnya tinggi sekali?

      secara umum sih untuk meningkatkan level situasion(al) awareness atau C4ISR (khususnya ISR)

      …lindungi nelayan dengan patroli kapal cepat rudal dan pesawat survelilance/mpa…

      lihat2 dulu situasinya apa, asal main kawal aja bisa2 total biaya operasi alutsista lebih tinggi dari nilai tangkapan si nelayan, mending kasih aja langsung duitnya ke nelayan, gak usah melaut 🙂

    • Harga satu unitnya, menurut Andi, bisa berkisar antara 7-10 juta dollar AS (buset dah) mau beli 28 buah lagi (+/- 3triliyun)
      kalau tujuannya untuk illegal fishing illegal logging detect hotspot ngapain pak pake drone harga 100M sebuah nya
      tu drone kita yg sekarang juga udah bisa kalo untuk tujuan itu.

      Kalaupun mau beli, beli aja 1/3 nya, sisanya buat pengembangan drone nasional aja, biar tdk ketergantungan.
      Oh ya Pak, jangan lupa TEOTE nya kalo beli -__- biar drone kita juga berkembang dari hasil teote nya.

      kalo beli 10 buah mereka ga mau ngasi tot ga usah beli aja, saya yakin dengan dana 3triliyun, BPPT, Lapan dan universitas sanggup untuk menciptakan drone yang berkualitas dan memiliki kemampuan tempur/combat.

  1. No comment dah…..pusing….!!!

  2. Ko kesanya semau gue ya,ga ngajak diskusi pihak terkait

  3. 2

  4. Absen

  5. drone???? cuma liat doang..yg action sopo?

    • @tower…sing penting dah keluarin ide tapi….tunggu garis finishnya tambah gak keliatan walaupun menang di kpu….sedikit hadar gumay…cetro dana hibah dr usaid…ndi atau uclg aspac…komisioner yg lainnya lsm..yg biasa seminar di panelkan arti cukup 30 seminar selesai….sby sudah tau para lsm ini melamar jd kpu ke komisi 2…awas kerusuhan meningkat di seluruh nkri…lampung ..ambon..papua..ntb…tangkap si tua keladi berkumis..tunggu tgl maen…

      • iya bukan pesimis,cuman ini kan masih isu dangkal. BELUM tau realita saat ini, yang mana isu sensitif mana isu buat publik.
        drone buat mengawasi,tapi apa dengan mengawasi doang kerjaan kelar?? kan masih banyak lanjutannya.
        dibuat garis besar saja,ORBA dengan GBHN ada nilai positifnya,bisa dicontoh lah.asal jangan kebablasan.

  6. 24 x 10 jt = 240 jt dolar. masih jauh terpenuhi dari dana alutsista 3-4 billion dolar.

  7. makinn puyeng lo jalan sendri sendri

  8. Bisa aja lu drone,,,,,,

  9. Punya drone pake satelit sopo? Ga berbobot programnya asal2an n ga jelas

    • Setuju bung…

      Adakah yang berpikir, kalo misal drone hrs menggunakan satelit, dan sprti yang jkw bilng kita numpang dulu satelitnya sm tetangga… Seluruh data privasi RI diketahui juga sm tetangga operator satelit?

      • Susah. Drone nya juga masih harus impor. Mestinya, jangka pendek perkuat pengawasan pakai alutsista eksisting, sambil danai riset drone dan satelit secara progressive, sehingga dalam 2-4 tahun sudah bisa dihasilkan drone yang bisa terbang antara 12-24 jam plus satelit made in lokal yang sudah mampu mengcover semua atau sebagian drone itu. Jadi bertahap tapi buat yang jelas blueprint nya. Kalau belum punya teknologi sendiri langsung dialihkan ke drone, data2 bisa dengan mudah disadap. Made in sendiri saja bisa disadap apalagi pakai teknologi orang.

      • @kangSomay,Afn,Arul = Kita Punya Satelit telkom 1 dan telkom 2

    • @kangSomay = Kita Punya Satelit telkom 1 dan telkom 2

  10. Ikut,,,

  11. Wah bakalan banyak pencuri ikan yang SELFIE nih…

    Di Pontianak ada sebuah lembaga swadaya yang sukses memelopori pembuatan pesawat tanpa awak atau drone dengan kualitas impor. Lembaga itu, Swandiri Institute, kini sedang mengembangkan Drone Desa, pesawat nirawak yang bisa memetakan kawasan wisata alam maupun lahan perkebunan.

    Biaya Rp 3 Juta, Tak Kalah dengan Yang Rp 300 Juta

    SUASANA di tempat kerja Swandiri Institute siang itu (12/8) begitu sibuk. Sejumlah perkakas tampak berserakan di meja-meja yang disusun memanjang di tengah ruangan. Beberapa kru terlihat serius memelototi layar monitor laptop di depannya. Sebagian lagi asyik dengan peranti berbentuk remote control.

    Dari meja panjang itulah kru Swandiri Institute memproduksi pesawat tanpa awak atau drone. Di tangan anak-anak muda tersebut teknologi yang selama ini dikenal mahal itu bisa diaplikasikan dengan biaya terjangkau. Produksi mereka bisa lebih murah seratus kali lipat dibanding produksi impor yang dijual di pasaran.

    Drone karya Swandiri Institute beberapa kali telah dimanfaatkan untuk kepentingan masyarakat luas. Mulai untuk memetakan tanah adat yang bermasalah sampai mengembangkan potensi wisata di daerah terpencil. Lantaran banyak diaplikasikan di desa-desa, pesawat dengan kamera pemotret itu kemudian populer dengan nama Drone Desa.

    ”Sebenarnya drone semacam itu banyak dijual di pasaran, namun dengan harga yang cukup mahal, bisa mencapai ratusan juta. Kami coba merancangnya sendiri dengan biaya supermurah, hanya sekitar Rp 3 juta,” ujar Irendra Radjawali, inisiator Drone Desa, saat ditemui di ”bengkel” Swandiri Institute di Jalan dr Wahidin, Pontianak.

    Sebenarnya, Radja –panggilan Irendra Radjawali– selama ini bekerja dan menetap di Jerman. Namun, dua tahun lalu dia balik ke Indonesia dan tinggal di Pontianak. Dia sedang menggarap proyek penelitian ekologi. Bersama sejumlah aktivis lingkungan hidup, Radja melakukan riset-riset seputar ekologi sosial di Kalimantan Barat.

    ”Saat melakukan riset itulah, kami menemui beberapa kendala. Salah satunya tak bisa mengakses lokasi yang menjadi objek penelitian,” ujar pria kelahiran Malang tersebut.

    Para peneliti dari Swandiri Institute juga sering terhalang izin masuk ke lahan perusahaan perkebunan. Padahal, sangat mungkin terjadi pembalakan liar di lahan tersebut. Dari problem-problem itulah muncul ide untuk melakukan pemantauan lokasi menggunakan pengamatan dari udara. ”Kami sempat terpikir untuk menggunakan helikopter, tapi ternyata biaya sewanya tidak murah,” ungkap Radja.

    Pengamatan ekologi memang bisa dilakukan lewat citra satelit seperti halnya Google Maps. Namun, cara itu dinilai masih kurang akurat dan efisien. Maka, tercetuslah gagasan untuk menggunakan pesawat tanpa awak yang dikendalikan dengan remote control.

    Salah satu kelemahan pemantauan lewat citra satelit adalah kurang bisa merekam objek dengan detail. Apalagi, beberapa pencitraan satelit masih sering terganggu awan. ”Kalau drone kan terbang di bawah awan, jadi bisa merekam lebih detail. Yang pasti biayanya jauh lebih murah,” jelasnya.

    Alumnus Teknik Sipil ITB itu sempat bertemu temannya sealmamater yang bergerak dalam bisnis drone. Dia meminta bantuan agar dibuatkan drone dengan ”harga teman”. Namun, setelah dihitung, biaya pembuatan drone tersebut tetap tak terjangkau Swandiri Institute. Teman Radja itu biasa menjual drone untuk perusahaan perkebunan di kisaran harga Rp 1,5 miliar. ”Harga teman yang disodorkan ternyata masih tinggi, sekitar Rp 300 juta. Jelas kami tidak mampu,” ujarnya.

    ”Lantaran mentok, akhirnya kami berinisiatif membuat sendiri drone yang diinginkan,” terang peraih gelar magister dari Universitas Paris 1 Pantheon-Sorbonne, Prancis, itu.

    Mereka lantas belajar secara otodidak lewat buku-buku dan internet. Salah satunya dari YouTube dan aktif diskusi dalam forum Do It Your (DIY) Drone. Radja mengaku diuntungkan banyaknya perangkat drone yang open source. Dengan begitu, dia bisa leluasa melakukan modifikasi untuk menghasilkan drone yang murah, namun dengan kualitas tak kalah dengan yang berharga ratusan juta. ”Dari forum itu saya juga bisa mendapatkan komponen-komponen dari Tiongkok dengan kualitas bagus,” terangnya.

    Radja berhasil membuat drone pertama saat pulang ke Jerman. Di negara itu dia sekaligus melakukan uji coba lapangan. ”Ketika itu musim salju. Saya harus berjam-jam di luar rumah untuk mencoba drone,” kisahnya.

    Dalam tempo tiga minggu Radja berhasil merancang drone buatan sendiri dengan bodi kayu. ”Saya menghabiskan biaya sekitar 400 euro (Rp 6.240.000 dengan kurs 1 euro = Rp 15.600), tapi itu mahalnya untuk beli komponen otopilot asli dari Amerika,” papar pria kelahiran 8 September tersebut.

    Belakangan komponen yang paling penting itu sudah diproduksi di Tiongkok. Harganya pun jauh lebih terjangkau. Dengan begitu, harga pembuatan drone-drone berikutnya pun bisa ditekan hingga sekitar Rp 3 juta.

    Drone pertama buatan Radja kemudian dibawa ke Indonesia untuk diujicobakan pada proyek-proyek penelitian Swandiri. ”Di bandara saya sempat mengalami kendala. Drone yang saya bawa sempat dikira bom,” ujar kandidat doktor dari Bremen University itu.

    Sesampai di Indonesia, drone model helikopter tersebut diujicobakan di Kabupaten Kayong Utara, Kalimantan Barat. Di sana pemerintah daerahnya membutuhkan perekaman gambar dari udara untuk mempromosikan pariwisata alam. Perekaman gambar itu dilakukan dengan menempatkan kamera poket Canon Powershot S100. Kamera berteknologi GPS itu dia beli second dengan harga Rp 700 ribu. Hasilnya tidak mengecewakan. Pemkab Kayong Utara pun puas.

    Setelah drone pertama sukses, Radja dan awak Swandiri terus melakukan pengembangan dan penyempurnaan. Sampai sekarang mereka telah memproduksi delapan unit drone, baik berbentuk pesawat maupun helikopter. ”Kami ingin drone yang lebih efisien dan lebih murah. Sampai bahan tali kolor pun kami gunakan,” kelakar Radja sembari menunjukkan drone jenis pesawat yang menggunakan tali kolor untuk menahan beban beberapa peranti elektronik.

    Beberapa drone itu telah berhasil digunakan untuk sejumlah proyek sosial di sejumlah wilayah di tanah air. Di antaranya untuk memotret daerah terpencil di Kalimantan, juga dipakai di Biak, Bali, dan Nusa Tenggara Timur. ”Alat ini kami gunakan untuk membantu masyarakat. Misalnya untuk memetakan hutan adat yang bermasalah dengan perusahaan perkebunan,” terang Radja.

    Sejauh ini Swandiri memanfaatkan drone itu untuk proyek-proyek nonkomersial. ”Sudah pernah ada seorang pengusaha yang datang meminta bantuan drone, tapi kami tolak. Sebab, drone kami untuk keperluan nonkomersial,” ungkapnya.

    Arif Munandar, teman Radja, menambahkan bahwa drone ala Swandiri Institute tersebut juga tidak bermaksud menghilangkan pemetaan partisipatif yang selama ini dilakukan masyarakat adat. Sebab, menurut dia, hal itu sama dengan menghilangkan nilai-nilai positif yang ada dalam masyarakat. ”Kami hanya membantu mempermudah pemetaan partisipatif yang dilakukan warga. Jika tanpa drone pemetaan satu desa bisa satu tahun, kini hanya dengan beberapa jam,” paparnya.

    Drone karya Swandiri mampu terbang hingga 2,5 jam dengan ketinggian 300 meter. Dalam satu jam, drone itu memiliki daya jelajah 100–400 hektare. ”Daya jelajahnya bergantung jenis drone-nya,” jelas Arif.

    Meski berhasil membantu masyarakat pedesaan, perjalanan Radja dan timnya membuat drone bukannya tak menemui rintangan. Sebab, beberapa kali pesawat nirawak itu jatuh karena faktor human error. ”Saat di Biak, pesawat kami jatuh di hutan. Tapi, karena titik koordinat terakhirnya masih terekam, kami bisa menemukannya kembali,” kenang Arif. Pernah juga saat digunakan untuk merekam pulau terluar di Kalimantan Barat, pesawat jatuh ke laut.

    Radja optimistis, jika pemerintah ingin memanfaatkan drone murah meriah itu untuk kepentingan pemantauan udara terkait pembalakan liar dan pencurian ikan di laut Indonesia, pihaknya bersedia membantu pengadaannya. ”Kami juga bersedia berbagi ilmu, khususnya pembuatan drone ini,” tegas dia. (*/c9/ari)

    SUMBER

    • heheu *jleb ya bung @jalo heheu

    • Mmm… autopilot. Pesan satu yg bisa bawa elpiji 3 kg

    • Wah kasihan dong Bung Jalo negara2 maju yg udah siap2 menawarkan Drone2 mutakhir krn tau program Om Joko ttg pengadaan Drone.3jt vs 300jt,klw gak d lirik sungguh terlalu !

      • Drone yg ini.ngga bisa nyaingi global hawk, predator, heron coy, paling buat team Serbu kecil kayak team model swat.

        • bung bhd, itu yg diartikel atas dibilang hanya untuk illegal fishing illegal logging dan detecting hot spot. dengan dana 7-10 juta dollar per buah.
          kalo cuma untuk tujuan tersebut saya lebih setuju pakai drone dalam negri.

          kita kalo mau beli harus yg combatan dan dengan tot nya. rugi amat ya kalo dipikir 10jt usd untuk pengawasan doang.

          #sakitnya tuh disini 🙁

      • Drone ini bisa digunakan untuk keperluan sipil… Bisa juga membantu TNI di perbatasan, harganya murmer jadi tiap pos sebenarnya bisa menggunakan… Paling untuk bantu pemantauan aja, tapi tetap patroli juga jalan.. Drone ini tidak cucok buat dijadiin tim serbu…

    • Akankah bernasib seperti esemka ? Heuheu

    • sebenarnya potensi dan kemampuan SDM kita untuk membuat Drone sudah mampu, namun para pemimpin kita rakus akan dunia dan mengabaikan anak bangsa yang punya potensi. terlebih lagi godaan jabatan/kekuasaan yang lebih mementingkan pribadi dan golongan.

      naikin aja jadi artikelnya bung @ jalo bagus untuk memotivasi generasi muda.
      salam hangat !

    • Assalamualaikum wr.wb
      mau tanya ni bung Jalo,
      drone ma MPA sebenarnya bagusan mana? daya jelajahnya jauhan luasan mana?
      apa dengan menggunakan drone, kalau menemukan/indikasi ada ilegal fishing bisa langsung di konfirmasi ke kapal patroli terdekat?

      • Drone yg mana dulu nih, gombal hak bagus juga loh daya jelajahnya jauh dan lama… Kalau MPA ada juga yg menggunakan pesawat besar yg daya dan jangkauannya jauh… Tapi kalau dibilang bagusan saya masih megang yg langsung dikendalikan manusia bukan robot. Mungkin drobe ini sebagai pembantu gak apa2lah.

        Kalau komunikasi pasti bung, akan disampaikan ke pusat dan dilanjutkan ke kapal patroli terdekat.

        • Assalamualaikum wr.wb
          kalau menurut saya lebih bagusan MPA bung, walaupun drone ada positifnya juga.
          MPA bisa digunakan sebagai multi misi, untuk drop barang, untuk penerjunan, untuk mendeteksi kapal selam, untuk bantuan udara (COIN), dan juga kalau dikembangkan riset pesawatnya bisa tambah bagus nantinya 😀

    • Makanya di KRI kita ditempatkan PTTA jenis LSU-02 buatan Lapan. Daya jangkaunya lumayan jauh dan lama. Mendingan ini diperbanyak atau dibuat versi termodern dan canggih, lumayan bisa menghemat bbm kaprang. Nanti kalau ada pelanggaran langsung diintercept. Bisa dikejar ama klewang bersaudara atau Fpb kita atau patroli terdekat. Kalau lawannya kaprang silahkan kaprang kita yg badannya gede silahkan maju (kalau tuh barang di PT Pal sudah selesai)… 🙂

    • Ini inpoh soal LSU-02… Maap nih pake HP jadi kalau. Ada salah mohon lempar ane pake bunga ya tapi usahakan PoTnya gak ikut terbang… Hehehehe, just kidding biar gak strees

      Pesawat terbang tanpa awak atau yang sering disebut dengan PTTA atau Pesawat Udara NirAwak (PUNA) atau secara umum disebut dengan Unmanned Aerial Vechile (UAV) adalah teknologi yang tergolong baru dan sangat menarik. Beberapa aspek perkembangan teknologi UAV ini terletak pada performance seperti layaknya pesawat terbang berawak.

      Performance terbang pesawat tanpa awak yang sering menjadi ukuran dan diperbincangkan oleh pelaku maupun penggemar teknologi ini adalah :

      – Kemampuan jangkauan terbang (long distance)
      – Kemampuan lama terbang (long Endurrance)
      – Kemampuan terbang secara otomatis (autonomous Fliying)
      – Kemampuan take off dan landing

      Kemampuan-kemampuan tersebut menjadi tolok ukur dan pencapaian teknologi dan inovasi dari sebuah pesawat tanpa awak, yang di dalamya menyangkut aspek inovasi aircraff (desain pesawat terbang) propulsi, avionic, dan aerodinamika.

      Pesawat LSU 02 adalah produk Pusat Teknologi Penerbangan yang merupakan pesawat UAV yang telah melakukan berbagai misi surveylance baik sipil maupun militer, kemampuan terbang pesawat yang diklasifikasikan sebagai Tactial UAV ini, telah mampu terbang secara outonomous dan menempuh jangkauan terbang cukup jauh sekitar 200 km.

      Spesifikasi Pesawat UAV :

      – Panjang badan ± 200 cm (composite)
      – Panjang bentangan sayap (wing span) 250 cm
      – Engine 10 hp/ 5 ltr
      – Edurrance 5 jam
      – Maksimum distance 450 km
      – Komunikasi telementri 900 MHZ dengan daya 1 watt
      – Dilengkapi dengan system otomatis (outonomous flying system)
      – Payload capacity 3 kg

      Pengalaman Operasi :

      – Nusawiru (1 st flight test)
      – Rumpin ( 4 th flight test)
      – Oktober 2012 Operasi Armada Jaya 2012 di Laut Ambalat Sulawesi Utara (Navy Operation at Ambalat Sea)
      – Februari 2013 Test Flight endurance Pameungpeuk
      – Operasi Latgab ABRI 2013-Pulau Bawean-Situbond0, Jatim)
      – Pencatatan Rekor MURI, Pameungpeuk – Pangandaran PP

      • Nih waktu terbang dari KRI kita…

        • salam kenal bung jalo@
          saya penggemar artikel dan juga sifat optimis ( kalau kita bisa bikin buat apa beli ) mantaaff!!

          bung jalo@ , cara kerja drone gimana??jelaskan juga ..dong

        • Kalau saya penggemar komik sichan loh, hehehehehe…. Just kidding

          Di kantor saya ada drone namanya Phantom II itu penggunaannya menggunakan remote. Landing maupun take offnya dikendalikan lewat rc tersebut. Ini menggunakan sistem Wifii dan GPS.

          Lalu ada juga drone murah buatan Lapan. Drone ini mampu TAKE-OF dengan cara dilempar dan LANDING dengan ditangkap atau mendarat langsung ditanah. Berikut adalah spesifikasi pesawat UAV yang digunakan:
          Bahan Streofoam (Ringan dan tahan air)
          Pajang badan sekitar 115 cm
          Pajang bentangan sayap (wing span) 168 cm
          Brushless motor 800-1000kv
          Electronic Speed Controller 40A
          Propeller 8 x 6
          Komunikasi telemetri di 900 MHz dengan daya 1 watt
          Dilengkapi dengan sistem terbang otomatis (autonomous flying system)

          Adapun jenis kamera yang digunakan mempunyai spesifikasi seperti berikut:
          High-sensitivity 12.1 MP Canon CMOS
          HS System with DIGIC 5
          Focal Length 5.2 – 26.0 mm (35 mm equivalent: 24 – 120 mm)
          Lens Control Ring, NR control and RAW
          GPS LOG [NMEA 0183 message format compliant¹]
          Dimensions (WxHxD) 98.9 x 59.8 x 26.7 mm
          Large 7.5 cm (3.0″) LCD
          High-speed Burst HQ
          Smart Auto, Multi-area WB
          Optional Waterproof Case

          Pengambilan gambar / pemotretan dilakukan otomatis dengan spesifikasi :
          1. Selang waktu pengambilan gambar tiap 5 detik..
          2. Dengan kecepatan terbang 60 Km/jam
          3. Luas pemotretan 1 Km2

          Kalau cara kerja berbeda2 bung, tergantung spesifikasinya. Kebetulan saya pakai HP, nanti kalau di laptop saya akan jelaskan.

        • apa benar pake satelit..,minta bantingannya..hehehe
          yang saya tahu itu terprogram di dalam komputer dan menggunakan GCL dan bisa dikendalikan di darat,dikapal maupun di pesawat tempur sebagai penunjang .

          bung jalo@ klu bisa kapasitas bawahhan diperbesar jadi bisa digunakan juga untuk semprot hama..eheh,,kutu dan para ular boleh juga…agagagag,,
          ini seriusooo bukan just juss ..

      • Kan sekarang yg dikembangkan bisa gotong barang dan juga membantu buat hujan buatan. Pasti semprot hama Insyallah bisa, kalau ular saya no comment….

    • keren ni bung @jalo

    • Cuman mo nanya dikit bung, bisa detect target below surface gak ( lontong )?Trus utk aerial targetnya bisa dilihat jg gak? Maaf bung dwit gak bisa bo’ong… :mrgreen: …he,he,he

  12. gmn klo rakyat patungan buat beli alutsista nkri?? 🙂

  13. Sdh kebaca arahnya, penelitian dlm negeri bakal diabaikan lagi.

    aya aya wae…

  14. Drone

  15. Kalau dalam pewayangan ada tokoh bernama PENDETA DURNA, beliau adalah tokoh penting dan guru bagi para kurawa. Beliau sebenarnya wayang baik, tapi karena bergaul dengan kurawa yg angkara murka, maka beliau menjadi ketularan watak angkara, hilang sifat satria. Apakah yg dimaksud DRONE sama dengan DURNA? Dalam perdebatan capres cawapres bulan lalu, sempat dipertanyakan bagaimana mengoperasikan drone indonesia oleh salah satu capres, karena satelit palapa sekarang dikuasai oleh asing, padahal operasi drone mutlak memerlukan satelit sebagai pemandu. Bisakah drone dioperasikan tanpa satelit? Hanya sekedar radio control? .. (ma’af oot)

  16. Drone..

  17. nasib – nasib, habis gitu perbanyak toilet siapa tau mbokde kebelet pipis

  18. Ya seharusnya tim transisi jga harus mau nunggu kan..jadi ga kan tkesan mau potong jalan.ni seolah2 apa yang direncanakan pemerintah skarang bakal balik mentah

  19. Hmmm… Sehebat”nya robot, insting manusia (pilot) jauh lebih hebat dan tajam

  20. Program sblmnya di abaikan..
    Sepertinya bakal bnyk yg berubah…

  21. Gua dukung jokowi, tp tingkah org macam fahrul rosi ini kaya kampret..siapa elu rul?? Keputusan MK blm keluar tp elu seakan.akannyg bakalnjd Menhan..te ma ho..gua dukung Budiman jd the next Menhan. Titik..kalo rosi balapan aja sono di sentul. Kampreettt

  22. Saya mau usul nihh,,sekalian juga buat pasukan khusus ilmu santet biar tambah hemat anggaran,,,jadi drone dan santetnya sama2 bisa dikendalikan dari jauh dan gak usah lagi cape2 bertempur dan patroli,,,tinggal taruh tv di pos jaga dan nonton jalannya pertempuran paling modern,,,

  23. bla bla bla,,,,,,,
    ular pada pengen eksis

  24. Mantab.lanjutkan pak,meman. Seharusnya demikian.sebelum menjabat di fikir2 dulu,apa yg harus di benahi.nanti sekali terjun langsung jalan.salam 2 jari.piss

  25. Joko’s programs is joke program

  26. Hanya bisa menunggu hasil resmi dahulu saja

  27. Gile loooooeeee drone…..

  28. hadeuuuh lieeur….begini dah kalo tukang dagang jadi presiden…bentar lagi juga gas tabung 3.5 kg di ganti 12 kg…hahahahah…opini kuli pabrik..

  29. Sesungguhnya diantara kalian nanti akan sangat berambisi terhadap kepemimpinan,padahal kelak dihari kiamat ia akan jadi penyesalan.(HR Al BUKHORI .7148)

  30. drone?? yahh.. baru mulai aja sudah gk napsuiin.. jadi nelangsa

  31. Indonesia butuh BATMAN kayaknya neh… 😀

  32. Satelit mana satelit????
    Tau nya operasional drone dari remote kontrol kayak mainan anak gw…
    Mending beli s300 sekalian biar geger asia tenggara

  33. heheu sabar bung @wehr heheu kabar sea ghost project dilanjut kn ke ranah yang lebih serius kah ?

  34. Apaan lagi ini drone drone. Mbah sangat kecewa.

    Ya ini yang di kehendaki rakyat

  35. Ooh… no! Tidaaaakk!!! Proyek pengadaan logistik, bahan bakar, komponen dll utk patroli terpotong oleh drone hehehe… Saya setuju dgn drone (teknologi masa depan) tapi sekaligus setuju dgn leopard (memiliki daya gentar). Intinya, harus balans laa..

  36. hadeuuuuh liiiieeuur dah, semua di tinjau ulang, leo,drone,ks…bhkn ampe gas 3.5kg bakal di ganti 12kg dah…susah kalo tukang dagang mah….hahahaha,…opini kuli pabrik…lam kenal warjager..

  37. menurut saya kok ya sok jumawa. pemikiran para petinggi selama ini di patahkan oleh petinggi yang dari sipil.apa mungkin ini udah pesanan mboke.

  38. Tanpa adanya legitimasi rakyat, maka
    pemerintahan selanjutnya akan akan berhadapan
    dengan krisis legitimasi yang juga akan memicu
    instabilitas politik nasional. Jika itu yang terjadi,
    maka bangsa dan negara ini yang bakal merugi.

  39. Tragis bener….knapa..ya..apa indonesia..ini akan hancurrrrrr……..bener juga kata orang dulu….apa bila hati nurani dikalahkan ama napsu dan kekuasaan..maka akan hilang nilai kebenarann…ini dah nyata..tinggal segelintir insan2 indonesia..ada kah yang berani tampil..tanpa embel2..atau emang mereka takut..semoga suatu saat nanti ada yg tampil..dg demokrasi pancasila nya..bukan mencontek demokrasi liberal nya..kita orang timur..yang punya hati nurani..bukan bangsa yang diplot…demi kepentingan…

  40. setuju bung,,, W, drone tidak bisa dijadikan tulang punggung militer,, PBB sampai sekarang melarang penggunaan drone otonom,, ditakutkan nyawa manusia sdh tidak berguna lagi,, film fiksi terminator bisa kejadian nanti nya,,

  41. Baru kali ini ada kabinet transisi pdhal sby msh berkuasa. Kurang etis dan gak sabar berkuasa kayak masa perang kemerdekaan saja ada pemerintahan transisi.

    Sebaiknya MEF yg ada dijalankan, bukannya diotak-atik, krn dendam masa lalu antara mega-sby, apa yg berbau sby dibersihkan. Bisa-bisa. Apa kejadian di masa mega dulu terjadi lagi, papua lepas, malaysia berulah, singapura mengambil untung. Bagaimana nasib NKRI ini nanti…

    • Hmmm.. nggak sabar kayak suami yang nunggu kelahiran anak pertama…
      kurang 3 bulan kelahiran sudah disiapkan kamar , baju , tempat tidur dan pembantu.
      padahal kelak jadi lahir apa nggak juga belum tentu.

      • mungkin juga udah mati dalam rahim heeee

      • ya kalo impian berkuasa sudah tertanam sejak lama, dan sekarang roman-romannya ada peluang kenapa tidak??
        Kita semua akan melakukan hal yang berbeda, ketika sudah sangat lama kita memimpikan mempunyai mobil mewah dan hari ini kita di umumkan sebagai salah satu kandidat sebagai pemenang undian mobil mewah tsb, apalagi kata mbah dukun kans kita untuk menang sudah diatas 80% xixixixiiiiii klimaks…

  42. hmmmm sebenarnya pngn ketawa cmn ga enak,,

    pk calon presiden yang terhormt,, bukan mksut saya menggurui anda,, tetapi menurut saya drone itu sangat bergantung sekali sm satelit lha wong satelit saja kita ga punya trus mw pke remote kontrol yang bagemna..?

    kalo saran saya lanjutkan saja program nya pk RI 6 sambil beliau sudah memikirkan mtang2 soal mef. beliau bukan orang yang kebetulan jadi presiden 2 periode.. jangan gengsi ap lg sok tahu… !!! mudah2an saja dalam wktu dekat ada gesekan dengan negara lain,, supya org2 pda tau mna mcan beneran mna mcan jadi jadian,,,

  43. ane sebenernye sedih bung @preman…ketika amanah / kepemimpinan ini
    di anggap mainan..arisan..hanya gol mereka yg berhak / wajib mengangkanginya..,
    tapi inilah sunnatullah bahwa kita hidup di akhir zaman sekarang ini…..kewajiban kita
    hanyalah mengingatkan belaka sebagai bentuk amar ma’ruf nahi munkar, ….buat ane terasa
    berat sekali terkadang merasa sendirian….ane di dunia nyata bukan siapa2 apalagi di sini yg hanya
    sebaris nama serta deretan angka dan data belaka, …memegang teguh keyakinan di anggap fundamental / garis keras
    …sementara kenyataan di depan mata sedemikian bejatnya…maaf ane bukan orang suci…tetapi betapa hina dan bejatnya
    mereka yg bangga dan jahil mempertontonkan dosa yg di perbuat oleh mereka sementara bau busuk kebejatan tercium dgn jelas meski tidak perlu mencari aib mereka, …jikalau kita tidak bisa merubah keadaan
    maka diam dan menjauhlah setelah mengingatkan…bukan karena lepas tangan tetapi karena berharap agar tidak disamakan ke dalam golongan mereka yg bejat berjamaah…,
    maaf OoT…ini hanya coretan keprihatinan….

    • Rasulullah pernah ditanya:”Apakah kita akan dihancurkan walaupun diantara kita terdapat orang-orang sholihin..???.
      Rasulullah menjawab:YA…Bila terdapat kebobrokan atau kebusukan.
      “Tuhanmu tidak akan membinasakan negeri2 zholim sedang penduduknya orang2 yg melakukan ISHLAH(PERBAIKAN)”.(QS.Al-HUUD.117)

  44. GILAAA LOOO DRONE…..

    asliii garai nguyuuuu kel kel kel

  45. satelit indosat dh djual.ma orang madura.
    drone kasino indro .
    si mantan tni ad ad az

  46. Biarkan dulu jokowi berkerja. Blm apa2 sdh dihujani kritik, gmn beliau bisa kerja maksimal? Ada pepatah mengatakan “tdk ada org yg maju krn kritik melainkan krn pujianlah adanya”.
    Negara kita adl negara yg begitu besar. Jk semua permasalahan bangsa dibebankan hanya kpd satu org, mk sy yakin siapapun orgnya tdk akan kuat.
    Siapapun yg terpilih mjd presiden, marilah sm2 kita dukung. Hilangkan kebiasaan kita, yg sllu menghujat presiden kita saat msh menjabat dan mengelu2kannya kemudian. Jgn lupakan sejarah presiden2 kita yg prnh dilengserkan. USA cs sllu berada dibalik setiap lengsernya presiden kita.
    BERSATU KITA TEGUH!!

  47. belajar dagelan n konyol

  48. met hari kemerdekaan..medeka.

  49. Jokowi memang yahuut. Presiden pilihan rakyat yg pola pikirnya juga kembali ke “rakyat”. Drone2 karya anak bangsa pasti akan laku keras dan “terhargai” dgn kebijakan Presiden Rakyat ini. Saatnya hargai, gunakan dan terus kembangkan produk2 Alutsista Indonesia. (sekalian biar para pendukung “macan” ompong tambah sakit jiwa, hahahaaay….). Apalagi stlh Bung @jalo ngaplud drone anak2 Pontianak, ntuh….(hahahaaaa para pengkultus “macan” ompong bakal sakit hati, geram dan siap2 bakal masuk RSJ lho…. Kuk kuruyuuuukkkkk).

    #EdisiManasinPembenciPresidenPilihanRakyat

    Para pendukung

    • Yg di omongin harga nya 7-10 jt us dollar atau 1 m mas sptnya drone luar negeri deh .klo produk nasional itu bagus .. klo masih import industr dalam negeri nya gigit jari..

    • pak jokowi ..emang top ,penuh sensasi,misteri,kontroversi,dipuja dan di hujat
      moga bpk gak jumawa dan tetap apa adanya ,,klu gak sesuai bilang saja tidak …jadi jelas dan tidak ragu2

      drone = dibenci,dicaci ..tapi terbukti semua negara ingin mengembangkan drone
      rusia yg ketinggalan jauh dgn rival abadinya udah mulai mengembangkan drone multifungsi dengan 3 versi
      indonesia udah mulai sejak 2005 tapi berhenti karna dana ,,maju terus teknologi indonesia jangan mau kalau dgn asu

      jokowi = bikin pusing,tersenyum,juga bikin ngengirrr…wwwwakakaka..dronee.droneeee

    • Itu cuman gambaran aja bung, untuk menggunakan GPS atau satelite kita sudah kembangkan salah satunya oleh pustekbang Lapan jenis LSU tipe short maupun medium nanti kedepan akan ada jenis HALE yg dikembangkan bersama TU berlin Jerman. Lebih baik mereka ini yg didahulukan, biar tambah bangga. Yg dibahas adalah bisa dikembangkan ke sipil dan militer, untuk sipil sudah banyak terbukti untuk militer juga sudah meski belum maksimal tapi sudah berjalan. Kita memang butuh untuk membantu mengurangi anggaran baham bakar, selain ekonomis dan efisien membantu pengawasan wilayah.kita yg besar.

      Berita diatas untuk menunjukan bahwa didalam negeri teknologi ini sudah banyak pengembangannya. Ada juga ITB, UI, UGM, dan institut maupun universitas lainnya yg sudah mengembangkan teknologi ini, lebih baik kita hargai karya2 mereka. 🙂

      • kok nggak dibabar perihal teknologi lapan tubsat yang buat komunikasi ini bung Jalo ? kira2 bisa tidak untuk mengendarikan si “Drone” ?

      • Masalah drone kan yg sudah dikembangkan oleh LAPAN kerjasama dengan perguruan tinggi kan jamannya SBY to, yang pengadaan dari luar juga dah ada termasuk yang top secret. Namun demikian drone belum bisa menjadi alutsista utama bung jalo, mengingat daya tahan dan jelajahnya yang terbatas. Kalau untuk pengawasan terbatas mungkin cocok, tapi kalau semacam global hawk ya percuma, malah jadi sasaran empuk rudal2 lawan. Ingat Global hawk aja kalah sama Buk M2 apalagi kelasnya S-300/400, belum lagi harus menghadapi layangan.
        Kalau yang di pontianak itu saya takutnya seperti kasus mobil “Esemka”, mungkin bung jalo bisa jelaskan dong itu kan “karya anak bangsa” kenapa gak dilanjut aja? Saya yakin sekali bung jalo sudah memakai mobil ini karena rasa “cinta” terhadap “produk-produk dalam negeri” . Jadi inget iklan di tipi… 😀

    • @arul : manusia bisa berjalan ya dari berangkang dulu baru bisa jalan begitu juga ilmu pengetahuan
      Bisa di mulai melaluli drone yang menggunakan sinyal remote yang dipancarkan dan ditanggkap oleh resiver di pesawat, setelah itu sukses baru kita buat dari remote satelit baru ke resiver di pesawat . intinya step by step

  50. Hadeuh….udah nyari proyek ya!? Ingat komisinya laporkan ke…….

  51. Ane stuju ma ente Bung Ihsan.
    Gnti pemerintah gant kebijakan baru lagi…
    Militer kita apa Ga punya road map??? Qo gampang di obok2 politikus ya??…
    Bung Jalo, Bung Satrio, Mohon Pencerahanya???

  52. Banyak juga orang yang anti Drone dan memuja SBY di sini ….

    Bila jujur dan berpikir rasional … sesungguhnya tidak semua program SBY itu bagus dan dapat dipertanggung-jawabkan … .. Ada kok yang masih bersifat abu-abu dan gak ada manfaatnya bagi rakyat dan negara ini ..

    Terkait dengan usulan penggunaan Drone … sebaiknya pihak yang anti drone …memahaminya lebih terbuka. Konsep Drone itu sebenarnya bagian dari idea atau paradigma baru di bidang pertahanan di Indonesia kedepan. Tak ada yang baru sebab sebetulnya konsep ini sudah lama dipraktekkan oleh negara lain …

    Aplikasi penggunaan Drone + satelit militer untuk mendukung fungsi komunikasi kendali tempur + alustista pesawat tempur dan kapal perang yang memadai disertai dengan personal yang andal sesungguhnya amat kita butuhkan sekarang ..

    Tetapi jangan lupa …. tak ada konsep yang sempurna. Saya juga setuju jika semua pihak (terutama TNI sebagai user) didengar dan dihargai pendapatnya oleh Tim Jokowi – JK sebab tugas mempertahankan NKRI bukanlah hanya tugas Jokowi-JK, tetapi juga tugas kita semua ..

    • lah klo ngerakit drone aja loe udah hina, gimana mereka bisa ngembangin yg lebih canggih spt kata loe, gimana industri dan teknologi pendukungnya(radar,kamera,remote dll) mau berkembang,
      asal tau ajah brisat udah kita beli, kavling orbit satelit indosat yg dulu dibeli temasek udah kita take over, tinggal diluncurin, infrastuktur bisa kita bangun,teknologi bisa kita kembangkan (ahli kita punya) tinggal kemauan perintah ajah,nah kalo ada kemauan dr jkwi udah ada.

    • tugas mempertahankan NKRI bukanlah tugas jj brothers tapi TNI mas, fanatik kok kebablasan mas

  53. Ntar 17 an tahun 2015, acara fly pass nya pakai drone

  54. ehm..yg bilang drone jd tulang punggung militer siapa nih,mbahnya drone aja,isroil ma as aja masih blm otonom dronenya.

    • Lupa soal mengutamakan drone dan anoa?

      Kita ini negara kepulauan bkn daratan…laut kita adalah 2/3 lautan asteng…mau dikawal pake drone ? (Kalau wacana di atas akan ditingkatkan jd combat drone)…

      Kita butuh pesawat AEW dan maritim kelas berat macam poseidon dan erieye untuk pengawasan dan penindakan maksimal karena area yg kita awasi bkn sehektar dua hektar dan lawan kita bkn ecek ecek seperti lawan drone ASU dan israel…

      Ini br soal drone…blm lg kelucuan soal anoa neh :mrgreen:

    • Robot Tempur Buatan Indonesia | Indonesia Proud

      indonesiaproud.wordpress.com/…/robot-t…

      Kita sdh bs buat robot tempur sendiri kok…jenderal jenderal keminter itu aja yg sibuk ngamanin posisi…padahal kemana aja mereka kemarin saat dislitbang TNI butuh dukungan?

  55. Br kali ini ngenes baca komentarnya temen2,g asik sama mendidik kayak sebelum pilpres kemarin..
    Semuanya menghujat pak jokowi..padahal beliau jg blm bekerja sepenuhnya jd presiden sebelum MK mengumumkan hasil sidang,
    Kita aja ngerti atau tau atau malah kadang sok tau kl drone tdk bisa dijalankan sendiri melainkan butuh banyak pendukungnya,apalagi pak jokowi beserta timnya apa ya g lebih tau mereka itu.
    Sudahlah tdk usah menghujat sama menjelekkan orang..#dosa.
    Kl seandainya penonton debat presiden dl orang cerdas semua pasti akan dpt clue yg bijak dan ampuh untuk bangsa ini Dr jawaban atau pertanyaan yg cerdas dr pak jokowi.
    Seperti kata bung satrio dikunyah dl baru ditelan..hehe.
    Mari kita ciptakan kedamaian bagi negri tercinta ini.

    #selamat hari jadi bangsaku

  56. All warjagers,ane punya bocoran lgkp ttg proker kabinet salah satu pasangan capres-cawapres.ane cuma bs doa semoga Alloh slalu lindungi NKRI. Dan rakyatnya.negri dlm keadaan terancam dari musuh2 luar melalui org2 dlm negri yg ambisius.

  57. Tadinya gue suka banget baca komentar2 di sini,tapi akhir-akhir ini komentarnya sungguh memuakkan,setau gue ini blog militer buat berbagi ilmu,berbagi kebanggaan,bukan buat pro kontra pilpres,kenapa sekarang jadi busuk gini ????? gue liat setiap apapun artikel tentang ide atau rencana dari Jokowi-JK,komentarnya langsung BUSUK….apa otak dan mulut udah kemasukan COMBERAN????,Suka gak suka siapapun yg bakal jadi presiden sudah pasti akan menjadi pemimpin kita,klo gak suka sama salahsatu yg bakal jadi pemimpin kita,mendingan pergi deh dari NKRI ini.

    • emang siapa elu ..! nyuruh pergi dari nkri… justru kita yg ingin menjaga keutuhan nkri disini yg gedeg sama ular… blom apa2 bikin rencana kebijakan masalah pertahanan tanpa diskusi dgn yg membuat perencanaan sebelumnya .. apalagi usernya. udah mulai aneh ini timnya wiwi… program mef udah direncanakan matang bertahun tahun…. kok ingin merubahnya oleh tim yg baru terbentuk beberapa hari…. hadeuuuuh gila bener…. ! pikiiiiiir !

      • apa salahnya dengan rencana ????? semua di mulai dengan rencana….rencana belum tentu dilaksanakan, sudah pasti di pertimbangkan dengan masak, bukannya tim jokowi berusaha buka komunikasi dengan pemerintah sekarang ??? wajarlah klo punya gagasan di keluarkan..itupun belum tentu jadi keputusan..jadi gk usah prasangka buruk gitulah.dan klo anda merasa tahu benar siapa ular yg di maksud anda harus berani buka dan sebarkan dengan bukti yg akurat,jangan asal tuduh,dan sekali lagi saya bilang ” awal saya suka dengan blog ini dikarenakan koment2 yg hadir disini penuh dengan kebanggan dan optimis,hanya karena pilpres koment2nya jadi kayak blog murahan,sangat di sayangkan.

        oh iya….maaf @dron pret ,almarhum bpk saya pernah berjuang di kalimantan dan sulawesi dan saya tahu rasanya ditinggalkan bertahun-tahun.

        Terimakasih

        • “oh iya….maaf @dron pret ,almarhum bpk saya pernah berjuang di kalimantan dan sulawesi dan saya tahu rasanya ditinggalkan bertahun-tahun.” kisah anda mirip bu Mega ya. 😀

          • hahahaha….bisa aja bung @sanjaya…..mega masih bisa ketemu bapaknya…..sayangnya ane…blom sempet ketemu bapake…..salam kenal bung @sanjaya

  58. nih kalau yg masih cinta sama Tank Leo jadi shiiiting duck ISIS…

    • mas gareng..mau sehebat apapun,semua bikinan manusia dan pasti bisa hancur…tinggal strategi tempurnya saja yg di benahi

    • Bung Gareng, kalau ada orang sehabis minum multivitamin lantas sariawan, apa berarti dia tak boleh lagi minum vitamin? Semua ada proporsinya dalam membahas sesuatu.

    • leoo ngapain loe sembunyi..dibeli buat perang bukan petak umpett…besar dan berat nyali giookk
      ihihih..si leo apesss,,udah sembunyi masih juga kena ..aduh!!
      kayaknya strategi alustista nkri harus di susun lagi dengan perancanaan,dana dan strategi jitu dari otak yg cerdas bukan licik..eheheh..perang sembunyiiii,kena kan,,

      coba di atas ada drone itu bisa membantu si leo mantau posisi lawan /musuh/atau malaikat mautnya..wakakkaka

      drone..harap muncul ngawal ibu pertiwi

      salam bung diego@

      • MBT lazimnya digelar dengan dukungan elemen lainnya.. kalo di suriah tank assad kayak diumbar begitu aja sehingga banyak yg hancur dihajar Konkurs, TOW dan ATGM sejenisnya.

        Semua itu ada strateginya… (btw nanti beli drone ama sapa ya? jgn2 sama si zionis…)

    • Mas ntu t-72 bukan leo, bisa bedain kaga?…….tepok pantat :mrgreen: he,he,he

      • Hehehe….pusying ya bung @erich…..hari hari gini makin banyak komeng “lucu lucu”…ane milih sr dulu dah…

        Merdeka bung ! Salam sejahtera buat rekan rekan yg terlibat flypass td pagi..

    • reng reng………..loe belajar dulu reng, tul tuh kata bung erich, itu t72 reng reng reng……….

  59. Nanti kalau setelah Jokowi di lantik di demo aja rame-rame jangan pakai drone, jangan ganti Leopard siapa tau bisa lengser dan diganti dengan Prabowo mantan jendral pasti di belikan su-35, tank merkava ,dan luncurin satelit sendiri gak numpang si upil lagi .

  60. Drone ini sudah ada, sudah dikembangkan, n sduh digunakan dengan berbagai kepentingan. kenapa pemberitaan diatas seolah2 hanya di era jokowi drone ini baru dimanfaatkan?

  61. Owi : Negara ini harus punya banyak Drone….
    Owo : Kenaaapa..?
    Owi : Banyak drone membuat hemat..
    Owo : Kenaaapa..?
    Owi : Uangnya bisa buat yang lain lain..
    Sby : Siapapun diantara kalian yang jadi presiden makmurkan rakyat ya..?
    Owi – Owo : Kenaaaapa..?

  62. Drone pilihan tim jokowi dibantu beberapa analisis telah memilih drone siluman dgn piranti autopilot GENDERUWO yg udah dijinakan sama keluarga besar JOKO GROUP mulai dari joko gendeng sampai joko bodo yg sudah tak di ragukan lg kemampuanya soal mendidik genderuwo…. ^loro ati^…

    • saat ini drone tersebut telah berhasil diujicobakan untuk melakukan pengintaian di malam hari dengan hasil yg memuaskan, antara lain mendapatkan sebuah pepaya dan mangga….

      ternyata terjadi kekeliruan, yang dikirim adalah kalong alias codot….

  63. Klo menurut ane sih DRONE blm lengkap tanpa adanya dukungan dari 2 alat lagi yg harus disandingkan dg drone tsb, apabila telah ada 2 alat lagi pasti akan maximal efek deteren nye…buat pak jokowi beserta tim transisinye, yg ane maksud dg 2 alat lagi adalah: 1. DON (dono). 2.KASINON (kasino) …bila ini sudah terpenuhi akan menjadi satu kesatuan yg hebat sebagai alutsista tempur dlm penyerangan ke arah tubuh manusia . utamanya bagian perut, perut akan terkocok hebat walhasil orang yg terkena indrone,kasinon,&don akan mati lemas..tanpa luka,darah dan cacat tubuh lainye…he.he.he..just kidding biar ga stress..!!!

    ….NKRI HARGA MATI…

  64. Jangan salah Pak Prabowo nanti akan beli Pesawat SU-35 100 unit ,kapal selam 100 unit, tank merkava 200 unit ,S-300, S-400 50 batterai ,yg paling fenomenal akan Luncurin satelit 3 sekaligus untuk komersil ,militer dan cuaca tapi nanti setelah di lengserin di demo dulu jangan pakai drone dan ganti leopard biar lengser si Jokowi .

  65. izin komen…just cups

    setiap pemimpin pasti udah memikirkan jauh kedepan,,peta politik,militer di 5 tahun kedepan bukan hangat dan dingin diindonesia saja.
    asean,asia bakan dunia akan ikut didalamnya dan mengenal , ooh itu indonesia negeri para pejuang ,ulet dan tak kenal menyerah dgn jargon poros maritim

    back!
    para pemimpin seperti sby dan jokowi adalah pautan yg membawa ini..,beliau visioner yg melihat bukan hanya saat ini tapi juga nanti kedepan,,
    statement andi tentang leo dan drone ini saya rasa bukan sembarangan celoteh..,apalagi drone
    jika jokowi kepincut ingin memiliki 3 ska drone ,,artinya ini emg luar biasa dalam artian udah memikirkan apa kegunaan drone,dan juga kelemahann..tentu ingin memiliki 3 ska drone musti memikirkan satelit ..,jika ngemeng drone tapi yg dituju satelitt,,maknyusss,,
    1,2,3 pulau terlewati…udah ahhhh..nyam..nyammm

    • mikir buat satelit apa jual satelit? bukannya kemarin ngemeng mau sewa? pesawat kepresidenan aja katanya di metro mini mau dijual, boros katanya, mending sewa aja. Sekarang dah punya satelit sendiri bung, jarang baca2 JKGR ya? titip itu satelit dijaga, jangan dijual … syukur2 mau nambahin.

  66. semoga aja langit kita tetap aman dijaga Drone 🙂
    #ngarepp… tapi klo keduluan siluman burung besi Nembak ya Inallilahi.. hehehe

  67. Hehehe…. belum apa2 MR. Ari Soemarno dan MR. Raden Prijono sudah di plot jd calon mentri ESDM, keluar mulut singa masuk mulut macan ini namanya… #ikutan tepok jidat deh

    • bung Rafly bisa dijelaskan kenapa 2 nama tsb dinilai macan ? (info dibalik berita anda biasanya cukup mencerahkan), setahu saya mereka berseberangan dengan mafia migas.

      >Berdasarkan pengalamannya, Priyono yakin ada orang dalam Pertamina yang berperan dalam praktik penyelundupan itu. Selain karena keuntungan besar, praktik itu bisa terjadi lantaran pejabat Pertamina yang menangani urusan minyak hanya itu-itu saja. Juga turun-temurun. Jadi, harusnya diganti semua,” kata Priyono (komen Priyono terkait penyelundupan BBM skala tanker belum lama ini – harian kontan).

      >> X (=WNI keturunan Arab) mengatur sedemikian rupa agar negara RI tergantung oleh impor bensin dan solar. Upaya pengembangan energi terbarukan pun dipatahkan.
      Sebagian Direksi Pertamina yang kurang setuju dengan pembelian minyak via broker diganti. Bahkan penggantian Dirut Pertamina Ari Soemarno dengan Karen Agustiawan diduga terkait dengan kebandelan Ari yang ingin memindahkan kantor PETRAL dari Singapura ke Batam agar lebih bisa mudah diawasi.

      (yang ingin tahu siapa X, copy paste aja kalimat di atas dan di-google)

      • Bung danu, saya kira sy dan anda berada di sisi yg sama yaitu kita sama2 berada di posisi sebagai anak bangsa yg tdk rela bila negara kita dirugikan dan rakyat yg menjadi korbannya, prinsipnya seperti itu dahulu kurang lebih.

        Mengenai keterkaitannya bung danu sy mohon googling juga deh, banyak koq link beritanya sy harap bung danu paham kenapa sy tdk mau menulisnya disini.

  68. Washington – Siapa bilang
    Amerika Serikat punya control penuh atas drone?
    Buktinya, Paman Sam telah kehilangan lebih dari 400
    drone militer dalam berbagai kasus kecelakaan di seluruh
    dunia sejak tahun 2001. Laporan memalukan ini sekaligus
    mempertanyakan keamanan dan keandalan pesawat tak
    berawak itu.
    Mengutip 50.000 halaman laporan investigasi kecelakaan,
    banyak drone militer “tak berfungsi secara benar karena
    berbagai sebab” sejak serangan 11 September 2001. Yang
    paling sering adalah akibat kerusakan mekanik, kesalahan
    manusia, dan cuaca buruk.
    “Drone militer telah menabrak rumah, peternakan,
    landasan pacu, jalan raya, saluran air, bahkan dalam satu
    kasus, menabrak sebuah pesawat transportasi Angkatan
    Udara C-130 Hercules di udara,” tulis laporan khusus yang
    diungkap media, 20 Juni 2014.
    Dari 418 kecelakaan antara 11 September 2001 sampai
    akhir tahun 2013, hasil identifikasi menunjukkan angka 194
    kasus berada dalam kondisi yang disebut sebagai
    kecelakaan kelas A dengan kerugian lebih dari US$ 2 juta.
    Angka total itu hampir sama dengan jumlah kecelakaan
    besar yang melibatkan jet tempur Angkatan Udara AS dan
    pesawat penyerang lainnya selama periode yang sama.
    Padahal, durasi terbang drone jauh lebih sedikit.
    Adapun 67 kecelakaan yang melibatkan drone, menurut
    laporan itu, terjadi di Afganistan. Sebanyak 41 kecelakaan
    terjadi di Irak, tapi 47 terjadi di dalam negeri Amerika
    Serikat selama penerbangan uji coba dan pelatihan.
    Sebuah pesawat militer tak berawak jatuh di dekat sebuah
    taman bermain sekolah dasar di Pennsylvania pada bulan
    April 2014, sedangkan Reaper milik angkatan udara jatuh
    ke Danau Ontario di New York pada bulan November
    2013.
    Drone Predator-yang bisa dibilang drone militer Amerika
    yang paling terkenal- sendiri terlibat dalam 102 kecelakaan
    kelas A, diikuti oleh Hunter yang ukurannya lebih kecil dan
    model Reaper yang lebih besar dengan 26 dan 22 kasus
    kecelakaan.
    Laporan ini dipublish terkait rencana Federal Aviation
    Administration (FIA) untuk membuat seperangkat
    peraturan untuk mengatur lonjakan penggunaan drone
    komersial pada tahun-tahun mendatang. Amerika Serikat
    sendiri memiliki sekitar 10 ribu drone, mulai dari yang
    hanya seberat 0,5 kilogram hingga yang berukuran jumbo

    BUTUH 28 DRONE….. LUCU DECH NEGARA RI SEGEDE GABAN CUMAN BUTUH 28 DRONE. INDONESIA LEBIH CANGGIH DARI MAMARIKA YAAA ??????? …THINKS…

  69. Bung Wehrmach….. Sepengetahuan saya penggunaan drone nantinya dimaksimalkan penggunaannya unt patroli maritim, pendeteksian hot spot bila terjadi kebakaran hutan dan pengawasan ilegal logging bkn pd fungsi tempurnya bung.

    • klo penggunaan patroli maritim, berarti drone harus membawa pengeras suara juga donk, biar bisa nyuruh nelayan yang melanggar batas wilayah balik lagi ke negara nya,,

      klo ga ada mereka akan tenang2 aja,,

      tetep aja yang intercept nya kapal patroli cepat,,

      klo digunakan utk membantu pengawasan kapal patroli cepat mungkin bisa jadi menggunakan drone.. tp klo drone nya jalan sendiri tanpa dikawal kapal patroli, apa bisa drone menangkap pelanggar perbatasan? yang ada menghancurkan kapal tsb dgn rudal yang ditenteng nya nanti..

      hehe maaf,, cuma bercanda..

  70. sebenarnya simple aja untuk melihat point utamanya… Perbanyak Drone=Proyek Baru=Tambahan Pemasukan Pribadi Baru.. thats simple… Hargai Lah Pak SBY yang masih menjabat sebagai RI1,dilantik aja belum udah banyak tingkah… salah satu penggiringan opini masyarakat nih..

  71. Joko Tingkir perbanyak drone buat mantau jakarta yang kebanjiran soalnya dia ga usah blusukan lagi…cukup liat lewat kamera yg terpasang di drone dan tersambung dengan BB Joko Tingkir mana aja yang perlu bantuan..terus drone yang lain bawain Mie Instan ma air mineral…jadi lumayan bs hemat TNI ma Basarnas ga usah repot nyediain perahu karet..jd TNI bs fokus ma Hankam..hahahha

  72. adakah yg tau berita multilateral naval exercise australia? apakah tni al ngirim kaprangnya ikut latgab

  73. Reply komen no.51

  74. Drone membelokkan faktA bahwa mereka anti leo dan dwngan anti dot baru namanya drone sehingga seolah2 bekerja padahal gk bisa kerja

  75. dirgahayu republik indonesia . semoga tuhan yme menerima amal para pendahulu kita dan memberikan pengampunan atas segala kesalahan mereka di masa lalu. amin.

  76. Bacaan lw pks piyungan.. panasbung detected…

  77. Dirgahayu Indonesiaku..salam satu Indonesia..semoga tetap damai..

  78. berhentilah saling hujat dan caci memaki diantara kita, apa yg jelek bagi kita belum tentu jelek bagi tuhan, terkadang satiap kita berdoa meminta kupu2 yang bagus maka allah akan mengabulkan dengan memberikan seekor ulat yg hina dahulu agar kita bisa mengetahui kebesarannNya, ulat sadar akan perbuatannya yg merusak, lalu ia memohon ampun sambil berpuasa agar kelak bermanfaat bagi kita, selama berdoa dan memohon ampun ia berubah menjadi kepompong dan menjelma menjadi kupu2 yang indah…

    jadi daripada kita saling menghujat, lebih baik kita berdoa dan berharap semoga indonesia menjadi negara yg lebih besar dan lebih makmur dr sekarang

  79. @sennopati: Jgn trllu memvonis. Hampir slma 1 dekade presiden sby dikatakan presiden peragu, banci, antek amerika dll. Dan skrg? Stlh diakhir pemerintahan?

  80. bung Wehrmacht@ Drone nya nanti akan dimanfaatkan untuk memantau dan ngebom pesantren yg di anggap radikal.

  81. Wah media Yang Pro Jokowi menyalahkan SBY. Belum apa2 sudah kelihatan ingin membersihkan nama, agar nanti ketika gagal.. SBY yang di kambing hitamkan.

    http://www.thejakartapost.com/news/2014/08/16/sby-leaves-fiscal-mess-jokowi.html

  82. Mungkin Begini Bung wehrmacht : Drone Digunakan sebagai pengintai yang meronda 24 jam di wilayah nkri, jika ada pelanggaran dan harus di lakukan penindakan baru kri terdekat kita atau pesawat tempur terdekat kita melakukan penindakan.
    karna biaya oprasional drone sanagat lebih murah dibanding peswat tempur kita yang harus patroli 24 jam.

    • Kita tidak perlu beli senjata yang mahal-mahal yang neko-neko, kita hanya memerlukan drone untuk mengawasi wilayah negara kita, karena dgn menggunakan drone harganya murah dan biaya operasionalnya juga murah. ya nanti kalo ada pelanggaran wilayah ato ilegal fishing di merauke kita tinggal kontek aja KRI dari surabaya… gitu aja kok repot..

  83. udah jgn debat kusir lagi, siapapun presidennya jg terlalu dipikirin. kalau nanti presidennya gak becus minimal indonesia balik lagi ke 15 tahun silam, maksimalnya indonesia bubar,,,

    jadi yang tinggal dijawa jadi warga negara jawa, yang tinggal di kalimantan jadi warga negara kalimantan, sumatera, sulawesi, papua, dll

    geto aja kok repot….

  84. berita lama terkait drone atau uav atau apalah namanya :

    Indonesia Readies Mass Production of Drones

    Kate Lamb
    April 30, 2013 9:40 AM

    JAKARTA, INDONESIA— Indonesia has announced that it will begin to mass-produce surveillance drones this year. Analysts say Indonesia’s local drone development and production is part of a broader trend of rapidly modernizing militaries in the Asia Pacific.

    Funded by the Defense Ministry, Indonesia initiated its surveillance drone development program in 2004. A collaborative effort between several government agencies, the Wulung, a type of unmanned aerial vehicle, or UAV, is ready to be mass-produced for the Indonesian Air Force this year.

    The Wulung prototype was locally designed and produced, and initially will be used for non-military purposes, such as monitoring active volcanoes, spotting illegal logging and patrolling the country’s huge maritime area.

    Covering a wide region

    Samudro, a director at Indonesia’s Research and Technology Application Agency that jointly developed the prototype, said the drones will help Indonesia keep tabs on its 17,000 islands and multiple borders.

    “To monitor our borders, to monitor our illegal fishing, to monitor the human trafficking, for example, and also for search and rescue,” said Samudro.

    The aircraft will be placed in the country’s vast border regions, with Papua New Guinea and East Timor to the east, and Malaysia and Brunei to the northwest.

    While all current drones are unarmed, the Indonesia Defense Ministry says it has long-term plans for a weaponized model capable of shooting missiles or dropping bombs.

    Limited range

    The Wulung drone provides real-time recording to ground control stations, but can only fly for up to four hours and as far as 73 kilometers from its ground controllers.

    In comparison, some U.S. drones can fly for more than a day without refueling and can be controlled via satellite from bases thousands of kilometers away.

    With their sophisticated technology and complex supporting infrastructure, armed drones have come to define a new, very modern, form of warfare.

    In trying to match global arms capabilities, Yohannes Sulaiman, an analyst from the Indonesian Defense University, said Indonesia’s local drone production is counterproductive and ego driven.

    “It pushes the development back actually years behind other countries. It is all a matter of national ego. It is like the Indonesian way, I guess, proof that we are smart enough to build our own drones,” said Sulaiman.

    Drones becoming ubiquitous

    Most major militaries today operate some form of unarmed drones, purchased from major suppliers such as Israel and the United States. And with growing economic clout and geopolitical tensions, drone usage in the Asia Pacific is set to proliferate.

    Richard Bitzinger, an ex-CIA analyst and senior fellow at the S. Rajaratnam School of International Studies in Singapore, said drone development in Indonesia is all part of a broader regional trend.

    “I mean this is all part of a trend of ratcheting up military capabilities throughout the Asia Pacific. It is just as militaries replace older equipment, the newer equipment is just head and shoulders superior and endowed with new capabilities that these militaries beforehand did not possess,” said Bitzinger. “And so I mean, for me alone, I don’t see drones alone as some kind of ominous game changer, but what I do see is an overall trend in military modernization, which is increasing the qualitative capabilities of regional militaries.”

    China, South Korea, Singapore, and Japan all have UAV programs underway.

    In 2011 the Asia Pacific spent $590 million on UAVs, which global consulting firm Frost and Sullivan estimates could rise to $1.4 billion in 2017.

    http://www.voanews.com/content/indonesia-readies-mass-production-of-drones/1651633.html

    semoga ada dana yang cukup besar sehingga bisa akselerasi pencapaian. mumpung negara2 besar di asia juga berangkat dari awal yang sama.

    • begitu juga harapan saya pada mobnas listrik, kita harus serius mengembangkan sekarang sebelum benar2 terlambat.

      • jika mobil listrik dikembangkan dengan baik pastinya atpm banyak yang bangkrut dan mafia migas akan menangis. keuntungan yang didapat oleh negeri ini : udara lebih bersih, kesehatan masyarakat meningkat dan berujung pada produktifitas yang meningkat, subsidi migas berkurang drastis dan mungkin suatu saat perusahaan indonesia bisa menjadi leader di negeri sendiri. bahkan bisa jadi kita mengekspor teknologi mobil listrik tersebut. kalau tidak salah ada negara skandinavia yang tertarik untuk joint production mobil listrik.

        • Assalamualaikum wr.wb
          iya bung saya lebih sependapat dalam pengembangan mobil listrik.
          untuk BBMnya bisa di alihkan ke pembangkit listrik jadi nantinya listriknya jadi tidak byar pet.

    • mudah kok mas tinggal diterjemahkan dengan google translate. tidak perlu profesional untuk menterjemahkan.

  85. Pesawat ganti semua dgn drone,kendaraan tempurnya ganti dgn robot megatron,prajuritnya beli robot terminator pasti jd sangat mengerikan TNI yg serba mesin dan robot.

  86. Rekan rekan yang terhormat,
    Mohon kiranya berkomentar yang santun dan konstitusional.

    Komentar komentar yang kasar, agitasi dan mendorong/ menggagas tindakan inkonstitusional akan dihapus.

    Salam NKRI

    -admin-

  87. Tahun kedua Asu +Sonotan +Sonora menyerang Indonesia, kita udah pesan su-38 komplit 1 ska, pengiriman 5 tahun mendatang. Pesawat pesanan siap dikirim, pengirimnya bingung karena Indonesia g ada lagi di PETA

  88. Drone juga banyak antidotnya bung,para hacker tuh depan rumah dah bejibun….!!!jangankan drone,satelit aja bisa di hack…!!!(Tp yg depan rumah belum bisa hack satelit bung)….he..he..malah tambah mumet bung….!!!

  89. Wiizzzz ayo cooling down ????

  90. Bung mohon pencerahannya, mohon maaf jika salah. Drone dipake unt perang dlm skala kecil atau perang gerilya abad ini dan mendatang. Klo misalkan dibandingkan antara 10 drone dan 1 pespur untuk patroli,misi pengemboman,intercept dll keandalan yg diperoleh bagus mana? Moga sehat2 semua. Salam NKRI

  91. komeng2nya pd bikin ngakak deh,, srimulat gaya baru ni ye,,. hahaha
    gpp kog beli drone asal leopard ga batal n pabrik amunisi pindad jadi terealisasi,, itu aj

  92. Kan yg anti drone dan leopard lovers banyak tuh yg komen diatas suruh demo aja dilihat seberapa banyak yg demo , siapa tau bisa lengser jokowi dan diganti junjungan nya yg mantan Danjen itu nanti langsung dibelikan su-35 100 unit ,tank merkava 200 unit, luncurin satelit 3 sekaligus untuk komersil,militer,dan cuaca .

 Leave a Reply