Mar 152015
 
Dua pilot tim aerobatik Jupiter dari TNI Angkatan Udara terjun berhasil menggunakan kursi pelontar setelah pesawat yang mereka bersenggolan dengan pesawat lain pada latihan menjelang Langkawi International Maritime and Aerospace 2015, Minggu (15/3/2015). (photo: AP)

Dua pilot tim aerobatik Jupiter dari TNI Angkatan Udara terjun berhasil menggunakan kursi pelontar setelah pesawat yang mereka bersenggolan dengan pesawat lain pada latihan menjelang Langkawi International Maritime and Aerospace 2015, Minggu (15/3/2015). (photo: AP)

Langkawi – Menteri Pertahanan RI Ryamizard Ryacudu mengungkapkan kelegaannya dua pesawat dari tim aerobatik Jupiter TNI Angkatan Udara tidak jatuh di Bandara Internasional Langkawi.

Menurut Ryamizard, seperti dikutip kantor berita Malaysia Bernama, jika kedua pesawat itu jatuh di bandara, dampak kecelakaan itu akan jauh lebih buruk. Seperti diketahui, bandara itu kini sangat sibuk dengan persiapan Langkawi International Maritime and Aerospace (LIMA) 2015

Seperti diberitakan, dua pesawat Jupiter yang sedang berlatih untuk mengikuti LIMA, bersenggolan di udara, Minggu (15/3/2015). Kedua pesawat itu jatuh, tetapi keempat pilotnya berhasil menyelamatkan diri dengan kursi pelontar.

“Pilot berhasil menghindari bandara dan permukiman. Syukurlah, dia berhasil mengalihkan arah jatuhnya pesawat,” kata Ryamizard.

Dua pesawat itu jatuh di luar bandara, yakni kawasan Permandangan Indah, Padang Mat Sirat, dan Kampung Gelam, Kedawang, yang tidak jauh dari bandara.

Ryamizard berada di Langkawi untuk menghadiri Pertemuan Menteri Pertahanan ASEAN ke-9 dan LIMA. Dia, bersama Menteri Pertahanan Malaysia Hishammuddin Hussein, langsung menjenguk keempat pilot di rumah sakit.

Yang penting, lanjut Ryamizard, keempat pilot dalam kondisi stabil dan terus dalam pengawasan dokter dan tim medis lainnya.

Ryamizard mengatakan tim aerobatik Jupiter tetap akan tampil dalam LIMA. “Mereka tetap tampil, tidak ada masalah,” kata dia seraya menambahkan bahwa para pilot di tim Jupiter tetap bersemangat.(Kompas.com).

Bagikan Artikel :

  41 Responses to “Tim Jupiter Tetap Tampil di LIMA Malaysia”

  1. Mantap, mental baja

  2. Lhooo..siiipp…

  3. 3

  4. ketiga

  5. Oh..berarti yg tampil tinggal 4 pesawat dong.

  6. Tetap 6 kok JAT bawa 8 pesawat keLIMA

  7. Alhamdulilah pilotnya selamat. Tim ini yg kemaren latihan di langit medan. kren2 manuver ny. sukses selalu buat tim Jupiter Indo.

  8. Mental Ksatria telah mendarah daging…
    Walaupun nyawa dipertaruhkan karena masih shock akibat kejadian tadi

  9. mannntapp,,nambah lagi pengalaman,,
    kedepannya ahrus lebih baik

  10. Mental baja, berjiwa satria dan tak kenal takut serta profesional. We are proud of You.

  11. maju tak gentar

  12. Alhamdulillah,,dan trima kasih jg buat pemerintah Malaysia yg sekarang lbh “welcome” trhadap Indonesia trmasuk dilepaskannya 17 warga Indonesia yg nyelonong msk,,smoga kdepannya hubungan Indonesia dan Malaysia jd lbh baik,,

  13. Penasaran … dulu, setiap kali pesawat TNI AU mengalami kecelakaan, tidak pernah diganti untuk menggenapkan jumlah skuadron. Apa sekarang juga akan dibiarkan tidak diganti?

  14. Semoga sukses

  15. mengabaikan keslamatan diri sendiri dari pada warga sipil…. PASUKAN HEBAT YG BERTANGGUNG JAWAB…. tetap menjandi Sayap Pelindung Bangsa….

  16. Wahhh luar biasa ini pilot2..the show must go on.. banyak berdoa yaa..bravo TNI!!

  17. pilot rusia pakai sukhoi pernah jatuh waktu airshow, tapi selamat dan merokok jalan santai….
    kayaknya pilot kita dilatih rusia, bisa selamat saat kondisi situasi kritis.
    analisa ngawur heheheh….

  18. Kalo dilaut resikonya tenggelam, kalo diudara ya jatuh .. biasa saja .. yg pasti jadi lebih pede kedepannya .. tooppp ..

  19. Mantap, tunjukan pada malaya bahwa garuda sudah bangun

  20. Harus dipelajari penyebab kecelakaannya

    • Kan sudah dibilangin bung serempetan…. Salam Garuda

      • Yang dipelajari bukannya serempetannya bung, tp pesawatnya apakah aman, karena sdh dua kali terjadi, sebelumnya terjadi di bali meledak saat joyfligt, sedangkan sama lejadiannya saat tim ceko kalo nggak salah serempetan tapi pesawat bisa mendarat dg aman walau patah sayapnya, kita jgn korbankan pilot2 handal kita secara sia2.

  21. alhamdulillah… lanjutkan

  22. yg penting tidak tewas…toh tim red arrow aerobatic yg sdh terkenal didunia…juga pernah kecelakaan.

    sebagai pengalaman…

    bnyak aerobatic tidak selamat saat terjadi kecelakaan atraksi.
    berarti pilot indo sdh lumayan.keyen….

  23. sedih ada insiden ini dan juga bangga karena pilot selamat dari insiden ini pdahal insiden berlangsung dalam hitungan detik

  24. Kejadian yg dimaklumi mengingat aerobatik ini butuh ketelitian dan konsentrasi, btwy tetep semangat.. Geber lagi TNI… Kami mendoakan yg terbaik buat anda disana..

 Leave a Reply