Sep 112017
 

Tim Pelajar DKI Jakarta, the 2nd International Olympiad of Metropolises di Moskow, 4-9 Sept 2017. (KBRI Moskow)

London – Tim Pelajar DKI Jakarta berhasil meraih tempat terbaik ketiga dalam “the 2nd International Olympiad of Metropolises” di Moskow, Rusia, 4-9 September 2017.

Staf KBRI Moskow, Enjay Diana kepada Antara London, 10/9/2017 mengatakan, Tim Pelajar DKI Jakarta menempati posisi ketiga bersama peserta dari Istanbul, Budapest, Zagreb, Chengdu, Leipzig dan Riga.

Posisi pertama diraih pelajar : Moskow, Hong Kong dan Shanghai. Sedangkan posisi kedua ditempati pelajar : St. Petersburg, Krakow, Minsk, Sofia dan Belgrade.

Tim Pelajar DKI Jakarta terdiri dari delapan peserta berasal dari SMAK 5 BPK Penabur, SMA Negeri 8, SMANU MH Thamrin, SMA Kolese Kanisius dan SMA Santa Ursula.

Dalam kompetisi ini tim pelajar Indonesia mendapat 2 perak dan 6 perunggu. Medali perak dipersembahkan Jason Jovi Brata untuk katagori Fisika dan Rendy Wijaya untuk Kimia.

Sementara medali perunggu dipersembahkan Prawira Satya Darma (Fisika), Filbert Fedinand dan Kristoforus Jason (Matematika), Muhammad Ariqsyah Indra (Kimia), Inigo Ramli dan Rania Rusdy (Informatika).

Olimpiade Iptek Moskow diikuti 400 peserta dari 36 kota di dunia, 26 negara di Eropa, Asia, Afrika dan Amerika Latin.

DKI Jakarta satu-satunya wakil dari Asia Tenggara.

Tim Pelajar DKI Jakarta, the 2nd International Olympiad of Metropolises di Moskow, 4-9 Sept 2017. (KBRI Moskow)

Ketua tim DKI Jakarta Muhamad Husin, saat bertemu Dubes Federasi Rusia untuk Indonesia M. Wahid Supriyadi di Moskow, Sabtu (9/9/2017) mengatakan, banyak pengalaman berharga diperoleh para pelajar.

“Mereka dapat berfikir kritis, seperti keberanian berdebat dengan juri saat moderasi karena nilai yang diberikan dianggap keliru. Selain itu, makna olimpiade sangat menarik, yaitu setiap peserta bukanlah musuh, tetapi teman di masa depan,” katanya.

Dubes Wahid mengatakan kehadiran Tim Pelajar DKI Jakarta tidak hanya membawa nama baik Jakarta, tertapi juga Indonesia. “Apa yang dilakukan pelajar juga bagian dari diplomasi, karena diplomasi tidak hanya dilakukan diplomat,” ujarnya.

Hubungan dan kerja sama Jakarta dan Moskow berjalan baik, tidak hanya antara Istana Merdeka dengan Kremlin, tetapi juga Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dengan Pemerintah Kota Moskow, karena Jakarta dan Moskow telah memiliki kerja sama antar provinsi (sister province). (Antara).

  4 Responses to “Tim Pelajar DKI Raih Medali Olimpiade Iptek Moskow”

  1. DKI Jakarta satu-satunya wakil dari Asia Tenggara ??……

    Terus yg lain pada kemana ??…… hadeuuhh….

  2. bangga jg sedih,yg pernah terjadi dulu, seorang anak lelaki juara olimpiade matematika nasibnya gimana? kurang di manfaatkan oleh bangsa kita, klu tdk salah di siarkan tv one,karena tdk ada biaya melanjutkan sekolah, pindah jd nelayan membantu ayahnya.

 Leave a Reply