Jun 242018
 

Pangandaran, Jagartagreater.com – Selama liburan perayaan Idul Fitri 1439 H/2018 M, pantai-pantai di Kab. Sukabumi dan Pangandaran menjadi Objek Wisata yang ramai dikunjungi Wisatawan.

Tercatat 3 orang Wisatawan korban Laka Laut hilang tenggelam terjadi di Wilayah Perairan Palabuhanratu dan 5 orang Wisatawan Korban tenggelam di Pantai Pangandaran, Jawa barat berhasil dievakuasi.

Sebelumnya Danlanal Bandung Kolonel Laut (P) Sunar Solehuddin S.H memerintahkan Pasops Lanal Bandung Mayor Laut (P) Robby Edevaldo S.AP, untuk membentuk tim Pam Objek Wisata dan Tim SAR Laut Posal jajaran Lanal Bandung dalam menghadapi Liburan Idul Fitri selama 10 hari dari tanggal 15 s.d 24 Juni 2018.

Di Kab. Sukabumi Tim SAR Pos TNI AL Palabuhanratu yang tergabung dalam Tim SAR Gabungan terdiri dari Posal PLR, Koramil Surade, Polsek Ciracap, Polair PLR, Sarda Kab. Sukabumi, Basarnas dan Balawista, berperan aktif dalam pencarian Korban Laka Laut di Wilper Palabuhanratu.

Tim SAR Posal Palabuhanratu dipimpin Danposal Palabuhanratu Pelda Daden dan Danposmat Ujunggenteng Pelda Sopiyan mengerahkan Speed Patroli Subposmat TNI AL Ujunggenteng, dalam melaksanakan pencarian Wisatawan korban tenggelam yang terjadi, pada hari Sabtu tanggal 16 Juni 2018 di pantai Karangnaya Cikakak Kab. Sukabumi.

Korban a.n Yisi Andreas Kopu warga Kab. Bogor melaksanakan aktifitas renang terseret arus dan hilang tenggelam, setelah 6 jam tim SAR gabungan berhasil menemukan korban dalam keadaan meninggal dunia.

Selanjutnya pada hari Selasa 19 Juni 2018 dipantai Istiqomah Citepus Palabuhan Ratu, Korban Yogi Setiawan, 18 tahun warga Cinunuk Cileunyi, berenang dan terseret ombak hingga korban hilang tenggelam, pada hari Kamis 21 Juni 2018 korban ditemukan meninggal dunia oleh Tim SAR gabungan, 2 Mil dari TKP.

Ditempat terpisah pada Selasa 19 Juni 2018, Ade Nandang usia 30 tahun warga Kalapa Condong Sukabumi, korban diketahui memancing bersama rekannya di Pantai Kalapa Condong Ujunggenteng terpeleset dan jatuh kelaut, korban terbawa arus dan tenggelam.

Diketahui korban memakai celana pendek biru dan kaos putih. Sampai berita ini diturunkan pada Minggu 24 Juni 2018 Tim Sar Gabungan (Posal Palabuhanratu) terus berupaya melakukan pencarian.

Di Kab. Pangandaran pada hari Sabtu 23 Juni 2018 Tim Lifeguard Unsur TNI AL Posal Pangandaran dipimpin Peltu Dayat Sudrajat berhasil Mengevakuasi 5 orang korban tenggelam, Puspita (18 th Ciamis), Nabila (17 th Ciamis), Firmansah (17 th Bandung) Budiman (20 th Bandung) dan Minggu (24/06) Wildan (15th) asal Majalengka.

Para korban melaksanakan aktifitas berenang kelimanya terbawa ombak ke tengah, karena arus sangat deras ke-5 korban Panik serta tidak bisa berenang ke Pantai dan tenggelam.

Korban berhasil di Evakuasi tim Lifeguard Unsur TNI AL Posal Pangandaran, Satpolair PND dan PMI dalam keadaan tidak sadar, korban dibawa ke Puskesmas Cikangkung Desa Cikembulan Kec. Sidamulih Kab. Pangandaran untuk penanganan lebih lanjut. (tnial.mil.id).