Aug 292014
 
Roket TNI Lapan (photo: Defense Studies)

Roket TNI Lapan (photo: Defense Studies)

Jakarta – Kelompok Kerja (Pokja) Kantor Transisi Jokowi-JK Bidang Pertahanan dan Luar Negeri melakukan rapat, untuk menyoroti permasalahan terbatasnya anggaran untuk bidang pertahanan? seperti sekarang ini.

“?Anggaran untuk Minimun Essensial Force 2014 Rp 84 triliun, seharusnya bisa di atas atau dua kali lipatnya. Pastinya dengan anggaran terbatas itu sistem pertahanan kita harus dimaksimalkan?,” kata anggota Pokja Yuddy Chrisnandi usai rapat di Kantor Transisi, Jl Situbondo, Menteng, Jakarta, Jumat (29/8/2014).

Yuddy berbicara atas mandat Ketua Pokja Bidang Pertahanan dan Luar? Negeri Rizal Sukma. Permasalahan pertahanan ini harus dipetakan lebih lanjut oleh Pokja.

“Kita belum bisa pastikan kebijakan pertahanan kita, karena sangat banyak yang harus dipetakan, termasuk keamanan perbatasan, alutsista,” tutur Yuddy.

Belum jelas betul bagaimana solusi untuk masalah anggaran untuk pertahanan. Yang jelas, tutur Yuddy, Jokowi-JK lebih berkonsentrasi untuk program kerakyatan seperti Kartu Indonesia Pintar dan Kartu Indonesia Sehat.

“Pembahasan belum sampai ke sana (solusi anggaran),” tutur Yuddy (detik.com).

  76 Responses to “Tim Transisi Kaji Anggaran Pertahanan”

  1. Selamat malam

  2. semoga naik

  3. naikan 3x lipat hapus aja subsidi BBM

  4. Simak n cermati..

  5. selamat malam

  6. Kalau Kartu sehat dan Kartu Indonesia Pintar apa itu tidak membebani APBN…? bung Satrio dan para suhu Warjag mungkin bisa ksih pencerahan..soalnya sekarang sudah ada BPJS…

    Maklum tukang sapu warnet ga paham mslah anggaran.

    • Saya setuju sm cungi212 masa masyarakat diberi kartu seperti kartu indonesia pintar sm kartu indonesia sehat..yang akan memberatkan APBN. BPJS itu kan udah bagus mengajarkan rakyat utuk berinvestasi buat kesehatan sesuai kemampuan,tinggal digalakan dan awasi agar tidak diselewengkan. Masa orang beli rokok dan minuman keras namun biaya kesehatannya nanti akan ditangung negara dengan kartu2 tersebut.

      Maaf pendapat tukang batu bata…mohon pencerahan tp jangan dihujat..makasih

      • orang ngerokok dan minum miras kalau dia bayar pajak dan cukai, kenapa tidak? masak negara cuma mau enaknya aja, tentunya termasuk edukasi dan mencegah .

      • Hmmm… berarti pemaham anda masih setengah2 tentang BPJS, JKN (jaminan kesehatan nasional) adalah nama programnya yg bisa memberikan pertanggungan terhadap kesehatan masyarakat. Ada 2 mekanismenya mandiri yg menggunakan iuran pesertanya tergantung kemampuan masing2 ada kelas 1,2 dan 3. Sementara warga kurang mampu benar2 digeratiskan disinilah letak subsidi silangnya, bukan berarti uang iuran kita hilang sama sekali. Sedangkan BPJS (badan penyelenggara jaminan sosial) adalah penyelenggaranya yaitu askes, jamsostek dll yg bertranformasi menjadi BPJS dan pertanggung jawabannya kepada lembaga audit negara… sekarang saya mau tanya bagaimana mekanisme kartu Indonesia sehat ke anda?

        • @rafly. salam kenal bung …setuju bung rafly…seharusnya mekanisme yang ada di BPJS saat ini dilanjutkan saja…apa bila masih ada kekurangan disana sini silahkan dibenahi dan diberikan solusi yang tepat…apa bila memang kartu indonesia sehat diadakan dan terlalu dipaksakan akankah nantinya membuat pemborosan anggaran saja…lain halnya apa bila nanti RI 1 kita merubah nama kartu BPJS menjadi Kartu Indonesia Sehat…IMHO

        • Salam kenal juga bung romeo 😀

    • Menurut saya perbaiki saja BPJS Ketenagakerjaan dan Kesehatan yg ada. Tanda2 program 2 yg ada bakalan dihapus. Semoga MEF tdk ikutan dihilangkan.

    • Sebenarnyan Program BPJS itu sudah mewakili kartu Indonesia sehat
      Kartu Indonesia Pintar mungkin nanti sebagai Perwujutan wajib belajar 12 tahun dan dana Bos,
      Kartu Indonesia pintar bisa terlaksana karena memang didukung oleh dana yang besar yaitu 20 persen dari APBN .

      Kalau Di surabaya gak pakai Kartu kartu an tetapi programnya sudah nyata dirasakan oleh warga surabaya ,
      Kepuskesmas hampir gratis , Sekolkah negeri Gratis dari SD sampai SMA
      Mungkin pak Jokowi ingin seperti disurabaya yang gak pakai kartu kartuan sudah pasti gratis,,tetapi banyak daerah lain yang “Mokong” tidak mau menggratiskannya walaupun sudah ada dana BOS dari pemerintah pusat maupun dana Bosda dari pemerintah daerah,
      Makanya mau dibuatkan kartu Indonesia pintar agar daerah2 tidak mokong,.
      Sebenarnya bukan Ide baru tetapi menajamkan program yang sudah berjalan .,

      Tentang ANggaran PErtahanan seperti yang pernah saya sampaikan disini ,
      Bahwa PEmerintahan baru tidak akan memprioritaskan secara signifikan, mereka akan lebih fokus ke peningkatan kesejahteraan masyarakatnya dulu karena ,memburu rapor dan hasil yang baik agar penilaina masyarakat baik terhadap kinerjanya,,
      Kalaupun nanti ada peningkatan itu adalah wajar tiap tahun juga meningkat,, tetapi tidak akan meningkat drastis,
      Karena sesua dengan janji mereka menunggu pertumbuhan ekonomi 7 persen dulu
      Sedangkan sisa dana MEF pasti akan mereka serap penuh agar terwujut program tersebut,
      IMHO

      • Rakyat menjadi sehat perut kenyang skaligus menjadi pintar itu niat yg mulia, kalau sgala urusan rakyat tidak dipenuhi janjinya maka 5 thn ke depan tentunya yg mengatas namakan wakil2 rakyat tidak diperlukan lagi/ tidak. Akan dipilih lagi 😀

      • maaf bapak satrio @ ,klu bpjs ,dana bos dan sekolah gratis di surabaya dan juga ” hampir gratis di puskesmas ” ya beda bapak satrio@ sama kartu sehat dan pintar ,,

        mf pak satrio@ kalau komen aku kurang berkenan dihati

        ya salam

        • bung waduh iya gak papa kalau beda.. namanya juga diskusi
          mungkin bung waduh bisa lebih mengelaborasi bagaiman itu program Kartu Indonesia sehat dan kartu Indonesia Pintar agar warjager disini bisa lebih memahami ,,,

          Karena kalau paham betul dan baik ,,, pastia akan didukung bareng2.

          Oh ya dananya juga dari mana karena nanti pemerintahan pak jokowi hanya bisa merevisi RAPBN 2015 setelah memerintah dengan Revisi RAPBN
          monngo bung

          • Mgkin BOS & BPJS akn diubah namany jd krtu indonesia sehat n krtu indonesia pintar…. N mgkin danany akan d tmbh dri SBgian pengalihan dana subsidi BBM.
            analisa tukang asongan..hee
            met pagi bung @satrio n smua warjager.

          • Bung Wajas…PT. Jamsostek berubah menjadi BPJS Tenaga Kerja sedangkan PT.ASKES berubah menjadi BPJS Kesehatan…jadi BPJS kesehatan memang sistemnya asuransi yang ditanggung adalah biaya rumah sakitnya kalo terjadi klaim . Besar preminya per bulan tergantung pilihan kelasnya kalo yg Rp.25.500 itu klas 3 kayaknya klas diatasnya jelas lebih besar lagi , dan memang gak ada refund preminya. Tapi menurut saya ini program bagus kita bisa membantu keluarga kita /org lain dgn mengikutkannya menjadi peserta BPJS kesehatan sehingga tatkala sakit maka biaya tdk menjadi momok yg menakutkan dan kita tinggal membayarkan preminya secara tertib sebab jika ada yg bolong bolong pembayarannya maka klaim tdk dapat dilakukan. ..maaf jika ada yg salah soalnya cuma ingatan aja..

          • Bung wajaksumping
            Benar bung BPJS masih membayar,, sementara ini malah BPJS tekor terus karena belum terlaksananya subsidi silang ..
            Yang mau mengikuti program BPJS masih sedikit dan rata rata masyarakat yang sudah mempunyai riwayat penyakit,

            Saya pernah lihat seorang ibu pensiunan swasta yang selama kerja ikut asuransi kesehatan swasta tetapi setelah pensiun dan mulai sering sakit ,asuransi pada menolak keikut sertaannya,,,
            Ibu tersebut sampai sakit hati dulu disaat muda dan sehat ikut asuransi dipaksa paksa dan telah berjalan puluhan tahun ,, tetapi disaat pensiun dan sakit sakitan ditolak,, untung ibu tersebut ikut BPJS dan tercover biaya berobat rutinnya oleh BPJS..
            BILA semua rakyat sadar ikut BPJS maka subsidi silang akan terlaksana dan insya Allah program ini lebih nyata tanpa terlalu memberatkan siapapun pemerintahannya

            Tentang Kartu Indonesia sehat yang Gratis program pak Jokowi saya akan sangat mendukung sekali bila terlaksana sesuai wacana yang digulirkan,,,
            yang saya inginkan program itu adalah tidak anget2 tahi ayam.
            maka bila pak JKW bisa mengalokasikan dana APBN untuk kartu Indonesia sehat saya sangat bersyukur sekali,
            Jangan nanti terhambat karena ada alasan tidak ada dananya,
            Imho

          • Oh yaa saya baca berita terakhir di media hari ini
            Tim transisis pak JKW menyatakan kartu Indonesia sehat nanti berbasis dari BPJS dan Kartu Indonesia pintar berbasis dari BOS..
            berarti analisa dan feeling saya betul kan

          • mf pak satrio @ baru baca tadi sore share bapak.

            apa yg pak satrio baca di media cetak dan mendengar di media elekt..,dalam masalah anggaran emg ada kesamaan

            pendapat aku yg dari deso
            kis/kip atw kartu indonesia sehan/pintar ini emg masih mentah perencanaannya dalam anggaran tapi bukan system
            aku mulai dari bpjs ,,dari yg aku ingat bpjs adalah gabungan dari jkn,askes,jamsostek ..dll ,bpjs ataw badan penyelenggara jaminan sosial klu kis kartu kesehatan indonesia.
            bpjs dari iuran atw premi yg dibayar anggota peserta bpjs dan pemerintah menyuntik modal awal sebesar 15,5 triyun klu gak salah ingat
            untuk warga miskin bpjs di tanggung sama pemerintah dari iuran perbedaannya harus pake surat keterangan miskin rt ,sedangkan kis langsung bisa mendapatkan kartu tanpa menyertai surat keterangan miskin klu tidak punya kartu bisa langsung ke puskesmas atw rumah sakit pake ktp saja dan surat keterangan miskin
            bpjs hanya menanggung biaya didalam rumah sakit tapi klu ada pembelian obat yg mahal atw pembelian obat di apotik umum musti bayar,,nah disini yg bikin kantong cekak ..,klu kis semua obat dan perawatan di tanggung sama kartu dan wajib di adakan ..kita tinggal duduk manis aja gitu gak repot2 muter2 cari apotik umum.
            secara system sama.
            bpjs adalah badan yg akan menjadi induk atw menaungi kis..,karna kis ditunjukan emg untuk org miskin sekalii..
            kartu pintar dan dana bos..dll
            pemerintah sekarang emg mewajibkan sekolah gratis 9 tahun dan yg ngak mampu di tambah dana bos ,,dana bos ini bebentuk tunai yg dicairkan di kantor pos atw sekolah2 tapi kebanyakan di kantor pos klu gak salah ingat maklum sekarang sibuk di perkebunan aja jadi kurang update..berbentuk tunai ini rawan kepenyelewengan baik birokrasi atw org tua murid itu sendiri ya bisa beli rokok atw kopi..
            klu kip ..sekolah gratis dari masuk sampai baju,sepatu buku dan dll..,di sini lebih mengedepankan kesetaraan dan keadilan dalam pendidikan jadi bukan hanya org kaya saja yg bisa sekolah di sekolah internasional atw sekolah bonafit…segini dulu pak satrio mf klu salah dan klu kurang tolong tambahin ..

            pak satrio@ , bikin artikel tentang pendidikan pak ,,baik formal maupun militer klu bisa militer jadi kami lebih tahu seluk beluk pendidikan militer gimana,,

            salam pak satrio@
            satu jiwa satu raga

          • Bung waduh ; sampeyan sudah mengalami atau baru baca di internet mas? Maaf ya saya peserta JKN mandiri kelas 1 yg tiap bulan rajin menyetor iuran 59.500 saya tahu prosedur, dan sudah merasakan program ini sangat baik dan pihak penyelenggara sangat komitmen dengan kewajibannya. Prosudurnya bila kita ada keluhan kesehatan pertama kita ke puskesmas apabila dirasa perlu diambil tindakan medis lebih lanjut maka akan diberi surat rujukan ke RS yg sudah melakukan kerjasama dgn BPJS, waktu itu saya memilih RS grade A (Hermina) sy yakin anda pernah dengar RS itu tidak ecek2 bukan? Lalu setelah di lakukan tindakan disiapkan lah kamar kelas 1 untuk kami yg semuanya gratis dan juga obatnya sudah barang tentu selama ada resep bisa langsung ditebus di RS itu walaupun standar generik tapi saya rasa sudah cukup karena yg terpenting khasiatnya bukan beli merknya.

            Sampai dengan agustus 2014 jumlah premi sudah 18,4 triliun dari sekitar 126,5 juta peserta JKN, dan masih terus pemerintah kebanjiran permintaan menjadi anggota dari JKN. Sekarang begini bila yg seperti anda katakan mengenai KIS yg tidak dipungut banyaran sama sekali dari anggotanya, apakah APBN kita tidak kedodoran seperti hal nya pemerintah membiayai subsidi BBM? Sudah sepatutnya yg mampu mensubsidi yg kurang mampu mas, sehingga pemerintah bisa efektif dalam pengelolaan anggaran jangan malah senang bisa gratisan terus.

            Satu lagi kalau secara sistem yg anda bilang sama, ngapain pake dirubah2 segala dan pemerintah harus mencetak kartu ratusan juta, apakah ini bukan sebuah pemborosan? Apakah ini hanya sekedar program penanda saja kalo I was here loh?

          • refly itu semua tentang KIS DAN KIP itu janji kampanye yang harus ditepati siapapun yang jadi presidennya dia akan mewujudkan janji program kampanyenya walau program presiden yang lama masih ada…

          • Bung bach; kalau logika anda seperti itu jelas sudut pandang kita berbeda, kalau setiap pemimpin daerah atau presiden hanya mau menjalankan programnya tanpa memperdulikan, bahwa sudah ada program sejenis yg sudah berjalan dengan baik kapan mau maju nya kita?

            Dampaknya akan membingungkan rakyat dan pemborosan kenapa pemborosan begini, katakan peserta KIS tembus 200 jt peserta mereka harus di akomodir sebuah kartu dan biaya pembuatan kartu @6000 berdasar pengalaman saya, maka akan dikeluarkan anggaran kurang lebih 1,2 triliun hanya untuk membuat kartu saja padahal saat JKN pun sudah punya kartu hanya beda judul saja. Itu baru KIS belum KIP, kemudian membingungkan saat ini pendaptaran dan antrean JKN luar biasa apa kita harus mengulang lagi antrean itu? Ok lah nanti di bilang tdk usah antri lagi karena akan diambil datanya dari peserta JKN, lalu mau ditaro dimana kartu saya yg jumlah nya sudah banyak ini didompet sudah ada ktp, atm, kredit dan kartu2 sakti lainnya apakah nanti kita harus pake tas pengganti dompet karena semua sistem dinegara ini memakai kartu? Jangan sampai lelucon Negara Kartu Republik Indonesia (NKRI) menjadi kenyataan bung.

            Belum lagi kalau saya tidak salah KIS akan menggeratiskan semua peserta dari iuran/premi, apakah negara tdk akan tambah babak belur karena yg mampu dan yg kurang mampu ditanggung pemerintah alias tdk bayar bin gratis? Kita saja kalau di SPBU melihat ada alpard atau mercy mengisi tangki nya premium nelan air liur mengenaskan karena hak warga miskin diambil mereka, nah ini mau dibikin sistem yg kurang lebih seperti itu lagi?

            Mudah2 saya berdoa supaya pemimpin negri ini di beri petunjuk dan hidayah supaya selalu efisien dan amanah, dalam menjalakan tugasnya tdk hanya semata mengejar ego…Aminn

            Oiya terima kasih menyebut saya refly, karena mengingatkan saya dengan seorang pakar hukum tata negara intelektual muda yg kredibilitasnya sangat baik Refly Harun…. hehehe

      • Di Jogja, pake KTP Jogja, puskesmas dan RS gratis! Sudah membuktikan sendiri.

      • Bung Satrio. Sejak 1998 belum pernah Indonesia tumbuh 7% seperti jaman pak Harto yang rata-rata 7% selama tujuh tahun terakhir sebelum 1998.
        Maka saya akan acungi jempol kalau Jkw bisa tumbuh 7% tanpa membuat defisit transaksi berjalan dan “subsidi” BBM bengkak.

        • doa saja….kalo bisa Alhamdulillah…krn hal ini bagus untuk semua…di bbrp daerah pertumbuhan ekonominya sdh diatas 7 %…Contoh : Makassar 10 % pertahun…provinsi sulawesi selatan sdh 8 persenan setahun..malah Bantaeng sdg belasan persen pertahun…kita tdk menafikan ada bbrp daerah yg masih dibawah 6 % pertahun ini yang perlu digenjot…shg ketimpangan sosial tdk menjadi bumerang bagi bangsa ini…

      • IMHO, kartu sehat bisa sebagai pelapis BPJS, kalo BPJS kan masih mbayar meski kecil, nah mungkin yg belum bisa/sempet ikut BPJS bisa terkover sama kartu sehat, kalo bisa sih fasilitas BPJS harus lebih baik dari sekarang(yg mbayar jangan disamakan sama yg gratisan,biar adil) , tp yg terpenting fasilitas kesehatan harus ditambah, kasihan pasien dan tenaga medisnya.

        • Menurut bung Banzai, dana nya diambil dri mana y bung?? pdhal spt yg dikatakan bug Satrio “pemerintahan pak
          jokowi hanya bisa merevisi RAPBN
          2015 setelah memerintah dengan
          Revisi RAPBN”, ?

  7. RAPBN 2015 anggaran pertahanan 90 t,, mudah 2an bs di tambahin biar jadi di atas 100 t,,

  8. jakarta sehat aja blm beres msih bnyk mslah..ad juga rmh skit yg mngudurkn diri dari progamm jakarta sehat,krna dana byk yg blm cair..laa ini mau indonesia sehat..tmbh semrawut nch progamy..

    • Sesempurna apapun konsep, pelaksanaannya tidak akan semulus yg dibayangkan, menurut sy dalam melakukan apapun yg penting harus dimulai dulu, berjalan, dievaluasi dan diperbaiki
      (learning by doing). Untuk mencapai tujuan (sistem yg sempurna) harus mulai langkah pertama, kalo tidak dimulai sampai kiamat pun tidak akan sampai, hanya berkutik dengan konsep (rencana). Peace 🙂

    • Lebih bagus dimulai, kesalahan diperbaiki, asal berlanjut dan diperbaiki daripada akan ini, akan itu, hanya wacana.

  9. Selamat malam!!!

  10. Semoga anggaran pertahanan bisa bertambah dan program MEF tetap berjalan seperti yang telah di rencanakan…..

  11. Kata orang jawa indonesia ini loh jinawe.terkaya di dunia tapi syaang yg puas asing.lha rakyat menderita anggaran tdak brani jor”an

  12. Mari kita dukung.. Dan semoga Mafia migas dilibas. Silahkan dananya gunakan untuk Pertahanan dan Riset. Insya Allah walau seberapa rakyat jelata masih bisa cari makan sendiri.

    • Dulu minyak tanah selalu menjadi hot topik ketika bbm akan dinaikkan ,….skr malah tinggal sejarah…jadi yg perlu konversi bbm ke gas…disinilah insentif pemerintah yg berperan..utk memaksa pabrikan melakukan konversi mesin dari bbm ke gas…kemarin aku lihat petani memompa air utk menyirami sawah memakai pompa berbahan bakar LPG..menurut dia hemat sekali dibangding memakai solar…jadi regulasi mesin berbahan bakar gas itu yg harus dikeluarkan…otomatis pemakaian bbm akan berkurang drastis…bila subsidi bbm 50 T saja dialihkan utk membangun infrastruktur gas dan insentifnya maka masalah pelik akan berakhir 3 atau 4 thn pemerintahan Jokowi …imho..

      • Bung Traveller, yang paling jadi masalah untuk pemerintah baru tampaknya di jangka pendeknya. Terutama kesan bagi masyarakat. Hehe.

        • Yup bener, makanya otak mulai buntung nih. Saya pernah diskusi dan memang rata-rata adalah program jangka menengah dan panjang, makanya dibuat tim transisi ini untuk mengikuti program2 pemerintahan Pak SBY, dan disitu juga harus saling berkoordinasi. Memang agak susah melihat sukarnya memberikan sosialisasi kepada masyarakat kita, tapi mudah2an Oktober sudah ada hasil untuk apa yg harus dilakukan.

  13. Bung joko jika anda ingin sebuah rekonsiliasi yg indah demi kemajuan bersama, saya sarankan jangan menggunakan kata prahara yg konotasinya kita sudah tahu. Lebih baik anda gunakan kata yg lain untuk melukiskan harapan pribadi anda, persatuan saat ini sangat diperlukan…salam

    • klo saya tidak mendukung presiden terpilih bung wedus,,
      saya mendukung kebijakan nya presiden terpilih yang baik , menurut, negara ,agama dan masyarakat,,

      klo saya mendukung presiden terpilih, ( khawatir ) nya membuat kebijakan yang bertentangan dgn UUD, atau aturan lain nya,, namanya juga manusia, pasti ada sisi salah dan benar nya,, soo . yang benar di dukung, yang salah dikritik dan semoga diperbaiki,,,

      semua utk indonesia, bukan utk president..

      maaf bukan berarti saya pendukung sebelah,, saya pendukung indonesia maju..

      amin lagi….. AMINNNNNN,,,,,,

    • @waduh; lagi2 anda duri dalam dagingnya, atau memang anda benar terlalu banyak mengkonsumsi msg sehingga pola pikirnya hanya mentok disitu2 saja, atau mungkin anda sering menggunakan deterjen untuk membersikan mulut sehingga setiap ucapan anda tidak sama sekali memiliki nilai positifnya hanya selalu negatif 😀

      Ada satu saran dari saya buat anda, lebih baik menjadi agen 1000 satu sunlight dari pada menjadi agen propaganda…. hahahaha

    • Daydreaming…… Your president don’t have enough power, knowledge and capability to lead and manage people
      Hancur

  14. SU35 gak nego!

  15. Saya stuju jika BPJS,BOS,subsidi di perbaiki sistemny. Jgn apa2 di rubah, yg bagus di pemerintahan dlu d pertahankn & di perbaiki,yg ga bagus di telaah utk di perbaki. Utamany Korupsi hrs di berantas,klo ada yg brani tlg d cek & tangkap Mafia Migas.. kalo berani JokoJK loh,ga maksaiin.

  16. Ngerayap golek mangan…se upil2 lumayan…wis jamannya..elite politik jual pendapat…apa lagi yang deket..asal jangan atas nama pembangunan rakyat di jadi korban..heee…

  17. Bpjs,subsidi di perbaiki sistemnya. Anggaran militer hrs di tingkatkn 3x lipat. Korupsi jgn tebang pilih.. yg baik di pemerintahan SBY di tingkatkn. Tp aku kok pesimis ya,soalnya Prog JOkoJK byk yg ga jls. KARTU JAKARTA SEHAT,BUSWAY,MRT,JAKARTA PINTAR & JANJI SAAT PILKADA DULU GMNA?

  18. Met malam semua.Aku heran,sejak kapan ada pihak lain yg bisa kaji anggaran selain dpr & pemerintah? Apa dsr hukumnya? Klo tim trnsisi mo susun program its ok.

  19. Tunggu ajalah tanggal mainnya…jokowi, SBY dan presiden sebelumnya juga manusia biasa ada kurang dan lebih.Penyakit indonesia sudah kronis untuk korupsi mungkin perlu ada air bah seperti jaman nabi nuh baru bisa sembuh….

  20. libas habis mafia migas

  21. klo uang BLBI bisa balik lagi,, bisa beli banyak SU 35 ,drone,,dristroyer, KS satelit ,, dll,
    klo uang century bisa balik lagi, lumayan bisa beli rudal nya serta radar nya…
    klo uang hambalan bisa balik lagi,, lumayan buat kesejahtraan prajurit dan keluarga nya,,
    klo uang subsidi di potong setengah aja, buat rakyat dan buat alutsista di campur dgn uang BLBI, centuri, hambalang,
    mungkin alutsista kita lebih gahar bgt, dan MEF ke 2 bisa perpenuhi di thn 2015…

    ngkhayal nya tinggi bgt gw yah,, ah,, nonton VIVID lagi ah,,,,

  22. Kartu indonesia sehat kartu indonesia pintar tidak lain program yg telah sudah ada. Sekedar untuk pncitraan. Lbh baik mantapkan bpjs, dana bos. Lagian di berbagai kota sdh ada kbjikan berobat gratis n sekolah gratis.di jakarta aja kacau..apalagi seindonesia.

  23. Program yang sudah baik dilanjutkan, jangan sampai dirubah. Program yang kurang baik itu perlu dilakukan perubahan. Saya pikir Kartu Indonesia sehat tidak perlu, karena selain sudah ada BPJS, nanti bisa berdampak pada permasaalahan sistem pelayanan dan pembayaran. Persoalan Kartu Indonesia Pintar, sebaiknya juga tidak perlu diprogramkan, cukup dibuat wajib belajar 12 tahun dengan anggaran lewat dana BOS dengan memperkuat penegasan dan pengawasan. Proyek-proyek seperti perubahan kurikulum tidak perlu dilakukan, karena itu pemborosan anggaran. Yang perlu dilakukan adalah memprogramkan beasiswa D3,S1,S2 untuk bidang Iptek dengan sistem pinjaman biaya kuliah tanpa bunga. Yang wajib dibayar setelah lulus dan berkerja dengan syarat pemerintah harus bisa menyediakan lapangan pekerjaan untuk mereka. Beasiswa pinjaman ini untuk yang berprestasi dan bidang Iptek saja.

    Korupsi perlu diberantas, karena sudah mewabah sampai kedesa. Seperti penyelewengan dana bantuan untuk petani, baik itu berupa pengadaan barang maupun uang. Baik itu program pusat ataupun daerah. 1 contoh di lapangan (di sebuah kabupaten di Riau), biaya pembersihan tali air tersier permeter Rp.12ribu, petani yang bekerja membersihkan cuma dapat Rp.2500 permeter. Masih banyak lagi proyek-proyek fiktif lainnya.

    Untuk Militer diharap jangan dikurangi, malah sebaiknya ditambah hingga mencapai minimal 3% dari APBN.

    Banyak lagi yang ingin saya katakan, tapi waktu sangatlah terbatas.

    Mohon maaf jika kata-katanya kurang pas (maklum cuma petani).
    Terimakasih atas kesempatannya.

    Jayalah Indonesiaku.

  24. bung admin, saya kok merasa akhir akhir ini komen nya banyak politik partsipan, bukan politik kenegaraan seperti yg di contohkan bung satrio, karena forum ini sy anggap adalah forum kebangsaaan bukan forum politik partisipa, maaf kalau ada yg tidak sependapat. Jaya Indonesia ku

    • setuju…jangan suka menghina-lah…beda pilihan politik bukan berarti kita punya hak utk menghina seseorang..apalagi itu tokoh politik…sistem politik itu adalah jualan program..mirip asuransi..kalo g suka yah jangan pilih…tapi tak perlu menghujat..

  25. Jangan lah menjelek2 kan calon yg kalah, belum tentu juga pemenang pilpres mempunyai kinerja yg baik, bisa terjadi kinerjanya jauh di bawah presiden sebelumnya. Bisa jadi juga jika calon yang kalah mempunyai karisma dan tim yg lebih baik kinerjanya memimpin bangsa ini jika di beri amanat, karena kita tidak tahu kedepannya.

    • betul bung @gunung jati…seharusnya kita kedepankan kepentingan NKRI, buat koment2 yg menyejukkan untuk “konspirasi kemakmuran” sebab TIDAK ADA seorangpun yg tahu kinerja pemerintah ke depan lebih baik dari saat ini….salam kenal bung @gunung jati n maaf klau ada yg tdk berkenan (maklum tukang batu)

      • Salam kenal dan hangat juga bung Semita dari saya supir truck pasir utk pasang bata dan batu miring bangunan juga kanstin pembatas jalan….hehehehe…., dia dunia ini di atas langit ada langit kan bung…, jadi ga boleh mendewakan seseorang dan menjelekkan yg sudah kalah pilpres

  26. Amiin ya robbal alamin…

  27. sudah jangan di debatin lagi pemilu, udah lewat,,, saya tidak mau memihak, no 1 atau no 2…
    klo akhir nya hanya menjelek2an org lain,, nanti akan dijelek2an org lian lagi,, lebih baik kita berfikir positif aja,,

    manusia ada sisi baik dan buruk nya,, klo kita slalu berfikir buruk ,, berarti pemikiran kita tidak jauh hal2 yang buruk,,

    yang lalu biarlah berlalu,,
    dulu menghina sekarang bersatu,,
    kepalkan tangan,, satukan tujuan
    berdamai utk indonesia maju,,

  28. Tidak ada menghina bung malah koment ada yg provokatif apalag nickname anda. Kita hanya sekedar berdiskusi program yg dicanangkan oleh presiden terpilih dari sudut pandang kita.

  29. terima kasih rafly@ anda sudah menobatkan aku jadi agen 1000 sunlight..eheh emg cocok jadi artis gitu dari pada agen propaganda .
    oi ..propaganda itu apa artinya??ehehe

    ternyata anda genius sekali ..mantafflah ,,

    ya salam

    • Maaf bung waduh kita semua disini belajar… sekali lagi maaf bila ada perkataan saya yg berlebihan saya hanya ingin kita bersatu… salam hormat dan kenal bung 😀

  30. Nickname anda aja udah menghina..

 Leave a Reply