Jan 102019
 

Inggris ingin meningkatkan stok persenjataan, namun uang bukanlah saatu-satunya solusi © Adrian Dennis via GettyImages

JakartaGreater.com – Ketika Inggris meluncurkan laporan Program Modernisasi Pertahanan bulan lalu, menyoroti kebutuhan untuk meningkatkan timbunan (stok) persenjataan untuk menghadapi ancaman dari kekuatan besar di seluruh dunia, seperti dilansir dari laman Defense News.

Dalam pidatonya mengungkap dokumen tersebut, Sekretaris Pertahanan Gavin Williamson secara khusus menyatakan bahwa untuk “meningkatkan efektivitas tempur pasukan kami, kami akan memprioritaskan kembali program pertahanan saat ini dengan menambah stok senjata. Dan kami akan mempercepat pekerjaan untuk memastikan ketahanan sistem dan kemampuan pertahanan kami”.

Tapi apa sebenarnya yang dibutuhkan? Dalam kunjungan Selasa ke Washington, Direktur Perencanaan Strategis Will Jessett mengatakan bila Inggris berencana untuk meningkatkan cadangan senjata dengan dua cara.

Yang pertama adalah cara yang “gampang”: menghamburkan uang pada masalahnya. Dan sejumlah tertentu – pegawai Departemen Pertahanan tidak akan mengatakan dengan tepat berapa banyak – dari kenaikan anggaran baru-baru ini yang diberikan oleh Parlemen benar-benar akan menuju peningkatan stok persenjataan.

Pasukan Marinir Kerajaan Inggris. © Rhys O’Leary via Wikimedia Commons

Bagian kedua lebih sulit, tetapi menuju ke garis besar “dokumen strategi”: kebutuhan untuk menjadi lebih pintar tentang bagaimana militer Inggris menggunakan perlengkapannya.

“Kami telah menghabiskan banyak uang untuk memproduksi struktur kekuatan yang sudah kami miliki. Kami tidak serta merta bisa menghasilkan dan menggunakannya seefektif yang mungkin kami lakukan. Hal pertama yang harus dilakukan adalah memastikan bahwa kami membuat yang terbaik dari kemampuan yang ada dan kami miliki, dan memastikan bahwa kami memiliki persediaan senjata dan suku cadang untuk memastikan bahwa Anda dapat secara aktual menghasilkan jumlah skuadron pesawat terbang yang tepat”, kata Jessett.

“Jadi sebagian dari ini berupa beberapa miliar anggaran baru, tetapi banyak dari ini akan memberitahu layanan sendiri. Tidak dalam bentuk tunai, tetapi ada insentif kuat sekarang kembali pada layanan untuk mengatakan: ‘Guys, Anda harus [menggunakan] kemampuan yang sudah Anda miliki'”, tambahnya.

Melihat upaya Pentagon selama beberapa tahun terakhir menunjukkan bahwa mungkin itu lebih mudah dikatakan daripada dilakukan. Mendorong untuk menemukan efisiensi baru di dalam Departemen Pertahanan AS adalah urusan menahun, dengan upaya terbaru tertunda oleh pemindahan Kepala Manajemen Jay Gibson dan juga dampak dari pengunduran diri Menteri Pertahanan Jim Mattis.

Menteri Pertahanan AS, Jim Mattis tiba untuk briefing intelijen tertutup di Balai Kota AS, Washington 13 Desember 2018 © Win Mc Namee via Getty Images

Membangun cadangan rudal adalah tantangan logistik untuk departemen saat ini, dengan peringatan Pentagon pada bulan Mei lalu, bahwa produsen suku cadang dan material vital hampir akan keluar dari bisnis atau terikat dengan kepemilikan asing.

Jessett mengakui gajah berbentuk Brexit di ruangan itu, dan mencatat bahwa kemampuan Kementerian Pertahanan untuk menginvestasikan dana ke prioritas pertahanan baru akan secara langsung dipengaruhi oleh kesepakatan yang dicapai antara Inggris serta seluruh Eropa, terutama dengan peralatan buatan luar negeri.

“Di antara alasan kami mulai menghadapi delta keterjangkauan ini pada tahun 2017 adalah karena nilai tukar menurun, dibandingkan dengan tahun 2015″, katanya. “Saya memikirkan kembali tentang ketentuan perjanjian. Jika kita mendapatkan kesepakatan yang oke, saya bisa membayangkan secara pribadi, nilai tukar tidak hanya stabil tetapi agak membaik. Jika tidak, itu akan menambah tekanan ke dalam ini”.

Namun, ia menambahkan, “bukan itu yang kami rencanakan saat ini”.

Bagikan:

  3 Responses to “Timbun Senjata, Inggris Kaji Pendekatan Dua Arah”

  1.  

    Bagi mereka yang tidak tau mendalamnya rahasia dan persembunyian ingris maka akan menggap sepele dan remeh pahadal ingris adalah salah satu negara tua dimuka bumi…jadi matang dalam segala hal terutama kerahasian baik militer maupun non militer…bagi banyak pakar konfirasi akan mengakui ingris adalah salah satu yang terbaik dalam sekema dan strategi dibalik layar…tidak kepopuleran ingris atau menurunya pamor ingris semenjak berakhirnya era perang dingin mungkin sengaja dilakukan untuk membuat lawan maupun kawan akan lengah dan tidak mewaspadai nya…jadi bisa diangap persembunyian ingris sangat dalam…!!!

  2.  

    lain dulu lain sekarg…

  3.  

    Inggris telah menjadi polisi tidur, sebentar lagi disusul Amerika, ntar polisi meleknya diambil mekanisme pbb