Timur Tengah, Asia dan Eropa Barat, Target Ekspor Altay Turki

Tank tempur utama Altay, buatan Otokar, Turki. © Otokar

JakartaGreater.com – Tank tempur utama pertama yang (MBT) Altay, yang sekarang ini dalam pengembangan, menarik perhatian signifikan dari pembeli internasional, terutama dari Timur Tengah, Asia, dan Eropa Barat, kata Menteri Pertahanan Nasional Nurettin Canikli yang dilansir dari laman Daiy Sabah.

Berbicara kepada wartawan, Menteri Canikli mengatakan bahwa ekspor pertahanan Turki mengalami pertumbuhan yang stabil di tahun 2017, mencapai $ 1,74 miliar. Dia juga memastikan menerima sejumlah tawaran untuk memproduksi Altay secara massal dan mengatakan bahwa saat ini mereka sedang dievaluasi. Canikli mengatakan bahwa pemerintah melihat kriteria yang berbeda sebelum memberikan proyek tersebut kepada penawar terbaik.

“Tidak termasuk orang atau kelompok manapun dari proses penawaran yang tidak sesuai dengan pertanyaan, hal itu dilaksanakan secara terbuka”, kata Menteri Pertahanan Nasional Canikli.

Laporan sebelumnya menunjukkan bahwa tiga perusahaan yakni Otokar, FNSS Defense Systems, dan BMC Automotive Industry and Trade Inc., telah mengajukan proposal untuk produksi massal Altay.

Menteri Pertahanan Nasional Turki mengatakan bahwa Altay akan benar-benar pribumi, dengan produksi massal kemungkinan akan dimulai pada akhir 2019 atau awal 2020. Dia menambahkan bahwa Turki terbuka untuk mengekspor berbagai persenjataan yang dikembangkan secara lokal.

“Kami melakukan riset pasar di berbagai negara. Ada permintaan serius untuk self-propelled howitzer, Firtina (Storm), MBT Altay dan sejumlah sistem senjata lainnya”, tambahnya.

Canikli menginformasikan bahwa kementerian tersebut telah mengadakan studi terpisah untuk mesin Altay, kontrak yang akan diberikan dalam penawaran terpisah.

“Produknya, bagaimanapun, akan menjadi satu bagian. Mesinnya adalah satu-satunya masalah dalam membuat tank benar-benar asli. Tidak ada masalah dengan komponen lainnya”, katanya.

Turki tampaknya akan menyelesaikan kontrak untuk membangun 500 unit (250 opsional) dalam tiga bulan ini.

Pada bulan Juni, Sekretariat Industri Pertahanan (SSM) tidak menerima usulan Otokar untuk memproduksi MBT Altay, mengumumkan bahwa produsen akan dipilih melalui proses tender.

Otokar mengeluarkan sebuah pernyataan yang menyebutkan alasan di balik penolakan tersebut dengan mengatakan bila SSM telah memberi tahu kami hari ini bahwa aspek administratif, keuangan dan teknis tawaran telah dinilai namun tidak sesuai karena tidak ada kesepakatan mengenai persyaratan kontrak, secara khusus penetapan harga, yang mengarah ke keputusan untuk penawaran kontrak.

Sekretariat Industri Pertahanan (SSM) dalam Rencana Strategis 2017-2021 telah menetapkan bahwa tahun 2020 adalah dimana tank tempur utama Altay memasuki layanan.

Altay adalah tank tempur utama generasi 3+ dan program pengembangan tank domestik pertama di Turki. Tank itu dinamai Jenderal Fahrettin Altay, yang memimpin Korps Kavaleri ke 5 selama Perang Kemerdekaan Turki.

Tinggalkan komentar