Jul 292016
 

Kementerian Pertahanan Tiongkok mengumumkan bahwa negaranya akan menggelar latihan militer bersama Rusia di Laut Cina Selatan pada bulan September mendatang.

Juru Bicara Kementerian Pertahanan Tiongkok, Yang Yujun, menyebut latihan itu sebagai kegiatan rutin untuk memperkuat kerja sama pengembangan strategis Tiongkok-Rusia. “Kali ini latihan akan memperdalam rasa saling percaya juga melebarkan kerja sama,” ujarnya dalam konferensi pers bulanan.

Menurut Yang, kedua negara bisa meningkatkan kesepakatan bersama dalam menghadapi ancaman keamanan, dan saling memberi keuntungan dalam hal stabilitas, kedamaian global dan regional.

Walau dilakukan ditengah meningkatnya ketegangan di Laut Cina Selatan, Tiongkok memastikan bahwa latihan itu tidak bertujuan untuk menyinggung pihak ketiga.

Sebelumnya, Pengadilan Arbitrase Internasional memenangkan gugatan Filipina dan memutuskan bahwa Tiongkok tidak memiliki hak untuk mengklaim wilayah Laut Cina Selatan. Namun, Beijing menolak hasil persidangan dan mengatakan bahwa putusan tersebut tidak memiliki landasan kuat dan cenderung subjektif.

Sumber: republika.co.id dan okezone.com

Bagikan:
 Posted by on Juli 29, 2016