Jul 022018
 

JakartaGreater.com – Korea Selatan berencana untuk menyelesaikan proses desain untuk pesawat tempur KF-X pada bulan September 2019 dan menghasilkan prototipe pertama pada tahun 2021, seperti dilansir dari laman Yonhap News.

Jadwal ini didasarkan pada sejumlah kemajuan dalam program KF-X yang ditujukan untuk memproduksi sekitar 120 jet tempur canggih untuk menggantikan pesawat tempur F-4 dan F-5 milik Angkatan Udara Korea Selatan yang sudah tua. Disebut sebagai pesawat tempur generasi 4,5 dan akan dapat ditingkatkan menjadi pesawat siluman, jika diperlukan.

Program Administrasi Akuisisi Pertahanan (DAPA) Korea Selatan telah bermitra dengan Korea Aerospace Industries Co. (KAI), serta perusahaan dirgantara asal Indonesia yaitu PTDI (PT Dirgantara Indonesia) dalam proyek senilai US $ 7,8 miliar.

Awal pekan ini, DAPA sudah melakukan Tinjauan Desain Awal (TDA) dari pesawat jet yang direncanakan dan menyimpulkan bahwa pesawat itu telah memenuhi persyaratan militer. Ini sekarang telah diatur untuk maju ke dalam pekerjaan desain rinci.

“TDA telah selesai dengan sukses untuk memutuskan apakah akan melanjutkan ke Tinjauan Desain Kritis (TDK)”, kata Jung Kwang-sun, ketua Kelompok Program KF-X DAPA. “Kami berencana untuk menyelesaikan proses desain rinci tersebut pada September 2019 dan kemudian memulai produksi prototipe”.

KAI dan PTDI berencana untuk meluncurkan versi pertama dari KF-X / IF-X tersebut pada tahun 2021, sedangkan uji penerbangan perdananya akan dilaksanakan pada paruh kedua tahun berikutnya. KAI bermaksud untuk menyelesaikan pekerjaan pengembangan ini pada tahun 2026.

  8 Responses to “Tinjauan Desain Kritis KF-X Diharapkan Selesai September 2019”

  1.  

    Sik suwe tibakno bos…

  2.  

    yo isih suwe

  3.  

    Nggak mari-mari, indonesia nganti aras-arasen dijak urunan terus

  4.  

    banyak cerita proyek ini…lihat tuh N219…gak banyak cerita sudah terbang…

  5.  

    Bah… optimis juga si kawan

  6.  

    Mantaplah, semoga gak byk kendala lg.he3

  7.  

    harusnya….proyek LFX tuh…terus di garap. bukannya kemajuannya diklaim sudah beberapa langkah didepan kemajuan kafx/ifx. hanya karena keduluan proyek kfx/ifx itu …

    Bahkan di forum sebelah malah ada yang bibilang tahun 2017 kemarin prototype LFX lapan fighter experiment sudah harus selesai dibangun. nggak tahu gimana kabarnya LFX nya?