Jul 032016
 

Badan Administrasi Keselamatan Maritim Tiongkok menyampaikan bahwa Beijing akan mengadakan latihan militer di sekitar Kepulauan Paracel di Laut Cina Selatan. Latihan itu dilakukan menjelang keputusan pengadilan internasional dalam sengketa antara Tiongkok dan Filipina di wilayah perairan tersebut.

Latihan militer itu akan dilakukan di area timur Pulau Hainan hingga masuk ke Kepulauan Paracel, pada tanggal 5—11 Juli 2016. “Selama latihan militer, kapal lain dilarang memasuki kawasan perairan tersebut,” ujar Administrasi Keselamatan Maritim Tiongkok seperti dikutip dari Reuters, Minggu (3/7).

Saat ini, Tiongkok telah membangun landasan pacu di Pulau Woody, pulau terbesar dalam kepulauan Paracel. Salah seorang pejabat Amerika Serikat menyebut, Tiongkok sudah mempersiapkan berbagai rudal di pulau tersebut.

Suasana di Laut Cina Selatan kian “memanas” setelah Tiongkok mengklaim sebagian besar wilayah itu. Filipina kemudian mengajukan sengketa wilayah itu ke pengadilan arbitrase. Tak hanya itu, klaim terhadap Kepulauan Paracel juga melibatkan Vietnam dan Taiwan.

Sumber: Republika Online

 Posted by on Juli 3, 2016