Agu 212016
 

Tiongkok diketahui telah melakukan pembangunan dermaga kapal perang di Pulau Nanji di kota pelabuhan Wenzhou. Fasilitas yang memiliki panjang sekitar 80 meter itu dibangun di dekat kawasan sengketa di Laut Cina Timur.

Kantor berita Jepang, Kyodo, melaporkan bahwa Pulau Nanji merupakan salah satu dari 52 pulau di kawasan kepulauan Provinsi Zhejiang, Tiongkok. Sementara itu, The Japan Times mengutip sumber terkait melaporkan bahwa dermaga yang sudah dibangun itu juga mampu menampung kapal pendarat.

Selain dermaga, pulau-pulau di sekitar lokasi sudah dipasang sistem radar canggih dan heliport. Berbagai peralatan itu diduga sebagai persiapan Tiongkok untuk membangun landasan pacu guna tujuan militer.

Media Jepang memperingatkan bahwa tindakan Tiongkok itu merupakan penguatan klaim Beijing atas wilayah yang disengketakan dengan Tokyo di kawasan Laut Cina Timur. Kepulauan yang disengketakan itu oleh Tiongkok dinamai Kepulauan, sementara oleh Jepang diberi nama Kepulauan Senkaku.

Dalam sepekan ini, sengketa kawasan Laut Cina Timur telah semakin “memanas”. Sebelumnya, coast guard Jepang merilis satu video yang menunjukkan ratusan kapal Tiongkok diduga melanggar wilayah perairan yang disengketakan tersebut.

Sumber: Sindo News

 Posted by on Agustus 21, 2016