Sep 132016
 

Sailors of the Chinese PLA Navy file into ranks to greet the arrival of the Russian naval ships at a military port in Zhanjiang, south China's Guangdong Province, September 12, 2016. (Photo/81.cn)

Angkatan Laut Tiongkok dan Rusia telah memulai latihan militer bersama di kawasan Laut Cina Selatan sejak hari Senin (12/9) kemarin. Latihan yang akan diadakan selama sepekan ini melibatkan sejumlah kapal perusak, kapal selam, pesawat terbang sayap tetap (fixed-wing aircraft), jet tempur, helikopter shipborne, dan kendaraan amfibi.

Juru bicara Angkatan Laut Tentara Pembebasan Rakyat Tiongkok (PLAN), Liang Yang, seperti dilansir republika.co.id, mengatakan bahwa latihan bertajuk “Joint Sea 2016” ini digelar di Provinsi Guangdong, wilayah selatan perairan Tiongkok.

Seluruh personel militer Tiongkok yang terlibat dalam latihan ini berasal dari pasukan Marinir dan Armada Nanhai PLAN. Untuk materi latihan mencakup operasi anti-kapal selam, operasi pendaratan, operasi pertahanan, operasi perebutan pulau dan lainnya.

Latihan bersama antara Angkatan Laut Tiongkok dan Rusia digelar pertama kali pada tahun 2012. Beijing mengatakan bahwa latihan ini bertujuan untuk meningkatkan kerjasama antar negara.

Joint-Sea 2016 dilaksanakan di tengah ketegangan akibat keputusan pengadilan arbitrase internasional di Den Haag yang menolak klaim Tiongkok atas Laut Cina Selatan. Sementara, Rusia adalah pendukung utama Tiongkok dalam kasus sengketa wilayah perairan tersebut.

Sumber: republika.co.id dan sindonews.com

https://twitter.com/suparjorohman

  22 Responses to “Tiongkok dan Rusia Lakukan Latihan Bersama Joint Sea 2016”

  1. Indonesia ngga diajak ??

  2. Kok gak bisa pertamax lg yaa.? Gara2 china latihan dng rusia nih. Mbah Bowo mana.?

  3. Buat naikin mental Cino, tapi kabarnya rusia menolak latihan jika terlalu jauh ke selatan

  4. yg latihan di lcs cuma upilnya rusia

    alutsista utama rusia mayoritas ada di laut hitam sekarang!!!!

  5. Tentang Latihan China dan Rusia di LCS, kira kira seperti ini diskusi mereka.

    Preman China: gw kesel nih lapak rampasan gw pake dibawa ke abitrase DenHaag, gw bakal latihan besar besaran di wilayah rampasan gw, biar yang laen tau, ini lapak sekarang udah punya gw

    Bang Rusky: eh bocah, lu tau kagak, klo lu latihan disitu, malah bikin kawasan tambah ruyam, noh si Preman Asu kagak bakal tinggal diam, wilayah anak asuhannya direbut sama lu, itu sama aja ngajak berantem sama si biangnya preman.

    Preman China: lu kan tau bang Sapa suruh itu bocah bocah sompret malah Bawa ke abitrase international, klo mau diselesaikan secara jantan adepin gw satu satu, klo perlu semua tuh bocah bocah asuhan si preman Asu adepin gw, bakal gw tempeleng Sekalian. Biar yang menang, dia yang punya wilayah LCS, gw yakin mereka kagak bakal mampu adepin gw.

    Bang Rusky: eh jangan sok kuat lu, disitu ada sesepuh yang kagak bisa dianggap enteng, mau lu beradepan sama Indonesia, tampangnya aja yang kalem, lucu, imut imut, Dia ngeluarin ajiannya, lu bakal kewalahan ngadepin dia, lagi pula bisnis gw disitu juga banyak, lu nyenggol nyenggol dia, malah lu yang gw tempeleng.

    Preman China: gw kagak peduli Justru gw juga pengen wilayahnya Natuna yang punya dia, karena lumayan juga itu lapak, banyak Sumber Daya Alamnya.

    Bang Rusia: eh bocah!!! gw bilangin lagi ya, klo dia udah turun gunung, percuma capek capek lu ngerampas LCS, bakal sia sia. Emang lu belum ngerti juga, Dia itu punya kharisma dengan ajiannya, dia bakal memimpin semua pasukan ASEAN buat nge gangbang lu rame rame sekalian dia ajak si biang Preman seklian. Klo udah begitu nanti lu jangan minta bantuan gw, soalnya udah runyam tuh urusan.

    Preman China: ya udah jadi bijimana nih urusan, kasih solusinya dah

    Bang Rusky: lu diem dulu, gw ngobrol dulu ma  sohib gw Indonesia, Dia lagi digunung, masih semedi, Bentar lagi gw kasih tau dah, biasanya dia otaknya brilian dan agak nyeleneh idenya.

    Rusia menghubungi negara air yang bernama Indonesia.

    Bang Rusky: eh brow, apa kabar lu?

    Indonesia: eh bang, Alhamdulillah, apik mas, maneh kumaha damang?

    Bang Rusky: sama gw juga baek,

    Indonesia: Syukurlah, klo Bae mah, kenapa bang? kok gw ngeliat jidat lu rada berkerut nih, kayanya ada yang mau diomongin ke gw

    Bang Rusky: iya, jadi begini, itu bocah si Chino, katanya mau latihan besar besaran dilapak rampasan barunya, sebagai balasan karena wilayah rampasannya dibawa ke abitrase international. Lah lu kan tau klo kaya begitu urusan malah jadi runyam. Noh si Asu kagak bakal tinggal diam.

    Indonesia: iya gw udah tau sebelum lu ngubungin gw. Sempet nerawang sebentar tadi.

    Bang Rusky: ebuseettt, klo udah tau ngapain lu nanya gw

    Indonesia: ya gw becanda doang, lu mah kaya Ora ngerti gw aja, buat paribasa temen deket ngubungin, ya gw Tanya dulu, sopan santunnya begitu klo ditempat gw

    Bang Rusky: nahhhh, jadi biji siapa?

    Indonesia: biji siapa?, biji lu lah, bijimana kali maksud lu?

    Bang Rusky: iya maksudnya gitu, solusinya gimana?

    Indonesia: gini aja Mas, dari pada itu bocah latihan sendiri, malah bikin rusak suasana, apalagi hasil terawangan gw dia juga pengen lapak gw yang di Natuna, Coba coba ke situ gw kepret jadi abon dia

    Bang Rusky: ya elah, trus gimana?, lu belom ngomong solusinya.

    Indonesia: emang gw belum ngomong solusinya ya?, hahaha gw lupa… mmm… Bentar gw merem melek dulu, siapa tau ada wangsit mampir dikepala gw..

    Bang Rusky: jiah hahah.. gw udah nungguin dari tadi lu masih mikir, pusing kepala gw.

    Indonesia: sabar napa, maneh diem heula, gw bakar menyan dulu nih.

    Bang Rusky: haduuuhhh, betele Tele nih bocah kebanyakan birokrasi luh, sama aja kaya dulu dulu.

    Indonesia: “jalmo Moro jalmo mati, demit Moro, demit Moro demit mati, dewa Moro, dewa keplayu, demit Ora ndulit, setan Ora doyan” mm blaarrrrrrr…

    Bang Rusky: suara ledakan apa tuh bro?, pake komat kamit segala, gw kagak ngerti omongan lu.

    Indonesia: ya salaammmm, gw lupa ternyata ini bukan menyan tapin bensin, haduhhh, rambut gw jadi keriting nih kena api…

    Bang Rusky: wakak wakak, sukurin maneh, ojo grasak grusuk toh le….

    Indonesia: Lahhh kok…ada yang aneh, kenapa lu ngomongnya jadi kaya gw?

    Bang Rusky: hahah iya aneh, kenapa gw ngomongnya jadi kaya lu ya…

    Indonesia: gw udah dapet solusinya, dengerin ya…omongan gw, SEBAIKNYA LU IKUT LATIHAN DI SITU

    Bang Rusky: alamak, macam apa lagi nih solusi!!!, gw malah ikut ikutan, nanti yang lain malah musuhin gw.

    Indonesia: dengerin dulu, apa kata gw bang: 

    1. Kalau si Chino latihan sendiri kagak ada yang ngawal khawatirnya malah kagak terkontrol, nanti dia masuk terlalu jauh ke wilayah lain, ngeluncurin rudal lewatin border orang dsb.

    2. Kita mesti waspada klo ada yang tiba tiba gak sengaja dari pihak pihak sengketa atau bahkan ada dari pihak pihak lain mensabotase acara latihan ini yang berusaha berbuat rusuh dengan pencet tombol rudal dan lain lain, jadilah WW Gombel ke 3, kan kita semua disini sama sama tau, alat alat perang yang lu jual disini banyak, paling gak klo dari negara dikawasan ini ngeluncurin rudal buatan lu, bisa dinetralisir dengan cepat sama lu, dijamming kek diapain kek, biar gak saling balas balasan. Memang tidak ada yang terlalu bodoh untuk memulai WW3, tapi gak ada salahnya kita tetep waspada.

    3. Nanti gw juga bantuin dah, monitoring satuan samping bila ada pergerakan armada si Asu baik kapal permukaan, maupun kapal selam yang coba coba mendekat ngintip latihan lu atau bahkan memprovokasi dengan cara yang kagak semestinya. 

    4. Karena si Chino udah terlanjur terlalu serakah buat ngidupin rakyatnya yang semakin membludak, gw sebagai yang paling tua disini, cuma bisa meminimalisir kemungkinan kemungkinan gesekan yang tidak perlu yang memicu WW3, maka dari pada itu bila keadaan semakin kacau dan bila diperlukan gw akan menjadi wasit untuk membantu menyelesaikan dengan diplomasi kekeluargaan diantara negara negara yang bersengketa, setidaknya membentuk code of conduct agar kerakusan si Chino tidak terlalu tumpang tindih dengan wilayah negara negara ASEAN. 

    5. Gw akan melobi pihak pihak sengketa termasuk si Asu, agar latihan itu tidak menjadi awal WW3, nanti gw kirimin diplomat diplomat gw ke masing masing negara, tapi dalam latihan ini, gw rasa lu Mas brow yang paling pantas jadi wasitnya. Tapi lu juga tetep berusaha untuk membujuk si Chino edan supaya tidak jadi latihan disitu, itu klo lu bisa, klo kagak, ya hanya ini yang bisa kita lakukan.

    Kira kira begitu, ngerti Ora son?
    Bang Rusky: soonnn…, mmmm…bagus juga ide lu, sebaiknya kita bicarain lagi skenarionya lebih detail lagi, biar latihan ini Tetap pada koridornya.

    Indonesia: naaahhhh, begitu dong, nanti gw obrolin sama tuh bocah ASEAN, biar semua terkendali termasuk si Asu.

    Bang Rusky: lu emang kadang kadang broowww, jarang pinternya… haha

    Indonesia: jiahhh haha, buat apa gw lama lama semedi digunung klo kagak tokcer otak gw.

    Bang Rusky: ya udah klo begitu mah, gw Bawa solusi ini ke si Chino, supaya kita sama sama enak, dan gak berbuat serampangan. Oke deh Mas brow, terima kasih atas solusi nya.

    Indonesia: your welcome bang, 

    Rusia kembali ngobrol dengan China

    Bang Rusky: eh bocah, sebaiknya lu gak usah dah ngadain latihan disitu, malah bikin kawasan semakin panas. Kata si Indonesia juga begitu, bikin gerah yang lain nantinya

    Preman Chino: apa lu kata bang!!!, gak jadi latihan, ebuseetttt, kagak, pokoknya gw mesti latihan sebagai balasan atas dibawa nya masalah ini ke abitrase international, gw tetep pada pendirian gw

    Bang Rusky: jiahhh susah dah ngomong ma lu, klo begitu menurut Indonesia, gw mesti ikut latihan itu, supaya semua terkendali.

    Preman Chino: Terkendali gimana maksud lu bang?

    Bang Rusky: ya iya biar paling gak lu gw temenin disini, khawatirnya si Asu biang nya Preman dateng, emang sekarang lu bisa ngadepin dia sendirian klo terjadi hal hal yang tidak diinginkan.

    Preman Chino: ya bener juga sih, klo si Asu dateng, gw juga sebenernya saat ini belum bisa nandingin dia sendirian

    Bang Rusky: nah itu lu tau, makanya klo melakukan sesuatu itu mikirrrrrr.. jangan maen hantem aja.

    Preman Chino: jadi ini kata si Indonesia

    Bang Rusky: iya begitu dah

    Preman Chino: ah yang bener lu?, jangan bohong lu bang!!!

    Bang Rusky: jiahhh haha, bener tong.. gw kagak bohong, suerrr dua jari.

    Preman Chino: oh gitu ya, ya udah ok deh, lu bang ikut latihan, Sekalian beking gw.

    Bang Rusky: eit ntar dulu, gw mau ikut latihan lu, tapi kita bicarain skenarionya ya, lu mesti nurut sama gw,

    Preman Chino: siap, gw nurut aja dah apa kata lu bang.

    Bang Rusky: Okey, kita rapat besok.

    Preman Chino: Oke sipp.

    Jadi begitulah kira kira obrolan mereka tentang latihan ini, jangan terlalu serius bacanya 😀

  6. Komentarnya panjaaang..lbh panjang dari artikelnya..:)

  7. Menghibur ceritanya cuy

  8. Hehehe,,,,ditunggu skenario selanjutnya

  9. @carin

    Alinea terakhir: “Sementara rusia adalah pendukung utama cina dalam kasus sengketa diperairan…..”

    Lhoh….lhah….kirain ndukung rusia pendukung utama Indonesia je….?

    Jebule….sejenis kampret juga

    • horee……2 pesawat bomber B1 sdh di korsel….
      dengan rudal nuklir masing masing pesawat membawa 12 unit ..

      https://www.youtube.com/watch?v=9WL5P5mW5TA
      siap menghantam korut dan china….
      juga pangkalan rudal nuklir di angkasa luar di arahkan ke china dan rusu
      dan 2 bomber B 3 dengan rudal nuklir siap di kirim ke eropa…untuk meratakan rusu..
      KODE DEFCON 1,2,3, mulai di aktifkan….!!
      ha ha ha..

      • WARNING TO MR PUTIN..!

        4 unit bomber B2 yang sdh di eropa…..( inggris)
        https://www.youtube.com/watch?v=3qKVCH47TaY
        segera menyusul 2 unit B 3 ke eropa
        MAMPUS LAH KAU KOMUNIS….!!!!
        ha ha ha

        • ww 3 …SCENARIO

          LCT…………………….jepang,korsel, usa vs rusia, korut, china
          LCS…………………….vietnam,usa,india,ausie vs rusia,china
          ASIA…………………..,eropa,vs china ,pakistan
          EROPA……………….NATO,usa, ukraina, VS rusia,china
          TIMTENG………….arab saudi,cs,israel VS IRAN

  10. kok nggk ada berita beruk malon nantang perang sipit cino

  11. waduh ..gw bakalan di buli nih…bila f 16 jatuh….

    http://www.investors.com/news/boeing-china-will-be-first-trillion-dollar-aviation-market/

    yang ini aja….,topeng china dan usa….santai aza china dan usa bisnis
    mana mungkin perang..china vs usa

 Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

(required)

(required)