Agu 092016
 

Berdasarkan hasil foto satelit terbaru, terlihat bahwa Tiongkok telah membangun hanggar pesawat di pulau karang Fiery Cross, Subi dan Mischief, Kepulauan Spratly, Laut Cina Selatan.

Menurut lembaga kajian strategis Center for Strategic and International Studies (CSIS), hanggar itu diperkirakan untuk menampung jet-jet tempur milik angkatan udara Tiongkok.

“Tidak ada pesawat militer terlihat pada saat foto diambil pada akhir Juli lalu, tetapi hanggar itu memiliki ruang untuk setiap jet tempur angkatan udara Tiongkok,” kata NY Times, mengutip analisis foto CSIS.

Direktur CSIS Asia Maritime Transparency Initiative, Gregory Poling, mengatakan bahwa hanggar itu menunjukkan tanda-tanda penguatan struktural. Menurutnya, hanggar-hanggar itu jauh lebih kuat dibanding yang dibangun untuk tujuan sipil, bahkan diperkuat untuk melakukan serangan.

China building hangar space for 72 fighter jets, in Spratlys

Selain hanggar, Tiongkok juga nampaknya menambah fasilitas lain, termasuk menara dan struktur heksagonal di Kepulauan Spratly.

Gambar satelit itu muncul sebulan setelah pengadilan internasional di Den Haag menolak klaim Tiongkok atas sebagian besar wilayah Laut Cina Selatan. Keputusan tersebut dengan tegas ditolak oleh Beijing.

Sumber: republika.co.id dan sindonews.com

Bagikan:
 Posted by on Agustus 9, 2016