Des 132016
 

Kapal patroli Penjaga Pantai Taiwan, Kaohsiung (CG 129), di perairan Itu Aba. (ilustrasi)


Tiongkok menggelar patroli di perairan kepulauan yang disengketakan, pada hari Minggu (11/12). Sebelumnya, Beijing meluncurkan penerbangan di atas dua jalur pelayaran yang strategis dekat Taiwan dan Jepang.

Latihan itu diadakan tidak lama setelah Presiden Taiwan Tsai Ing-wen berbicara dengan Presiden terpilih Amerika Donald Trump. Pembicaraan yang dilakukan melalui telepon tersebut mendapat kecaman dari Tiongkok, yang menganggap Taiwan wilayah Tiongkok.

Kementerian pertahanan Taiwan mengumumkan bahwa setidaknya terdapat 10 pesawat Tiongkok yang terbang di atas Selat Miyako antara dua pulau Jepang, pada hari Sabtu. Empat pesawat itu juga terbang di atas Selat Bashi dekat Taiwan.

Media pemerintah Tiongkok kemudian mengumumkan bahwa tiga kapal berpatroli di kepulauan Senkaku, yang dikuasai oleh Jepang tetapi juga diklaim oleh Beijing, yang menamakan kepulauan itu Diaoyu.

Sumber: voaindonesia.com

Bagikan:

  7 Responses to “Tiongkok Gelar Patroli di Perairan Kepulauan yang Disengketakan”

  1.  

    Hmm

  2.  

    Males kalo baca artikel tentang Tiongkok..apalagi harus koment

  3.  

    Bung Patih Pragota + bung Quantum

    Ane juga ikutan males ah…. bung Sadega kayaknya juga males, masak komen pertamax cuma “hmm” doang….. xixi…

    Kepulauan Senkaku/Diaoyu secara administratif merupakan wilayah Jepang. Tapi melihat batasan2 maritim merupakan wilayah dari ketiga negara, China, Taiwan dan Jepang.

    Saran ane kalo ke 3 negara ini ga bisa diatur, ane saranin cepet perang saja…. nanti bakal kelihatan, apakah Taiwan bakal gabung sama China daratan ataukah sebaliknya Taiwan gabung sama Jepang lawan China daratan… 😆

  4.  

    yg diatas pada aneh
    katanya malas komen tentang cina
    tapi panjang juga komennya

    xixixi….

  5.  

    bang.. udah pernah kena timpuk ama durian cina belum?
    buahaaaa… kabooor!

    banned min!!

 Leave a Reply