Tiongkok Kirim Kapal Induk Type 002 ke Selat Taiwan

doc. Kapal Induk Type 002 . (Photos: ?? ?? ?)

JakartaGreater.com – China mengirim kapal induk keduanya atau kapal induk pertama yang dibangun di dalam negeri, dan berlayar melalui Selat Taiwan pada hari Minggu, kata Kementerian Pertahanan Taiwan, dengan dibayangi grup kapal induk AS dan kapal perang Angkatan Laut Jepang, lansir Japantimes.

Kapal induk yang dikenal sebagai Tipe 002 dan dikawal oleh grup kapal perang, berlayar melalui jalur laut dari Laut Cina Timur ke selat Taiwan, kata kementerian Pertahanan Taiwan.

Dilaporkan militer Taiwan mengirimkan jet tempur sebagai respons dan memantau situasi. Tidak ada informasi lebih lanjut yang dilaporkan.

Langkah itu dilakukan ketika Presiden Taiwan Tsai Ing-wen menunjuk mantan Perdana Menteri William Lai sebagai calon wakilnya dalam pemilihan Januari. Lai tahun lalu membuat marah Beijing karena menyuarakan dukungan untuk kemerdekaan formal negara pulau itu.

“Sama seperti @iingwen menyebutkan pasangannya & kampanye bergeser ke posisi teratas, #PLA mengirimkan grup kapal induk 002 barunya ke #TaiwanStrait “.

Menteri Luar Negeri Taiwan Joseph Wu menulis di Twitter. “#RRC bermaksud untuk campur tangan dalam pemilihan # Taiwan. Para pemilih tidak akan diintimidasi! Mereka akan mengatakan TIDAK kepada #China di kotak suara. ”

Taiwan, sebuah pulau yang diperintah secara demokratis, berpisah dari daratan Cina yang dikuasai Partai Komunis setelah perang saudara berakhir pada 1949. Beijing menganggap Taiwan sebagai provinsi pembangkang yang harus dibawa kembali ke pangkuannya – dengan kekuatan jika perlu.

Beijing menyebut Taiwan “masalah paling penting dan sensitif pada hubungan China-AS” dan telah memperkuat kehadiran militernya di dekat pulau itu, mengadakan latihan” pengepungan “skala besar dan pelatihan pembom sepanjang tahun lalu hingga tahun ini.

Pada hari Selasa, Angkatan Laut AS mengirim kapal perang melalui jalur laut untuk pertama kalinya sejak September, bersama dengan Yokosuka, kapal penjelajah rudal yang berpangkalan di Prefektur Kanagawa. USS Chancellorsville melakukan “transit rutin Selat Taiwan,” kata angkatan laut dalam sebuah pernyataan.

Media pemerintah Cina melaporkan minggu lalu bahwa kapal induk baru meninggalkan galangan kapal di kota Dalian untuk uji coba laut kesembilan, di mana kapal mungkin akan menerima jet tempur sebelum bergabung secara resmi. “Penerimaan diharapkan segera” bunyi laporan itu.

3 pemikiran pada “Tiongkok Kirim Kapal Induk Type 002 ke Selat Taiwan”

Tinggalkan komentar