Jun 042016
 

China menuduh Filipina karena meniadakan kedaulatannya di Laut China Selatan dengan menggambarkan Pulau Taiping sebagai sebuah karang dalam pengadilan di Manila, ibu kota Filipina.

“Upaya Filipina untuk mengidentifikasikan Pulau Taiping sebagai karang, ini jelas tujuannya untuk mengekspose dari kasus arbitrase, yaitu untuk meniadakan kedaulatan China atas haknya di Kepulauan Spratly,” kata Juru Bicara Kementerian Luar Negeri China, Hua Chunying, seperti dikutip dari situs Reuters, Jumat, 3 Juni 2016.

Hua juga berpendapat, hal ini merupakan pelanggaran hukum internasional dan sesuatu yang sangat tidak bisa diterima.

“Sudah sejak lama nelayan China hidup di Pulau Taiping. Mereka memancing, menggali sumur, membudidayakan tanaman dan bangunan. Semua bukti ini adalah kenyataan Taiping adalah pulau yang mampu mempertahankan kehidupan manusia dan aktivitas ekonomi,” tuturnya.

Negeri Tirai Bambu ini tetap menolak untuk mengakui kasus diajukan oleh Filipina di Pengadilan Tetap Arbitrase di Den Haag, Belanda atas klaim teritorialnya di Laut China Selatan.

Hua pun menegaskan sengketa tersebut harus diselesaikan melalui perundingan bilateral. Sementara itu, Filipina terus menantang legalitas klaim China di wilayah sengketa.

Presiden FIlipina terpilih, Rodrigo Duterte, mengatakan, dia tidak akan menyerahkan hak-hak negara atas Scarborough Shoal, yaitu kepulauan kecil yang terletak di Laut China Selatan yang diklaim Filipina dan China.

Berbagi

  40 Responses to “Tiongkok marah Kepada Filiphina terkait sengketa pulau Taiping”

  1.  

    Tes

    •  

      Nahhh sekarang dah waktunya mencari kemarahan china.. biar cepettt warnyaa dan mamarika pasti seneng ni.. biar ada alasan untuk menyerang sicx jing ping..
      Udahh lagi dikitt aja muncratt ni..hihiiiii
      Tebakkkkkkkkkk….

      •  

        jaka sembung bawa golok ga nyambung don wkwkwk, itu pulau milik taiwan sebelum negara di scs pada merdeka, pinoy super licik bilang pulau sebesar 46 hektar sebagai karang. cina ga pernah usik usik itu pulau.

    •  

      Nah loh ketahuan belangnya………”Sudah sejak lama nelayan China hidup di Pulau Taiping. Mereka memancing”……semua berawal dari nelayan…….

      beruntung nelayan china kemarin langsung ditangkap oleh AL………kalau nggak….. pasti deh kepulauan natuna di klaim oleh china dengan dasar ” nelayan china sudah sejak lama memancing di kepulauan natuna ” ……..

      salam NKRI

      •  

        beruntung nelayan china kemarin langsung ditangkap oleh AL
        ———-
        Iya Bang, Makanya : Jadikan Tradisi ! ,
        klo ada maling ikan Cina lagi -> BAKAR KAPAL

        sehingga Menlu china akan bilang: “nelayan china sudah tradisi diBakar TNI-AL”.
        hahhaa 😀

        •  

          😆 mangstaffff…… idenya membentuk sejarah bung…

        •  

          Glodok itu milik Cina..sudah sejak lama warga Cina ada di sana..mereka berdagang, menginap, makan dan tidur disana..maka sah bagi Cina mengatakan glodok itu milik Cina..dasar yang mengada-ada..

        •  

          @tagor74

          Boleh2 sah2 aza, Tapi Jangan lupa Tiap bulan bayar sewa ruko & Pajak dan iuran nya Ya !
          Loe Nunggak sewa2 ruko & pajak2 ,Retribusi2, Jatah2 preman ,Gw Tendang , itu Tradisi !

  2.  

    bensin

  3.  

    AHHH banyak omong orang cina, perang saja!!

  4.  

    Sarapan dulu…baru coment..

  5.  

    test

  6.  

    wihh…

  7.  

    China belajar dari pencaplokan pulau Sipadan dan Ligitan oleh Malaysia dari pangkuan Indonesia. Diam2 membangun pulau2 di LCS, menghuni dgn pengerahan nelayan dan tidak mau di ajukan ke pengadilan arbitrase internasional.

  8.  

    katanya philipina mau akur dg cina,

  9.  

    Dasar Yajuj Ma’juj, serakah dan mau menang sendiri. Semua pulau dan laut di lcs diklaimnya.

    Klu gitu terus kapan dunia ini akan damai?
    Dia kira cm dia yg bisa marah. Ga gitu kali, org lainpun pasti juga bisa marah.

  10.  

    Mau menang dan benar sendiri. Edan. xixixi.

  11.  

    Dunia takan pernah damai. Dimana pertumbuhan penduduk yang tinggi akan di ikuti meningkat kebutuhan pangan dan energi. Ikan dan migas yang akan jadi sumber sengketa di akan datang.

  12.  

    Ni yg komeng, kliatannya punya darah Taiwan…. dan sejujurnya hampir 50% rakyat kita akan sulit membedakan apakah Taiwan itu sebuah negara atau kah suatu propinsi milik China…. jadi wajar saja klo sering salah, tapi klo terus karena hal ini dikatakan seluruh “Indonesia kaga pake otak” yaa saya kira anda terlalu meremehkan bangsa kami, klo cuma menganalisa dengan sumber wikipedia, saya kira semua yg komen disini juga sanggup….
    Sopan lah dan jaga kata2 anda, karena itu mencerminkan apa di pikiran anda….
    terima kasih

    •  

      nah sudah tau cari informasi mudah, masih saja para native primitif ngomong tidak pakai otak. ingat taiwan marah besar jika pulau sebesar 46 hektar di bilang karang!, ingat taiwan pemilik zee di scs ! kalau vuma asal jeplak. gua juga bisa bilang natuna cuma karang !!

      •  

        Lah klo memang milik Taiwan, kenapa tidak ikut ribut di arbitrase international???
        kenapa malah China mainland yg ribut??
        Kenapa Taiwan tidak pernah menyatakan protes terhadap China mainland??

        Silahkan dijawab yg selalu mengatakan “kaga pake otak” “native primitif”

      •  

        Terus kenapa ente jadi nyolok pake ngeremehin segala Indonesia??? Kalau anda merasa berpendidikan berkomentarlah yang sopan, anak kolong jembatan aja masih mengenal sopan santun.

      •  

        Ehm iye2 itukan asumsi dari anda namanya jg forum asumsi Dr org lain kan pasti ada dan beda2 santai aja coy ga usah nyolot mulu jd org, klo Anda ga suka mengenai Indonesia ngapain jg Anda main ke forum Indonesia klo Anda suka dan cinta dengan tanah air Anda di China ato Taiwan ya tinggal aja disana ato jgn2 Anda ini ah sutraaaaalah

      •  

        Taiping @Asu kowe… ngatain bangsa sendiri indon.

  13.  

    he tumben don, ngakuin taiwan punya cina, tapi gua ga ngakuin tuh hihihi, taiwan negara merdeka coyy !

  14.  

    Lah klo memang milik Taiwan, kenapa tidak ikut ribut di arbitrase international???
    kenapa malah China mainland yg ribut??
    Kenapa Taiwan tidak pernah menyatakan protes terhadap China mainland??

    Silahkan dijawab yg selalu mengatakan “kaga pake otak” “native primitif”

  15.  

    Coy U yg komentar ga make otak maen ke forum org make nyolot lg

  16.  

    China ga bakal berani serang filipina, krn filipina didukung banyak negara skr, yg siap keroyok china kapanpun.

  17.  

    kalau lapar jangan komen, jadinya ribut terus.

  18.  

    tai

  19.  

    taiwan tuh….kayak singapura nya malaysia

  20.  

    lho ngapai taiwan ribut di arbitrase, ga ada negara lain yang duduki taiping island kecuali taiwan (ada tentara dan meriam di pulau itu. bahkan presiden taiwan berkunjung ke pulau itu ) ingat posisi taiwan di taiping di backup amerika !
    china mainland tau bahwa philipina sengaja melaporkan taiping sebagai karang agar philipina punya alasan untuk meng klaim karang di scs paling dekat dengan zee mereka. jika taiping di akui philipina sebagai pulau maka klaim mereka di karang scs akan mentah, karena menurut zee taiping islang berada di tengah gugusan karang scs. dengan begitu secara otomatis klaim philipina akan gugur.

  21.  

    nah ketahuan kan kenapa cina sangat mendorong para nelayannya utk mengeksploitasi wilayah lcs bahkan smp memberikan insentif, kapal maupun perlindungan agar mereka dpt mempunyai alibi bahwa wilayah tsb sejak dulu sdh mereka eksploitasi. Dgn begitu mereka sdh mempunyai pengakuan scr de facto atas wilayah tsb walau scr legal mereka sgt lemah makanya cina tdk mau membawa masalah ini ke sidang arbitrase internasional. Tindakan para punggawa kita dlm menjaga perairan natuna sgt tepat krn itu berarti kita sdh menunjukkan scr tegas bahwa perairan natuna milik indonesia. Hal ini hrs dilakukan pula didaerah2 perbatasan dgn negara lain spt dgn timor leste, png dan malaysia yg tanpa kompromi menjaga sejengkal tanah air kita. Pembangunan menara, pos, infrastruktur, dan pemimdahan penduduk dan sarana militer di daerah perbatasan perlu diperhatikan dan diprioritaskan.

  22.  

    setuju sekali dgn pndpt bung ihsan..

  23.  

    setuju bung @ihsan, jangan lupa di pondasi bangunan di atau fasilitas apapun yd di daerah perbatasan harus di stempel,,republik indonesia,,jadi pas sengketa kita bisa buktiin itu punya kita,tetangga sebelah yang maen serobot,hehehe

  24.  

    Indonesia marah Kepada Australia terkait sengketa pulau Christmast.

    ups ternyata indonesia pasrah saja kepuluannya di selatan jawa di duduki oleh australia. kasian kasian kasian

  25.  

    negara serakah cina,, dasar yajuj majuj jg gambaran cina yg serakah,, sedot jual murah trus tinggalkan,, rusak semua bumi,, laut natuna jg d klaim tradisional cina,, glodok jg byk cina,, cina emang primitif,, tdk tahu konsep negara bangsa,, tdk mau berdiri sejajar dg bangsa lain

 Leave a Reply