Mar 192016
 

Menurut rumor yang beredar, Tiongkok membangun stasiun ruang angkasa rahasia di wilayah Patagonia, Argentina.

Pada tahun 2012, para pemimpin di Beijing dan Buenos Aires menandatangani kesepakatan untuk membangun apa yang disebut Deep Space Station. Fasilitas itu diharapkan akan selesai pada akhir tahun 2016.

Sementara itu, Argentina dan Tiongkok mengatakan bahwa stasiun tanah di belahan bumi selatan itu guna mendukung program eksplorasi bulan dan kegiatan ruang angkasa lainnya. Namun, ada kekhawatiran bahwa fasilitas Tiongkok itu memiliki tujuan militer. Apalagi, Presiden Argentina, Mauricio Macri, mengklaim bahwa ia akan membuat tambahan “klausul rahasia” ke dalam perjanjian itu.

Berbeda dengan stasiun ruang angkasa lain di negara Amerika Selatan, fasilitas Tiongkok akan dioperasikan oleh militer negara itu.

Patagonia Argentina. (Google Maps)

Patagonia Argentina. (Google Maps)


Pejabat militer Tiongkok telah menegaskan bahwa fasilitas itu akan benar-benar menjadi milik sipil dan tidak dioperasikan oleh personil militer.

Tujuan penggunaan antena raksasa di stasiun ruang angkasa seharusnya untuk memantau bulan, tetapi beberapa berspekulasi bahwa hal itu bisa bertujuan ganda, yaitu guna memantau benda langit dan mencegat sinyal dari satelit lainnya.

Wilayah Patagonia, Argentina tampak seperti lokasi yang ideal untuk pusat ruang angkasa karena daerahnya relatif datar dan jauh dari keramaian, namun masih memiliki akses jalan yang baik.

Fox News

 Posted by on Maret 19, 2016

  5 Responses to “Tiongkok Membangun Stasiun Ruang Angkasa di Argentina”

  1.  

    Test 1

  2.  

    Tes..2

  3.  

    Lumayan…. bisa intip-intip ASU dari jarak yang lebih dekat

  4.  

    Kita ikut andil dalam pembuatan stasiun ruang angkasa ini. Konon juru fotonya dari Indonesia.