Feb 212016
 

laut china selatan 2

Selama ini Tingkok sealu mengatakan pembangunan infrastruktur di Laut China Selatan, bukan untuk tujuan militerisasi kawasan tersebut. Betulkah ?
laut china selatan
Ini adalah gambaran infrastruktur di wilayah sengketa Woody Island, Laut China Selatan, lewat citra satelit 17/2/2016

woody island

Posisi Woody Island di Laut China Selatan
laut china selatan 1
Australia memperingatkan instalisasi peralatan militer Tiongkok di Woody Island, Laut China Selatan dapat membuat konflik menjadi lebih tajam.

s-300 varian

hq-16

Reuters membahas instalisasi sistem pertahanan darat ke udara HongQi-9 / HQ-9 China di Woody Island yang merupakan bagian dari Paracels chain di Laut China Selatan. Wilayah ini telah dikontrol Tiongkok selama 40 tahun, namun Taiwan dan Vietnam juga mengklaim wilayah tersebut.

hq-9 china

Rudal HQ-9 memiliki ceiling (jangkauan langit) yang lebih rendah daripada beberapa sistem lain seperti Arrow 2 Israel dan sistem THAAD Amerika Serikat, tapi masih mencakup ketinggian yang lebih dari cukup untuk menimbulkan ancaman untuk setiap pesawat yang datang/melintas. Amerika Serikat telah melakukan patroli laut dan udara di dekat pulau buatan China di Spratly Chain jauh ke selatan, termasuk mengerahkan dua pembom strategis B-52. Tidak ada respon militer dari Tiongkok. Tidak tahu jika negara lain yang tidak sekuat AS, yang melakukannya.

Reuters dan Berbagai Sumber.

  68 Responses to “Tiongkok Pasang Sistem Rudal HQ-9 di Laut China Selatan”

  1. Siap2 kawasan asteng

  2. Ari sugan pertalite

  3. Mulai anget lagi

  4. Mumpung Suriah dan Ukraina masih panas, China curi-curi kesempatan memperkuat Paracel, sebentar lagi kepulauan Spratley jg diperkuat rudal HQ-9, ini adalah alamat buruk bagi pilot F18 Hornet Malaysia yg coba mengintip pulau Spratley, suatu wilayah yg diperebutkan antara Malaysia dan China.

    Kesalahan fatal Malaysia adalah tdk mau terlebih dahulu membangun pangkalan dan memperkuat dg rudal antar benua di pulau sengketa. Kini setelah terlanjur dikuasai China, agak sulit bagi ATM (angkatan tentara malaysia) menggusur China dari wilayah sengketa. Repotnya, Inggris sbg pengayom Malaysia dalam kasus LCS cenderung adem ayem, sementara USA baru hanya berani meledek China dg penerbangan B52 Stratospere dan pelayaran kapal perangnya disekitar wiayah sengketa, belum ada tanda mau menggebuk China. Semoga Malaysia sukses menggusur kekuatan China di Spratley, sendirian tanpa bantuan FPDA…..

    • Saya berharap demikian. Bung…Semoga Malay mampu

      • Saya harap anda dan bangsa anda mampu selesaikan apa yg anda mulai jadi lah lelaki seperti bangsa saya kemerdekaan di rebut dgn darah dan airmata bukan di berikan oleh bangsa lain sampai titik darah pengabisan

    • Malaysia dgn rudal antar benua apa ga salah baca, jgnkan dgn tiongkok dm kt aja masalah ga udah2 soal perbatasan apalagi tiongkok yg armadanya lbh besat dr kt.

    • Hahha…. jangan salah dan terkecoh bung.. diam diam china ada kerjasama dengan malaysia…. klo si malaysia diem ajah, si engkong china janji bakalan kasih sesuatu ke malaysia…. si m dan si c notabene punya sifat yg sama…. konflik lcs 100% merugikan Indonesia

  5. Ngimpi basah kali malon berani ma china.malon pengecut rayatnya budak britis

  6. “..Selama ini Tingkok sealu mengatakan pembangunan infrastruktur di Laut China Selatan, bukan untuk tujuan militerisasi kawasan tersebut. Betulkah ? ..”

    Siapa juga yang percaya sama maling.

    TAPI PERCUMA PASANG HQ-9 ,
    Kalau pesawat US dan Australia mondar-mandir & kagak berani nembak ?? karena takut!!! beraninya sama yang lemah!!!

    Kalau buat pajangan, pasang saja boneka panda ga usah repot2 HQ-9 . Preet!!

  7. Hitung mundur perang lautan teduh (asia pasifik jilid 2),
    kta Bung Karno : Asia pasifik akan jd pusatnya dunia, perang lautan teduh akan membuka asia raya bebas dr barat, asia pasifik tumbuh bak gadis molek yg menghantui setiap pikiran lelaki,

  8. Cina..melihat kasus sipadan ligitan siapa yg membangun properti dulu d pulau sengketa secara d efako akan akan menjadi miliknya..malay kena karma..xixi.biar rasakan…krn itu RI lebih baik perang daripada berunding atas nama perdamaian krn persekongkoln.dan penghianatan negara tetanga…NKRI harga mati

    • Setuju bung.

    • Ya Allah , kami mohon lindungi Indonesia dari kelicikan siapapun
      Lembutkanlah hati dan pikiran agar mampu melihat dan memahami semua ini ya Allah…. amin amin ya rabbalalamin

    • Xixixixi.. Bung..Kawasan yang dibangun oleh china ini,jauh dari malaysia.. Tapi berdekatan dengan filipina dan vietnam… Sedangkan kawasan malaysia iaitu di pulau layang layang,tetap dikawal oleh malaysia dan china tidak membangunkan pengkalannya di kawasan tersebut..

      • Kapal patroli PLA sempet terobos james shoal, tapi beruk malon cuma plonga plongo pura2 tidak liat !!!

        WKKKKKKKK

        • dan lari ke bilik termenung…….bung

        • wkwkkwkwk…beruk ATM lari terbirit2 ke bilik termenung seperti di tanjung datu seorang kopaska TNI hardik 3 kapal malon lari terbirit2 kencing di celana kah kah kah

        • bukannya gak liat bung,emang gak berani malonnya…mau lawan pake apa coba,nuri malon banyak terhempas,MIG29 dah tua,hawk juga tua,kornet hanya jaguh tewaskan pokok pisang….cuma 18 SU-30MKM malon saja yg diharapkan….masa 18 sukhoi malon lawan ratusan jet pejuang halimun J-20,SU-35 dan J-31 China,bakal jadi pisang tuh sukhoi malon dimakan jet pejuang halimun China hahahha

  9. setuju sama kang ‘sri noto’

    toh sekarang bungKarno juga masih memantau negri kita kok

  10. Malon cuma bisa diam di bilik termenung………
    wkwkwkwkwkwkw
    hahahahaha..

    (tertawa sampe terguling2)

  11. Sambil ngetes nyalinya china yg katanya paling jaguh dan rakus di asia ini, kirim pesawat tak berawak tepat di atas pulau buatannya. Kalo berani nembak berarti tuh si kokoh nggak cuman abal2 niat perangnya. Pertanda gong perang siap berbunyi, siap2 negara2 yg bersengketa harus action di lapangan. Asal mufakat bersama, Keroyok rame2 tuh sikokoh panda (nggak tahu klo malon berani apa nggak), bila mampu menang sekalian ekspansi ke wilayah china daratan. Biar si kokoh panda pusing.

  12. setrategi yang bagus untuk mengamankan wilayah negara….fine2 aja gx ada yang propokatif…tuh indonesia juga harus demikian..

  13. WOOOW…gadis molek.bahenol.semox.sexy.hot….

  14. kalau sampai perang dengan china, dollar terjun bebas dan PBB bubar, karena china memegang UN Veto dan pemegang dollar terbanyak di dunia

  15. Kalau terjadi perang..sedang .cina d beking ..rusia…lihat kasus suria…negara kecil yang armadanya tdk seberapa malah semakin memenangkan pertempurn..lihat berapa banyk kualisi US..terseok2.krn di bangun atas dasar kepentingan..mampukah negara yg bersenketa mengimbangi.y..? yg pasti bila terjadi perang akan melemahkn negara tersebut dlm segala hal..dan RI akan semakin kuat..NKRI harga mati

    • Rusia mengambil kesempatan.. Rusia yang untung kerna merekalah yang menjual senjata kepada negara-negara konflik.. Vietnam beli KS kilo + su30.. China beli su35… Bijak paman rusia…

  16. untuk lcs ini para tentera tentera malon hnya dpt berdiamdiri,diibaratkan sprti isterinya diperkosa oleh cina tp malon gk bisa apa2 hnya bisa melihat ketakutan dan ngeri dgn pemerkosa trsbut “ayo rakyat malon tunjukin keJANTANANMU” ups maaf lupa malon gk pnya kejantanan ya..

  17. kenapa gak pasang rudal pisang aja ?? yg lebih wow gitu :v

  18. harusny kita jg punya dan pasang d pulau2 strategis…unt mnjaga kedaulatan…bkn unt provokasi…tp unt jaga diri….

    jaya indonesia ku….

    #sabar menanti

  19. paling malon nanti sediain karpet merah buat ajudannya yg baru, beruk malon mana berani lawan tiongkok, lawan najib aja gk mampu, malon itu kutu loncat

  20. mungkin malon diam lg brpikier”mau ttp jadi BUDAK BABU BRITIST atw mnjdikan China sbgai majikan baru,mngingT tuan british gk ada tanda2 mau bntu,boro2 bntu militer wong suaranya aja gk kdngaran tu tuan british.. stlah kjdian bru malon akn bilang indonesia saudara kmi,indonesia tetangga serumpun… hihihi

  21. jangan meremehkan Malaysia bung,mereka punya senjata ghoib bina tempatan bung

  22. kok malah ngejek malon ya, apa ga ada yg sadar kalau wilayah ZEE natuna juga termasuk yg diklaim negara si sipit, knapa ga ada yg protes, apa pada takut smua wkwkwkwk…

    • Coba lah sekali2 bang gerobak buburnya keliling komplek ZEE,, dirusuhin ga sama preman komplek,, jgn mangkal di mistral mulu ituh gerobak bang.. Klo dirusuhin lapor sama lurah setempat atw warga sekitar yak.. Hehee :mrgreen:

    • Ya Allah , kami mohon lindungi Indonesia dari kelicikan siapapun
      Lembutkanlah hati dan pikiran agar mampu melihat dan memahami semua ini ya Allah…. amin amin ya rabbalalamin…
      Saya setuju dgn bung…. kok sepemikiran ya…. jelas jelas dalam konflik ini yg paati di rugikan adalah Indonesia… ingat penggunaan logika rasa… yg lain kok pada cengengesan sombong giuh

  23. “Deklarasi Juanda 1957 menyatakan kepada dunia, bahwa wilayah laut Indonesia adalah termasuk laut sekitar diantara dan di dalam kepulauan Indonesia menjadi satu kesatuan wilayah NKRI,yang tercantum juga wawasan Nusantara di dalamnya.
    Banyak negara yang menentangnya waktu itu karena kepentingannya terganggu seperti Amerika serikat,Inggris,Australia,Belanda dan New zealand.
    Sedangkan negara yang mendukung diantaranya adalah Uni soviet dan ‘CHINA’.” kami siap mendukung anda sebagaimana dulu anda mendukung kami… China my friend forever…

  24. Natuna..jauh..yg d klai sembilan garis patah2.cina..adalah zona eklusiv.yg masuk kepulauan .krn itu kenapa sekarang d natuna d jadikan pangkalan militer sekelas pearlharbon…untuk menganti sipasi ..supaya tdk merembet..kit buat pagar arsenal..dan secara tdk langsung menyekat malay..antara semenanjung dgn serawak dan sabah..krn itu kenapa sekarang ambalat..tenang..kita mempunyai dua keuntungn membangun pangkln militer d natuna..strategi jitu TNI..NKRI harga mati..

  25. Membendung Himalaya, China jual aqua ke Tibet, Mekong, Yengtze, India, dan sungai asia lainnya.

  26. Mbah Bowo kemana ya?

    dari kemarin2 si embah satu ini nggak nongol2

    Warjager ada yang tahu kemana si embah perginya?
    Wah, jangan2 mbah Bowo kesasar lagi …

    #edisikangenmbahbowo

  27. Mbah Bowo kemana ya? dari kemarin2 si embah satu ini nggak nongol2

    Warjager ada yang tahu kemana si embah perginya? Wah, jangan2 mbah Bowo kesasar lagi …

    #edisikangenmbahbowo

  28. Waspada thd china…perkuat natuna ! China punya ambisi tersembunyi klaim wilayah taklukan leluhurnya….pengaruh laten kuning ….

    • sejak kapan cina jadi kekuatan bahari. dari zaman kuna sampai zaman informasi saat ini tidak pernah, cina cuma asal klaim saja ya istilahnya si maling, negara-negara asean itu yang lebh berhak daripada cina, amerika pun tidak mau melakukan tindakan serakah seperti ini yaitu negara daratan tapi mengklaim lautan layaknya negara kepulauan…., klaimnya bukan lagi gaya barbar tapi klaim gaya maling bahkan sebentar lagi bakal mengklaim gaya rampok…

  29. hai bung ciciuit n xtar kalian br umur brp kok lgsg sdh menjudgement dluan terhdp china, klo kalian berdua sdh umur d ats 50 la aq panggl mbah, maklum krn kalian berdua sptnya pants jd tukang ramal dadakn tp akurat ngga ramalannya, klo ramalannya tepat, bantu aq dong, bsok nomer buntutan yg kluar nomer brp, klo dpt aq bg 2 gmn stuju

  30. mending kalian berdua bung xtar n ciciuit jd tukang ramal nembus nomer buntutan drpd ngurusi prediksi china mau ngobok2 asteng yg lum tentu kebenarannya, klo dpt duit dr buntutan kan lmyn bs buat mkn enak, drpd emosian ntar kalian bung xtar n ciciuit bs kna hipertensi n bablas stroke, rugi, klo mau ya silakan

  31. klo china mau perang dgn malay, vietnam, philipina, amrik ngapain d urusi, yg pentg kita kena gak, klo ga ya ngapain, biarin aj, krn wkt malay nyaplok sipadan n ligitan ga ada 1 negara ASEAN yg nengahi ato bantu kita btul ga, knp kok kita ga lgsg nyerbu malay wkt sipadan n ligitan nyaplok 2 pulau tu

  32. bung @lion king…
    ane penasaran terjemahan ” lion king ->> raja singa”
    ane ingat-ingat raja singa itu sejenis pe***k..
    gua tebak lo sering ke KALI JODO ya…

    ???????????????

  33. pemerinth kita dl jg krg perhatian terhdp pulau2 terluar, br stlh kjdian d caplok, br perhatian, wkt dlm pngadilan internasionl pun kita ga ngerahin pasukan k 2 pulau sipadan ligitan tuk nunjukn pd malay bhw 2 pulau tu milik kita, mlh cm jd penonton, wes2 susah2, sdg malay mlh buat resort d 2 pulau tsb

  34. hei bung cobra, wah situ sll sk main perempuan ya, hehehe kentara tau pnyakit kelamin sgl, klo pny pikirn yg positip dong, klo cobra tu sknya matuk tu brarti sk matuk cwe2 ya, inget… bs kna HIV lo

  35. hmmm..mau tau./.mau tau bgt./.mau tau aja

    pertanyaannya susah bgt..
    ada clue gk??..
    bingung jwb?

  36. Pada pintar2 tapi celeng dan tuli. Gk tau situasi di laut cina selatan. Sebenarnya cina emang untuk sipil, berhubung amerika kirim kapal perang dan pesawat pem bom ke laut cina selatan, trus amerika ajak jepang-filipin-australia-korea-viatnam dan india kroyok cina. Na baru cina kirim rudal kesana pada celeng dan tuli. Cina selalu nahan diri. Cina ingin damai dan cina mau hubungan baik semua nagara didunia. Sering cina sampaikan, kalo cina perang dgn amerika dunia akan bermusiba yg luar biasa. Saya percaya , Sementara ini cina gk kan perang ama amrik. Tunggu nanti waktu dah tepat habis amrik.

 Leave a Reply