Oct 302016
 
Pesawat siluman J-20 Tiongkok (Ainonline.com)

Pesawat siluman J-20 Tiongkok (Ainonline.com)

Beijing – Tiongkok akan memamerkan generasi baru jet tempur siluman Chengdu J-20 dalam pameran udara pekan depan, saat yang hampir bersamaan digelar juga Indo Defence 2016.

Angkatan Udara Tiongkok, 28/10/2016 mengatakan, pameran terbuka pertama dari pesawat tempur Tiongkok itu diharapkan mempersempit kesenjangan bidang militer dengan Amerika Serikat.

Kemampuan membangun kekuatan udara, merupakan kunci bagi Tiongkok karena saat ini Tiongkok tengah mengambil sikap lebih tegas dalam sengketa teritorial dengan tetangga-tetangganya di perairan China Timur dan Selatan.

Pentagon mengatakan Tiongkok sedang mengembangkan pesawat siluman generasi kelima, yakni J-20 dan J-31, yang diperlukan angkatan udara untuk mengembangkan kekuatannya angkatan perangnya untuk dapat melakukan operasi penyerangan maupun bertahan.

Pesawat J-20 akan menunjukan kebolehannya di pameran penerbangan bertajuk China International Aviation and Aerospace Exhibition 2016, pekan mendatang di selatan kota Zhuhai, ujar keterangan Angkatan Udara Tentara Pembebasan Rakyat.

Juru bicara Angkatan Udara Tiongkok, Shen Jinke, mengatakan, produksi pesawat J-20 berjalan sesuai rencana dan akan membantu angkatan udara untuk menjaga kedaulatan dan keamanan nasional.

“Ini adalah penampilan publik pertama dari jet tempur siluman generasi baru yang merupakan produksi dalam negeri,” ujarnya.

j-20

Pada Juni lalu, militer Tiongkok menyatakan jet tempur tersebut akan mulai bertugas dalam waktu dekat. Pesawat angkut militer Y-20 juga dijadwalkan menunjukan kebolehannya dalam pameran penerbangan dua tahunan yang akan dilangsungkan selama tujuh hari yang dibuka Selasa pekan depan.

Tiongkok memamerkan kekuatan J-31 pada pameran penerbangan Zhuhai 2014 lalu, bertepatan dengan kunjungan Presiden Amerika Serikat, Barack Obama, untuk konferensi tingkat tinggi Asia-Pasifik.

Tiongkok berharap J-31 yang masih dalam pengembangan, mampu bersaing dengan pesawat siluman F-35 Lightning II buatan AS di pasar internasional, berdasarkan pengamat militer Tiongkok dan laporan media pemerintah setempat.

Beberapa analis mengatakan dari gambaran-gambaran J-20, Tiongkok dinilai membuat pengembangan lebih cepat dari yang diperkirakan dibandingkan pesawat penghindar radar F-22 Raptor dari Lockheed Martin.

Akan tetapi, analis lainnya mengatakan produsen pertahanan Tiongkok masih berjuang untuk mengembangkan mesin canggih yang akan memungkinkan pesawat-pesawat tempur mereka menyaingi jet-jet dunia Barat di dalam pertempuran.

Beijing telah mengembangkan penelitian untuk membuat peralatan militer canggih, termasuk kapal selam, kapal induk dan rudal anti satelit, yang telah menggelisahkan kawasan regional serta Amerika Serikat.

Tiongkok mengatakan tidak ada yang luar biasa tentang pengembangan teknologi militernya, dan ini adalah aksi yang wajar untuk setiap negara yang ingin mempertahankan keamanan wilayahnya.

Sumber : Antara

Bagikan :

  30 Responses to “Tiongkok Segera Pamerkan Pesawat Siluman J-20”

  1.  

    Hidup KW………….0003

  2.  

    Sruput kopi ?

  3.  

    Sruput kopi ?

  4.  

    Indonesia cuma punya siluman serigala

  5.  

    Ojo dituku yo Pak De..

  6.  

    Perlu waspada sm kaleng kerupuk..

  7.  

    Steve O Bryant, salah satu top eksekutif Loockheed Martin’s duduk satu meja dengan marsekal angkatan udara Tiongkok dalam perjamuan makan malam selepas perhelatan Royal International Air Tattoo. Mereka terlihat berbicara dengan akrab. “kamu tahu Steve, saya sangat puas dengan kemampuan F35. Saya sangat berharap pesawat itu akan bergabung dalam skuadron kami”. Steve berpikir sejenak.. “Saya adalah kepala business development perusahaan. Saya akan mencoba menawarkan berapa unit yang dia butuhkan! Kemudian Steve menanyakan hal tersebut. Marsekal Tiongkok tersebut membalas “kamu tahulah Steve.. saya hanya butuh satu”

    •  

      Betul,
      Beli 8 ekor jangan ngarep dapat ToT. Maka saya inginnya beli satu saja. Untuk saya bongkar dan saya kloning. Dan hasil kloningan itu akan saya buat lebih hebat daripada yang aslinya.

    •  

      Setuju dg bung patih…

      Saya berpendapat Belajar itu dari menjiplak…

      untuk proses create something new step awal adl mempelajari dg menjiplak..

      Saya lihat bukan hanya pesawat tapi lebih besar lagi china menjiplak…

      Contoh mesin pabrik, elektronik pasaran, bahkan sampe orderdil bearing actuator dan masih banyak lagi..

      Jadi berapa jauh cina belajar dari menjiplak ?? Sudah sangat jauh dan sudah sangat pintar..sampai membuat versi barupun bisa..

      Ya itulah mereka pintar dg membuat standart mereka sehg tdk dituduk dan diadili menjiplak..padahal menjiplak..

      Itulah ilmu belajar china agar menguasai iptek canggih dg cepat..menjiplaxxx..

      Menjiplak aja butuh ilmu jadi investasilah untuk ilmu menjiplak..supaya kita tdk koplakkkkk berkepanjangan…

  8.  

    utk memghadang cina n rusai, amrik mestinya bs membantu upgrade radar n satelit. utk menghadang asu, rusia kasih upgrade radar n satelit ke Indonesia… yg bingung Indonesia….mo pengen jd super power tp diteken sana sini n cuma jd power glue

  9.  

    menjiplak juga bagian dari riset…beli, bongkar, trus riset…menyamai atau bahkan lebih…menjiplak juga butuh dana,…

  10.  

    Pengembangan LFX harus di buka kembali. Dan IFX harus jalan terus. LFX gen 5 IFX gen 4++ . kalau Ri bisa mandiri dalam alutsista Ri bisa masuk 10 besar kekuatan militer dunia. LFX,IFX,changbogo,pengembangan R-han,proyek medium tank dngn turki,fregat,pkr 60-40.Kalau ini sudah bs di wujudkan semua,negara lain pasti mikir jk mau macam2 dngn Ri. Sambil sruput kopi liong

  11.  

    Urusan jiplak- menjiplak kita sedah profesional sejak dari bangku sekolah, walaupun kadang dapetnya cuma jewer, keplak dan setrap dari guru. Kita adalah penjiplak-penjiplak profesional tanpa pengakuan dan tanpa sertifikat. Sekarang tinggal niat pemerintah mau dikembangkan atau tidak.

  12.  

    Lebih baik bisa menjiplak daripada tidak bisa menjiplak….apa yg diharapkan beli ngeteng dapet TOT?

  13.  

    menjiplak,,,,?OX jg

  14.  

    Mimpi,tekat dan ambisi tiongkok patut di contoh dan di tiru dalam hal pengembangan teknologi militer. Tentu nya harus di dukung pemerintah dalam pembiayaan riset teknologi dan pengembangan ..
    Harus berani keluar kocek lebih dalam kalau mau dapet teknologi militer yg 100% buatan anak bangsa. Dalam artian bukan hasil dari transfer of tecnologi ..

  15.  

    Terbang bisa aja,,tapi kalau tempur mah jangan,,kasian pilotnya,keluarga nunggu dirumah

  16.  

    Cukup super Tukimin 1 skadron dah rontok semua lawan j20.
    Kasihan pilotnya bertaruh nyawa,nyawa pilot tak ternilai harganya ketimbang harga Alutsista berapapun harganya.

  17.  

    Kita itu ahlinya bukan menjiplak,.. tapi memodifikasi jadi lebih sangar. Ingatlah pepatah: China itu hebat, karena bisa jiplak teknologi maju buatan barat. Tapi Indonesia lebih hebat lagi, teknologi jiplakan dari China bisa dimodifikasi jadi lebih bagus lagi kalo masuk Indonesia. Jadi inget tahun 2007-2008 banyak monitor komputer buatan China, kasih antena TV mini buatan China juga, hasilnya Komputernya bisa buat nonton TV juga bisa buat ngerakan tugas sama ngenet. 2012-2014 baru muncul smart TV layar datar yg bisa buat nontot TV, liat foto/video dan ngenet… Lucu yaa,.. padahal 2007 mahasiswa udah ngrasain itu semua. Kalo soal militer ya inget aja Yakhont bisa dipasang di platform kapal buatan barat pake VLS lagi, Rusia aja masangnya cuma disamping aja kok, Vietnam malah buat pertahanan pantai tuh rudal. Seluruh Dunia jadi terkejut gan, coba kalo dipasang VLS di PKR Sigma, mungkin bisa 8-12 kali ya.

  18.  

    SARAN SAYA : LEBIH BAIK KITA TOT KAPAL STARTREK SAJA, DI JAMIN MENANG LAWAN F-22, F-35, PAK FA T-50, SU-35, TYPOON, RAFALE, SAAB GRIPEN, J-20 & J-31.

    #edisimelamun 😀

 Leave a Reply