Mar 092015
 

image

Jakarta – Pemerintah Tiongkok menawarkan dana bantuan 40 miliar dollar Amerika Serikat untuk mendukung Pemerintah Joko Widodo-Jusuf Kalla dalam mewujudkan visi Poros Maritim Dunia.

Tawaran bantuan itu disampaikan Duta Besar Republik Rakyat Tiongkok (RRT) Xi Feng saat melakukan kunjungan kepada Wakil Menteri Luar Negeri RI AM Fachir, demikian keterangan pers Kementerian Luar Negeri di Jakarta, Minggu (8/3/2015).

Dalam pertemuan itu, kedua pihak membahas kerja sama maritim, di mana Dubes RRT menawarkan bantuan “Maritime Silk Fund” sebesar 40 miliar dollar AS yang dapat dimanfaatkan oleh Pemerintah Indonesia untuk mendukung perwujudan visi Poros Maritim Dunia.

Selain itu, kedua pihak sepakat untuk meningkatkan kemitraan strategis komprehensif antara Indonesia dan Tiongkok menjadi kerja sama konkret.

“Indonesia dan Tiongkok perlu memperkuat upaya untuk menerjemahkan Kemitraan Strategis Komprehensif kedua negara menjadi suatu kerja sama yang konkret dan dapat dirasakan langsung manfaatnya oleh masyarakat luas,” kata Wamenlu AM Fachir.

Dengan Kelompok Kerja Penguatan Diplomasi Ekonomi di bawah koordinasi Wamenlu RI, prioritas kerja sama ekonomi Indonesia akan difokuskan pada penyelesaian berbagai isu yang tertunda dengan negara sahabat, termasuk dengan RRT.

Menurut Fachir, beberapa kerja sama ekonomi dengan RRT yang perlu segera ditindaklanjuti adalah percepatan pembangunan ke-13 Kawasan Industri Terpadu di Indonesia serta penyusunan daftar proyek “Program Pembangunan Lima Tahun untuk Kerjasama Ekonomi dan Perdagangan”.

Selain itu, kata dia, pemerintah perlu melakukan upaya untuk dapat mengatasi defisit perdagangan Indonesia yang mencapai 13,01 miliar dollar AS pada 2014.

Dalam pertemuan itu, Wamenlu RI dan Dubes RRT secara khusus juga membahas rencana kunjungan kenegaraan Presiden RI Joko Widodo ke Tiongkok pada akhir Maret 2015.

Pertemuan itu ditutup dengan pernyataan tentang komitmen pemimpin RRT untuk hadir pada acara peringatan 60 tahun Konferensi Asia-Afrika, yang dinilai dapat memberikan bobot penting bagi penguatan kerja sama Selatan-Selatan. (Kompas.com).

Bagikan :

  94 Responses to “Tiongkok Siap Bantu Jokowi USD 40 Miliar untuk Wujudkan Poros Maritim”

  1.  

    Smg aja gak tertipu.

    •  

      MANTAP…AYO INDONESIA MAIN CANTIK…barat dan tiongkok sama2 butuh indonesia, barat memerlukan indonesia utk membendung hagemoni tiongkok pada LCS, dgn jumlah penduduk 250 jt dan serta penduduk yang sangat militan sbg modal yg cukup untuk membendung hagemoni tiongkok, disisi lain tiongkok jg perlu Indonesia dalam mewujudkan jalur sutera tiongkok….skg Indonesia sangat diuntungkan..dan sy tau pak jokowi sdh membaca hal itu, itulah sebabnya blok barat tdk terlalu keras dlm masalah eksekuti mati..kec. australia krn kepentingan politik lokal abbot…

    •  

      o ya satu lagi…MASALAH PAPUA MERDEKA TDK AKAN DIANGKAT LAGI OLEH AMERIKA CS…, KEC. KALO AMRIK CS. PGN INDO GABUNG BERGABUNG DALAM POROS JAKARTA-PEKING-MOSKOW-PYONGYANG…, artinya MASALAH papua merdeka mati suri sampai dengan waktu yg tdk ditentukan tergantung sikon politik dan kepentingan…

  2.  

    SU 35

  3.  

    Ada kabar tentang tiger class ndak bung admin yg katanya kerja sama indonesia,rusia dan spanyol katanya lagi kapalnya udah di spanyol

  4.  

    Duit nya ambil. Yg penting perjanjiannya nguntungin kita. Lumayan buat beli destroyer dll. Wkwkwkwkwkwk…

  5.  

    Kan Sponsor Utamanya udah kelihatan jelas kan…
    πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€

  6.  

    Lagi berbaik hati,,yg penting lcs jangan ikutan…

  7.  

    Cerdik menawari 40 miliar dollar utk mewujudkan poros maritim, mengurangi dampak yg akan ditimbulkan dimasa mendatang(sengketa laut cina selatan)

  8.  

    sogokannya edan $40 miliar ….ngeriiii cadangan devisa aja cuma 100miliar wkwkwk

  9.  

    Poros komunis.

  10.  

    engga ada yg namanya hibah murni bung , hehehehehe.

  11.  

    Hanya satu kata…gila! Gueedeee bangettttt…

  12.  

    jangankan 40 milliar… yang 1 milliar aja diminta tuker sama kriminal pemadat…… hehehehe

  13.  

    40miliar USD setara 454 triliun IDR. #CMIIW

  14.  

    Duitnya udh disiapin blm.. Duit segede itu Ngirimnya hrs pake kapal induk liaoning biar muat..

    Gpp, bagus dipercaya duit segede itu, yg penting ngangkut duitnya gk mampir ke gedung DPR dulu..

  15.  

    uhuy, 40 milyar dollar cuy, negara barang kw nawarin kridit 400 triliun lebih..

  16.  

    40 milyar… kalau diambil ntar PT.Pal, PT.DI, dan Pindad mati suri semua sebab syarat untuk mendapatkan duit tsb harus dibelikan kapal dan pesawat dari china

  17.  

    $40 milyar kebeli KS kilo 50 unit & SU 35 15 skuadron

  18.  

    Luyang Luyang :mrgreen:
    jangan2 j-20 menyalip ditikungan terakhir neh wkwk . .
    Elang botak jd ada saingan tukang nyalip dah

  19.  

    Tiongkok mulai memainkan strateginya agar Garuda tdk ikut campur saat Naga mulai melakukan Aneksasi/Pencaplokan di LCS..

  20.  

    100% hutang

  21.  

    tidak ada yg gratis

  22.  

    indonesia jadi perhatian dunia apalagi dengan posisi stategis dilihat dari berbagai aspek bermain cantik dan elegan semakin memperkokoh posisi indonesia ….jaya indonesiaku

  23.  

    ya hutanglah tapi bunga lunak. bahkan dibawah tingkat suku bunga international. ayo kubu us mana nih tawarannya aka “wani piro ?”

  24.  

    benar, yang harus diingat dan menjadi perhatian pemerintah,parlemen dan rakyat Indonesia adalah bahwa kata “bantuan” harus dibaca sebaga hutang dengan segala persyaratan dan konsekuensinya jika jadi diambil

    lihat dulu syarat-syaratnya jika memberatkan atau merugikan kepentingan nasional Indonesia lebih baik ditolak …..40 milyar dollar bukan jumlah yang kecil dan pasti tidak ada makan siang gratis …………….

  25.  

    no free lunch.
    Gak ada makan siang yg gratis.

  26.  

    Justru saya setuju kalo terusan kra di lanjutkan karena otomatis sabang akan jadi pelabuhan internasional dan akan mematikan dominasi singapura

    •  

      Yup … Maka Aceh akan kembali pada kejayaannya … Di tunggu Laksamana Malahayati Next Generation …

      •  

        Singapura itu yg maju dagangnya/tradingnya, wong negaranya sempit, jadi kebun, tambang, pabriknya itu kebanyakan dinegara lain, yg di Singapura hanya kantor dagangnya. Celakanya justru tradingnya itu yg banyak duitnya sedang negara lain cuma kebagian polusi dan susahnya.

    •  

      Betul sekali..sepakat.bgt…supaya Sabang makin berkembang, sekarang saja Sabang pun bisa dikatakan lumayan lah utk ukuran FTZ..

  27.  

    buat bung diego tolong diangkat jadi artikel dong tentang pesawat tempur kerjasama dengan china “J-10 BD ‘BANGO’ PESAWAT MISTERIUS DARI SURABAYA” yg saya lihat di youtube bener apa enggak kebenarannya. kalau benar bangga dong kita walaupun kerjasama dengan china tapi persenjataannya dari rusia.

  28.  

    Tawaran yg menggiurkan tpi hrus dipertimbangkan matang2 krn dana ini juga pasti akan di tagih…terima saja sebagian buat infrastruktur klo pun ditagih kan uang + bunganya, tpi pelabuhan, jalan tol, rel kereta apinya masih ada disini dan jngan lupa asal bayarnya gak ada barter kepentingan
    Jangan menerima utang buat lunasi utang itu sama aja gali lobang tutup lobang

  29.  

    Apa sebenarnya yang menjadi sasaran china, sampai berani memberikan pinjaman sebesar itu, harap dikaji dgn teliti terlebih dahulu, ….. china tahu bhw para petinggi RI kalo dah liat diut mata nya ijo !!!

  30.  

    Jokowi kan pernah ngomong sama mentri Bappenas.Kerjakan saja apa yang saya suruh jangan tanya duitnya dari mana,duitnya urusan saya mencarikan.Kira kira begitu Jokowi pernah ngomong .Mungkin ini yang di maksud Jokowi sebagai sumber dananya. Fantastis 40 milyar dollar us. Semogo pembangunan infrastruktur bisa cepat terlaksana.

  31.  

    Namanya Dana Bantuan dari Tiongkok….suatu saat tiongkok juga minta di bantu Indonesia…misal soal LCS

    •  

      Garuda harus bisa memainkan peran diantara negara adidaya….seperti jaman P. Soekarno yang mengambil keuntungan dan memainkan peran diantara negara adi daya..

  32.  

    kan baru hitungan ratusan hari kerja bung, klo sudah tahunan, mungkin segede gunung hutangnya

  33.  

    Mending gitu…. Biar adem ayem.. Shukur2 indonesia di ajarin jiblak pespur..

  34.  

    Jangan mau ngutang lagi, kepentingan akan berubah sesuai kondisi, mending kerjasama dan TOT, kalo ma rusia gak papa, gak ada kepentingan lcs, china ada kepentingan lcs sehingga memungkinkan adanya tekanan politis disitu. Gak malu ntar ngundat2 bantuan kaya asutralia

  35.  

    UTANG

    Kapan ya Allah negara ku

    Lepas dari otak2 manusia

    Yg
    Suka

    UTANG

    Bunga ringan tetep

    UTANG

    Hibah ga ad yg gratis

    UTANG

    UTANG

    Sesek banget

    Kita hargai niat baik cina
    Hub2 negars makin mesra
    Kerjasama ekonomi
    Kerjasama pendidikan
    Budaya kesehatan
    Dll
    Solid kuat

    Utang

    Maaf china
    Terimakasih kami hargai itu

  36.  

    Bentar lagi paman gue paman Putin akan Hibah 50 Milyar Buat ewujutkan poros maritim.sukhoiii…sukhoiiii…!!!

  37.  

    Terakhir paman sam…saya akan bantu indonesia dalam bentuk pendidikan HAM…..!!!!!

  38.  

    Wow…kalo saya sih terima dan percepat infrastruktur untuk poros maritim itu..

  39.  

    xxx

  40.  

    Camkan ,,,,,,,,,, China adalah China, tidak mungkin memberikan bantuan sebesar itu kalo tidak ada timbal baliknya yang jauh lebih besar dan menguntungkan dari itu ……… !!!

    •  

      itu jelas lebih baik dibandingkan si oz. karena namanya juga pinjaman bukan sumbangan atau sedekah. selama kita bisa produktif dengan uang tersebut berhutang juga tidak apa2.

    •  

      Sependapat bung@CAG, jika Pemerintah China menggunakan dana pinjaman tersebut sebagai jaminan kredit kepada Indonesia untuk pembelian kapal2 niaga dan infrastruktur pada industri perkapalan mereka, jelas industri mereka akan sangat bergairah dan hidup, berbeda jika kita membelinya dari industri galangan kapal dalam negeri seoptimal mgkin, pasti ceritanya jd beda bukan…?

  41.  

    perlu di ingat juga mereka sebenernya menganut sistem ekonomi liberal…pastilah ada yang minta..tdk mungkin mereka ngegolontirin uang banyak klw imbalannya tidak menggiurkan…mau amerika or tiongkok podo wae.
    minyak…minyakk….1liter cm 500 rupiah hehehehe ayo2 siapa yang mau beli

  42.  

    Dana bantuan = hutang. Skema peminjaman SELALU disertai dengan kompensasi bagi si pemberi pinjaman. Sebagai contoh : Bila dana pinjaman dipergunakan untuk pelistrikan mana WAJIB mempergunakan konsultan, teknisi, kontraktor, alat2 dll dari negara pemberi pinjaman. Bila untuk maritim, mana berkewajiban pula membeli kapal2, bangun dermaga dll dari negara pemberi pinjaman…dst…dst. Keuntungan kepada pemberi pinjaman : 1. Pendapatan dari Bunga pinjaman (lumayan dananya bisa di putar dari pada diam di bank) 2. Perusahaan2 negara mereka dapat proyek yang jumlahnya bejibun dari negara peminjam. Dll. Alangkah lebih baik bila pemerintah kita pakai dana dari perbankan nasional yang berasetkan sejumlah +Rp3.000T sehingga dari rakyat dan untuk rakyat alias dananya gak kemana2, negara mandiri dan kuat, rakyatnyapun sejahtera.

  43.  

    Take and run!!!

  44.  

    Indonesia sebagai pelopor GNB di masa lalu tentu tidak mau terjebak dengan konflik di antara dua blok politik/militer.
    prinsip tsb harus diadopsi dng cerdas sesuai dng situasi saat ini.
    terlepas dari kemunculan Cina sbg kekuatan ekonomi & militer yg mendekati adidaya, kita harus bisa memanfaatkan segala kemungkinan yg ada.
    selain netral, Indonesia jg sangat berpengaruh di
    ASEAN, inilah yg membuat semua kekuatan berusaha mengambil hati agar Indonesia mendukung
    salah satunya.

    Pemerintah Indonesia menerima hibah (simbolis)1000 unit solar panel dari pemerintah Cina yg akan ditempatkan pada daerah” terpencil, terluar & terdepan, yg masih sangat
    membutuhkan pasokan listrik.

    utk menyelesaikan masterplan monorel Bandung Raya, Cina memberikan hibah masterplan senilai Rp 50 miliar, & berharap masterplan tsb bisa selesai sebelum acara launching monorel pada Agustus 2014.

    Bakorkamla Terima Hibah Sensor Satelit dari Cina
    dlm hal keamanan & keselamatan laut, Bakorkamla telah melakukan pembicaraan terkait penggunaan teknologi terkini utk monitoring real time kondisi perairan Indonesia dlm hal pengembangan aplikasi penginderaan jauh satelit.
    hibah peralatan teknologi tinggi berbasis satelit yang diberikan Cina melalui Bakorkamla sejalan dng sistem peringatan dini keamanan & keselamatan di wilayah perairan & yuridiksi Indonesia.

    China juga pernah menawarkan hibah Jet tempur mereka, Mig21(ditolak secara halus).

    tot rudal C 705…??

  45.  

    Mudah2 bantuan yg ditawarkannya itu didasari oleh rasa persahabatan antara Jaktarta dan Beijing yg kembali erat sprt dimasa orla dulu.
    Tp jgn pakai bunga ya. Hehehe!
    Majulah Indonesiaku!

  46.  

    gak usah !

  47.  

    Datang angin timur..kau pergi ke timur. Datang angin barat,engkau pergi ke barat..?

  48.  

    @bung alloy, kita tdk boleh terlena dengan iming2 hibah : 1. China beri rp50m tapi dia ( Chongqing-china) minta dan dapat rp25t dari kontrak monorel tsb. 2. Dia kasih sensor satelit di babel…masa iya Mata/telinganya ada disana tdk dimanfaatkan oleh China, mudah2 kita jeli terhadap spionase data2 yg terinstall. 3. Hibah 1000 solar panel….berapa sih nilainya? paling untuk pancingan cari muka saja 4. hibah mig 21 jadul? biaya refurbishmentnya sj lebih baik beli sukhoi baru dst…dst. – intinya, cukup sudah negeri kita tangannya dibawah….malu! Salam hangat

    •  

      iya bung raymond…
      ane cuma mo bilang klo sebenar’a kita saling membutuhkan (bukan hanya kita z yg butuh) maka’a Cina berusaha bersikap baik.

      klo solar panel & masterplan
      monorel ane melihat ini hanya bisnis z. & dlm bisnis, wajar klo sama” untung.

      soal satelit, ini hanya sebagai implementasi salah satu dari beberapa butir kerja sama Badan Koordinasi Keamanan Laut
      (Bakorkamla) dng China National Space Administration (CNSA).
      dlm hal keamanan & keselamatan laut.

      terkait mig, sikap kita dah tepat tuk menolak’a.
      Hibah F-16 z dah jadi kontroversi karena penolakan dari berbagai kalangan termasuk DPR.
      lagian kita sebenar’a ga butuh” bingit khan.
      ane setuju tangan di atas lebih baik.
      salam hangat jg bung.

  49.  

    Kebijakn,ketelitian n ksabaran. . . . .kunci kemakmuran n kesejahteraan Indonesia. . . . . . .Merdeka. . . .

  50.  

    Kerja kerja…malah OL

  51.  

    mungkin dana itu buat pembangunan pelabuhan2 pembangunan infrastruktur.

    •  

      Saya sependapat dengan anda bung@perantau, kita kan belum mengetahui secara detail hal yg disampaikan oleh pemerintah China, tp saya percaya kemungkinan besar bantuan sebesar itu tidak akan berupa cash flow, melainkan dalam bentuk investasi bisa berupa pembangunan pelabuhan dan infrastruktur, kredit jaminan pembelian kapal2 Niaga dan Nelayan ( untuk yg ini mudah2an kita mengutamakan galangan nasional atau joint production), jika ini terealisasi saya kira justru kita yg akan sangat di untungkan. Mungkin ada yg akan menambahkan…..

  52.  

    Haduh…..ngeri nih….indonesia jgn gegabah ingat sejarah….jgn korbankan lg org2 tak bersalah….jgn lg ada poros2an….tetap netral..dan jgn dilupa anggaran perang USA terbesar sedunia….keep calm..

  53.  

    Hubungan ama china indonesia akan slalu rugi….. klu omongan china ngak bisa dipegang. Bangsa indonesia telah membayar social cost yg tinggi selama berhubungan dengan china.

  54.  

    Bantuan china 40 milyar usd tapi maharnya perairan natuna yang nilainya eknomis triliyun dollar, ne sama kayak anak kecil di kasi pisang tapi lontin biar si anak direnggut china,,,, tipuan kasar tolak aja.

  55.  

    ngomong opo.. to le… le… ngocok dulu sana…

 Leave a Reply