JakartaGreater.com - Forum Militer
Jul 082016
 

China memperingatkan Amerika Serikat untuk menghargai dan tidak mengusik kedaulatan Beijing menjelang pengumuman keputusan pengadilan arbitrase mengenai klaim Laut China Selatan.

Berbicara melalui sambungan telepon pada Rabu (6/7), Menteri Luar Negeri China, Wang Yi, mengatakan kepada Menteri Luar Negeri AS, John Kerry, agar Washington berjanji untuk tak berpihak dalam sengketa ini.

“China berharap AS berbicara dan bertindak dengan hati-hati dan tidak melakukan sesuatu yang dapat membahayakan kedaulatan dan kepentingan keamanan China,” demikian bunyi pernyataan resmi Wang seperti dikutip Reuters.

Situasi di Laut China Selatan kian tegang menjelang keputusan pengadilan arbitrase yang diperkirakan diumumkan pada 12 Juli mendatang.

Sengketa teritorial ini diajukan oleh Filipina ke Pengadilan Arbitrase Permanen yang berbasis di Den Haag, Belanda, untuk menantang klaim China, yang mencapai hampir 90 persen perairan Laut China Selatan, salah satu jalur pelayaran tersibuk dunia dengan nilai perdagangan mencapai US$5 triliun per tahun.

Klaim China ditandai dengan sembilan garis putus-putus, atau nine-dashed line, meliputi ratusan pulau, terumbu karang dan wilayah perairan yang tumpang-tindih dengan Filipina, Taiwan, Malaysia, Brunei, Vietnam, dan Indonesia di Natuna.

China geram atas tuntutan hukum yang diajukan Filipina. Kemlu China menegaskan, pengadilan tidak memiliki yurisdiksi yang relevan dalam sengketa Laut China Selatan.

Dalam perbincangan dengan Kerry, Wang kembali menegaskan sikap China ini dan berkata, “Sandiwara pengadilan arbitrase ini harus diakhiri.”

Apapun keputusan pengadilan itu, kata Wang, China akan tetap menjaga kedaulatan wilayahnya, hak maritim, perdamaian, dan stabilitas di Laut China Selatan.

Di tengah kemelut sengketa ini, AS campur tangan dengan mengirimkan kapal perangnya ke wilayah Laut China Selatan atas dasar kebebasan berlayar di perairan internasional. Selain itu, AS dan Filipina juga mengadakan patroli bersama di Laut China Selatan.

Wang pun kembali menegaskan kepada Kerry bahwa kedua negara seharusnya lebih fokus pada kerja sama yang sudah terjalin dan berupaya mengelola perbedaan mereka dengan baik.

Kemlu AS juga mengonfirmasi bahwa Kerry memang sempat berbicara dengan Wang.

“Keduanya mendiskusikan isu-isu terkait kepentingan bersama. Kami tidak akan menjabarkan secara rinci isi pembicaraan diplomasi privat ini,” kata juru bicara Kemlu AS, Gabrielle Price.

Bagikan:

  32 Responses to “Tiongkok tegur AS agar tak ikut campur urusan putusan Arbitrase”

  1.  

    China makin error

    •  

      Bener banget bung Adrian….

      Berpikir dgn ditopang kekuatan dan ekonomi terkuat didunia, China bisa berbuat apa saja di dunia…. pola pikir elitis tapi kampungan !!… 😀

      Mustinya China belajar dari era runtuhnya Uni Sovjet, Jerman era Hitler dan Jepang era Hirohito……. yg serakah, rakus dan jumawa bakal tergusur oleh masa…

      •  

        para adidaya serakah.
        Untuk menghancurkan asu china hanya butuh menarik modal pinjaman di jamin asu hancur.
        Oleh karena itu asu mempunyai kartu truf dengan cara berperang adalah cara terbaik membayar hutang…..

        Duduk manis sambil makan kacang,tepuk tangan jika perang di mulai

    •  

      Ayo china jgn mau kalah dgn American loe punya nuke buat apa Klo Ga di ledakan
      Saya bisa jangkau Guam – pearl harbour bahkan aus bisa Kau jangkau
      Kami yg di sini Ga ikut ” yg penting natuna jgn Kau claim , senggol aja loe punya Kapal kami tembaki !!! Ingat itu ye.koh !!

      •  

        4 hari lagi…..
        RUSU selalu setia terhadap china..dan siap membantu ..untuk mewujudkan cita -cita china agar menjadi “CHINA RAYA”
        RUSU stroongggg,..
        hajar indonesia om putin…SDA nya banyak..bagi dua dengan china
        ha ha ha

    •  

      memang makin error aja ni china,, sebentar lagi ada gerakan boikot produk2 china ni kayaknya klo China g mau rubah pola pikir mereka.. ayooo hancurin China as..

    •  

      Bilang Lawan cina ???
      Brani gak Boikot produk Cina dan juga Impor
      Ancur sendiri bung , kita uda Tergantung ma china

  2.  

    Gagal dapat THR…..

    Minum kopi dulu campur sianida biarmata melek lihat bola…

  3.  

    Gagal dapat THR…..

    Minum kopi dulu campur sianida biar mata melek lihat bola…

  4.  

    hati2 china ini licik sekali…mulut nya asal njeplak

  5.  

    Jurus naga mabok

  6.  

    Souwen,, hajar aja..
    Aku jadi penonton.
    Ntar kalo dah lelah, gantian aku hajar kalian ber-2

  7.  

    sudah seharusnya PBB ..membuat peraturan bila mau perang semua negara MAX HANYA BOLEH MENGGUNAKAN SENJATA ,SENAPAN ANGIN 4,5 (MIMIS)…
    nah baru asikkkk,….,
    ha ha ha

  8.  

    Tradisional fishing Ground itu baru munculkan cina sekarang setelah bermasalah dengan TNI di laut natuna???, dulu cuma LCS.
    tradisonal fhising ground mana ada dikenal di dunia. Tradisonal fishing kok jauh amat dari induknya??? jangan kemakan ente sama berita propaganda china. karena dengan komen ente seperti itu sama saja mengakui tradisonal fishing ala cina kamprettttt.

  9.  

    HANCURKAN MAMARIKA, SIAP DUKUNG CINA JADI NEGARA ADIDAYA SELANJUT NYA GILIRAN INDONESIA MENJADI SUPER POWER ASIA.. JOIN CINES INDONESIA PASTI SEGERA TERWUJUD..

  10.  

    beda cina sama amrik. amrik lgs megeluarkan alat tempur nya. klw cina merengek kyk anak kecil. dpt lawan yg seimbang lgs kicoyy cina..

  11.  

    amrika harus cepat hajar cina….kalau tiidak dia akan terus ekspansi kemana2

  12.  

    asean bersatu,,batalkn smua kontrak,boikot smua produk nya,larang smua warganya untuk masuk asean,yg tdk mendukuk berarti ia antek suruh dia pindah ke cina,,jgn setahun atau sebulah sehari bangsa cina akan menderita,biar dia rasa dunia ini bukan untuk dia dan anak pinaknya aja,indonesia tanpa cina akan bebas ketergantungan,tanpa produk cina smua akan lbih baik,,

  13.  

    Mbah ko ga mati2 si Mbah.

  14.  

    klw jepang yg turun urusan beres. cmn jepang yg bs menyaingi cina. baik dr perekonomian dan lainnya. tp sayangnya militer jepang yang dl bukan jepang yg skrg..

  15.  

    perang nuklir nih

  16.  

    Sama pengadilan INT. aja cinak masih tetep kukuh kalo LCS itu itu wilayahnya…

    Mending amerika dan cinak perang aja, biar sama2 hancur.!!!!

  17.  

    Uraian Luar biasa yg bedasar pd fact n conspiracy yang ada…. bung * Tomat * comment anda terbaik
    * Great Garuda * benar bung …terus semangati pemuda kita
    Salam NKRI

 Leave a Reply