Aug 122014
 
KAPAL kelas KD Perdana yang menjangkau 42 tahun perlu diganti untuk menjaga Esscom

KAPAL kelas KD Perdana yang menjangkau 42 tahun perlu diganti untuk menjaga Esscom (photo utusan.com.my)

Kuala Lumpur – Tentera Laut Diraja Malaysia (TLDM) memerlukan dua skuadron kapal serang laju baru bagi menggantikan kapal kelas KD Perdana dan KD Handalan untuk menjaga Kawasan Keselamatan Khas Pantai Timur Sabah (Esscom).

Panglima TLDM, Laksamana Tan Sri Abdul Aziz Jaafar berkata, faktor usia kelas KD Perdana yang menjangkau 42 tahun dan kelas KD Handalan yang berusia 35 tahun tidak memungkinkan untuk aset tersebut memberi khidmat secara optimum.

Menurutnya, TLDM memerlukan kapal serang laju moden yang bersaiz sederhana yaitu antara 60 hingga 80 meter kerana kapal jenis tersebut lebih sesuai untuk gerak di perairan timur Sabah, selain turut disokong dengan bot tempur yang ada.

“Kita memerlukan delapan buah atau dua skuadron kapal serang laju moden yang berukuran sederhana tetapi memiliki kuasa pecutan dan tembakan yang mantap. Saiz sederhana penting bagi menjamin kapal dapat bertahan dalam keadaan laut bergelora.

KAPAL kelas KD Handalan yang berusia 35 tahun tidak mungkin memberi perkhidmatan secara optimum.

“Kita faham soal kekangan bajet untuk bidang pertahanan tetapi kos untuk mendapatkan kapal serang laju ini lebih murah dan berbaloi kerana kapal ini memiliki keupayaan tempur permukaan digeruni,” katanya kepada Utusan Malaysia di sini hari ini.

KD Perdana serta KD Handalan merupakan kapal perang yang dibina berasaskan kerangka La Combattante II dan dilengkapi dengan meriam utama dan sekunder daripada jenis Bofors, selain turut membawa bersama-samanya peluru berpandu antikapal Exocet MM38.

KAPAL kelas KD Handalan yang berusia 35 tahun tidak mungkin memberi perkhidmatan secara optimum

KAPAL kelas KD Handalan yang berusia 35 tahun tidak mungkin memberi perkhidmatan secara optimum

Namun, disebabkan TLDM menamatkan penggunaan peluru berpandu Exocet MM38, dipercayai kesemua lapan kapal kelas KD Perdana dan KD Handalan kini hanya dilengkapi dengan meriam utama dan sekunder sahaja.

Sementara itu, ditanya tentang jumlah bot tempur milik TLDM, khususnya CB90 yang ditempatkan di Esscom, Abdul Aziz enggan mendedahkan, sebaliknya beliau berkata, jumlah yang dimiliki pasukan tersebut memadai dan boleh digerakkan sepanjang masa.

“Perairan timur Sabah tidak begitu sesuai untuk kapal-kapal bersaiz korvet dan friget terutamanya jika operasi melibatkan kumpulan bersenjata dari selatan Filipina kerana aset paling baik ialah bot tempur tetapi jumlah yang ada di sana memadai,” katanya. (utusan.com.my)

  78 Responses to “TLDM Butuhkan Kapal Serang Modern”

  1. Weh ini yo?

  2. Weh ino yo?

  3. Hmmmm….

  4. No comment

  5. malon mulai ketar ketir sama bangsa moro

  6. pertamina

  7. hihihi kayak baca di artikel sebelah πŸ˜†

  8. lucu baca bahasa melayu campur inggris yang dimelayukan hehee

    • Tinggal pesen PT. Pal wani piro..:)

      • pesen pt PAL? malu-malu mau bung πŸ™‚

        genknya shah paskal aja sampe sekarang gak mau percaya kalo PN (Philippine Navy) pesen 2 kapal SSV, malah ada yang nyangka itu bagian dari hibah Jepang lewat Indonesia wkwkwkwkwk

        • ga berpijak pada realita y bung MJ jelas 2 yg di kapal yg di pesan namanya Makassar class emang ada y daerah di Jepang namanya Makassar..:) lagi pula yg namanya hibah ga ada yg bikin baru sesuai spek keinginan user..;)

        • Shahpaskal sepertinya antek umno, klu buat tulisan selalu tni direndahkan, sepertinya ngga rela klu tni ada kemajuan

    • Bangga menjadi anak asli Riau. Bahasa Melayu Riau menjadi bahasa rasmi Malaysia dan Brunei.
      Sementara bahasa Indonesia adalah Bahasa Melayu Riau yang diperkosa menjadi bahasa gaul Jawa Belanda.

      • “rasmi” ? wah penyusup sonora nih

      • jangan rasis lah.

      • yg ada bahasa riau diperkosa sama bule2 english jadi bahasa campur gak jelas,,bahasa indonesia adalah hasil asimilasi asli perdagangan nusantara.

      • bahasa Melayu pasaran..atau umum.. itu bahasa irisan2…maka penggunanya banyak shg orang tdk berkeberatan menjadi bahasa Nasional Indonesia…bukan melayu Riau yah tapi melayu pasar yg dibahasakan dibbg pelabuhan Nusantara…dari Aceh sampai Makassar…makanya kosa katanya kaya dgn berbagai istilah lokal tapi mash dapat ditangkap oleh pengguna yang lain…Tolong dimengerti lebih luas…krn di makassar jg bahasa melayu sdh ada semenjak jaman niaganya Gowa Tallo…gw tahu krn Nenek buyut gw orang Melayu…he5x…

      • ada banyak teman saya dr malaysia yg kerja di kerajaan (PNS) dia mengakui kalo bhs indonesia lebih bagus dr bahasa melayu.
        dia pernah juga cerita kalo di malaysia sempat resmi memakai bahasa melayu yg dibakukan (mirip bhs indonesia) walau skrg sdh tidak lg.
        bhs melayu singapura pun lebih condong bhs indonesia drpd bhs melayu malaysia.

        dan paling penting, kurang hebat apa bhs indonesia ini yg bisa menyatukan sabang sampai merauke yg punya ribuan bhs daerah? ^__^

      • Saiz : ukuran, bot : kapal, bajet : anggaran, kos : biaya.
        Yang memperkosa bahasa melayu itu siapa? Indonesia bahkan memiliki standar ejaan untuk menjaga bahasa.

      • Nah bingungkan budak @ riaudaratan..? jawab dong sanggahan warjager ,nggak pake ” tak nak jer ker nyeerrr.arrgghh….” yaa..?

  9. Kepincut sama KCR 60 kelas sampari dan nakhoda ragam class malkanya mau cepat ganti kapal

  10. β€œKita faham soal kekangan bajet untuk bidang pertahanan tetapi kos untuk mendapatkan kapal serang laju ini lebih murah dan berbaloi kerana kapal ini memiliki keupayaan tempur permukaan digeruni,” katanya kepada Utusan Malaysia di sini hari ini.

    Terjemahan bebas:

    maksud hati menggapai bulan.namun apa daya tangan tak sampai πŸ˜€

    maaf kalo salah mohon koreksi..

  11. absen sik

  12. malay oh malay

  13. Pak Cik beli aja KCR 60 ke kami,,TNI AL aja dah pesen 12,,silakan kalu mau pesen asal mau antrii,,,

  14. Bangsa malaysia gak usah jadi perbandingan untuk kita.. malah mundur kebelakang.. terbukti forum mereka mulai sepi..

    • betul betul betul

      • Waduh bukan membandingkan bung,itu bukti Alutsista mereka tertinggal jauh d belakang TNI.Yah gmn enggak lha wong brani’a keroyokan andai melawan NKRI,jdi mungkin mreka msih gak trlalu mikirin.andai ada gesekan dgn NKRI toh mreka tinggal panggil Inggris,Slndia Bru,Singapr n Austrlala.biasa klw anak bawang pasukan Preman slalu ngandelin gengnya πŸ˜€

  15. Hihihi lucu sekarang jadi kebalik gantian si malay yg jadi bahan candaan di mari , makanya jadi bangsa jangan sok jaguh ada yg lebih jaguh rupanya dari anda saat ini yaitu TNI dan segenap Rakyat Indonesia

    • Betul bung, dan itu bukan karena kita arogan, toh kita gak pernah ngeledek bangsa lain seperti Philippine atau Kamboja, hanya balasan atas apa yang pernah mereka lontarkan…

    • Ngunduh wohing pakarti,siapa yang menanam pasti akan menuai….

      • slma ini mrk trll smbg..pdhl ALLOH SWT tdk prnh tdr..& mlaikat sll mnctat ap yg mrk prbuat..kini sang OKB colapse n mw jtuh mskin…ksombongn akn trgerus..
        smga malay trsdar akn sgla ksombongan & angkara murka yg tlah mrk tbar..srta sgra brtobat
        (mf klo brlebihn)

    • hehehe

    • Betul itu Bung,rasa benci sya smpe mendarah daging klw dengar Negara Malay.mkanya tiap x TimNas melawan Malay sya slalu emosi,pengen bgt liat kaki pemain mreka sengkleh tpi klw TimNas main kasar melawan mreka kapan TimNas mau berkembang permainan’a πŸ˜€

  16. Ada yg lgi galau ni ye.. .
    wkwkwk

  17. Dari dulu memang ni malay kaya ibu ibu di komplek. Selalu curiga, iri, dengki senang lihat orang susah dan susah lihat orang senang.

  18. Kekuatan militer NKRI didisain bukan untuk mengahadapi malingsia,,tentu terlau rendah & jauh dr kebutuhan real jika acuannya si Malingsia…yg bener bhw kemampuan NKRI didesain untuk menghadapi keroyokan 2 Sonora, 1 sonomi dan 1 sonotan,,,keempatnya kita simpulkan tdk pernah ikhlas & baik2 bertetangga dg Indonesai..mereka paranoid jika NKRI meningkatkan kemampuan militernya meski sejatinya NKRI berkepentingan menjaga kedaulatannya yg jg sering mereka ganggu..plus ada special force yg didesain utk menghadapi keroyokan dari mama Elly krn keempat sonotan adalah anak asuh mama Elly

    • betul Bung Itto@..tidak level kalau percepatan kekuatan TNI untuk comparasi dengan Sonora..Luas NKRI seluas “EROPA” masak Alutsita nya perbandingannya dengan dengan Upil atau sonora….setidaknya setengah atau sama dengan kekuatan gabungan dari beberapa negara eropa… untuk menjaga keutuhan NKRI yang luas ini.

  19. Para jgkr semua. U info, bandara ranai sudah di ttd mou penggunaan bersama antara koopsau 1, dirjen perhubungan udara kemenhub, gubernur kepri dan bupati natuna. Mudah2 bisa membawa manfaat bagi pertumbuhan ekonomi dan kesiapan hankam negara.

  20. Saya Rasa Persenjataan yang di beli untuk TNI tidak harus semuanya dipublikasikan, harus ada senjata Pamungkas yang hanya diri sendiri yang tau

  21. siapa yg menanam akan menuainyah.

  22. sampai kapan negara tetangga sebelah utara tsb terbuai dgn “ngelindur” mereka…!
    wake up call guys….menjaga keamanan dan pertahanan tidak hanya bermodalkan “pentungan cetar membahana”
    tetapi juga cara berfikir…pandang…sikap serta attitude thd para tetangga……bersikaplah secara bijak
    thd kawasan…tanamkan toleransi serta saling menghormati…niscaya bukan badai yg di dapatkan namun rasa percaya dan ketentraman yg akan terhidangkan….!

  23. Sekitar agustus 2011 lalu saya pernah ngobrol dengan seorang mantan anggota gerup gerak khas ( komando malaysia) di sebuah hotel di melaka, katanya beliau pernah ikut latihan di negara kita tepatnya di batu jajar. Saya bertanya pada beliau bagaimana rasanya latihan dengan TNI , apa jawabnya ? Jawaban beliau begini : KITA BELUM PERNAH MATI TAPI PERNAH MASUK NERAKA. Jadi jangan sekali kali kita memandang rendah TNI kita !

    • Hehehe….dan menurut saya masih sangat banyak WNI yg rela antri untuk bisa masuk “NERAKA” versi TNI demi menjaga NKRI. Entah…. bagaimana dgn antusias warga negara Malaysia untuk bergabung dengan TDM.

      Satu lagi, saya penasaran dengan kemampuan dan skil pasukan2 khas Malaysia bila dibandingkan dengan pasukan2 khusus kita (AD, AL, AU).

      Mohon pencerahan dari rekan2 dan para sesepuh, terutama bung@yayan, yang lama bermukim di KL

      Salam hormat & terima kasih

  24. Sudah kita nggak usah sombong, banyak sistem persenjataan kita yang sudah uzur, perlu regenerasi.

  25. Bung, kalau boleh tau saat ini Kapal Perang andalan TLDM apa ya? Dan bagaimana dengan perbandingan Kapal Perang andalan TNI AL saat ini? Mohon pencerahan nya. Trims

  26. justru kalo bahasa melayu riau kebanyakan berlogat o bukan e. riau ibarat indonesia mini ,segala suku ada disini ., melayu minang jawa batak bugis banjar hokkien. jadi apa pemersatu suku suku bangsa ini , ya Bahasa Indonesia , bukan bahasa melayu

  27. Anggara pertahanan 2 persen aja akan menjadikan Indonesia memiliki anggaran yang terbesar di kawasan …200 trilyun lebih….hampir 18 milyar dolar setahun…bayangkan apa saja yang bisa di beli dengan sebanyak itu…

  28. Bukan nya bahasa Indonesia berasal dari bahasa Melayu ya ?

  29. Affirmative 😈

  30. Sudahlah jangan rasis ,yg jelas malaysia sudah mulai bangkrut

  31. sebulan terakhir ini suara-suara supaya Sabah dan Sarawak melepaskan diri dari semenanjung mulai muncul lagi. Sepertinya secara hukum sangat mungkin, tinggal keberanian dan niat politik saja. Salah satu tujuannya adalah supaya bisa makmur seperti Brunei dan Singapur. Silahkan cek saja di media2x Malaysia yang agak bebas πŸ™‚ atau kali Bli Yayan bisa kasih infonya he he he

  32. malon malon, tiap baca tulisan bahasa negara lo, lidah gue jadi keseleo.

  33. bung riau daratan! kyaknya harus belajar sejarah lg, tlng luruskan! yg saya tau Raja Ali Haji yg usul ke bung karno (presiden pertama kita lah pasti), untuk menggunakan bahasa melayu sebagai dasarnya bahasa indonesia. hangtuah yg namanya harum d singapura, malaysia itu orang bintan indonesia, sebelum hangtuah sakti dia berguru silat k jawa timur ( lupa tptnya dimana, nama gurunya sapa) intinya bahasa melayu sdh di kenal di jawa sebelum negri ini d jajah belanda. sehrusnya awak bangga bung riau daratan.

  34. Malaysia mah, bagai adik kecil yg selalu meniru gaya kakak, namun perilakunya bengal dan jail, maklum merasa selalu menjadi anak kesayangan emak. Ane kira perairan (geografis) malaysia berbeda dg indonesia, karena wilayah semenanjung dengan bagian wilayah malaysia diutara kalimantan (serawak) terpisah dengan laut tiongkok yg sangat luas, barangkali TDLM perlu kapal angkut dan serang besar buat bolak-balik semenanjung – serawak …

 Leave a Reply