Aug 192014
 
Leopard 2A4 Indonesia

Leopard 2A4 Indonesia

“Ia tidak khawatir, pemerintah ke depan akan mengevaluasi atau bahkan membatalkan kontrak tersebut. Pasalnya, nota kerja sama yang sudah diteken kedua perwakilan tidak bisa dibatalkan begitu saja”


Jakarta – Kementerian Pertahanan (Kemenhan) telah membuat perjanjian dengan pabrikan Rheinmetall dalam membeli 124 unit MBT Leopard 2A4. Nilai proyek pengadaan MBT Leopard sebesar 280 juta dolar AS atau sekitar Rp 3,27 triliun.

Kepala Puskom Publik Kemenhan, Brigjen Sisriadi menyatakan, perjanjian kontrak sudah ditandatangani. Karena itu, ia tidak khawatir, pemerintah ke depan akan mengevaluasi atau bahkan membatalkan kontrak tersebut. Pasalnya, nota kerja sama yang sudah diteken kedua perwakilan tidak bisa dibatalkan begitu saja.

Brigjen Sisriadi menyatakan, sebanyak 124 unit MBT Leopard dan tank Marder datang secara bertahap. “Sebanyak dua unit MBT Leopard dan dua unit tank Marder telah diserahkan pada 22 Septmber 2013. Sebanyak 26 unit MBT 2A4 plus 26 unit tank Marder rencananya daang pada pekan pertama September mendatang,” katanya kepada Republika Online, kemarin.

Jadwal selanjutnya, ada 21 unit diserahkan pada Desember mendatang. Pada 2015, datang empat gelombang pengiriman, yakni 25 unit pada Maret, tiga unit pada Juni, 21 unit pada September, dan 21 unit pada Desember.

“Sisanya, 24 unit diserahkan Rheinmetall ke Kementerian Pertahahan pada April 2016, 14 unit pada Juni, dan pengiriman terakhir sebanyak 21 unit diserahkan November 2016,” kata mantan kepala Dinas Penerangan Angkatan Darat tersebut.

Sembari menunggu kedatangan MBT Leopard 2A4 dalam jumlah besar, ungkap Sisriadi, Kemenhan juga sedang membangun kapal pengangkut tank kelas berat. Saat ini, kata dia, baru satu kapal dari rencana tiga kapal pengangkut yang akan dibangun. “Pembangunannya di galangan di Bandar Lampung. Nanti kapal pengangkut bisa muat 10 tank Leopard,” ujarnya. (Republika.co.d).

  115 Responses to “TNI: 124 MBT Leopard akan Datang”

  1. Selamat pagi….!!!

  2. Kadua euy

  3. saya yakin sebagai bangsa yang penuh tatakrama kita tidak akan melukai perasaan tante merkel yang telah memperjuangkan akuisisi ini terhadap oposisi di negaranya…

    • Kalau saya akan lebih mementingkan perasaan user dan fansboy ketimbang pedagang yang orang asing. Saya harap tatakrama bangsa ini tidak hanya untuk orang asing.

      • sekali kita dinilai mbalelo seperti partai sapi, akuisisi alutsista lain akan lebih repot, petinggi negara pembuat akan berpikir, buat apa repot2 melawan oposisi DN kalau ujung2nya kontrak dibatalkan sepihak ?

        pedagang yang orang asing ?
        abg bilang “masalah buat lo?”

        pedagang ada karena ada pembeli yang butuh untuk perimbangan kekuatan, tetangga sekeliling udah pada punya MBT.
        lupa ada negara tengik tetangga jerman ?
        keberpihakan merkel kepada RI jangan hanya dinilai dalam duit/dagang…

        asing -lha kita gak bisa buat sendiri ?

        user dan fansboy berharap terus gak ada pedagang asing yang jual gimana ?

        • sepakat bung Danu.. selain etika dalam pergaulan internasional, disisi lain kita memang butuh kok. Usernya sudah lama teriak2 bahkan sejak jamannya pak Harto..

        • Argument saya sebenar nya sederhana bung danu,kalau pemerintah yg baru dapat menyisipkan tata krama didalam pertimbangan untuk membatalkan pembelian Leo, kenapa harus ke Merkel? Kenapa tidak mengedepankan tata krama pada pemerintah yang sebelum nya yang telah berjuang susah payah untuk mendapatkan Leo? Apa kita sudah lupa berapa lama kita menunggu Leo nya Belanda? Apa kita sudah lupa bagaimana ke-aroganan parlement Belanda dan menolak penjualan Leo nya?

          Sekali lagi, saya harap tata krama bukan hanya untuk orang asing.

          • analogi sederhananya gini deh bung Anak Deli,

            satu keluarga memiliki toko klontong, perbedaan pendapat dan pertengkaran tentang pengelolaan toko antara anggota keluarga wajar2 aja, yang penting hubungan baik dengan grosir / supplier tetap dipelihara dengan baik…

          • Kita ini Lupa apa, Leopard MBT dapatkannya susah , apalagi belum dijegal sama mamarika , yg notabene merkel menolak alasanya tidak ada keuntungan untuk menolak order dari indo sepanjang tidak melawan negaranya , perlu kita flash back merkel juga sakit hati setelah mamarika menyadap di wilayahnya, nah keuntungan Indonesia mengais untung dari politik ini , Jerman sudah battle proven untuk urusan tank dan KS , inilah yg diambil manfaatnya oleh petinggi indonesia karena kecanggihan tehnologinya , bahkan Jerman jg menawarkan TOT tersembunyi untuk perawatan dan suku cadang , Singaporn meradang karena jerman susah payah untuk indonesia dibukakan bengkel perawatan di sini , yang di singaporn ditutup . Anyways hubungan bilateral indo-jerman nyaris tidak pernah “terluka” semenjak periode RI-1 ampe sekarng , please check kisah awak hiu kencana mengoperasikan KS Jerman
            dan tidak semua kerjasama kedua negara diatas dibabar apalagi dsini ….. bisa kena UU rahasia negara , dan lagi sempat juga ane temuin mata-mata negera tetangga ikut mampir dsini untuk listen Warjag

            jadi diambil manfaatnya untuk membeli dahulu dan disertai Tot perawatan dll , bukankah SS dahulu jg kita belajar dari Belgia , yang akhirnya kita bisa produksi lini sendiri SS pindad ( TNI AD juaranya ASSAAM )

            Oh Iya , rekan2, bagaimana pembabaran artikel mengenai MTA 1 – MTA 2 , saya tadi malam sempat baca artikel mengenai Wilayah udara Indonesia di RIAU , cukupkah kekuatan kita untuk ambil alih?itu Sudah expired thn 2001 kl g salah perjanjiannya , mengapa juga para petinggi tidak segera ambil alih
            singaporn diuntungkan dengan kelengahan negeri ini yang masih bingung dengan korupsi

            silakan warjager mari dinaikkan di atas , karena jujur saya sebagai anak bangsa Malu kita di”kangkangi” oleh negara se upil

            mana Suaranya dephan , pembelian alutista sudah cukup kita untuk menakuti Singaporn

          • sabar bung..memang masih belum ada yang mikir sampai kesana bagaimana perjuangan untuk mendapatkan teknologi MBT ini..bukan dari segi fisiknya, tetapi teknologinya itulah yang sebenarnya kita incar, minimal TOT perawatan..
            nahh kabar yang luar biasa sebenarnya bahwa pihak Jerman mau membuka bengkel perawatan disini, apakah itu tidak sebuah keuntungan jangka panjang bagi kemajuan teknologi kavaleri di Indonesia??kalau dengerin koar2 politik soal amblas mah ga akan ada habisnya..sudahlah cukup koar2 para pedagang yang kalah tender itu,kalau barang dagangan ga laku ya pake cara licik dengan menjelek2an kualitas barang dagangan yang laris..

          • Nggak pa2 dibatalin kok, asal situ bayarin denda pembatalannya ya bung hehe. Apalagi klo termyata dendanya bisa setengah harga kontrak lbh manteb lagi kan. Jerman dapet duit denda, barang yang nggak jadi diambil dijual ke malaysia sama timor leste, kalo perlu dikasih harga discount lg.

        • jangan sebelum berkuasa teriak teriak “wong cilik wong cilik”namun setelah berkuasa langsung berubah jadi wong licik.ingak ingak ingak

          • njual satelit , terus first gentleman ikutan njual gas arus murah banget, tanker vlcc pertamina dijual alasannya ga butuh– konyolnya malah nyewa dgn harga mahal……………

          • Sabar bung bonex,walaupun sya sipil yg dlm hal ini mrasa tdak punya kpentingan dlm hal mbt,satelit,minyak,tanker,dll(maklum cuma tukang sapu).tapi sbagai warga negara jujur sya kcewa,tanya siapa warga negara RI yg gak kecewa.tapi walaupun bgitu smua itu tlah brlalu,suara kitapun gak akan terdengar saat itu,ambil hikmah’a saja,smoga tdk ada ksalahan fatal yg akan d perbuat pemerintahan mendatang.biarlah itu smua mnjadi pelajaran,karna gak mungkin pengendara terus melihat spion untuk melihat arah belakang,boleh sesekali aja tpi tetap harus fokus k depan,,CMIIW

  4. sambil menyeruput kopi sambil membaca JKGR….

  5. Yg penting absen dulu

  6. Affirmative 😈

    • Tumben dpt rank-6,biasanya coment d atas urutan 20,hehehe,,lanjutkan NKRI,buatlah rakyat anda bangga dan mrasa aman,buatlah negara tetangga tersenyum dan gentar.buatlah keadilan yg seadil-adilnya,smoga kelak bukan tchnologi alutsista yg kita kuasai scr mandiri,tpi juga SDA negri ini harus kita olah dan kuasai scr mandiri agar SDM d negri ini terinspirasi utk memajukan Indonesia seutuhnya. JAYALAH NEGERI Q INDONESIA .

  7. He he he…Baru sekali ne masuk 6 besar…

  8. mantab.!!! 10 besar..

  9. pagi semuanyaa… semoga para warjager senantiasa selalu diberi kesehatan, spesial buat para user dan para sesepuh warjager…
    srupuuutt.. teh hangat atau kopi ngbul.. 🙂

    rasanya keterlaluan jika sampai membatalkan sebagian kontrak yg sudah menjadi nota kesepakatan..
    sangat tidak adil dan tentu saja menyinggung pemimpin suatu negara jika nota kesepahaman diputus sebelah pihak.. sama aja menghina

  10. Siapapun presidennya, kl mau lihat TNI disegani harusnya mendukung peremajaan alutsista

  11. 150 MBT Leopard…60 di seluruh Jawa Sisanya di Kupang cukup 15 Kalimantan 40 sisanya di sebar di pulau sumatra.Untuk di Irian jaya cukup dg 30 Scorpion yang lincah dan gesit. Maaf saya lebih suka menyebut dan menggunakan kata IRIAN JAYA dr pada PAPUA, karna PAPUA memiliki arti BUDAK. Karna tidak elok menyebut pulau budak,

    • Mas Laba Laba itu suatu pemikiran yg sangat bagus,mudah2han ter realisasi…he he

    • stuju dgn ide pnempatan leo ny & sgt2 stuju dgn pmikiran mnyebut PAPUA dgn IRIAN JAYA..knp koq mlh skrg disebut papua??pdhl IRIAN JAYA adl nama yg di berikan oleh presiden SOEKARNO yg berarti IRIAN= Ini Republik Indonesia Anti Netherland + Jaya
      & mrebutny dr tgn londo bkn prkara mudh..mlalui prjuangn pnjg oprasi TRsalut bwt pmkirn bung Laba laba

    • tuju dgn ide pnempatan leo ny & sgt2 stuju dgn pmikiran mnyebut PAPUA dgn IRIAN JAYA..knp koq mlh skrg disebut papua??pdhl IRIAN JAYA adl nama yg di berikan oleh presiden SOEKARNO yg berarti IRIAN= Ini Republik Indonesia Anti Netherland + Jaya
      & mrebutny dr tgn londo bkn prkara mudh..mlalui prjuangn pnjg oprasi TRIKORA

      salut bwt pmkirn bung Laba laba

      • @Garudadidadaku..saya luruskan lagi. Pada masa pemerintahan kolonial Hindia-Belanda, papua dikenal sebagai Nugini Belanda (Nederlands Nieuw-Guinea atau Dutch New Guinea). Setelah bergabung dengan Negara Kesatuan Republik Indonesia, oleh Presiden Soekarno namanya diganti menjadi Provinsi Irian Barat sejak tahun 1969 hingga 1973. Kemudia namanya diganti menjadi Irian Jaya oleh Presiden Soeharto pada saat meresmikan tambang tembaga dan emas Freeport

        • siip..mksh bwt pncrahanny bung Sempak… 😀
          btw..kalo arti dr IRIAN ny ndak slh kn?..sy prnh dgr lgsg dr veteran prang TRIKORA ny

        • nambahin sedikit mas Sempak..waktu Alm.Gus Dur jadi Presiden mempunyai cara utk mengambilh Hati masy.Irian yaitu menghormati Lembaga adat Papua..singkat cerita atas usulan masy. keluarlah nama Papua sebagai pengganti nama Irian. dan diperbolehkannya mengibarkan Bendera bintang kejora sebagai bendera Adat [ Lambang adat ] dan harus didampingi Bendera Merah Putih sebagai Lambang Negara..jadi nama Papua adalah usulan dari rakyat Papua sendiri..maaf ya kalau salah…

    • Siip bung,Irian Jaya…ada nilai historisnya bung…salam kenal bung…!!

    • ijin nyumbang koment Nama IRIAN
      “IRIAN” yang oleh kelompok separatis diplesetkan menjadi “Ikut Republik Indonesia Anti Nederland”,
      . “IRIAN” adalah nama yang diusulkan oleh seorang pejuang Papua, Frans Kaisiepo, yang berarti “Sinar yang menghalau kabut”, diambil dari bahasa salah satu suku di Irian.

      Di Irian, terdapat 244 suku dengan 93 bahasa lokal. Kata “PAPUA” yang menggantikan “IRIAN” malah justru mempunyai konotasi yang buruk, karena berarti “Daerah hitam tempat perbudakan”. Ironisnya, versi kaum separatis, nama itu lebih disukai karena dianggap memberikan semangat kepada perjuangan kemerdekaan mereka.

      Pak Karno yang mengganti nama papua menjadi Irian Barat dan pak harto menggantinya dengan nama Irian jaya,

      • Sebagian diupgrade menjadi Leo RI 1 berbasis teknologi 2A6 oleh Rheimental,,

        sekalian menjelaskan pertanyaan bung diego
        Kostrad, juga akan dimekarkan dalam kuantitas dan kualitas yang signifikan. Organisasi eksisting memang akan dimekarkan minimum 4 divisi dan 3 brigade komposit mandiri.
        Satuan Raiders akan jadi “vanguard” atau ujung tombak satuan pemukul, dengan multikualifikasi.
        juga peningkatan satuan lapis baja berat, artileri medan gerak sendiri (dan sebagian masih dirahasiakan komposisisnya)
        .
        Combatant force untuk kotama Kodam “tier 1” (daerah perbatasan) lazimnya akan terdiri dari 2 yonif raiders, 4-5 yonif kostrad, 3 yonif reguler, 1 yonkavser, 2-3 yon armed, 1 yon arhanudri/se, 1 detasemen markas

        Karena dalam konsep Kogabwilhan Kodam beserta satuan organik didalamnya bertanggungjawab untuk melakukan containment terhadap OPFOR (opposing force). Diharapkan kekuatam opfor bisa dihajar habis oleh satpur kodam ybs.
        Tetapi kalau tetjadi eskalasi dalam level diluar kemampuan Kodam tersebut maka satuan QRF/RRF (pprc) akan siap on call membantu kodam tsb.
        Opfor tidak boleh mendapatkan titik pijak di wilayah NKRI..dimana dia landing akan dihajar habis2an

        Mungkin gambaran diatas bisa menerangkan,,penggunaan dari kendaraan kendaran lapis baja yang akan diakuisi oleh TNI AD
        Imho

      • bung sebenarnya jumlah leo nya berapa sih bung, dulu dibilang 103 (40 A4 dan sisanya Revo) ditambah utility dan recovery 10 unit, nah skarang britanya 124…… kalo bener 124 komposisi A4 dan revonya jd brapa bung…..?? yang A4 apa gak sekalian di upgrade jadi Revo ya bung…tanggung amat sih kalo menurut saya….atau mungkin upgrade nya di mari oleh PT Pindad?

        • Memang didokumen tertera kita mendapatkan 153 MBT/IFV terdiri dari 61 MBT Leopard RI ,42 unit Leopard 2A4 dan 50 marder
          mungkin saja ada tambahan 11 unit untuk tank recovery atau tank yang buat kanibal untuk bisa dipelajari oleh pindad,,(bonus)
          Kabarnya yang datang dua unit kemarin saja nantinya untuk bahan latihan,pendidikan dan dipelajari oleh pindad,,
          jadi bisa saja 124 itu termasuk untuk Tank tank keperluan diatas

          Semuanya nanti akan di upgrade ,,tetapi di Pindad lebih hemat dan sambil nunggu kucuran dana untuk upgrade
          Harga Leo RI perbijinya Rp 16.4miliar (1,7 juta dolar) sedangkan untuk yang 2A4 harganya cuma Rp.6,7 miliar (700 ribu dolar).. perbedaannya tinggi sayang kan…
          dengan total 280 juta dolar yang dianggarkan oleh pemerintah,,,

          rencana kedepan penambahan marder 80 unit

          • ato jangan2 jumlahnya memang dibuat nggak jelas…biar nggak ada yg tau kekuatan MBT indonesia yg sesungguhnya……bisa aja kontrak 124 tapi karena datengnya bertahap….tau2 500…..(hehehehe….ngarep abis)

          • Makasih ya bung atas pencerahannya, Btw 80 marder sptnya msh sesuai dg. Info sblmnya

    • Bung@laba-laba, ane curiga dengan ente gan!
      jangan-jangan ente ini 527!

  12. Wah salah satu gada pertahanan kita yg perlu ditambah lg…

  13. Bung mirza dr jam brapa stanby di laptop ko bisa pertamax truss….

  14. Semakin tidak jelas mana yang benar.. pertama katanya jumlahnya 103 leopard 2a4 sekarang dibilang 124 mbt leopard 2a4. Tapi penjelasan mengenai kedatangannya malah berjumlah 178 leo.. ini yang salah wartawan e yg tulis apa yang ngomong yaaa?

    Bingung.com

    • Tambahin aja semua, itu aja masih plus lagi. Ngga mungkin buat perawatan se region kalo beli cuman 100 biji. Juga ngga mungkin mereka susah2 buat seri RI

  15. “leopard dalam penantian”….brangkat kerja sambil nyimak JKGR…..salam kenal buat para sepuh dan warjager..

  16. Kmungkinan dibatalin kayaknya kecil skali, karena ini menyangkut kepercayaan, dan sebagai bangsa yang besar pantang bagi Indonesia membatalkan secara sepihak perjanjian yg sdh dibuat. namanya sdh deal kontrak mau tdk mau ya harus jln terus, klopun nnti presiden menganggap mbt leo tdk cocok y wis gak usah beli lagi, bikin aja tank medium sebanyak banyaknya.

  17. Jikanya TNI mmesan tank ini 500 bh lagi… Kan dana anggaran TNI byk juga… Sisipkan 13 triliun… Biar hapok jer urang banjar

  18. Masa mau jadi pusat perawatan leo 2 kok punya leo lebih sedikit dari red dot. Bila perlu kita punya 2x lipat dari jiran (400 ?)

  19. Tambah lagi (krn waktu kontrak sampai datang perlu beberapa tahun) Si Macan Leo sambil menunggu jalan di perbatasan kalimantan yg akan dibangun TNI jadi. Untuk di Jawa cukup Yg di Pasuruhan dan di Jakarta saja. Tiap2 pulau besar, walau hanya 2 batalion tetap harus ada. ngarep.com

    • Sesuai dengan rencana induk Kereta Api Nasional, di Sumatera, Kalimantan, Sulawesi dan Papua akan dibangun jaringan rel kereta api yang akan menghubungkan semua provinsi di pulau-pulau tersebut.

      Mengangkut MBT dengan kereta api lebih ekonomis dan cepat. Bobot MBT sekitar 60 ton masih jauh lebih ringan dibanding bobot lokomotif GE CC206 yang mencapai 90 ton. Tidak usah khawatir jaringan rel menjadi rusak karena dilewati angkutan MBT :).

      Di USA dan negara-negara Eropa, mobilisasi MBT memakai kereta api adalah hal biasa.

      https://www.youtube.com/watch?v=sVlteGzH004

  20. MBT leo …harus didatangkan! kemaren sempat bincang bincang sama dubes jerman ….dia tersenyum dan senang ketika saya singgung masalah MBT leo

  21. Saya yakin proyek nih jalan terus sesuai kontrak karena sebenarnya kemandirian lewat tot yang dikejar kedepannya pt pindad dah bisa bikin mainan yang kayak gini jadi giliran kita yang jual tank medium dengan daya hancur sekelas mbt semoga…

  22. Kalo bisa setiap batalion itu di seluruh Indonesia punya Anti tank dan portable anti serangan udara

  23. Mudah – Mudahan Presiden Sekarang 2014 – 2019 Tidak Over Acting atau Membuat Pernyataan Yg Belebihan Tentang Pengadaan Tank MBT Leopard….Tank Leopard adalah Tank Canggih untuk saat ini …..Dengan Indonesia Memiliki Tank Leopard Derajat Kewibawaan Indonesia meningkat….Anggap Aja Tank Leopard adalah Herder Angkatan Darat….Selanjutnya Herder Angkatan Udara yaitu Su-35 BM dan Su- T50 Pakfa….Herder Angkatan Laut Kapal perang siluman , Destroyer dan Kapal Selam….Mudah – mudahan Presiden Yg akan Mengggantikan Bpk. Sby . Berpikir Bijak dan Cerdas…Jangan Terpengaruh Oleh pembisik – pembisik yg akan melemahkan kekuatan Pertahanan Ri.

    • Ingat….Negara itu ibarat Tubuh Manusia…Untuk Menjaganya Badan Harus selalu sehat dan Kuat ….Agar Badan Selalu sehat terutama dari serangan Penyakit, maka badan haru diberi anti Biotik ….Negara Juga Sama…Agar Selalu Tampil Berwibawa dan Gahar Maka Pihak Musuh akan Berpikir 2 x untuk mengganggunya . Negara yg Namanya Indonesia diam – diam itu Banyak Musuh yg akan mengganggunya walaupun sekarang kelihatan tenang dan damai . Indonesia Banyak menyimpan sumber Daya Alam Yg melimpah , sehingga Banyak negara lain yg bikin ngiler dan ingin memecah belah ….Ingat Kasus Kemarin sama Autralia , Singapura dan Papua New Ginee….Masalah sepela saja kaya mau perang….Maka Dari itu Untuk mencegah hal – hal yg lebih Buruk Negara Harus punya Anti Biotik ..Diantaranya pengadaan Tank Leopard. Percuma Penduduk Indonesia Pada Kenyang semua , sejahtera Tetapi Pada Akhirnya mudah dipecah belah , dihancurkan oleh pihak musuh. Maka dalam Kontek ini Pertahanan Negara itu Sangat Mutlak Diutamakan atau di Nomor Satukan….Wasalam

      • Setuju bung….!!!

      • tolong bang….bilangin tuh si mamih dan wayangnya ….jangan suka ngusilin keadaan yang sudah bagus……mau buat MBT BANTENG atau MBT ESEMKA..silahkan tapi jangan menyabotase program yang sdh jalan…..

      • Maaf Bang Militan saya hanya mau nyumbang opini ..kemarin pernyataan Leo tidak cocok itu dikeluarkan Jokowi sebagai Calon Presiden bukan Jokowi sebagai Presiden…jika Capres dia hanya mendapat masukan dari orang sekelilingnya[ TS nya}..tapi jika sudah Presiden maka banyak pihak yg harus didengar dan di pertimbangkan sebelum Keputusan dan kebijakan di keluarkan..hrs mendengar DepHan,TNI AD,HLC,KKIP, Bapenas, dst..krn pertimbangannya bukan soal jalan ambles saja [ spt waktu msh jadi Capres } tp juga harus mempertimbangkan soal kontrak/kepercayaan asing, pertahanan negara, TOT, dst…jadi saya masih optimis tidak ada yg berubah terlebih kan memang MEF sudah di kuatkan dgn UU..IMHO

    • idem bung

  24. legoooo

  25. Di Pemerintahan Jokowi JK ada Tubagus Hasanudin yg dulu gigih menenntang pembelian alustista,,gak jebo dia maunya,,jendral politikus bisanya koar koar…sdh jelas masa pemerintah Megawati jg gitu2 aja, cuma jual murah asset negara..tp pd gak nyadar2 bhw masa bang Beye lah Indonesai bangkit,,trmsk dlm kekutatan militer..bukti jg dah berkali2 bhw RAKYAT INDONESIA tdk mau/tdk SUDI dipimpin MEGAwati,,skrng beliau mempimpin & menyalurkan lwt sang JOKOWI..bhw Mega tdk respect dg SBY semua dah tahu,,tdk ada kenegarawanan sbg pemimpin semua dah tahu,,jd tunggu saja Masterpiece bang Beye akan diobarak abrik..semkga saja krn kita & bnyk pihak dah ketuss duluan diawal..rencana obrak abri masterpiece bang Beye jd bataall..(pemimpin pendendan/irihati ada kecenderungan menyingkirkan hasil karya pemimpin lainya meskipun jelas2 lbh baik,,dia akan menanmpilakn karya nya biar disebut wahh hebatt,,padahal karyanya jauh dr kelayakan)

    • qt brdoa sm2 bang..smga kjdianny gsburuk yg qt byangkan.
      smw renstra pa2 BeYe gk diack2….klo smpe tu trjdi bnr2 SITI SUPRIHATIN sy…..alamat bkal blik kthn 2003 an
      duh…gusti

    • peace bung. bersama kita kawal pemerintahan selanjutnya. semoga pondasi yg sudah bagus 10 th yang lalu tidak dihancurkan. saat ini saya terbayang th 1995 pas negara kita canangkan era tinggal landas. jangan sampai enginenya di rontokin lagi dan akhirnya start dari awal lagi.

      salam NKRI

    • yah…begitulah sang mamih…..berharap disamakan dengan karisma bapaknya…..semua yang berkaitan dg aktifitas politiknya selalu di embel2i back ground gambar san putra fajar……memang kal g nebeng popularitas bapaknya ..siapa yang kenal dengan sang mamih…..g bisa sendiri ya nebeng,,,,,….sambil berharap…wayangnya bisa dimainkan…..sang mamih akan bermememorfosis menjadi SANG DURGA……RATU PASETRAN GANDA MAYIT……DISANA MEMANG LEBIH PAS UNTUK MENJADI RATU SEPERTI YANG DI IDAM2KANNYA….

  26. Gimana kalau TNI AD beli 50: A 64E apache block III jangan cuman 6 atau 8.

  27. membatalkan pembelian tank mbt leo??? kayanya susah deh soalnya dilihat dari rencana rheinmetall yang mau menjadikan indonesia sbg pusat perawatan utk tank MBT tsbut se asia pasifik akan mendatangkan pemasukan ekonomi buat negara dan apalagi nantinya pt pindad jg dapat belajar banyak untuk pembuatan tank mbt made in RI. cuman pendapat pribadi

  28. komodo gmn kabar perkembangannnya om?itu photo komodo bung jalo gahar bener

  29. absen dulu

  30. jika presiden yg akan datang melemahkan tni kita turukan aja jd tukang becak

  31. saya rasa, ini cuma pendapat pribadi lho ya. kl membatalkan kontrak sih kemungkinannya kecil… cm khawatirnya begitu sampe langsung dilego lagi sama pemegang kebijakan yang baru, dengan alasan tidak cocok dengan kontur alam indonesia, mengingat pembisiknya si TBH masih termasuk jadi pembisik militer utama dipartai kebo eh, banteng merah. hehehe… (mudah mudahan pendapat saya salah)…

  32. Tolak mbt dan hancurkan masa depan teruskan mbt untuk masa depan lebih baik karna teknologinya bisa kita prlajari

  33. Izin nyimak

  34. Morning guys…. kalau pun Jokowi yg jadi RI 1 lebih baik bang Rya yg jd penasehat militernya atau boleh juga diangkat jd menkopolhukam dr pada bang TB, bang Rya seorang prajurit sapta marga profesional yang tdk diragukan nasionalismenya terbukti tdk sekalipun dia mengkhianati sumpah prajurit terutama butir ke 5 dgn tdk mau ikut ribut2 dan mejeng di debat capres kemaren.

  35. Coba itung ah bener ga 124

    Sebanyak dua unit MBT Leopard dan dua unit tank Marder telah diserahkan pada 22 Septmber 2013. = 4
    Sebanyak 26 unit MBT 2A4 plus 26 unit tank Marder rencananya datang pada pekan pertama September mendatang = 26+26 = 54 tau 26 (13 Leopard + 13 Marder)
    Jadwal selanjutnya, ada 21 unit diserahkan pada Desember mendatang. = 21, tahun 2014 total 79 atau 51

    Pada 2015, datang empat gelombang pengiriman, yakni 25 unit pada Maret, tiga unit pada Juni, 21 unit pada September, dan 21 unit pada Desember.= 25 + 3 + 21 + 21 total 70

    “Sisanya, 24 unit diserahkan Rheinmetall ke Kementerian Pertahahan pada April 2016, 14 unit pada Juni, dan pengiriman terakhir sebanyak 21 unit diserahkan November 2016,” kata mantan kepala Dinas Penerangan Angkatan Darat tersebut.= 24 + 14 + 21 total 59

    Tahun 2014 total 79 atau 51
    Tahun 2015 total 70
    Tahun 2016 total 59
    Seluruhnya 208 atau 180

    Saya Salah itung deh kayaknya.. Masa seorang Brigjen salah itung.. ???

    • mmg harus sama gitu jumlah nya dgn publikasi..

      khan yg penting datang barang nya…
      jumlah akan menjadi under publication dan over in reality kalau jenis alutsista strategis jenisnya dibuka…

  36. *Serius Bertanya kepada Sepuh di sini*

    kok Leopard 2A4 Indonesia plus Marder semua yah yang di beritakan ?
    nah yang Leopard II Revolution nya gimana yah ?

  37. Izin nyimak sambil lihat si elang botak lewat atas rumah untuk membombardir AWR PULUNG !

  38. artikel LST nya dong…request,,,sudah sampai mana… 🙂

  39. Kontrak, kalau dah ttd, tak mungkin di batalkan, kecuali kita sanggup bayar dendanya. Biasanya dalam perjanjian, sudah ada clausul yang mengatur tentang kontrak batal.

  40. mau mbatalin leo?gile lu dron…

  41. CIEEEEEEEEEE…………….

  42. Siap ndan…lanjut.

  43. Sangat mencerahkan dan mencerdaskan. Bung Diego, mohon dijadikan artikel tersendiri supaya bisa dikupas dan dibahas lebih tuntass.

    Saya suka dengan bagian ini, “Seperti halnya pesawat Sukhoi kita, perbedaan tipe dan spesifikasi akan dikaburkan. Jadi jangan terlalu berharap adanya perbedaan yang mencolok dari bentuk anatomi atau bentuk fisik antara MBT Leopard RI, MBT Leopard 2A4, maupun MBT Leopard ReVolution II RI”.

    Spesifikasi dan jumlah pasti adalah “aurat”. Tidak baik jika diumbar.

  44. Ini sangat pantas dipost jadi artikel jkgr.

  45. “Karena bagi seorang prajurit, senjata adalah nyawa kedua dalam menjalankan tugasnya”.

    Ini yang harus sangat diperhatikan. Saya setuju sekali.

  46. Percuma ada TOT atau buka bengkel disini buat Mbt leo juga..
    Insinyur2 kita belum ahli..
    Bukti nya di indonesia banyak bengkel2 sepeda motor..
    Tpi smpe skrang kita masih blom bisa bikin motor sendiri..
    Onderdil nya pun masih beli dari negara asal nya

 Leave a Reply