JakartaGreater.com - Forum Militer
Feb 142015
 

image

Wakil Kepala Staf TNI Angkatan Darat (Wakasad) Letnan Jenderal TNI M. Munir resmi membuka Latihan Pembentukan Satuan Raider Yonif 752/Vira Yudha Sakti dan Yonif 753/Arga Vira Tama TA 2015 dalam upacara di Lapangan Pusdikpassus Batujajar Bandung, Kamis (12/2).

Dihadapan lebih dari 800 prajurit peserta latihan, Wakasad menyampaikan sambutan Kepala Staf TNI Angkatan Darat terkait perencanaan TNI AD di tahun 2015 dalam melaksanakan peningkatan kemampuan satuan TNI AD dengan mengadakan latihan Raider untuk 12 Batalyon Infanteri (Yonif). Rencananya, dari 12 Yonif tersebut, 9 Yonif akan dilatih oleh Kopassus, sementara 3 lainnya dilatih oleh Kostrad.

Kasad juga menyampaikan tujuan latihan Raider ini untuk meningkatkan profesionalisme prajurit Yonif menjadi prajurit yang memiliki kualifikasi Raider, yaitu prajurit yang memiliki kemampuan untuk bergerak di segala bentuk medan maupun cuaca dengan mengutamakan unsur pendadakan melalui operasi Raid. Adapun tiga kemampuan yang harus dikuasai oleh prajurit Raider meliputi kemampuan sebagai pasukan anti teror, kemampuan gerilya, dan kemampuan kontra gerilya untuk mengatasi pemberontakan atau gerakan separatis.

Untuk “teknik dan taktik militer khusus yang harus dikuasai oleh pasukan Raider antara lain keterampilan dan kemampuan operasi Raid, Mobilitas Udara (Mobud) dan teknik pertempuran jarak dekat. Dengan demikian pasukan Raider dituntut mampu bergerak secara cepat, rahasia dan senyap guna mendekati, merebut dan menghancurkan sasaran,” tegas Kasad.

Sementara, kepada para pelatih, Kasad meminta untuk mengutamakan faktor keamanan dan menghindari kecelakaan dengan memberikan target Zero Accident. Lama latihan direncanakan selama 3 bulan. (tniad.mil.id).

Berbagi

  21 Responses to “TNI AD Bentuk Dua Satuan Raider”

  1.  

    solar

    •  

      Perbandingan kekuatan TNI dan Israel

      1.Angkat Darat

      Pasukan darat memiliki peran penting dalam sebuah pertempuran. Tugas mereka adalah melakukan penguasaan terhadap suatu wilayah dari tangan musuh. Ini kekuatan tempur darat antara Indonesia dan Israel.

      Indonesia:
      Militer aktif: 476.000 personel; Cadangan: 400.000 personel.

      Tank: 374 unit;
      Ranpur: 1.172 unit;
      Self-propelled guns: 91 unit;
      Artileri: 94 unit;
      Peluncur roket: 84 unit.

      Israel:
      Militer aktif: 176.500 personel;Cadangan: 445.000 personel.

      Tank: 3.870 unit;
      Ranpur: 9.436 unit;
      Self-Propelled Guns: 706 unit;
      Artileri: 350 unit;
      Peluncur roket: 88 unit.

      2.Angkatan Udara

      Dalam kemiliteran penguasaan udara tidak bisa dipandang sebelah mata. Jika udara berhasil dikuasai, maka penguasaan suatu wilayah dapat lebih mudah dilaksanakan. Ini kekuatan udara antara Indonesia dan Israel.

      Indonesia:Jumlah pesawat: 381 unit.

      Pesawat tempur/pencegat: 85 unit; Pesawat angkut: 162 unit;
      Pesawat latih: 92 unit;
      Helikopter: 149 unit;
      Helikopter tempur: 5 unit.

      Israel Jumlah pesawat: 680 unit.

      Pesawat tempur: 486 unit;
      Pesawat angkut: 98 unit;
      Pesawat latih: 245 unit;
      Helikopter: 143 unit;
      Helikopter tempur: 48 unit.

      •  

        Bung AWS, hahahaahahaaa…

        Ya begitulah keadaanya. jangan dibandingkan dengan israel dong, terlalu jauh perbedaannya.

        bahkan jika kekuatan TNI AD saat ini, dibandingkan dengan kekuatan pejuang Donest pro Russia, saya menilai persenjataan para pejuang pro Russia itu masih lebih bagus dan lebih mematikan.

        lihat saja penggelaran pasukan di tingkat regu, TNI AD mayoritas dipersenjatai dengan beberapa senapan serbu, 1 atau 2 dari senapan itu dilengkapi pelontar granat dan paling mewah biasanya ada 1 yang pakai minimi.

        Bandingkan dengan para pejuang pro Russia yang dalam regu mereka selalu ada banyak AK yang dipasangi pelontar granat, mayoritas pasukan masih memanggul aneka RPG7 & RPG 18, senapan mesin regu dan senapan runduk.

      •  

        maksutya apa bung…! Secara tidak langsung anda ini mencemooh negara indonesia bung.

        •  

          Perang kemerdekaan saja Indonesia bisa menang hanya dengan mengandalkan nambu runcing, golok, pedang, dll….

        •  

          maksud anda mencemooh dri sisi mana ??….
          melakukan perbandingan kekuatan sudah bnyk kali dikemukakan lebih diforum2 militer, melihat kekurangan dan kelebihan bs menjadi bahan evaluasi baik mliter maupun dukungan dri sipil untuk membangun kekuatan agar lebih kuat.kata-kata miris.sedih,prihatin sbg desakan dan respon aga pihak terkait dlm hal ini pengambil keputusan pengadaan alutsista agar lebih memprioritaskan kekuatan alutisita dri segi kualitas dan kuantitas agar tdk tertinggal jaug dgn negara lain.trims…….

  2.  

    benzin

  3.  

    tambah terus kemampuan n kapasitas tni…masa depan cukup menantang bung!!! bravo tni

  4.  

    Smoga cepat terlaksana kogabwilhan. Terus perkuat otot” pagar depqn rumah.

  5.  

    Mantep strateginya, penambahan anggota kopasus bikin kawasan protes, tapi penambahan anggota raider tidak di protes, siapa yg tau anggota raider ini dilatih kopasus sampai mendekati kualifikasi pasus, beda baret doang tp kemampuan akan dibuat mendekati 11:12..cerdik Panglima 😀

  6.  

    Satuan Kamen Raider Hebat Suyoii suyoii!!!

  7.  

    Personil Raider tambah terus, tapi helikopternya masih kurang banyak.
    Apa Raider ini nanti di fungsikan sbg Infantry?

  8.  

    Raiders adalah termasuk pasukan brani mati ,,
    Berperang tanpa harus menungu komando, berperang tanpa mengingat waktu yg di tentukan
    Berperang hinga jiwa dan raga nya benar benar mati
    1 komando .. Lebih baik pulang nama dari pada gagal dalam medan tugas !

  9.  

    LANJUTKEN

  10.  

    Peningkatan qualifikasi tempur seorang prajurit reguler mendekati qualifikasi pasukan khusus memang menjadi tuntuntan dlm format kogabwilhan.

    Unit -unit tempur akan mampu flexible dalam perubahan taktik dan improvisasi gelar tempurnya dalam tiap medan yg berbeda beda.
    efektif – modern dengan postur 400rb Prajurit AD, merupakan kekuatan yg besar dikawasasan.

    Pakem personel yg dipersenjatai tetap jadi warna AD.

    Justru postur Marinir dan AL yg belum begitu besar dan ideal mesti jadi perhatian pimpinan TNI, karena negara ini memang negara kepulauan.

  11.  

    Ahh.. enggak juga.

    Australia loo masih baik-baik saja.

    Di daratan benua Australia banyak di pasang radar-radar dengan teknologi terbaik yang di miliki dan dikendalikan secara bersama antara Amerika, Inggris dan Australia.

    Di daratan Australia juga banyak dipasang detector ujicoba nuklir milik Amerika yang dikendalikan bersama antara Amerika dan Australia. Serangan militer ke daratan Australia bisa dianggap sebagai serangan militer kepada Amerika dan inggris.

    kalau cuma masalah kapal selam saja membuat galau rasanya juga tidak mungkin. teknologi kapal selam Australia ( collin Class) masih lebih unggul di bandingkan dengan kapal selam indonesia. kapal selam indonesia type 209/1300 dengan nomer seri 401 dan 402 adalah KS produk ekspor jerman yang kualitasnya jauh dibawah KS 209 NATO. dan KS yang masih akan di bangun Indonesia dengan bekerjasama dengan Korea Selatan (changbogo juga sebenarnya masih Type 209/1400. beda lagi kalau Indonesia mempunya 24 atau 32 KS changbogo 209/1400. indonesia kan cuma pesan 3 unit dan itupun belum jadi.

    Konflik dengan China pun, Australia pasti sudah mencegat China di LCS, Australia pasti bekerjasama dengan Malaysia, Singapura, Amerika, Inggris dengan menempatkan ribuan tentara dengan kekuatan militer penuh supaya menjadi pagar terluar benua Australia. Untuk menyerbu Daratan benua Australia secara langsung pun, China membutuhkan pangkalan Aju dan dengan melihat luasnya daratan benua Australia, China harus mempunyai tentara penyerbu dalam jumlah luar biasa dengan mobilitas angkut yang juga luar biasa.

    Australia masih tetap aman-aman saja kok. 🙂

  12.  

    anda ini comen apa mengigau bung. Jerman dan noto , maksudya anda itu apa…! Comen kok slalu mengkerdilkan bangsa sendiri bung-bung. Kalo ada yg komen di kaji dulu, cari pembanding kek atau apalah biar g” ngawur n slalu mengerdilkan bangsaya sendiri. Bangsa besar tidak di lihat dari SDA/SDM tapi di lihat dari ahlak ya.SALAM

  13.  

    bukannya pasukan raider ini asal mulanya pasukan pemburu rajawali

 Leave a Reply