May 202016
 

Prestasi membanggakan kembali ditorehkan oleh personel Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI AD) dalam ajang internasional. Kontingen TNI AD di ajang Australian Army of Skill Arms at Meeting (AASAM) 2016 berhasil menjadi Juara Umum dalam lomba tembak bergengsi antar Angkatan Darat dari 20 negara tersebut. Kegiatan yang diselenggarakan oleh Angkatan Darat Australia (Royal Australian Army) itu telah berlangsung selama 16 hari, sejak tanggal 3—19 Mei 2016, di Puckapunyal Military Range, Victoria, Australia.

Kepala Bidang Penerangan Umum (Kabidpenum) Puspen TNI Kolonel Czi Berlin G. S.Sos., M.M. di Mabes TNI Cilangkap, Jumat (20/05) mengatakan bahwa TNI AD keluar sebagai Juara Umum AASAM tahun 2016 setelah meraih 23 medali emas dari 50 medali emas di berbagai materi lomba tembak yang diperebutkan. Sebagai runner up adalah kontingen dari Angkatan Darat Tiongkok dengan perolehan 9 emas, disusul peringkat ketiga yaitu kontingen dari Angkatan Darat Jepang yang memperoleh 4 medali emas.

“AASAM 2016 diikuti oleh 20 negara maupun gabungan negara seperti Kontingen ANZAC (Autralia New Zealand Army Corps). Negara-negara yang ikut berpartisipasi pada lomba tembak internasional tahunan ini antara lain Amerika Serikat, Perancis, Kanada, United Kingdom, Australia, Tiongkok, Jepang, Uni Emirat Arab, PNG, Malaysia, Singapura, Korea Selatan, dan Indonesia,” kata Kabidpenum.

Kolonel Czi Berlin menjelaskan bahwa Kontingen TNI AD pada AASAM 2016 ini berjumlah 19 orang dan dipimpin oleh Mayor Inf Syafruddin yang sehari-hari menjabat Kasiops Sops Divisi 1 Kostrad. Sedangkan sebagai Komandan AASAM 2016 adalah Letkol Angus Bell selaku Perwira Menengah dari Angkatan Darat Australia.

Sejak AASAM 2008, TNI dengan menggunakan senjata produksi PT Pindad sukses mengalahkan senjata negara-negara maju, seperti Amerika Serikat, Inggris, dan Australia.

Poskota News

 Posted by on May 20, 2016

  83 Responses to “TNI AD Juara Umum AASAM 2016”

  1. hebat euy

    • Sialan…… BFC Pertamax mulu !!…

      kwaaaakkk…..kwaaaaaakkk….kwaaaaaakkkk….

      Taun depan TNI harus berani tampil beda, gunakan SSX Pindad biar betel prupen …. kalah ora popo, nu penting ujicoba heula….

    • Sayang…….australia sbg panitia terasa kurang bijak dan adil dlm mempublikasikan kejuaraan. Kepanitiaan australia seakan ada rasa malu, iri hati dan punya kepentingan pribadi dlm kejuaraan. Terbukti sdh 2 kali kepanitiaan australia membuat kecewa indonesia sbg juara yg tentunya publikasi hasil akhir kejuaraan sangat berarti bagi peserta terkhusus para juara untuk promosi nasionalisme dlm negerinya beserta promosi ekonomi dlm industri pertahanan suatu negara. Untuk itu sebaiknya kedepan indonesia harus absen tdk mengikuti kejuaraan sbg protes dan boikot kejuaraan yang tdk fair tersebut. Dan nantinya kekuatan militer indonesia akan menjadikan penasaran negara lain sekaligus mempermalukan kepanitiaan australia yg tdk fair selaku tuan rumah yang tdk ramah dan adil pd salah satu peserta pengikut.

    • Selamat pertamax bung tedjo……jgn lupa Kerja….Kerja , xixixi

  2. lhooo… pertamax yg ke 22 😀

  3. Pertomax plus

  4. 4 max

  5. Jayalah TNI, jayalah Indonesia

  6. ada yg tau kah tim yg dikirim ke AASAM tiap tahun selalu tim baru apa ada personil lama yg masih ikut ya??

    • Kelihatannya peserta yg kompetisi baik dari Kostrad, Kopassus dan Kodam itu terdiri dari Senior dan Junior bung. Yang Senior itu seperti Poltak Siahaan, Woli Hamsan dan yg Junior banyak juga yang ikut sebagai kaderisasi marksman dan sniper.

  7. The best of the best

  8. AASAM 2015.. 30 Medali emas
    AASAM 2016.. 23 Medali emas
    Walaupun ada penurunan prestasi tapi TNI tetap yg TERBAIK…

    • Kasihan tuan Rumah Ausi setelah mati matian mengirimkan petembak terbaik akhirnya pada AASAM 2015 Autralia jadi runner up. Dengan ikutnya China dan jepang pada AASAM 2016 langkah Ausi jadi berat dan tersingkir.

    • Jumlah perolehan medali menurun mungkin karena pesertanya semakin banyak kang, lumrah peserta makin banyak sehingga persaingan semakin ketat, pembagian medali jadi lbh “merata”. Namun begitu perolehan medali oleh TNI msh termasuk jempol karena hampir separuh medali emas disikat habis. Perolehan medali oleh runner up china pun, hanya kurang dari separuh medali TNI…

    • wajar ada penurunan, karena ada penambahan peserta. China yang karen tidak ikut sekarang ikut.

  9. tahun 2015 jepang dan malon minta dilatih

    http://jakartagreater.com/mayor-warto-diminta-latih-jepang-dan-malaysia/

    setelah di latih, Angkatan Darat Jepang juara 3 memperoleh 4 medali emas
    lha ini MALON ??? apa gara gara MALON gak punya uang tidak ikut latihan ??

  10. selamat ya,,salut maTNI,

  11. ok..lah kalau begitu…3x

  12. Bravo…. Membanggakan para pembayar pajak yg taat

  13. ikutan belajar lupa … ah 🙂
    #kaboor

  14. Lumayan buat obat mabok sukhoi kemaren yg sampek skrng msh muter” gk karu”an hehehe…

  15. Nick name tolong jangan berbau provokasi mas…..

  16. TNI AD keren…

  17. Apa iya tentara sekelas amerika bisa ga dapet apa”?
    Jangan cepat berpuas diri tni
    Tetap jaga kemampuan

  18. Walaupun turun perolehan medalinya, tp klihatannya ada regenerasi ya. biasanya kopassus diturunkan, sekarang tidak satupun. syukurlah. artinya makin baik skill tentara kita, ga cuma pasukan khusus aja, tapi nantinya sampe yg reguler jg punya skill yg mumpuni. sampai nanti yg dikirim pramuka pun tetep menang hehehehhee

  19. kayaknya malon ga di latih deh bro..,tni menolak permintaan dari negri 1001 beruk ..hihihi

    • TNI tidak pernah menolak bung Codez, cuma waktu ditanya term of payment untuk gaji pelatih dsb, mereka minta nyicil 20 tahun, yah Panglima cuma ngelus dada…. 😆

  20. Jika tahun depan juara lagi alamat tahun berikutnya sampai 5 tahun kedepan nggak diundang Australia.. karena ” 10 tahun ” berkuasa. setelah itu baru boleh ikut lagi untuk ” dipilih ” jadi juara lagi hehehehe
    Bravo TNI..

    • Gk bisa bung… Terlanjur, Tni harus tetap ikut… Ostrali dalam situsi sulit sekarang… Ngundang tni Sakit hati (Kalah terus).. Gk Ngundang takut dibilang CEMEN… Akhirnya cuma bisa bilang Wow… He he he

  21. kalo kontingen regu yg diturunkan berbeda pd kompetisi sebelumnya itu menunjukkan hampir di setiap regu/satuan memiliki tentara berbakat dan terbukti rata rata skill TNI profesional.

  22. Skiil ad tni emang oke kalau itu an dor dor

  23. Juara lagi……..yeeeehaaaa

  24. Timnas indonesia klo’ suruh ngepasin pluru yg kecil kok pinter ya… Tapi klo’ suruh masukin Bola ke gawang ko’ susahnya minta ampyun ya…

  25. Berita yg memabukan,mantap
    Tambah lagi lemnya mas

  26. Congratz TNI.
    Tetep rendah hati..

  27. good job my hero….!!!
    ikeeehhh… ikeeeh…. kimochi..

  28. Indonesia Tanpa Nyali, Cina resmi mengklaim Laut Natuna sebagai miliknya

    IndonesiaReview.com — Kapal KKP Hiu 11 diusir dari Laut Natuna oleh kapal perang Cina. Kapal penjaga laut Indonesia tersebut dipaksa melepaskan kapal berbendera Cina – Kway Fey – yang tertangkap basah sedang mencuri ikan di Laut Natuna pad 19 Maret lalu. Cina tampaknya paham betul bahwa Indonesia tak akan punya nyali untuk melawan.

    Janji presiden Jokowi bahwa “dalam soal kedulatan, saya tak akan kompromi” ternyata dianggap sepi oleh Cina. Armada tempur Cina bahkan sudah mulai beraksi secara fisik untuk menegaskan kekuasaannya atas Laut Natuna. Kedutaan besar Cina bahkan sudah menyatakan bahwa tempat dimana kapal KKP dipaksa tunggang langgang adalah wilayah perairan tradisional Cina. Artinya, semua kapal berbendera Indonesia yang berlayar di Laut Natuna harus seizin Cina.

    Hiu 11, yang dipersenjatai dengan senjata otomatis sebagaimana layaknya kapal perang, memilih lari tunggang langgang karena kontak radionya dengan kapal TNI AL tak memperoleh jawaban. Konyolnya lagi, TNI AL sendiri menyatakan bahwa pengusiran Hiu 11 terjadi di Laut Natuna yang berada dalam wilayah kedaulatan Indonesia.

    Bila Indonesia hanya mengirim surat protes dan tetap berlagak tak ada masalah dengan Cina, tak mutahil bila Cina akan memperkuat armadanya di Laut Natuna. Apalagi Cina tentu mencatat betapa tidak beraninya Indonesia berhadapan dengan dirinya, sebagaimana tampak dalam dari penyataan Jokowi di Washington pada Oktober lalu bahwa Indonesia netral dalam menghadapi sengketa Laut Cina Selatan. Padahal, Laut Natuna yang bersebelahan dengan Laut Cina Selatan, ketika itu sudah diklaim sebagai wilayah Cina.

    Dari sisi ekonomi, ketakutan Indonesia untuk berseberangan dengan Cina tak lepas dari janji pemberian utang lebih dari 100 miliar dollar AS untuk membangun infrastuktur. Apalagi pembangunan pembangkit-pembangkit listrik sekarang ini didominasi oleh Cina. Maka, kalau Cina menghentikan pasok suku cadang atau mengacaukan sistem komputer di pembangkit buatannya, Indonesia bakal langsung menghadapi krisis listrik. Tak kalah gawatnya, kini Cina memimpin dalam pembangunan berbagai infrastuktur lainnya seperti pelabuhan laut, tranportasi darat dan sebagainya.

    Tak kalah pentingnya adalah kenyataan bahwa para pengusaha besar Indonesia, termasuk yang sukses menjadi politisi dan menduduki kursi strategis di pemerintahan seperti wakil presiden RI, memperoleh dana ratusan juta bahkan miliaran dollar AS dari bank-bank BUMN Cina. Bahkan telah terungkap dalam dengar pendapat di DPR, tiga bank BUMN – Mandiri, BRI, dan BNI – masing-masing telah mencairkan kredit sebesar satu miliar dollar AS dari Cina. Kredit tersebut habis disalurkan dalam waktu dua bulan, dan tanpa melalui parlemen dengan alasan besifat ‘business to business’ meski penandatanganan akta kreditnya dilakukan di Beijing dan disaksikan oleh meneteri BUMN Rini Soemarno.

    Konglomerat terbesar di Indonesia – Sinar Mas Gorup – telah menadatangani kredit sebesar 1,5 miliar dollar AS dengan dua bank BUMN Cina yaitu CDB dab ICBC. Dalam naungan Kalla Group, di antaranya adalah pembangunan pabrik pengolahan nikel senila 400 juta dolar AS, dan pembangunan pembangkit listrik tenaga batubara senilai 330 juta dollar AS. Keduanya mengandalkan kredit dari bank BUMN Cina. Sementara itu di lingkungan Toba Sejahtera Group milik Menkopolhukan Luhut Panjaitan, ekspor batubaranya hampir semua menuju Cina.

    Bila Indonesai tetap gemulai bagai wanita tak berdaya, tak mustahil bila Cina akan terus meperluas wilayahnya di Indonesia sesuai hasil kajian Chinese Academy of Social Sciences milik pemerintah. Adalah kajian lembaga ini yang menentukan sejuah mana wilayah kedaulatan Cina. Termasuk dalam hal ini anatara lain klaim Cina atas Laut Natuna, sebagian wilayah laut Jepang dan Korea Selatan, dan kepulauan Spratly di Laut Cina Selatan. Gawatnya lagi, kajian lembaga tersebut bisa berubah setiap saat. Salah satu kajiannya yang sedang digodok adalah Palembang pernah menjadi pelabuhan di wilayah paling selatan dari kerkaisaran Tiongkok.

    http://indonesianreview.com/gigin-praginanto/indonesia-tanpa-nyali

    SANA JUARA SINI JUARA. SEDANGKAN INI…. MIRIS. JUARA LUAR NEGERI DALAM NEGERI DIBULI

  29. Alhamdulillah forza tni bravo nkri

  30. Selamat Buat TNI….
    Semoga Selalu Berjaya…

  31. ga nyambung

    • ?tu mengomentari org yg pakai nikename diatasnya……….klihatan klau nasionalisme bung pandova ndak diragukan lg…..makanya positif thingking aja bung ndak usah ngomentari “ga nyambung” jd pd tanda tanya rasa nasionalisme anda…..maaf klau ndak berkenan….Salam

  32. tetap selamat utk kontingen TNI, smg tahun ini Tim Thomask ita juara jg..

  33. Su 35 juga basi . Otak ko isi y was2 . 🙂

  34. @AAM..barisan sakit hati…..galau..

  35. TNI memang bukan prajurit biasa,,,,tp sayang kurang didukung alutsista yg jempolan,,,andai saja

  36. Malondog menyamar jadi bagong, karena malu tak ada prestasi !!…

    kwaaakk…kwaaaakk…kwaaaaakk….

  37. “AASAM 2016 diikuti oleh 20 negara maupun gabungan negara seperti Kontingen ANZAC (Australia New Zealand Army Corps).
    Sampek segitunya si australi ngajak new Zealand gabung tp ttap klah sma TNI,,,

  38. tumben malon gak berani main kesini lagi ya , biasanya komen favoritnya kan teksi teksi gitu jadi ciri khasnya hehehehe

  39. Saya ubek ubek forum malon..tade satupun yg mengangkat keberhasiln tni juara AASAM

  40. ?ni yg perlu dipertanyakan malah nasionalisme yg jaga warung ini…….ada nickname ky gini dibiarin……apa masih menunggu nickname serupa lebih banyak lg….? Maaf klau tdk berkenan….Salam

  41. Sudah kaya rossi aja,menjuarai moto gp berturut-turut,good job TNI

  42. Biasanya klo di forum ini ada yg merendahkan TNI berarti dia bukan orang indonesia,,mungkin dia negara sebelah yg sakit hati,,klo memang benar orang yg merendahkan indonesia tapi tinggal di indonesia mohon angkat kaki dari bumi pertiwi ini..kami cinta indonesia karna kami di lahirkan di tanah indonesia yg tercinta ini. Salam damai

  43. bravo

  44. Klw banyak oknum aparat kek gitu malak rakyat berbahaya bagi keutuhan nkri terutama aparat penegak hukum jgn tajam kebawah tumpul keatas.

    • Tidak bisa menutup mata memang kalau masalah oknum, yang jadi masalah kan kalau kalau kebanyakan orang mengeneralisasi kalau itu kelakukan TNI padahal TNI itu institusi.

  45. Lg ngantri pertamax… 😀

 Leave a Reply