Dec 182014
 
Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD), Jenderal TNI Gatot Nurmantyo

Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD), Jenderal TNI Gatot Nurmantyo

JAKARTA, KOMPAS.com – Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Gatot Nurmantyo mengatakan, TNI AD akan membeli 7 helikopter jenis Apache untuk memperkuat sistem alutsista TNI AD. Rencananya, ketujuh helikopter tersebut baru bisa melengkapi alutsista milik TNI AD pada tahun 2017.

“Jadi Apache tersebut kita sudah memesan,” ujar Gatot, dalam acara penutupan pameran Alat Utama Sistem Pertahanan (Alutsista) TNI AD 2014 di lapangan Monas, Jakarta, Rabu (17/12/2014).

AH-64 Apache merupakan helikopter tempur dengan empat baling-baling utama dan bermesin ganda yang didesain Hughes Helicopters, perusahaan manufaktur asal Amerika Serikat. Helikopter tempur ini dilengkapi dengan meriam rantai M230 di bawah moncongnya dan bisa disematkan persenjataan lain termasuk roket.

Umumnya, helikopter tempur ini menjadi andalan dalam penyerbuan karena bisa digunakan dalam berbagai keadaan cuaca. Pasukan Amerika Serikat menjadikan Apache sebagai senjata andalan dalam Perang Teluk, terutama dalam operasi Desert Storm.

Gatot mengatakan, selain memesan Apache, TNI AD juga akan membeli helikopter M 17, Tank dan Panser Anoa jenis amphibi untuk melengkapi alutsista TNI AD. Pembelian alutsista tersebut akan disesuaikan dengan anggaran TNI AD.

Selain itu, menurut Gatot, TNI AD akan memprioritaskan pembelian alutsista pada industri dalam negeri, salah satunya pada PT Pindad. Namun, jika ada alutsista yang lebih canggih dari buatan PT Pindad, TNI akan beralih pada produsen lain. “Ini demi menjaga persaingan,” kata Gatot. (KOMPAS.com )

 

 Posted by on December 18, 2014

  85 Responses to “TNI AD Rencanakan Beli 7 Helikopter Apache”

  1.  

    haaa haaa

    yeee yeee

  2.  

    setuju

    •  

      Ayoooo…Dikawall..! , Biar nggak nyasar..!
      :travel
      :ngacir: :ngacir: :ngacir: :ngacir: :ngacir: :ngacir: :ngacir: :ngacir: :ngacir: :ngacir: :ngacir: :ngacir: :ngacir:

  3.  

    Wah katax 8 unit kok berubah lg jadi 7 unit sesepuh jktgr mohon arahanx

  4.  

    selamatttt sianggggg :kr

  5.  

    Katanya jaman sby beli 8 unit, kok beli lagi ya emangnya mau tambah gitu

    •  

      kata siapa waktu presiden sby sdh beli apache….ngarang…..kita nggap perlu mempermasalahkan presiden siapa yg beli, seolah2 kita nggak move on dgn situasi yg ada …..dari dulu list di TNI sdh di atas kertas tinggal eksekusi saja tergantung kesiapan dananya….lebih cepat lebih baik dan tentu ada penambahan dan pengurangan di sesuaikan kondisi…..syukur2 di tambah dari list yg ada sehingga TNI tambah kekar krn saat ini ada kelebihan dana dari subsidi BBM yg mudah2 sebagian di alihkan ke TNI….salam

      •  

        Ngarang gmana bung?…bknkah udh deal beberapa waktu yg laalu. Kan beli alutsista bkn seperti beli bakso…lgs di anter. Jgn ngarang dong bung

        •  

          Bukannya ngarang ini maksudnya pak ksad bilang pembelian apache 7 unit apakah itu termasuk tambahan atau apa, terus ada yang bilang 1 di sembunyiin di mana coba.. Benar – benar binggung saya bung

      •  

        justru kamu tuh yang gag move on
        kok masih mikirin begituan
        fakta udah ada wacana beli apache dari presiden SBY

      •  

        Proses pembeliannya memang sudah final dari jaman SBY kok, jaman Jokowi ini tinggal nerima barangnya. Udah nggak perlu repot ngebelain Jokowi terus2an seolah2 dia nggak pernah salah, kalau emang dia ngaku2 beli Apache padahal pembeliannya sudah tuntas pas jaman SBY ya kita kritisi lah pak Jokowi spy mengurangi kebiasan ngaku2 sesuatu yang bukan kerjanya dia. Kita toh juga nggak suka kan sama Malaysia yang suka ngaku2 budaya milik kita sebagai ciptaan mereka.

      •  

        yg jaman sby sudah dtg , ini tambahan.

        •  

          Datengnya kapan mas? Toh pengiriman pertama 2017 kok. Yang maein dimari dan tamp di hut TNI kemaren itu cuma pinjeman..pinjemansekalian buat latihan pilot penerbad

        •  

          Datang dari Hong Kong, mana buktinya bahwa sdh datang? Jangan spt kasus si Jokuwi ngaku2 mesen kapal selam di Korsel lagi ya, padahal jelas2 udah dipesan sejak dari zaman SBY.

      •  

        wakakaka .. jaman SBY bung belinya .. cari di semua info di web pasti pembeliannya sebelum pak jokowi jadi presiden seperti kapal selam korea

        •  

          Presiden Jokowi belum beli apa2 karena baru bisa belanja tahun depan. Tenang saja MEF II tetap on the track bahkan ada tambahan. Yang harap2 cemas itu pengganti F5, tp jangan berharap lebih lah…Sukhoi su 27 nomor seri TS-2701 udah grounded tu di makassar. Dipake ronda terus sih

      •  

        Kaya nt tau aja bung…santai bae

  6.  

    Heli Apache oprasional wilayahnya terbatas krn ada pesenan negara pembuatnya & rawan embargo bila menyangkut HAM..

  7.  

    Ini KSADnya salah ngomong ato wartawannya salah tulis ato bakalan cuma 7 yang datang?

  8.  

    Kurang pak tambah lagi..

  9.  

    mungkin kontrak nya diamandemen…. panglima tni pernah bilang… klo apache tni ad hanya dua yg longbow….. karena keterbatasan anggaran….. mungkin jumlahnya dikurangi tetapi pake longbow semua….. wallahu a’lam…

  10.  

    PRODUK AS?…… SIAP2 DPT BONUS…. EMBARGO !……

    DI AS, KALANGAN POLITISI, SENAT, DPR JUGA MILITER DSB…..INDONESIA DIPANDANG BUKAN SEKUTU AS,….ITU HARUS DICERMATI, SESUAUTU TERJADI DI INDONESIA SPT PENEMBAKAN DI PAPAU MISALNYA, MAKA SENAT, DPR ATAU KAUM POLITISI & LSM YG TDK SUKA INDONESIA MEMINTA PEMERINTAH UTK MELAKUKAN KEIJAKAN MENEKAN INDONESIA,….JEMBRETTTT !.. EMBARGO !…..JADI BESI TUA TUH APACHE..kata2 bijaksana : “belajarlah pada kejadian hari lalu agar tdk mengulangi kesalahan yg sama”…..DAMM !…

    •  

      Pernah denger 25 aphace ah64 longbow us saat menggempur farc di hutan2 colombia, dirontokkan abis oleh rudal panggul. Apa para sesepuh militer bisa memberi bantuan data.thx

    •  

      Setuju bung sejarah telah membuktikannya, jangan bangga punya apache kalau cuma buat latihan doang, ga bisa buat perang. Cuma bisa nakut 2in cina doang.

  11.  

    Jangan beli alutsista pakai dollar dulu. Kasihan rakyat dek, mbah ga setuju beli dari Amerika kalau pembayarannya pakai kurs saat ini. Beli dari rusia mbah setuju.

  12.  

    :hoax nyang boneng yang mane pak.??..hehehe…!!

    …NKRI HARGA MATI…

    :iloveindonesia

  13.  

    Barang dr sana gk usah beli banyak banyak..Ntar cm disimpen dlm kamar :salahkamar

  14.  

    beli yang banyak jangan cuman tujuh aja 100 ngono loh

  15.  

    caps lock y d sblh kiri mas heri
    anggaran y kan mau d tambah. su 35 apache blackhawk chinook kilo pasti datang
    peace brader semua

  16.  

    Pak Komandan, Ingat dong waktu kita di embargo dengan alasan HAM, Jangan hanya beli-beli saja pa menerbangkan pesawat ini.

  17.  

    Jadi tujuh karena yang berjumlah 8 prestasi yang sono dan supaya lebih hebat jadi merk dagang diubah jadi tujuh.. pas kata dukunnya si ntu

    Ok hehe

  18.  

    Pasukannya cm maju mundur maju mundur gitu mau bantuin ngapain mbah bowo asli?
    :ngakak

  19.  

    belije 3 lepas tu kita buat sendiri 100 pun bolelah

  20.  

    td 8 jd 7…apa krn rupiah jd mata uang sampah,nggak punya nilai..sampe kapan?
    Redenominasi cm gaung doank tp realisasinya nggak ada,dr jaman pak sby sdh ada rencana..tp nggak tahu ada pengaruh atau tdk..

  21.  

    beli longbow apache kira2 TNI pake leasing apa yaa guys …ADIRA ato BFI n lain2 sbgnya

  22.  

    presiden kembali menagih kpd tni AL kenapa baru 3 kpl illegal yg di tenggelamkan? ternyata uda 2 bulan perintah di berikan tp kok gak segera di laksanakan, udah dua kali presiden kasih perintah tp TNI AL kok lelet krjanya kenapa?????? presiden sampek heran apa nunggu perintah 3kali br di respon, ada apa dg TNI AL kok gak serius laksanakan perintah presiden?????? usut punya usut metro tv pernah melakukan investigasi ternyata para kapal ikan asing itu berani MENCURI di laut indonesia karena BAYAR UPETI KE OKNUM2 TNI AL, transaksinya di tengah laut makanya TNI AL ewuh pakewuh mau nenggelamin kapal pencuri ikan di indonesia org OKNUM2 TNI AL SENDIRI YG JD BACKINGNYA. ayo pak presiden jewer lg KSAL agar gak lelet krjanya, klo mental anggota TNI sendiri msh bnyk yg bobrok alias korup sampai kiamat TNI hususnya AL tdk akan pernah jd tentara yg di segani, jangankan lawan nelayan asing aja gak kan takut krn TNI AL mau di suap. mana hasilnya reformasi birokrasi yg katanya berjalan sngt baik di TNI?????? maaf OOT.

  23.  

    Makin keren nih tni.
    Setelah beli heli2 canggih dari luar, tni harus mendorong produsen dlm negeri utk membuat heli serang sendiri, lalu borong dan sebar keseluruh wilayah nkri utk menjaganya, dan utk ekspor.
    Mimpi!

  24.  

    Mohon untuk yang meniru niru nama saya mohon berhenti, mbah ngak pernah komentar yang ngawur ngawur untuk masalah yang ngak penting. Mohon untuk berhenti berkomentar atas nama mbah, ngak baek dek ngak baek……………

    MBAH HANYA BERKOMENTAR YANG BERKWALITAS SAJA TENTANG RAKYAT MISKIN ATAU TENTANG NEGERI CHINA YANG AGUNG. SELEBIHNYA MBAH TIDAK AKAN KOMENTAR. KARENA BAGI MBAH KUALITAS KOMENTAR MBAH ADALAH SANGAT PENTING KARENA MBAH INI BERWIBAWA DAN SEPUH.

  25.  

    benar bung JJ, hal tsb di sampaikan presiden pd pembukaan MUSRENBANGNAS di jakarta td pagi di dpn pejabat daerah tingkt 1 dan tingkat 2 dr seluruh indonesia. baru setelah itu td siang tni mengeluarkan pernyataan akan menenggelamkan kapal ikan illegal minggu dpan. pantas presiden mau cpt2 ganti KSAL org yg skrng lelet bgitu.

  26.  

    Dari pada pusing soal ah 64 apache longbow knapa g d alihkan k heli kamov made in rusia,semoga pemerintah dengar nih”I HOPE SOMEONE”
    Nkri harga mati….

  27.  

    hehehe…..sesuai perkiraan. Tinggal nunggu kabar MEF II pending.

  28.  

    jangan2 ni chopper ditaruh dipapua bersamaan dengan pangkalan us he he he

    Eh ada yang tahu gk kenapa serapan apbd dki sangaaat kecil apakah wan prestasi atau memang sengaja memiskinkan ekonomi sexara terstruktur dan masif?? Hayooo ada yang sadar??? Masih nina bobo jakrta bau?? Atau poros angin mamiri??? Hee hee.. siap2 wamil deh

  29.  

    hibah= di kasih gratis
    tapi ga ada yang gratis kan di jaman sekarang bung@prof.
    syarat ketentuan berlaku…

    iya 8 unit hibah (beli upgrade) dan 4 terbaru itu dari anggota langsung, dan di kuatkan dengan berita dari republika dimana pak moel pun berkata 8 unit. nah yang jd pertanyaan kok KSAD bilangnya 7 unit. jadi yang bisa di jadikan acuan ini pernyataan panglima atau ksad. . dimana berita panglima tertulis bulan oktober, artinya 2 bln lalu, sedangkan ksad baru satu hari ini, sedangkan informasi anggota di lapangan pada saat pameran baru 2-3 hari kebelakang. hehehee TNI penuh misteri.
    kita ikutin aja dah gimana kedepan nya. apa ada perubahan tiba tiba dari 8 unit ke 7 unit. lalu yang 4 unit tambahan terbaru gimana ya 🙂 . untuk yang sudah di bayar lunas chinnook.
    jadi wait and see aja dah.. sambil seruput kopi pahit ..bung@prof mau tidak :2thumbup

  30.  

    Ini Maksdnya nambah 7 unit Apache ato dari 8 unit jadi 7 unit…klo berkurang kok kontra ama berita kmaren dmna Pemerintah akan menambah Anggaran bt TNI..ato Anggaran tsb ditambahkan krn nilai tukar rupiah yg sedang turun agar rencana belanja TNI bisa tercover
    Mending pas sekarang beli Alutsista dri Rusia saja yg nilai Rubelnya lagi turun kan sama2 menguntungkan

  31.  

    Weeeh msh sibuk aja menerka2,, menurut berita hoex itu apache, chinook, blackhawk udah tinggal dianter ajee,, klo kamov nya juga udah tinggal anter,, kan buat landing di dock KRI Gaban lhoo.. Menurut edisi hoex hoex.. Salam Persatuan.. Indonesia Aman, Indonesia Sejahtera, Indonesia Mandiri,, NKRI JAYA.. :mrgreen:

  32.  

    Ini helikopter jadi mudah diserang SAM atau MANPADS…. Walaupun itu buatan Rusia pun akan mudah diserang. Lihat kejadian belum lama ini, Mi-24 AD Armenia ditembak MANPADS Igla..,… Terhitung sejak 1999-2014 31 unit Mi-8, 20 unit Mi-24, 5 unit Mi-26 hancur, atau mungkin lebih banyak yang hancur karena saya menghitung jumlah minimal…. US Malah lebih parah, bisa dilihat di wiki berapa pesawat yang hancur setiap tahunnya. Kalo soal menghancurkan tank, apache jagonya 280 tank hancur dan ratusan APC dibobol.
    Nyatanya sehebat apapun sista tetap punya kelemahan, entah itu buatan barat atau timur.
    Kalau hanya melihat satu sisi saja, jelas salah. Tidak perlu terlalu paranoid dengan AS. Kita juga tidak usah terlalu mengagumi AS. Bukan berarti saya melupakan embargo AS dan barat, bukan berarti juga saya melupakan embargo timur saat kita berpaling ke barat dulu….

  33.  

    mending bikin genk kavaleri udara yg tangguh dan bejibun, bisa pake NBELL412, cougar ato keluarga MI Rusia … saat damai bisa buat latihan & bawa logistik … saat bencana bisa dipake nolong rakyat

    kalo Apache cuma berguna buat perang doank & harganya jg amit” amat mahal … dipake perangnya jg kapan tuh ???

  34.  

    hahhahhaa mbah bowo semaput

  35.  

    INI aneh tapi nyata, jaman pak beye kok bisa lolos ya??? http://abarky.blogspot.com/2014/12/aneh-bumn-jual-gas-ke-trader-dan-dibeli.html

  36.  

    Gan, apakah ini yang kemarin2 diberitakan pengadaan sebanyak 8 buah, tapi kok sekarang berkurang menjadi 7 buah. yang benar yang mana gan.

  37.  

    Mil Mi 28 Havoc dari rusia Bebas Embargo

  38.  

    Kecuali….Indonesia Nyeleneh Kayak jaman pak harto lageeee.

    pacaran sama paman sam.

  39.  

    bolak balik bekong. berita lama diulang-ulang

  40.  

    Dulu 8 skrng 7 trus besoknya ??? (kayak TTS aja)..lanjut dari pada bingung. :cd: mikirinNYA.

 Leave a Reply