May 162018
 

Menutup rangkaian penerimaan 8 Apache tersebut, dilakukan pentasbihan secara simbolis oleh Menhan RI Ryamizard Ryacudu , Aslog Panglima TNI dan Kasad, dengan penyiraman air kembang ke badan pesawat.

Semarang, Jakartagreaer.com – TNI AD menerima 8 unit Helikopter serang AH-64E Apache buatan Amerika Serikat.

Penerimaan tersebut, ditandai dengan penyerahan Helikopter AH-64E Apache secara simbolis dari Menhan RI Ryamizard Ryacudu kepada Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P. diwakili Aslog Panglima TNI Laksda TNI Ir. Bambang Nariyono, M.M., pada Rabu 16 Mei 2018 bertempat di Lanud TNI AD Ahmad Yani, Semarang, Jawa Tengah.

Sementara itu, penandatangan naskah berita acara serah terima 8 unit Apache dilakukan oleh Kabaranahan Kemhan RI Laksda TNI Agus Setiadji, S.A.P., Aslog Panglima TNI Laksda TNI Ir. Bambang Nariyono, M.M., Aslog Kasad Mayjen TNI Irwan, dan Danpuspenerbad Mayjen TNI Stephanus Tri Mulyono disaksikan Menhan RI Ryamizard Ryacudu, Kasad Jenderal TNI Mulyono dan Wakil Kepala Perwakilan Permerintah Amerika Serikat.

Menutup rangkaian penerimaan 8 Apache tersebut, dilakukan pentasbihan secara simbolis oleh Menhan RI, Aslog Panglima TNI dan Kasad, dengan penyiraman air kembang ke badan pesawat. (Puspen TNI)

Bagikan :

  109 Responses to “TNI AD Terima 8 Helikopter Apache”

  1.  

    Indonesia Darurat T.o.T, Offsett & Lisensi Apache Utk Membangun Heli Tempur Nasional ‘GANDIWA’
    http://www.garudamiliter.blogspot.co.id/2012/04/rancang-bangun-gandiwa.html?m=1

    •  

      Beli sama AS jangan harap TOT, apalagi sekelas Apache alasannya karena RI dekat dengan Rusia, mereka khawatir teknologinya bocor ke Rusia
      xixixixixixi

    •  

      Pengembangan Pesawat Rotary untuk militer kita pada dasarnya sudah sangat dekat, tetapi kenapa tidak sampai-sampai ?
      Karena kita belum mempunyai contoh yang nyata dari standard tinggi copter serang yang kita miliki saat ini.
      Mi35 kita masih tertinggal di perang elektronik maupun intergrasi ke sistem radar darat yang di dominasi radar Barat. Heli Serang ini pada masa datang akan sangat tergantung dengan support dan integrasi radar darat/mobile termasuk dalam hal ini dengan kavaleri Leopard.
      Apache ini mungkin memang mahal, tetapi memberikan contoh maximum heli serang terbaik yang dapat menjadi contoh Next Gandiwa Concept.
      Dari berbagai produk USA yang paling relevan kita beli saat ini adalah Apache, sekaligus penyeimbang “politis” paralel proses pembelian SU35 saat itu.

      •  

        PT DI tidak akan bisa membuat heli sendiri kalau masih menjadi agen air bus, saya tidak mau berprasangka apa penyebabnya namun kenyataan membuktikan 40 tahun bermitra masih tidak bisa menelurkan heli made in RI

        •  

          Wow, 40 tahun…anda lupa menghitung berapa tahun pt.di “matisuri”

        •  

          Mau itu PT pernah di mati suri atau tidak faktanya tetap saja sudah jadi agen Air bus lebih kurang 40 tahun dan tetap tidak bisa buat heli sendiri

          •  

            Ohhh….iya mas, maaf saya yg salah?

          •  

            Saya tidak menyalahkan anda bung, bahkan sekaliber buk connie itu menyarankan kemitraan dengan PT DI di tinjau kembali

            kalau memang khawatir di nilai oleh pihak barat terlalu condong ke Rusia, itu Turki dan Korsel sudah bisa buat heli sendiri, kenapa tidak berkerjasama dengan mereka yang jelas-jelas kerja sama dengan mereka sudah ada produknya yang jadi.

          •  

            @dedy jabal

            Saya cuma becanda bang….

            Karena ketika bang dedi menyebut angka “40 thn”, saya langsung tau bagaimana asal muasalnya

            Di Indonesia ada banyak pengamat industri aviasi yg kredibel spt gerry sujatman, alvin lie, dody sudibyo atau pak cappy hakim.

            Bu koni itu bukan pakar aviasi, bukan juga pengamat industri aviasi…tapi dosen ilmu pertahanan yg nyambi sbg sales helikopter.

            Anda boleh menelusuri tulisan bu koni ttg industri aviasi…kalo ada !!

            Kalo bicara ttg industri helikopter nasional, agaknya dari awal menjadi prioritas kedua…sedang fokusnya adalah produksi pesawat komuter (cn 235, n 250, n 2130).

            Helikopter bukan diabaikan bgt saja, setidaknya pt.di sudah membuat scr lisensi dr nbo-105, nbell-412, super puma dan caracal.

            Masalahnya adalah ketika diterpa krisis moneter, banyak pr ahli (termasuk divisi helikopter) yg pindah bekerja diluar negri(sejak medio era 90an)…kebanyakan pindah ke bombardier aerospace dan bell textron dan sekarang menempati posisi penting disana. Spt pa hartono yg menjadi production test pilot pesawat C series/bombardier atau pa tjandra yg mhs insinyur senior bidang power plant&fluid control di pabrik heli bell.

            Entah abang tau gak nama pa toos santoso yg dulu menjabat vp production test pilot iptn/divisi helikopter, yg terlibat sejak awal dalam rancang bangun helikopter?

            Data yg dirilis pt.di tahun 2015 mengatakan, 70% karyawan senior yg berpengalaman akan segera pensiun.

            Singkat kata untuk divisi heli kita kekurangan tenaga ahli rancang bangun dan sub sistemnya serta ketiadaan production test pilot untuk heli.

            Dg kondisi pt di saat ini yg untuk membuat rancang bangun n-219 saja menggunakan dana milik lapan….sampai beberapa tahun kedepan (sampai kondisi membaik: sdm berpengalaman, pendanaan, sarpras termasuk sofware&komputer), divisi helikopter harus berupuas diri menjadi pemegang lisensi produksi heli.

            Justru potensi besar yg paling realistis dg kondisi pt di pd pasar helikopter saat ini adalah…MRO !!

          •  

            kalo desain rancangan harus diakui pt DI,,,memang mumpuni maklum warisan Bj habibi….yang jadi kendala utama dan payah berkembangnya pt DI dan perusan strategis lainya adalah….tidak mendukungnya industri lainya baik hulu maupun hilir….jadi sulit bersaing bila hampir 80-90% komponen harus di inport dari luar…belum lagi persaingan tidak sehat…seperti kasus anoa dengan engine francisnya…!!!
            jadi industri kita masih hanya sekedar penghibur lara…atau bisa dibilang pelwngkap semata…ini dikit pandangan saya mbah…!!!

          •  

            @Hari Setyawan
            nah bung hari mantap ini komentnya mencerahkan, soalnya ada isu tempo hari DPR juga suruh tinjau ulang itu kemitraan dengan air bus bung, buk connie juga nyerang terus itu PT DI

            Kalau sudah dijelasin seperti di atas kan jadi jelas makasih bung

          •  

            Hahaha. Cappy hakim 100% Dia Itu Pro Barat. Saya Pernah Debat Ama Dia Di UC News Dan Argumennya Menunjukan Banget Klau Dia Mihak Satu Sisi.

          •  

            Sama-sama bang dedi….kirim2lah kopi gayo nya buat buka puasa, hhh

          •  

            xaxaxa…yaa dak masalah to dek,,,dia pro barat atau ngak….selagi dia tidak merugikan negri ini atau malah buat makar demi kepentingan pribadi atau asieng….!!!

          •  

            Itu artinya bukan memihak satu sisi dek jimmy, tapi beliau memberikan testimoni berdasarkan pengalaman mulai dr masa pendidikan, berkarir sbg penerbang herky hingga menjabat sbg kasus…kok malah mutungan ngono kui, hhh

            Memang kalian berdua membahas ttg opo to…ono link nge ra?

          •  

            Linke Ra Ono Mbh. Ngebahas Tentang Artikelnya Yg Hanya Memberitakan Keburukan Slavic Dan Selalu Post Artikel Pro Barat.

          •  

            xixixi…apa dia nenganjal kepentingan you punya barang dagangan…xaxaxa….bales napa buat artikel juga….!!!

          •  

            Hahaha. Keren Jg Tuh Apalagi Di UC News Banyak Fansboy. 😆 Ntar Palingan Ada Yg Bilang Versi Slavicnya DR. 😆

          •  

            xixixixi…paling pak cepy nya yang curat,,,bilangin kamu…jimmy terlalu pro kremlin…xaxaxa….
            cerita lama itu nuu….bohong privasi didunia. maya…semua mengumpulkan data baik operator ,,,pemerintah,,,korporat,,,hacker,,dlln….yang jelas pertama paktor ekonomi…kedua baru keamanan…jadi tingal bagai mana kita menyikapi dan pinter pinter kita aja untuk mengakalinya…terutama hal yang penting dan krusial jangan sampai lalai….semisal kartu kredit dan lain sebagainya…juga komentar…lebih direm jangan sampai salah nulis dibui…kalau sekedar diangap tidak berpendidikan sih bukan masalah…tapi kena pasal uu itu yang ribet….xaxaxa….

          •  

            Ya Namanya Jg dari Alibaba. 😆

          •  

            Ekonomi indonesia lg merosot

            Hahhaahaaaa

          •  

            Masih mending siih merosot, krna msh bisa dinajkkan kmbli, tapi klu bom sudah menggempur indonesia? Mungkin ekonomi indonesia bukan lg merosot tapi sperti jatuh dr tebing

            Hahhaahaaaa

          •  

            xixixi…yang merosot itu mungkin putus talinya kak huha…mungkin harus ganti daleman baru,,,karna biasanya itu udah kelamaan atau bisa jadi ukurannya kekecilan…jadi mudah putus…!!!

          •  

            Maksud loe gimana siih?

            Hahhaahaaaa

          •  

            maksud yang mana sih kak …????
            apa maksud hati ingin memegang gunung apa daya tak ada gunung dipegang….itu yaa kak…?!?!??

          •  

            Maksud dr penyampaian mu itu looohh

            Hahhaahaaaa

          •  

            Cie cie, cinta lama bersemi kembali cie cie. Huha, kalo ente suka Ama Aming sih gpp, lah ntar mau dikemanain tuh Mbah Mien Ama Ruskye?? Hhhhhhhhhh

      •  

        Mi-35 dan Sukhoi jelas adalah sebagai aset sekaligus sebagai alat untuk menekan USA, terbukti setelah Mi-35 kita bisa membeli Apache (mungkin USA mendapat tekanan karena Indonesia membeli heli serang dari Russia)
        Sukhoi dilengkapi dengan R-77, yang notabene saingan dari AMRAAM… dan dari situ kita mulai bisa mendapatkan ijin pembelian AMRAAM (mungkin USA juga kawatir jika Indonesia semakin tergantung kepada persenjataan Russia karena sulit mendapatkan dari USA)

  2.  

    kok cuma delapan serah terimanya
    dahulu kala kabarnya delapan puluh delapan
    unit

  3.  

    Jgn lupa sebelum menggunakan “syarat dan ketentuan berlaku dan sewaktu2 bs berubah sesuai suasana hati sang penjual” he3.

  4.  

    kurang

  5.  

    Kepada Warjagers semua, selama Bulan Ramadhan, diharapkan untuk tidak menyebarkan komentar yg dapat memancing perselisihan, pertengkaran, dan sebagainya agar JKGR selalu dalam keadaan kondusif.

    •  

      ya betul mister agato bulan puasa kita jaga dlm berkomen tapi jika ada komen mister agato yg nylene dan tdk logik mau promosi saya akan bilang serbuuuuu…..hahahahahahaha…..

  6.  

    Yang udah pasti syaratnya tidak boleh di pakai untuk memerangi sipil (OPM) dan tidak boleh di gunakan untuk melawan sekutu kami (Australia, Newzealand, Malaysia, Singapura)

    •  

      Kata siapa??

      •  

        lah yang udah lalu kan syaratnya gitu, di pakek buat lawan opm ntar kenak ham, kalau di pakek buat lawan sekutunya trus sekutunya merengek ke AS trus minta di banned sucadnya kelar deh RI

        Analoginya begini, anak bung agato tonjok-tonjokkan dengan teman bung agato, bung agato pilih bela siapa ?
        Secara naluri, hewan saja akan melindungi anaknya toh

        •  

          Analogi yg aneh. Pertama, buat apa bertempur dg FPDA?? Justru FPDA yg dibuat agar Indonesia tidak melakukan tindakan militer ceroboh seperti Dwikora dulu. Dan pernahkah USA melakukan embargo karena alasan pelanggaran HAM terhadap OPM??? Justru USA dan anggota FPDA mendukung kedaulatan Indonesia atas Papua.

          •  

            ya termasuk kedaulatan negara baru timur leste gitu kan agato.

          •  

            Jadi menurut anda Soekarno melakukan kecerobohan dengan melakukan operasi dwikora?

            Buat apa perang dengan FPDA ?
            terus kalau malaysia ngambil pulau RI lagi, kita melongo aja gitu?

            OPM pernah kedapatan membawa AUG, kira-kira itu di dapat dari mana ya?
            mungkinkah hasil nyolong dari Brimob atau punya di lempar dari udara dari negara sebelah yang punya lisensi memproduksi AUG tersebut.

            Perang dengan OPM itu beda, tidak sama dengan perang ketika TNI melawan GAM di Aceh. ada yang bilang TNI tidak menggunakan Tanknya ketika di Aceh, itu omong kosong, saya liat sendiri itu Tank pada konvoi di jalan-jalan lhokseumawe, gedung sekolah kami sampai bergetar gitu kok tapi saya tidak tahu pasti itu Tank jenisnya apa yang pasti itu pakai sasis rantai

          •  

            Saat itu hanya Tank sekelas Scorpion TNI AD yang dimiliki dan UK sudah melarang Indonesia menggunakannya di sana…
            Yang paling mungkin adalah milik Marinir yang didominasi Tank Ampibi buatan Sovyet…

            Saat ini Leopard justru memiliki persyaratan lebih keras, karena Jerman terkenal dengan memberikan persyaratan yang lumayan keras kepada pembelinya termasuk untuk penggunakanya, dan Turki mengalaminya… pada dasarnya alutista barat setiap penggunakan untuk operasi militer mesti minta ijin kepada mereka, dan bila dilanggar sudah pasti akan kena sangsi…
            Yang jadi pertanyaan, apakah setiap dalam setiap operasi militer harus menunggu ijin dari negara bersangkutan??? contohlah seperti kejadian di Marawi Filipina…

          •  

            gatol…gatol
            kamu bilang analogi yang aneh. Justru logikamu yang aneh

            “Dan pernahkah USA melakukan embargo karena alasan pelanggaran HAM terhadap OPM”
            ——————————————————————————

            Baca lagi sejarah tentang pembebasan Irian Barat dari tangan belanda. Atas saran AS maka Belanda hengkang. Nda usah kita balas tentang persenjataan yg dibeli RI pd saat itu. Itu artinya secara tidak langsung ada pengakuan AS atas kedaulatan RI di Irian Barat. Lalu pelanggaran HAM apa yg dilakukan RI kpd OPM. OPM itu perongrong kedaulatan RI, salahkah jika kita berantas.? OPM itu kan hanya boneka yg akan mereka jadikan seperti kasus di Timor Timur. Lalu kenapa alutsista yg dibeli dr barat tidak boleh digunakan di Papua yg notabene ada segelintir orangnya yg disokong dr pihak luar yg tidak mengakui bergabung dng RI bahkan sdh punya bendera sendiri. Itu namanya barat melakukan standar ganda, sementara di Irak dan Suriah dia melakukannya dengan senjatanya.

            Lebih menyakitkan lg kasus Timor Timur, mereka meminta RI utk masuk ke Timor- Timur hingga dijadikan bagian dr propinsi di Indonesia, tp pada akhirnya dengan alasan HAM, mereka yg menumpas fretelin yg bersembunyi dibalik punggu masyarakat malah dicap melanggar HAM. Bisakah anda katakan itu kpd keluarga tentara yg gugur di Timor-Timur demi mempertahankan kedaulatan RI disana bahwa bapak mereka melanggar HAM.? Tim pencari fakta yg dibentuk ole pemerintah RI pun tidak mereka akui. Hakekatnya mereka ingin melepas Timor-Timur dan menyerahkan nya kepada Australia demi harta karun celah timor.
            Jd jadi jng sableng menilai logika orang jika logika anda sendir ngawur

          •  

            masih ada amx 13 bung yuli namun rolenya kyaknya assault gun and direct fire support mangkanya ada pengembangan harimau hitam berbekal pengalaman konflik tersebut.

        •  

          @ Zain & Ruskye: Timor Leste jelas beda dengan Papua. Papua adalah wilayah bekas Hindia Belanda yg menjadi syarat batas wilayah yg menjadi wilayah Indonesia setelah kemerdekaan. Itupun harus pake PEPERA saat setelah penyerahan dari Belanda. Nah, Timor Leste jelas bekas jajahan Portugis, ada syarat khusus yg dulu tidak dilakukan oleh Pemerintah Orde Baru, yaitu PEPERA. Hanya karena terpancing banyak orang-orang Timor Leste yg mau masuk ke Indonesia, akhirnya Mbah Harto ngirim pasukan kesana. Kalo ditanya apakah saya ada rasa kasihan kepada veteran Seroja ya saya akan tanya balik, Untuk apa??? Mereka hanya menjalankan tugas kok. Itu hal yg harus dipatuhi oleh setiap tentara karena mereka ALAT NEGARA. Pemimpin yg cerdas maka pasukan akan selamat, Pemimpin yg ceroboh maka pasukan akan sengsara, karena perintah atasan dalam hierarki komando itu mutlak. Pasukan ke kiri ya ke kiri, pasukan diperintah ke jurang ya ke jurang. Pahami dulu Hierarki komando, ALAT NEGARA dan keputusan politik negara terhadap tentara baru Ente semua kalo mau bahas tentang veteran perang.

          @Dedy: Jelas Bung Karno ceroboh, hanya karena UK mau memberikan kemerdekaan buat Malaya dan mau mendirikan persemakmuran Malaysia kenapa lantas Kita ikut campur dan membuat Dwikora?? Apa karena takut Indonesia dikelilingi wilayah UK?? Jelas itu konyol sekali, mereka sudah ratusan tahun ada disana, Indonesia sendiri saat itu juga sedang dikuasai Belanda. Jadi tak ada hak bagi kita untuk ikut campur masalah politik dalam negeri negara lain. Bukankah Hak Kemerdekaan setiap bangsa sudah didukung oleh Indonesia lewat Pembukaan UUD RI 1945?? Kemerdekaan dalam bentuk perjuangan atau pemberian kemerdekaan jelas bukan masalah, yg penting merdeka dari penjajahan.

          @ Yuli: kalo UK embargo Scorpion itu kan karena waktu itu mereka ikut USA saat TNI dianggap melakukan pelanggaran HAM di Timor Leste.

          @ Dedy: kalo AUG, asal ente punya uang 30 juta bisa tuh beli AUG asal punya channelnya alias lewat broker senjata https://www.gunbroker.com/Steyr-AUG/Browse.aspx?Keywords=Steyr+AUG&Cats=3024

          Nyari duit 30 juta sih gampang di Papua, tinggal rampok toko bangunan disana atau kalo yg halal ya nambang sisa sisa dari Freeport.

          @Ruskey: Makanya Ane dah bilang gak ada hubungannya dg HAM. Mau dibantai juga silahkan tuh OPM, malah anehnya udah puluhan tahun kok gak kelar2 juga tuh OPM. Bisa jadi OPM sendiri dipelihara oleh tentara/negara agar ada alasan kuat buat 1.) Latihan militer, 2.) Uang latihan/keamanan, 3.) Mengasah naluri membunuh pada pasukan. Itu sudah rahasia umum diseluruh dunia. Makanya konflik akan selalu terjadi sepanjang umat manusia itu ada. GAM aja bisa damai masak OPM enggak?? Padahal GAM punya kesempatan untuk membuat Aceh bisa merdeka seperti Timor Leste loh, kenyataannya mereka bisa hidup damai sekarang bukan?? Apa perlu Papua dihajar gempa 9.0 skala Richter dan Tsunami raksasa dulu baru bisa damai seperti Aceh???

          •  

            situasi politik 45 dan 60an udah beda jauh bung dedy
            petunjuknya ada di cerainya dwitunggal bung karno dan bung hatta

        •  

          @ Zain & Ruskye: Timor Leste jelas beda dengan Papua. Papua adalah wilayah bekas Hindia Belanda yg menjadi syarat batas wilayah yg menjadi wilayah Indonesia setelah kemerdekaan. Itupun harus pake PEPERA saat setelah penyerahan dari Belanda. Nah, Timor Leste jelas bekas jajahan Portugis, ada syarat khusus yg dulu tidak dilakukan oleh Pemerintah Orde Baru, yaitu PEPERA. Hanya karena terpancing banyak orang-orang Timor Leste yg mau masuk ke Indonesia, akhirnya Mbah Harto ngirim pasukan kesana. Kalo ditanya apakah saya ada rasa kasihan kepada veteran Seroja ya saya akan tanya balik, Untuk apa??? Mereka hanya menjalankan tugas kok. Itu hal yg harus dipatuhi oleh setiap tentara karena mereka ALAT NEGARA. Pemimpin yg cerdas maka pasukan akan selamat, Pemimpin yg ceroboh maka pasukan akan sengsara, karena perintah atasan dalam hierarki komando itu mutlak. Pasukan ke kiri ya ke kiri, pasukan diperintah ke jurang ya ke jurang. Pahami dulu Hierarki komando, ALAT NEGARA dan keputusan politik negara terhadap tentara baru Ente semua kalo mau bahas tentang veteran perang.

          @Dedy: Jelas Bung Karno ceroboh, hanya karena UK mau memberikan kemerdekaan buat Malaya dan mau mendirikan persemakmuran Malaysia kenapa lantas Kita ikut campur dan membuat Dwikora?? Apa karena takut Indonesia dikelilingi wilayah UK?? Jelas itu konyol sekali, mereka sudah ratusan tahun ada disana, Indonesia sendiri saat itu juga sedang dikuasai Belanda. Jadi tak ada hak bagi kita untuk ikut campur masalah politik dalam negeri negara lain. Bukankah Hak Kemerdekaan setiap bangsa sudah didukung oleh Indonesia lewat Pembukaan UUD RI 1945?? Kemerdekaan dalam bentuk perjuangan atau pemberian kemerdekaan jelas bukan masalah, yg penting merdeka dari penjajahan.

          @ Yuli: kalo UK embargo Scorpion itu kan karena waktu itu mereka ikut USA saat TNI dianggap melakukan pelanggaran HAM di Timor Leste.

          @ Dedy: kalo AUG, asal ente punya uang 30 juta bisa tuh beli AUG asal punya channelnya alias lewat broker senjata https://www.gunbroker.com/Steyr-AUG/Browse.aspx?Keywords=Steyr+AUG&Cats=3024

          Nyari duit 30 juta sih gampang di Papua, tinggal rampok toko bangunan disana atau kalo yg halal ya nambang sisa sisa dari Freeport.

          @Ruskey: Makanya Ane dah bilang gak ada hubungannya dg HAM. Mau dibersihkan juga silahkan tuh OPM, malah anehnya udah puluhan tahun kok gak kelar2 juga tuh OPM. Bisa jadi OPM sendiri dipelihara oleh tentara/negara agar ada alasan kuat buat 1.) Latihan militer, 2.) Uang latihan/keamanan, 3.) Mengasah naluri membunuh pada pasukan. Itu sudah rahasia umum diseluruh dunia. Makanya konflik akan selalu terjadi sepanjang umat manusia itu ada. GAM aja bisa damai masak OPM enggak?? Padahal GAM punya kesempatan untuk membuat Aceh bisa merdeka seperti Timor Leste loh, kenyataannya mereka bisa hidup damai sekarang bukan?? Apa perlu Papua dihajar gempa 9.0 skala Richter dan Tsunami raksasa dulu baru bisa damai seperti Aceh???

          •  

            Saya baru tahu bung kalau Malaysia itu sudah merdeka sekarang, dan saya juga baru tahu kalau anggota OPM itu yang mainnya di hutan sempat browsing situs broker AUG, dan saya juga baru tahu kalau di saat konfrontasi RI-Malaysia (1962-1966) saat itu RI masih di kuasai Belanda
            sementara yang saya tahu Agresi Belanda 2 itu terjadi tahun 1948 dan mereka gagal menguasai RI kembali.

            Dan saya juga baru tahu kalau bung karno itu ceroboh, karena kalau saya baca sejarahnya disebutkan rengasdengklok terjadi karena adanya perbedaan pendapat antara pemuda dan golongan tua, pemuda ingin kemerdekaan di umumkan segera, sedangkan pihak yang tua (bung karno dan bung hatta) ingin tetap mengikuti hari dan tanggal sesuai dengan yang sudah di sepakati dengan laksamana Jepang karena bung karno sebagai ketua PPKI saat itu merasa bertanggung jawab untuk menghindari bentrok dengan Jepang yang akan menimbulkan jatuhnya korban, disini saya melihat bung karno tidak tergesa-gesa, ada kehati-hatian, menghindari jatuhnya korban

          •  

            @Agato

            “Makanya Ane dah bilang gak ada hubungannya dg HAM. Mau dibersihkan juga silahkan tuh OPM”
            —————————————————————————–

            Gimana gak ada hubungannya bro, dalam penggunaan alutsista barat sudah jelas rulenya kok. Kenapa Hawk dilarang digunakan utk menumpas GAM dan OPM, demikian jg F-16, Apache bahkan Anoa sekalipun. Apa Nexter bisa dipake di papua.? Tidak kan.? Kenapa.? Karena ada klausul dilarang digunakan utk memerangi warganya sendiri (dalam artia luas pemberontak). Andai dipaksakan utk digunakan maka akan dijatuhkan sanksi.
            Karena apa sanksi dijatuhkan, karena digunakan melanggar HAM membasmi warganya sendiri.? Itukan definisi HAM yg mereka terapkan. Tp bolehkan alat perang itu digunakan jika utk membantai tentara China jika terjadi perang dng RRC.? jawabnya tentu halal
            Itu sebabnya setiap upaya dalam memberantas OPM selalu dilakukan dng sangat hati2 oleh pemerintah, sampai dengan merubah istilah menjadi gerombolan kriminal bersenjata, yang artinya disamakan dengan rampok saja.
            Jika diijinkan menggunakan senjata Barat, sdh lama OPM itu bakal wasalam.

            “Bisa jadi OPM sendiri dipelihara oleh tentara/negara agar ada alasan kuat buat 1.) Latihan militer, 2.) Uang latihan/keamanan, 3.) Mengasah naluri membunuh pada pasukan.”
            —————————————————————————

            Hati2 dengan statmen anda yg ini bung, itu artinya anda sudah membuat berita HOAX dengan opini anda di medsos tanpa ada bukti falid yg bisa anda pertanggung jawabkan. Sdh 2 org ditangkap karena membuat opini seperti ini di media sosial baru2 ini dendan model kasus yg hampir serupa tanpa ada dasar pembuktian.

            Utk kasus GAM dan OPM tidak bisa kita samakan dengan kasus Timor Leste berdasarkan riwayat sejarah. Aceh dan Papua (IRIAN) secara sejarah adalah bagian dari NKRI yang diakui dunia pada saat itu, sedangkan Timor Leste hanya anak pungut yg diminta utk diadopsi dalam perjalanan Republik ini.

          •  

            Sejak kapan Ane ngomong Malaysia merdeka sekarang?? Mana juga bagian yg Ane sebut Indonesia masih dikuasai Belanda waktu Konfrontasi dengan Malaysia??? Lah apa hubungannya Ama Rengasdengklok????

            Wah, Jaka Sembung bawa golok nih Anak. Untung puasa, kalo enggak udah ane golok beneran nih anak.

            Lagian Lo kira tuh dedengkot OPM bodoh apa?? Kalo bodoh pasti gak akan melakukan tindakan mengacaukan keamanan.

          •  

            Sejak kapan Ane ngomong Malaysia merdeka sekarang?? Mana juga bagian yg Ane sebut Indonesia masih dikuasai Belanda waktu Konfrontasi dengan Malaysia??? Lah apa hubungannya Ama Rengasdengklok????

            Wah, Jaka Sembung bawa golok nih Anak. Untung puasa, kalo enggak udah ane golok beneran nih anak.

            Lagian Lo kira tuh dedengkot OPM bo_doh apa?? Kalo bo_doh pasti gak akan melakukan tindakan mengacaukan keamanan.

          •  

            @Agato

            “Bisa jadi OPM sendiri dipelihara oleh tentara/negara agar ada alasan kuat buat 1.) Latihan militer, 2.) Uang latihan/keamanan, 3.) Mengasah naluri membunuh pada pasukan.”
            —————————————————————————

            Hati2 dengan statmen anda yg ini bung, itu artinya anda sudah membuat berita HOAX dengan opini anda di medsos tanpa ada bukti falid yg bisa anda pertanggung jawabkan. Sdh 2 org ditangkap karena membuat opini seperti ini di media sosial baru2 ini dendan model kasus yg hampir serupa tanpa ada dasar pembuktian.

            Utk kasus GAM dan OPM tidak bisa kita samakan dengan kasus Timor Leste berdasarkan riwayat sejarah. Aceh dan Papua (IRIAN) secara sejarah adalah bagian dari NKRI yang diakui dunia pada saat itu, sedangkan Timor Leste hanya anak yg diminta utk diadopsi dalam perjalanan Republik ini.

          •  

            Lah itu situ tau, kok mau maunya juga ngadopsi anak yg belum kita kenal asal usulnya lebih jauh. Walaupun sama2 di pulau Timor, tapi mereka sudah terpisah lebih dari 5 abad dg kawan2 mereka di Hindia Belanda. Jadi udah beda hubungan. Kalo enggak, buat apa mereka minta disintegrasi.

          •  

            Rusky and Agato…kalau rindu Huha jangan ribut sendiri….jumatan waktunya

          •  

            Maaf bung Agato… saya hanya mengomentari pernyataan bung Dedy Jabal yang mempertanyakan Tank yang digunakan di konflik Aceh… dan jelas kala itu Indonesia hanya memiliki Tank milik marinir buatan Sovyet/Russia yang tidak ada urusan dengan embargo USA kala itu… Tank yang ada dan terbaru adalah Scorpiom dan kena banned dari UK…

          •  

            @Dedy: Jelas Bung Karno ceroboh, “HANYA KARENA UK MAU MEMBERIKAN KEMERDEKAAN BUAT MALAYA” dan mau mendirikan persemakmuran Malaysia kenapa lantas Kita ikut campur dan membuat Dwikora?? Apa karena takut Indonesia dikelilingi wilayah UK?? Jelas itu konyol sekali, mereka sudah ratusan tahun ada disana, “INDONESIA SENDIRI SAAT ITU JUGA SEDANG DI KUASAI BELANDA”. Jadi tak ada hak bagi kita untuk ikut campur masalah politik dalam negeri negara lain. Bukankah Hak Kemerdekaan setiap bangsa sudah didukung oleh Indonesia lewat Pembukaan UUD RI 1945?? Kemerdekaan dalam bentuk perjuangan atau pemberian kemerdekaan jelas bukan masalah, yg penting merdeka dari penjajahan.

            coba di baca lagi ini anda yang tulis loh di atas bung agato

          •  

            Dari peristiwa rengasdengklok itu terbukti bahwa bung karno sangat berhati-hati dalam mengambil keputusan jadi saya sangat menentang pendapat anda yang mengatakan bung karno itu ceroboh, saya rasa saat konfrontasi RI-Malaysia itu tidak semua di tuliskan dalam sejarah kenapa itu bisa terjadi sama seperti dengan supersemar yang sampai saat ini masih misteri, Sejarah itu di tulis oleh pihak yang menang, sementara bung karno berada di pihak yang kalah saat itu terbukti dengan adanya kudeta (ini hanya opini saya)

    •  

      bung ruskye yg bung jelaskan itu Trikora

      Ganyang Banglaysia itu Dwikora misi objektifnya terlalu ambigu dipenuhi intrik2 internal politik indonesia sendiri.

  7.  

    Boeing AH-64 APACHE – Attack Helicopter

    https://www.youtube.com/watch?v=4Jfm_soaXso

  8.  

    Besyukur 8 biji apache sudah datang….tinggal menunggu kabar di sini….Su-telulimo

  9.  

    Yg Menjegal Atau Protes Alutsista Bkn Orng Kemenhan & TNI Melainkan Antek Asing, Fans Maniak atau Sales, Aktivis HAM & Lingkungan, LSM atau Ormas disintegrasi Jd Nggak Usah Di Dengerin Bung Admin, Diego, Senopati Pamungkas , Ayam Jago, TN Phd, dll

  10.  

    embargo itu kan tidak hanya sepihak saja kan bung ?
    as klo ga suka sama indonesia bisa embargo indonesia, tpi dilain cerita pernah kan kita embargo/tidak membeli produk2 israel dan amerika. atau tidak membeli produk sari roti, krn waktu itu pernah ber itikad tidak baik…..
    cerita itu jgn satu arah/pihak saja….
    maklum cuma bermodal kebencian, jadi pembakar semangat utk mengetik komentar……

    •  

      Jelas lain dong…
      Senimen kepada salah satu produk berbeda dengan embargo, tidak membeli produk Israel wajar dilakukan karena memang tidak memiliki hubungan diplomatik… tidak membeli produk USA itu bisa saja diganti dengan membeli produk dari negara lain…
      Sari roti lebih kepada reaksi pasar yang bersifat sporadis dan spontan, seperti halnya ketika ada isu bakso daging celeng atau daging tikus yang berakibat menurunya penjualan…

      Embargo militer jauh lebih rumit, contohlah yang terjadi kepada Indonesia di tahun 1965 karena kemarahan Sovyet jelas saja Indonesia langsung keteteran, begitu juga ketika USA melakukan embargo tahun 1995, pespur yang sudah didominasi produk barat ya langsung K.O, belum lagi Tank Scorpion yang dilarang digunakan untuk konflik aceh…
      Kebijakan saat ini sudah mengakomodir keduanya, menggunakan pespur buatan USA dan pespur buatan Russia, begitupun untuk Tank, Marinir di dominasi tank ampibi buatan Russia sedangakn AD didominasi buatan Jerman, heli tempur juga menggunakan keduanya…

      Embargo pernah dialami dan benar2 menyulitkan, langkah terbaik adalah mengantisipasinya sehingga tidak terjebak disalah satu situasi dan itu yang dilakukan TNI… ngga bisa di sepelekan atau dilupakan begitu saja

  11.  

    tekanan oh tekanan….buah dada

  12.  

    selamat shaur bung….xaxaxaxa…..

  13.  

    Gimana kabar gandiwa? Masak sebatas konsep aja? Kapan diwujukannya ya? Padahal pt DI dekat sama Airbus

    •  

      itu gampang dek yang penting ada niat dari penguasa(pengbil kebijakan)…sayangnya belum ada…xaxaxa…

      •  

        Ga ada yg instant, apalagi kalo sudah menyangkut sdm…sbg gambaran utk membentuk skill yg mumpuni pd tataran insinyur dibutuhkan waktu kurleb 5 tahun, itupun harus dilibatkan scr kontinyu utk menangani berbagai proyek spy skillnya tetap terasah.

        Tapi kabar baiknya, ketika pak indroyono susilo (mantan menko maritim)mengunjungi para diaspora indinesia (eks iptn)yang bekerja pd industri aviasi di eropa dan amerika utara…termasuk pak tjandra yg bekerja di bell helikopter. Beliau-beliau yg disana menyanggupi utk menularkan pengetahuannya kpd para insinyur2 muda kita yg bekerja di industri aviasi nasional

        •  

          seberapa optimis anda dengan generasi2 insinyur2 dan teknisi2 muda baru Pt Di bung hari?

          sya harap generasi tua yg mau pensiun tidak sekedar hengkang dari pt di namun menjadi advisor2 utk yg muda2.

          •  

            Nyetak insinyur sih mudah mudah saja..
            Nyang susah itu
            Niatan dan strateginya dr pemimpin..

            Ha ha ha

          •  

            nah ini yg bener harusnya kita punya proyek pemekaran provinsi di pulau hainan

        •  

          Hari benul skali…
          Dari sederhana dulu kek china dan nyang penting negara hrs hrs cerius…

          Emang mi instan ya…

          Hahaha

          •  

            masih mending makan mie instan daripada kiminis zionis han makan cindilnya curut

            idup2 lagi

          •  

            xaxaxa….napa eloe yang esmosi sih…dia komen untuk kembaran mu nu…bukan eloe….xaxaxa

    •  

      faktor utama dari tercipta sista adalah keinginan(niat)kedua politik angaran ketiga baru bicara teknisnya.. .termasuk para rekayator atau enginernya….bila semua sudah terpenuhi maka tingal proses dan waktu yang dibutuhkan…..karna prodak sista beda dengan prodak lainya yang cendrung menganut prinsif pasar keseluran…
      jadi politik angaran sangat penting….karna bukan hanya untuk prodak sista semata tapi mencakup banyak hal….dimana ada pertahanan,kemandirian dan juga kebanggaan…ini ulasan kasar mbah….jadi maklum belepotan…tapi kira kira begitu pandangan saye….engak pake tawa lah….nanti malah dibilang banyak cengegesan lagi….!!!!

  14.  

    Indo kl gak mau di embargo dan sanksi ya harus mandiri di segala bidang dan hrs menjadi negara super power…

    Ha ha ha

    Apache kaitan dg gandiwa jauh sekali…
    Ha ha ha…

    Negara byk duit boleh pake ni heli sbb ni heli rawan rpg dan manpad..

    Ha ha ha

  15.  

    Menhan yang dulu pernah ungkapkan Setelah pembelian Apache diharapkan RI bisa produksi heli Tempur sendiri Misalkan boeng tidak ngasih tot bisa alternatif sama air bus. #edisi ngarep#

  16.  

    Paling juga gak dapat ToT dari amerika, amerika super kikir bin pelit

    😎

 Leave a Reply