Agu 132014
 

Host 100 Hari Keliling Indonesia, Ramon Y Tungka Menengok Patok Perbatasan Indonesia dan Malaysia di Kalimantan Barat

BALIKPAPAN, KOMPAS.com – TNI ajukan rencana pembangunan jalan patroli di sepanjang titik-titik patok di perbatasan Kalimantan Timur dan Kalimatan Utara dengan Negara Malaysia. Rencananya jalan ini membentang sepanjang 1.034 kilometer dari Long Apari di Kutai Barat di Kalimantan Timur hingga Sei Ular di Nunukan, Kalimantan Utara.

Pembangunan jalan patroli diperkirakan memerlukan dana sedikitnya Rp 2 triliun. Pangdam VI Mulawarman Mayjen TNI Dicky Wainal Usman mengatakan TNI sedang mengajukan anggaran itu ke pemerintah.

β€œRencana sudah matang. Sekarang kami sedang memohon ke pemerintah pusat untuk membuat jalan patroli, tapi belum ada anggarannya,” kata Dicky usai menutup kegiatan Karya Bakti TNI Kodam VI Mulawarman TA 2014, Senin (11/8/2014).

Dicky mengatakan, jalan patroli tersebut direncanakan memiliki lebar 12 meter dan berjarak 50 meter dari patok batas negara Indonesia-Malaysia. TNI merancang jalan bisa dilintasi kendaraan pengangkut logistik dan kendaraan aksi cepat. Mereka juga akan menempatkan pos-pos penjagaan beserta prajurit-prajuritnya di situ.

Tak hanya jalan

Menurut Dicky, TNI juga akan memasang pemantau di sepanjang jalan patroli yang direncanakan itu. Alat pemantau ini berteknologi laser yang mampu memantau keluar-masuknya orang atau kendaraan.

“Jadi dari pos ke pos tidak lagi pakai helikopter. Kami pakai helikopter secara terbatas saja. Dengan jalan menyambung terus dengan hutannya, maka pengamanan lebih mudah. Kendaraan bisa lebih lancar dan pasukan yang tinggal di pinggir hutan akan lebih cepat (pergerakannya),” papar Dicky.

Perbatasan Malaysia-Indonesia membentang sepanjang 2.019 km dari Tanjung Batu di Kalimantan sebelah Barat Laut, melewati dataran tinggi pedalaman Kalimantan, hingga ke Teluk Sebatik dan Laut Sulawesi di Timur Kalimantan.

Dengan panjang perbatasan itu, banyak persoalan yang bisa terjadi mulai dari penyelundupan narkoba, pedagang lintas perbatasan, hingga penyelundupan tenaga kerja ilegal. Jalan patroli diharapkan bisa mengurangi dampak persoalan perbatasan tersebut.(regional.kompas.com)

Bagikan:
 Posted by on Agustus 13, 2014

  73 Responses to “TNI Ajukan Rencana Pembangunan 1.034 Km Jalan Patroli di Perbatasan Kalimantan-Malaysia”

  1.  

    Pertamax…

  2.  

    second..

  3.  

    SETUJU

  4.  

    Wah ada lagi artikelnya hehehe mantap bener hari ini suguhannya makasih bung admin salam NKRI

  5.  

    Lanjutkan

  6.  

    Semoga anggaran nya cepat di setujui..Demi klancaran Aktifitas dan keamanan.NKRI

  7.  

    Yups bener sekali,tuh anggaran harus wajib dikasih/disetujuin ga pake lama. Demi NKRI dan kemajuan infrastruktur daerah tsb..takutnye klo ga segera disetujuin en berlarut-larut bisa2 bukan patok perbatasan yg di caplok, malah patok KUBURAN juga bisa dicaplok + mayatnye mangkin repot ntar keluarganye yg mo ziarah harus minta izin dulu ma si malingsial tuh..he.he.he..!!!

    ….NKRI HARGA MATI…

  8.  

    Good idea,Lanjutkan pak…..!!!

  9.  

    Menurut saya ini salah satu plan TNI yg sangat tepat untuk efisiensi dalam hal pengawasan di perbatasan ..
    sekaligus dapat lebih memudahkan distribusi logistik untuk TNI maupun warga disana..
    Jalan ini juga nantinya pasti dapat mempermudah pergerakan alutsista dan personal apabila kenakalan pihak malaysia terulang lg. .
    sekaligus tempatkan Tank , Mlrs , Anoa dan heli serbu disana..
    Dijamin Tu patok kagak lompat2 sendiri lagi kayak pocong haha
    ayo yg kaya kaya , bantu untuk dana pembuatan jalan trsebut , daripada dipake foya-foya. .
    *salam sasak damai*

  10.  

    Ini kan bukan proyek alutsista rahasia..jadi boleh diawasi KPK donk…IMHO..

  11.  

    Dulu ada cerita….

    Saat jerman menyerang eropa barat dengan blitzkrieg berintikan divisi panzer mereka bisa menggulung seluruh eropa barat cuma dalam waktu 3 bulan….

    Tapi saat menyerang Rusia mereka cm bs menguasai separuh rusia dan itu pun butuh waktu 3 tahun setelah itu mundur dengan berdarah darah…blitzkrieg telah menjadi kuburan divisi divisi terbaik jerman di rusia….

    Apa perbedaanya? Saat menyerang eropa barat jerman dibantu sistem jalan raya dan perkereta apian eropa barat yg modern dan mulus licin (autobahnen) sbg ciri khas negara modern….itulah kenapa eropa barat cepat digulung jerman karena secara tdk sadar menyediakan infrastruktur transportasi yg luar biasa hebat bagi kekalahannya….

    Di rusia tentara jerman harus berjuang di tengah lautan lumpur jalan setiap meternya karena buruknya sistem jalan raya rusia…seluruh peralatan berat terpuruk tak bergerak dalam lumour jalan sedalam lutut….itu pun belum cukup…rel kereta rusia tdk standar dgn rel eropa barat sehingga harus dibongkar pasang ulang setiap meternya agar kereta dari jerman dapat mengangkut kebutuhan wehrmatch ke rusia…cukup?blm….iklim musim dingin rusia yg ganas semakin memperburuk kondisi jalan yg tadinya lumour menjadi padang es yg licin dan tdk dpt dilalui kendaraan…intinya jerman tdk dpt memaksimalkan potensi mekanisnya dan kembali ke jaman pertengahan….bertempur dengan infanteri….

    Jadi jangan kita senang dulu dengan jalan mulus…itu dpt menjadi tali gantungan di leher kita saat perang…

    •  

      bener juga

    •  

      kita buat jalan tersebut tidak bersahabat dgn musuh, misal lewatkan jalan itu di celah sempit/antara 2 tebing, paksa musuh lewat agar masuk perangkap kita bisa hajar dari atas at pakai artileri mereka gak akan ke mana2.

      •  

        Betul bung Wawan, mungkin di Eropa waktu bangun tujuan utama hanyalah infrastruktur transportasi, tanpa ada bayangan kemungkinan perang.

        Kalo di Kalimantan sejak awal dibangun dengan kesadaran penggunaan untuk militer, pasti sudah dipersiapkan segala kemungkinan termasuk yang terburuk jika dimanfaatkan oleh musuh….

    •  

      Bung wehrmacht, jalan2 tsb memang digunakan oleh Guderian, tapi juga digunakan oleh Montgomery dan Patton ya?

    •  

      Assalamualaikum wr.wb
      sebelumnya saya baca dr komen anda tentang taktik clausewitz
      kenali musuhmu baik-baik, kita liat negara tetangga punya alutsista apa? antidotenya apa? pasukannya
      dengan adanya jalan tersebut bisa juga untuk meminamilisir tindakan penyelundupan atau pelanggaran lainnya lagipula dilengkapi dengan teknologi laser, saat sinar lasernya terputus karena terhalang benda kan bisa diketahui posisi mana terdapat pelanggaran.
      saya juga pernah dengar perang di amarika sana antara pihak utara dan selatan di menangkan pihak utara karena dengan membangun jalur pasokan logistik yang saat itu kereta api.

      •  

        Waalaikum salam bung wongndeso….

        Infrastruktur kalo kita yg gunain jelas keuntungan buat kita dgn catatan kita tetap dlm posisi menyerang (itulah kenapa john wayne bilang menyerang adalah pertahanan terbaik).kalau kita bertahan apalagi mundur babak bingkas kita….kalau bangunan atau jembatan masih bs kita bumi hangus rata dengan tanah…kalau jalan? Mana sempat…

        Itulah kenapa jalan di eropa barat bergantian dipakai guderian dan patton/montgomery karena memang mempertahankan kemenangan lebih sulit dari merebutnya (kata om clausewitz).itu karena pemenang selalu mengidap victory desease (VD) sehingga cenderung lalai dan meremehkan lawan…sementara lawan karena sadar dia lemah berusaha mengevaluasi kelemahan dan mengupgrade kekuatan…itu kata clausewitz loh…

        Saat civil war pd awalnya utara kalah telak karena ekonomi selatan lebih bagus dari utara…itu karena bahan makanan dan bahan mentah berasal dari selatan…jenderal jenderal terbaik jg berasal dr selatan seperti jackson dan meade…selatan jg menguasai lautan dr charleston hingga boston sehingga utara terisolir…sepanjang pertempuran selatan selalu mendominasi dgn kavalerinya yg kuat…tp utara menguasai satu hal yg jarang diselatan…jalur kereta api sbg ekses kota industri di utara…

        Namun utara baru bs menikmati kelebihan ini setelah selatan terdesak pasca pertempuran yg menentukan di dekat washington (sy lupa nama medan perangnya…sangat terkenal) sehingga setelah itu selatan selalu dlm posisi terdesak…barulah utara menggunakan jalur keretanya untuk mendesak selatan karena kavalerinya sdh hancur…

    •  

      izin sharing bung wehr…pembangunan jln tentu membantu mobilitas baik TNI maupun sipil..nmn mnrt hemat sy perlu jg d perhatikan dampk llingkunganny…..pmbangunan jln pasti akan diikuti infrastruktur lainny…d khawatirkan d bbrapa titik mrpkan lintasan satwa yg biasany mlalui hutan lebat atau mrpkan tmpat tinggalny…mlah jg bisa memudahkan lintasny pr pemburu liar dr tetangga rese…dan tentu msh ad dampak lain yg khn trjadi, krn, cmiiw, bukankah perbatsan sbgian besar wilayahny berupa hutan lebat…syang khn mlihat flora/fauna endemik borneo smakin berkurang (kl tdak mau d sebut punah) spt pigmi…
      salam…

    •  

      mungkin menurut saya bung whermacth, jalan itu untuk persiapan aneksasi serawak dan sabah…. hmm menarik

  12.  

    Sekalian di pasang TECHINCAL FENCE biar afdol, kalo udah gitu patoknya masih geser juga..
    “Bersama tuhan kita serbu dari langit”
    NKRI HARGA MATI

  13.  

    Sangat setuju sekali. Kalau memang perlu dibangun kota baru sepanjang perbatasan.

  14.  

    kalo duit dua tango sdh ada … cepat buatkan jalan.
    kalo duit blom ada … pasang CCTV dulu aja.
    masih kejangkau ma isi dompet …

  15.  

    Bukan main salut sya,puanjang bgt tuh lintasan’a

  16.  

    100% SETUJU bikin lintas untuk Leopard

  17.  

    Belikan aja buldoser n peralatan pembuat jalan yang banyak
    TNI yang ngerjain wkwkwkkw biar ga dikoupsi melulu duitnya

  18.  

    Semoga terealisasi biar kebun sawit jiran tengik nggak ” mblakrak ” masuk wilayah NKRI dengan alasan nggak tahu batas.

  19.  

    buatt innfrastruktur di daerah yagn ada penduduknya saja lebih baik buat terowongan le…

  20.  

    Mantab yg ginian u/ kelancaran pengaman daerah perbatasan dan berkontribusi bg ekonomi, rakyat bisa merasakan langsung pembangunan. Semoga mnambah kecintaan NKRI penduduk di kalimantan.

  21.  

    1 sniper pos setiap 100 meter, dengan perintah tembak langsung bagi pelintas illegal.
    saya kira bisa membantu mengamankan perbatasan.

  22.  

    mudahan terealisasi jalan ini dan tentunya akan memberi dampak positif bagi masyarakat di daerah kalimantan khususnya daerah perbatasan dari segi ekonomi.masyarakat di sana masih tergantung dengan malaysia hanya untuk membeli sembako saja pun menggunakan mata uang ringgit malaysia miris memang.

  23.  

    Sekali dayung 2 kepentingan teratasi (militer dan ekonomi) …
    Lanjut …

  24.  

    Dampak baiknya jauh lebih besar,,,segera laksanakan pembangunannya,,,kalau sampai perang itu terjadi dan para tentera2 sebelah berhasil meringsek masuk,,kita ucapkan selamat datang dinerakamu!!

  25.  

    tp 50 mtr dr patok kya’a terlalu dekat. usul ane sich klo bisa 2 km & pohon’a ga usah d tebang. khan bs d bakar klo perang ma malon. maaf klo salah. he… he…

  26.  

    TNI mau bilang ntu jalan untuk hilir mudik si macan tutul en alutsista lainnya cuma di blur. Intinya jelas banyak manfaat kalau jalan tsb terealisasi. Semoga Pemerintah langsung menyetujui tanpa pake lama apalagi bertele-tele.

  27.  

    Sekedar refresh mengenai pembangunan di perbatasan dengan malaysia pada tahun 2012 dikucurkan dana 3.9 triliun. Dan sekarang 2014 pengajuan dana 2 triliun lagi untuk perbatasan. Artinya akan ada dana 5.9 triliun untuk perbatasan saja. Mantaaaaap
    Semoga stigma daerah terpinggirkan diperbatasan dari segala akses dan kesempatan untuk maju bisa sedikit demi sedikit bisa dihilangkan dan menjadi daerah maju dengan hidup yang semakin sejahtera. Amiiiin.

    http://enr-news.blogspot.com/2012/05/rp39-triliun-untuk-bangun-perbatasan.html

  28.  

    mudah-mudahan terlaksana. amin

  29.  

    Apa kabar proyek pmbangunan kereta api oleh rusia di kalimantan timur? Ada yg tau gk bung?

  30.  

    Kalau sy ada ide begini….

    Di sepanjang garis perbatasan di buat parit selebar 12 meter dan kedalaman 6 meter yg di aliri air…disisi kita di buat gundukan dari tanah hasil galian parit setinggi 6 meter menghadap parit sepanjang perbatasan dan diatasnya di buat jalan (tidak usah diaspal,dikeraskan saja dengan cairan khusus agar kendaraan bs melaluinya). setiap 25 km jalan itu ada pillbox beton dengan kelengkapan artileri minimal mortir yg di jaga satu regu tentara…

    •  

      Bahaya bung wh,,gundukan harus d beri pondasi dong,lagi pula gundukan rawan longsor,gundukan kena pelor tank,C-4 atw dinamit akan membuat distribusi terputus,kitapun akan sulit mendesak mundur lawan.strategi sperti ini biasanya untuk sbuah benteng dgn maksud mengurangi jumlah pasukan musuh dgn niat deff total,maaf bung IMHO,,

  31.  

    gaaaah ha ha ha πŸ˜€

    ane ngerasa bacot ane ada yg dengerin, diancok senengnya gaaaah ha ha ha πŸ˜€

  32.  

    muke gile ente..
    daripada bikin doly mending ndiriin lokalisasi lah..

  33.  

    Tanjung Batu di Kalimantan sebelah Barat laut? tu beneran ada ato salah tulis ya?

 Leave a Reply