Dec 192014
 
Ilustrasi: Personel TNI

Ilustrasi: Personel TNI

BALIKPAPAN, KOMPAS.com — Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat berencana menambah 17 pos baru di sepanjang perbatasan Indonesia-Malaysia di Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara.

“Tujuannya ialah untuk menyatakan kehadiran negara dan memberi rasa aman kepada rakyat kita yang tinggal di dekat perbatasan dengan negara tetangga,” kata Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam) VI Mulawarman Mayor Jenderal TNI Benny Indra Pujihastono di Balikpapan, Rabu (17/12/2014), seperti dikutip Antara.

Kodam VI Mulawarman bertanggung jawab mengawasi perbatasan sepanjang 1.038 kilometer dari timur laut ke barat daya perbatasan dengan negara bagian Sabah dan Sarawak, dua negara federasi Malaysia.

TNI AD sudah memiliki 33 pos saat ini. Dengan tambahan 17 pos lagi tahun depan, akan ada 50 pos yang memantau wilayah utara NKRI.

“Selain itu, juga ada dua batalyon dari kesatuan-kesatuan dari Kodam lain yang turut berjaga di perbatasan,” kata Benny.

Saat ini, dua batalyon dari Kostrad, yaitu Batalyon Infanteri Lintas Udara 433 dan Batalyon Infanteri 413, tengah bertugas mengawal patok-patok sempadan dan mencegah semua yang ilegal.

Ditambah kekuatan organik Kodam VI Mulawarman sendiri, ada 892 personel yang terlibat dalam pengamanan perbatasan. Pada jarak sepanjang itu, ada 33 pos. Setiap pos rata-rata berkekuatan 15-20 prajurit yang siaga 24 jam. Biaya pembangunan semuanya berasal dari anggaran untuk Kementerian Pertahanan dari APBN 2015.

Saat ini, TNI AD sudah mengawasi perbatasan dengan 33 pos yang tersebar mulai dari pesisir Kabupaten Nunukan di timur laut Kalimantan Utara hingga bagian hulu Sungai Boh di Pegunungan Schwanner di barat laut, di bagian barat Kabupaten Malinau, dan ujung barat laut Kabupaten Mahakam Ulu. (KOMPAS.com)

Bagikan Artikel :

  17 Responses to “TNI Akan Tambah 17 Pos Baru di Perbatasan Indonesia-Malaysia”

  1. Jangan sampai wilayah NKRI dicaplok tetangga…

  2. Tambah terus pak yg bnyak

  3. sipp deh pak lanjutkan program-program seperti itu wajib diteruskan !

  4. Posnya yang kerenan dikit lakh, pake bata atau beton jangan pake kayu

  5. NKRI harga mati terimakasih pa

  6. Demi nkri kl yg kyak gini aku siiiiiip aj deh

  7. Alhamdulillah,,, kemajuan demi kemajuan terusndilakukan demi kebaikan NKRI. Tercinta, harga mati untuk NKRI 🙂 (y)

  8. Semoga semua dibenahi setelah kunjungan pak jokowi ke pos perbatasan di nunukan ..
    semua butuh proses karena Sangat luasnya wilayah NKRI

  9. tolong dibekali night vision google buat berburu celeng beneran lumayan buat nambah lauk pauk mereka

  10. Buat dulu infastrukturnya yang memadai, jangan menempatkan prajurit diperbatasan negara seperti melepaskan binatang di hutan………!!!

  11. Tolong infrastruktur juga dibenahi seperti akses jalan dan aliran listrik. Akses jalan akan memperlancar perekonomian setempat dan aliran listrik bikin warga nyaman dan bisa terhubung dengan dunia luar lewat TV. Ditambah rencana me-migrasi sejumlah tentara dan warga dari pulau jawa yg sudah padat untuk direlokasi kesana akan lebih bermanfaat untuk negara dan warganya

  12. ######### peringatan ########

    Jangan memakai nick name orang lain

  13. setuju :Yb bangunan pos harus kokoh jangan pake kayu, kasihan sama prajurit yg tugas d perbatasan

  14. ayo Semua element NKRI….majuuuuu

 Leave a Reply