May 282014
 

suarasurabaya.net – Purnomo Yusgiantoro, Menteri Pertahanan mengatakan akan terus menambah jumlah kapal selam yang dimiliki TNI Angkatan Laut. Langkah ini merupakan bagian dari upaya pemerintah untuk menambah kemampuan pertahanan laut yang dimiliki TNI AL.

“Saat ini kita kembangkan kapal selam dari Jerman untuk seri 209. Kita juga sedang bangun tiga kapal selam dari Korea,” kata Purnomo, di sela-sela serah terima Kapal Cepat Rudal (KCR) 60 Meter di dermaga Ujung PT PAL Surabaya, Rabu (28/5/2014).

Menurut Purnomo, untuk memenuhi batas minimal kekuatan laut, pemerintah akan membeli sebanyak 15-18 kapal selam baru. Selain Jerman, beberapa negara juga telah menawarkan kapal selam baru diantaranya dari Rusia, Prancis, serta Swedia.

Untuk Rusia, kapal selam yang ditawarkan adalah jenis Kilo Class dengan efek penangkal bebas yang cukup baik karena dilengkapi senjata seperti peluru kendali, torpedo, antiranjau, dan antipeluru kendali, serta rudal dengan daya jelajah hingga 300 kilo meter.

“Kita sudah tinjau dan kelihatannya yang dari Rusia ini tidak pas dengan medan yang kita miliki,” kata Purnomo. Karenannya, pemerintah saat ini masih mengandalkan pembuatan kapal selam dari Korea.

Untuk tiga kapal selam yang saat ini diproduksi galangan Korea, satu diantaranya dibangun dengan bekerjasama antara galangan Korea dan PT PAL dengan cara transfer teknologi.

“Kita lebih suka jika pemenuhan kapal selam ini diproduksi PT PAL karena ada kegiatan ekonomi yang menguntungkan bagi tenaga kerja dalam negeri,” kata Purnomo.

Di tempat yang sama Laksamana TNI Marsetio, Kepala Staf Angkatan Laut mengatakan saat ini TNI AL hanya memiliki dua kapal selam. Dia berharap, tiga kapal selam yang dibangun bekerjasama dengan Korea segera rampung sehingga bisa menambah kekuatan yang dimiliki TNI AL.

“Kita punya dua, sekarang bangun lagi tiga, dan nanti akan kita bangun lagi tiga sehingga kekuatan minimum sudah kita miliki,” kata Marsetio. (fik/ipg)

Sumber : suarasurabaya.net

  370 Responses to “TNI AL akan Beli 15 Kapal Selam Baru”

  1. Apakah ini bukti bahwa hiu yang ngeronda lebih dari 4? Semoga πŸ™‚

  2. mantabs…teruskan…mslsh jd atau tdk urusan belakang pak… πŸ˜€

  3. ini akan beli atau sudah ada lontongnya…?

  4. Nyimak….

  5. hoalah Pak Panglima masih aja Pelit informasi nih hehehe eh iya Pak,KS kita kan emang cuma 2 ya Pak Pangima heheh 2 lusin lebih maksudnya hihihih Salam Hangat Pak Panglima

  6. Barangnya udah keluyuran nih kayaknya…

  7. telu

  8. daftar dlu

  9. Gambar yg dibawah, kok lontongnya gede banget kepalanya,,, sperti bukan u 209… setau gw u 209 tonjolan atasnya g sgede itu. Kyk lontong mutan… awaknya klihatan kcil banget… hehehe,,, colek @bung Pocong syerem.

  10. 10 besar kah??

  11. akan nambah 15-18= udah ngeronda jumlah segitu :)) Joosss gandoss…!!!!NKRI JAYAAA…

  12. β€œKita sudah tinjau dan kelihatannya yang dari Rusia ini tidak pas dengan medan yang kita miliki,” kata Purnomo… ?????

    • @bung andri. Itu mah hanya sekedar info terselubung spy tetangga kt gak panik

      maaf klu slah.

      Salam NKRI

      • apa iya sih???
        trus utk apa yah kita kejar efek gentar buat tetangga dgn mendatangkan berbagai alutsista klo senjata / alutsista yang bikin gentar kita sembunyikan???

        • hahaha… anda itu sangat polos dan lugu bung, suatu representasi dari sifat jujur… udah langka tuh jaman sekarang ini. cuma kalo masuk inteligen saya yakin anda akan gagal bung he…he… becanda…

          • anda benar bung MJ, mungkin saya termasuk org yang susah berbohong,, karena saya pikir sebaik apapun kebohongan tetap akan terungkap kebusukan nya,, tp sepahit apapun kejujuran akan membawa kedamaian hati dan kepercayaan dari org lain..

    • lha iyalah MEDAN Indonesia kan di darat yang jalannya manurung dan banyak tobing tobing…Jumlahnya pangaribuan lagi… hehehe ( guyon bung Adi )

    • Itu mbah pur begitu ngomongnya, supaya enggak kepanasan nik kawasan, kilonya yg paling serem ntuh sudah lama nyelem tuh di alkinya Indonesia, eh mbah pur memang mantab, jayalah Indonesiaku,.

  13. <:D
    ?) siap !!!
    _||_ Komandan !!!
    β€œKita punya dua, sekarang bangun lagi tiga, dan nanti akan kita
    bangun lagi tiga sehingga kekuatan minimum sudah kita miliki,”
    kata Marsetio. (fik/ipg)
    pak Kasal ni gimana?? masa kita cuman punya 2… ni lupa kali pk Kasal ni… colek Bung PS…

  14. Akan=sudah beli
    2 kpl selam=2 armada kapal selam,laut dangkal dan dalam

  15. Muantap!! Jayalah indonesiaku..

  16. foto yang pertama KS polosan.. hahaha..
    foto yang kedua malah kayak yang baru di cat.. kayaknya buru-buru di cat mau di foto selfie… hahahaha…

  17. Betul pak menhan..kilo tidak cocok dengan perairan kita makanya yg diambil akula ..#eh
    KSAL bilang kita punya dua (tanpa buah) bisa jadi dua armada, dua lusin, dua KS (401&402 beserta copyannya)..wis manutlah dengan yang bapak babar, “hanya” dengan kasel segitu aja tetangga udah meriang menjelang stroke kok, hehehe πŸ™‚

  18. nyimak dulu

  19. setelah operasi grebek mercusuar keluar deh bantingan …..he he masuk akallllll ben gak adem panas

  20. kapal selam made in palembang aja pak purn,pak pur seperti tukang jual obat aja..koar2 obatnya paling mujarab,rame yg percaya tp cm kalangan org yg gampang dikibuli..yg ada cuma dua blg dong dua biar org ga pada “gila bayang” hehe
    udah ga jaman byk omong,buktikan dulu br bicara..apa yg di ucapkan selama ini tdk lbh dr 5% yg terbukti,itupun terseok2

  21. Bagaimana update latgab 2014, apakah benar KS yang akan joint dan ditongolin di permukaan cuma 1-2 biji (401-402) ? Mohon bocorannya bung @PS dkk..terima kasih

    • itu kan release buat media Bung, mosok latihan buat penjabaran strategi “pre emptive strike” alutsista yang digunakan masih yang pengadaan zaman suharto dan Megawati doang, ntu kan alutsista buat paham strategi “masuk dulu baru gebuk” hehehe… cuma, jadwal latihan alutsista ini bung yang tidak akan dibeber terang-terangan, makanya saya sudah bilang sejak kemarin-kemarin buat warjagers yang dekat dengan area latihan agar siap-siap dengan kameranya :mrgreen:

      • Comrade @PS kapan meluncur ndan??? tuh yang ditimur nongkrong jadi ikutan ga??? target nya jadi yang kapur jaman belanda kan :mrgreen: IMHO

        • Hohoho kan ntar tanggal satu baru dimainkan Bung hehehe… Insya Allah saya besok berangkat (halah…) :mrgreen:

          • berarti bareng rombongan pasukan tikus ditempat saya donk comrade :mrgreen:

          • saya ikut bung__________mendoakan,semoga latgab nya berjalan lancar dan sukses,para anggota TNI selalu sehat dan smakin bertambah jurus dan kesaktiannya
            Aamiin

          • hehehe… saya bareng warga cilangkap Bung :mrgreen:

          • siap ndan :mrgreen:

          • yuk kita kontes, pake kamera, tablet, hp, berburu KS 401, 402 ama yang polosan. gambar termisteri, yang paling banyak bikin perut mules, masuk angin, hoax-hoex kita pilih sebagai pemenang… ada yang mau ikut?

          • Selamat bertugas bung@PS

      • πŸ™‚ iya saya mengerti dan paham kl soal itu bung@PS .maksudnya mancing bung PS biar bocorin “selain yg dua itu” kira2 yg akan benar2 nongol permukaan “supaya nomer lambungnya keliatan berapa2 aja, ataupun yg masih polos jg gpp” πŸ˜€
        Ya kl ternyata memang tidak boleh dibocorkan yaweislah bung he he.
        Soalnya saya tinggal di jakarta ya repot kl harus ke TKP nya lansung πŸ™‚

        Salam hangat bung,
        PA

        • Lebih baik diramal saja Bung, enak lho lebih sedap, klo enggak pakai satellite aja Bung, hehe…, atau pakai ajian mbelah segara, supaya ikannya juga ikut klepek2 bisa sekalian dibakar/dimasak πŸ™‚

          • Ya asik itu bakar ikan sambil nongkrong pinggir pantai, tp ati2 banyak kepiting bung kl sedang bulan purnama πŸ™‚

      • Salam hangat bung PS, “masuk dulu baru gebuk”,.. saya suka hahaha :-D,,jadi ingat ingat main bola gebog jaman kecil dulu hehe

  22. Pek empek nya enak yang dari mana ni, yang dari Rusky, Jerman, atau dari France?
    Kalau saya enak pek empeek bikinan sendiri, lebih murah..

  23. kayaknya yang 402 dari tipe kilo yaa bung

  24. hehehhe….
    malah pada geger bung di forum tetangga sebelah ….sebenarnya yang nongkrong disini tuh sapa sih???
    πŸ˜€

    lah kan dah jelas di warjager yang nongkrong ya para tukang,tukang pulsa,sayur,pelayan warung….

    cuma senyum
    maaf cucu lancang

    • HEI BUNG CUCU…ANE JGN DSBUT2 YAK!!!!
      ane tukang pulsa kna sindir neh…..hahahaha
      ni warung emang kaki 5…tp yg nongkrong slera bintang5

  25. dua_________ratus
    hehehehehe
    Aamiin ya Rabb

  26. Ini juga yang aq heranin, kenapa info pek empek sekarang jadi sangat murah di sini, mohon kpda para sesepuh pencerahannya?

  27. kira2 nonggolnya jam brpa bung..entr klu nonggol mau tk ksih ikan asin..hehehe..salam bung

  28. nah ini kok minta maaf ya bung PS? he he he

    Kepada para anggota DPR itu, Panglima AL Malaysia berjanji tidak akan menempatkan kapal selam Scorpene di kawasan laut Ambalat untuk provokasi atau unjuk gigi kepada Indonesia.
    Kami tempatkan kapal selam Scorpene di Kota Kinabalu karena lautnya dalam, dan tidak bisa ditempatkan di Selat Malaka karena lautnya dangkal. Kami tidak akan membawa Scorpene ke Selat Sulawesi karena akan merusak koral, tambah dia seperti dilansir Antara.
    Dengan hati yang tulus dan jujur, kami tidak akan merusak pandangan rakyat Indonesia terhadap Malaysia. Kita hidup bertetangga dan satu rumpun bersaudara, katanya.
    Saya menjamin kejadian ini tidak akan berulang lagi. Saya juga sudah mengajukan permintaan bertemu dengan Kasal untuk membahas masalah ini, namun beliau sedang sibuk sehingga pertemuan kami sedang mencari waktu yang tepat, katanya.

    ref: http://www.pelita.or.id/baca.php?id=72661
    tahun berapa gak ada info disitu.

  29. ha..ha..ha..ngimpi terus mas…..

  30. Kok kita gak punya Destroyer Bung, maksimal kapal termegah adalah Frigate?

    • trus yang abis dicamo dibrunei class apa donk bung JK??? itu kapur datang nya rombongan waktu hajatan di batam :mrgreen:

      • Kapal yang om maksud itu masih aktif sebagai armada utara rusia. Ada bantahan?

        • memang ada yang masih aktif dan yang dikasih kekita pun barang nya masih aktif koq :mrgreen: anda tau ga isi perjanjian antara indonesia dengan mama Rossi?? kalo anda tau disana sudah ada penjelasan mana yang patut sama yang tidak.kalo bung nanya ke saya tentang isi perjanjiannya maaf bukan untuk khalayak umum :mrgreen: kalo mau foto silahkan mampir dibiak disana home base nya salam bung sempak

          • Begitu ya. Coba nanti saya cari info lg. Terima kasih penjelasannya Bung Ngurah Rai

          • Bung Ngurah, mohon maaf sptnya utk yg belumminum bodrex gak usah dijawab kelasnya ketinggian hingga gak pernah nangkap jadinya jaka sembung bawa golok.

        • Salam hormat untuk @Bung Ngurah Rai,

          Persisnya Biak pojokan ya Bung ? Untuk @Bung PS, Borei lagi seneng bermain ya Bung ke kita ? Cepat sekali datang habis muterin Pasifik sudah menongol lagi. Senyap sekali memang armada itu sampai harus 2 satelit memantau pergerakanya tapi tetap saja tidak dapat dipastikan dan ombaknya semakin jelas diluar ALKI Indonesia menjaga kestabilan.

          • hehehe…. Salam hangat Bung Daltop :mrgreen:

          • utk kapur ex jerman it trmsuk kategori class ap bung..djerman clas frigt sdngkn al dstryr..mohan pncarahnya bung..salam..

          • K-551 Vladimir Monomakh” ____
            Reportedly hull of scrapped Akula I class submarine AkBars (1993) was used in the construction”

            mutant akula class… ditingkatkan kemampuan setara borei class..

          • @Bung PS, senyum begitu lebar berupa tanda…
            Kapur Jerman sudah melepuh, dengan dinginya salju dari beruang..

            Pembelajaran tiada henti, untuk merakit ulang impian akan akula-2 yang ditinggalkan, dengan menunggu lama akan pembangunan, namun akhirnya muncul di utara kalimantan.
            Abang merah loncat dengan indah melalui program Borei, Saudara selatan diberikan teknologi sebelum Borei, karena Abang Merah tahu kita tidak perlu jarak luncur yang begitu mengenaskan.

            Naga merah telat mendapatkan, Garuda datang mencengkram sang akula hingga Kangguru begitu terpesona akan gerakanya. Kangguru berbicara dengan kekesalan, Virginia datang melintang samudera raya namun Abang merah tidak tinggal diam. Dia bermain dengan sonar ke Virginia, demi menjaga persaudaraan dengan sang Garuda. Harimau di Malaka hanya memandang, begitu indahnya sang akula Garuda. Harimau datang ke Virginia, diberikanlah catatan bantuan dengan syarat mengoyak persaudaraan. Garuda mendengar dengan jelas, dikirimlah jamur-jamuran dan akula bergelora. Panglima berkata tegas, seluruh pasukan berkata ; SIAP !

            Selamat datang arsenal kita,
            Demi menjaga kedaulatan bangsa.

            Sekian iringan puisi yang tidak dipenuhi unsur asli teknik yang benar namun hanya untaian kata yang tersirat.

            NKRI Jaya (Titipan @bung NKRI_Jaya) !

          • @bung daltob : kata2 kiasan yang indah penuh dengan makna tersirat! πŸ™‚

          • indah banget Pak Daltob Puisinya hehehe Selamat bertugas Pak! salam untuk para pahlawan bangsa di utara sana! salam hangat !!!

          • Jamurnya sepetin cendawan?

      • kalau sang penjelajah kapan datengnya Pak?hehhehe

  31. Assalammualaikum wr.wb…..
    selamat malm warjager semua….
    Artikel yg bagus ne tentang kasel/lontong ne…
    td di artikel jerman scrap puput mau komen tp jd ilfil krna ada komen2 yg menurt Puput kurang pants/pas di warjag ne dan kurang mendidik.cz di sini puput lg belajr.btw untk kasel kilo tu punya rudal dengn daya jelajah sampai 300 km…jauh yaa!berarti tu rudal di
    luncrkn dr dlm laut ke permukaan untk tembak
    kapal permukaan,sasaran di darat atw Pespur/
    bs ke tiga2nya?untk anti rudal apakah sm dengn CIWS pd kapur,ma’af pertanyaan dangkal cz puput msh beljr….eh iya kemaren di kash tau istilah2 di warjag ne sm om jalo jd mulai bs beradaptasi di warjag ne,mksh om ja ats pencerahannya…

    • Salam hangat mbak Puput,,bisa ketiganya,, KS tidak membawa CIWS, CIWS juga berfungsi sebagai anti rudal

      • Assallammu alaikum wr.wb
        slamt pagi warjager semua
        K STMJ bs ke tiganya,brarti
        di lontong kilo ada 3 tipe rudal untk serangn ke darat,kapal permukaan,serta ke udara,atw 1 tipe rudal All in
        one?mkash

        • opsional put.. pilih satu diantara 3.. hehehe…

          • Ih K UCAV yg jawb…
            mksh K ats
            jawaabnnya…maklm K msh belajr td banyk tanya.

          • sory salah nangkep.. biasanya tergantung tipe.. ada KS yang bisa cuman bawa torpedo ajah.. ada yg bisa bawa torpedo dan rudal anti pesawat yg bisa di luncurkan dari tabung torpedo seperti tipe 877 a.k.a. kilo atau diluncurkan dengan tabung VLS seperti typhoon.. ada juga KS yang support ketiganya (torpedo, Anti Ship Missile, anti air missile).. seperti kilo dan akula.. biasanya kalo yg support ketiganya bawa amunisi campuran ketiganya, rasionya tergantung misi yg diemban, tp biasanya torpedo yg paling banyak diambil..

    • kalo di kasel(kilo)Pertahanan udara : 8 roket permukaan ke udara SA-N-8 Gremlin atau SA-N-10 Gimlet.

      • Slamt pagi K Saiful…
        itu di nick namenya KK ada gambr Pespurnya,keren ya.
        Untk di Kilo,ada 8 roket permukaan ke udara tipe gremlin/gimlet apa tipe ini yg punya jarak jangkau 300 km.?tp ko roket ya brarti blm ada guidenya,bukan rudal?!mksh K saiful.

        • ente siapa sih put???
          tanya2 ngalor-ngidul, pake nick name perempuan biar yg ditanya langsung ke-Ge.eR’an trus bocor alus dah yang ditanyain..
          ane curiga nih sama macam yg beginian…

          • hmm..bener bung bagong.. soal ” neng put ” namanya dunia maya kan kita gak tau siapa dibalik nickname ini…

  32. Untuk foto kedua sepertnya itu induk cakra dan sering beroperasi dengan nomor lambung polos. Di forum sebelah om kenyot pernah posting foto2 KS cakra yang anjungan depannya lebih besar dari biasanya

  33. Assalamualaikum…!!! Klo bilang ks cuma ada 2 aslinye. 20…sekarang bilang mo nambah lagi sekitar 15/18 ks lagi..klo bilang mo beli lagi berarti tuh barang dah dimari..jumlahnya 15/18 ..berarti dari yg udah ada, ada tambahan baru lagi sekitar 15 ks + 3 lagi yg mo dateng…?ΒΏ??? (18),.!!! Itungan tukang gorengan mudah”an bener..!! NKRI HARGA MATI..!!!

  34. Sante Bung, sembunyikan atau tidak si Kilo itu bukan urusan kita, udah ada yang ngatur.. Kita lebih baik siapin aji2 penerawangan yang lebih mateeep lagi
    Salam hangat dari warga negara Indonesia alias Indonesia. πŸ˜€

  35. Ihh om ja,maksudnya om jalo,ma’af ya om salh ketik…udh mlm ah puput mau bobo dl..

    • Siap neng Puput, terima kasih sudah mau belajar dimari…
      Saya sampai skrg masih penasaran, saya punya teman di bidang rekayasa, namanya Hapsari jangan2 orangnya ini lagi, πŸ˜€

      • Slamt pagi om jalo…
        salam hangat buat keluarga di rumah…
        ko neng se tp it’s ok lah…
        puput bukan hapsari yg om maksd,mungkn neng Hapsari Anggraini,bkn hapsariputri..
        hehehe…
        sy kan cm Pelajar om jalo
        yg nambh mata pelajaran exkul di warjag ne.
        sy kan cm Pelajar

  36. Republik Indonesia tambah 15 ks=???

  37. Selamat malam bung @gue btw, saya kirim email (artikel) td sore..nyampe kan bung?

  38. β€œKita punya dua, sekarang
    bangun lagi tiga, dan nanti akan
    kita bangun lagi tiga sehingga
    kekuatan minimum sudah kita
    miliki,” kata Marsetio. (fik/ipg)
    hehehe. . .

    Petinggi2 kita ini hobi nya berbohong aja. . .mungkin bohong itu berpahala ya. . .
    Mungkin bapak lupa. . .karna kebanyakan kapal selam. . .
    Salut ma petinggi kita. . .
    Biar tetangga gak mabuk. . .

    Salam NKRI

    • Ssst, ndak boleh begitu, Pak Mar dan Pakde Pur kan hanya mengikuti aturan Bung :mrgreen:

      • Masa iya sih om PS kita punya 2 KS trus nanti tambah 3 trus nanti tambah lagi 3 itu udah menuhin kebutuhan..
        Jelas2 sebelum’y dijelasin ideal’y kita harus punya minimum 12 KS..
        Apa 3 nya itu 3 lusin ya om PS buat armabar trus 3lusin lagi buat armatim?..

        • hehehe… Bung percaya ga kalo kita cuma punya dua? NKRI segede gaban begini denga 3 ALKI dan 2/3 wilayah kita adalah laut cuma dijaga dua KS Bung percaya ndak? hehehe… lebih dari dua Bung.. coba deh baca artikel-artikel KS di sini :mrgreen:

          • Iya saya ndak percaya om PS..
            Tadinya sih percaya..
            Tapi setelah saya simak artikel HIU KENCANA dari jilid 1 sampe 8 saya jadi percaya sama om PS bkn sama keterangan om Panglima di TV.. πŸ™‚
            Saya tunggu ya om PS jilid 9 nya..
            Sama cerita kita nenggelemin KS tetangga..

        • Melihat luas wilayah laut kita, ideal itu 24 biji…
          12 itu angka minimal, πŸ˜€

          • Iya om jalo..
            Awalnya saya cuma tau dari TV aja..
            Semenjak saya rajin mantengin JKGR sampe pagi..
            Baru tau deh kisi2 sebenernya TNI kita yang makin setrooongg.. πŸ™‚

          • Maksudnya 24 biji nyang lagi patroli….24 biji nyang lagi selonjoran di dermaga πŸ˜€

      • m’f bung PS. . .ini saya saking gembira. . .saya percaya hoax2 sesepuh di sini. . .itu kan strategi militer. . .law kita jujur ntar tetangga tau antidod nya. . .
        Salam bung PS. . .
        SALAM NKRI

        • betul Bung…. :mrgreen:

        • yap betur tu bung PS dan bung jalo. . .gak mungkin lh perairan luar gini cuma di jaga 2 hantu laut. . .memang ideal nya 24. . .itu mah kurang. . .

          Salam nkri

          • bung PS. . .mo nanya nih,,,ada gak lontong kita keluyuran di selat malaka. . .oh iya tipe apa tu. . .

            Salam nkri

          • bung PS ada gak lontong kita keluyuran di selat malaka. . .law ada tipe apa tu. . .

            SALAM NKRI

          • ada paling ujung dan selatan ada 877, di malaka ada 206 dan 209 Bung :mrgreen:

          • mkasi y bung PS. . .Brarti dah maen kilo di sana y. . .

            Salam bung PS
            SALAM NKRI

        • Dng banyaknya negara tetangga yg resek spt malaysia, australia, singapura, PNGuinea serta negara 2 boneka USA di pasifik kecil, USA, dan banyaknya atmafa kapal selam yg dimiliki indonesia dng bntuk sbg negara yg terkenal dng belasan ribu pulau, dan jutaan kilometer persegi maka kalau 12 atau 18 atau 24 unit ks saya pikir masih kurang, indonesia perlu ada 200 unit kapal selam yg buat masalah ,

      • Wkwkwkwk…. jujur bung PS, waktu kemarin saya tanya kepada beliau-beliau tentang KS kita itu yang saya perhatikan bukan jawabannya (karena jawabannya saya sudah tau dari bung PS), melainkan mimik muka Pak Pur dan Pak Mar.. πŸ˜€
        Mereka berdua terlihat saling pandang saat memberikan keterangan kepada wartawan, mungkin takut salah memberikan pernyataan satu sama lain. Apalagi Pak Mar yang harus menata dengan hati-hati kata demi kata agar tidak kesleo… hahahaha….

  39. klo penglihatan dari kacamata saya..itu no 402 di gambar hasil editan…maaf klo salah…terima kasih

  40. salam hangat, stlh sekian lama nongkrongin warjag, naru x mi comment.. bravo TNI AL!

  41. Foto KS yg polos itu yg di brunei kah om PS?..

  42. pernyataan yg menarik ” 15 kapal selam baru “.
    yg sudah ada dan berenang kan sdh bukan baru lg….luar biasa memang olah katanya Mbah Pur.

  43. Udahlah jangan pada berkhayal , akui saja memang kapal selam kita cuma 2 unit gk lebih dan gk kurang, saya berani taruhan klo ad yg mau ??

  44. “Kita punya dua, sekarang bangun lagi tiga, dan nanti akan kita bangun lagi tiga sehingga kekuatan minimum sudah kita miliki,” kata Marsetio.

    Bung PS,bisa di babarin biar pd masuk angin tuh..

  45. salam sejahtera bagi kita semua salam NKRI….bang ngurah rai itu kapur yang ketinggalan di batam apakabar destroy nya jd buat kita apa di balikin lg ke papa rusia ?

  46. tidak usah dipercaya berita diatas bung…nanti kita dibilang terlalu berfantasi,ngejar view dan sbg nya..apalagi berita diatas tidak ada fotonya,siapa tahu kan wartawannya itu warjagers juga… πŸ™‚ kasel TNI AL hanya dua, cukup sudah..banyak yang tidak mau TNI maju dan disegani, bahkan pengamat lebih keminter daripada usernya sendiri…malah saya barusan baca buat apa kasel banyak2,toh kita ini zero enemy, mau negara kita di balkanisasi juga pada ga peduli…mending nonton live music tiap hari…. xixixixi, yang tersinggung silahkan berobat ke Mintohardjo…salam

  47. mudah2an para pejabat kita akan tetap bilang 2, sampai nanti udah bisa bikin ks sendiripun tetap bilang cm 2…
    maaf nyampah…

  48. Bung PS ane jadi pusing bacanya berita mengenai KS kita muter-muter 7 keliling mana yang bener ya. rrrrrrr. Salam NKRI semangat walau KS kita ga jelas.

  49. Wooow …. Bakalan ada 35 KS yang akan dimiliki Indonesia …. mungkin lebih banyak …. sayangnya hanya tercantum di kalendar TNI-AL doang ….

    • Mari berjalan bersama saya di utara @Bung Kenyot. Ditunggu loh Bung. Bukan hanya foto yang mengambil dari forum lainya. Terima kasih.

      • hehehe… kalo dia kejauhan yuk mari saya ajak yang deketan di selatan jawa aja Bung :mrgreen:

        • saya mau dong di ajak Pak PS hehehehehe biar makin masuk anginnn. bangga bener deh sama perkembangan militer Bangsa ini skrg. satu langkah lagi menuju kejayaan Pak!!!NKRI JAYA PAK!!!

          • Apakah tawaran dari Bung Daltob dan Bung PS utk Bung kenyot itu serius? Kalau serius berani ga Bung Kenyot terima penawaran dari Bung Daltob dan Bung PS..

          • Bung NKRI pengen ya, nanti suatu saat akan dibuka dan dipamerin ke masyarakat. Kalau dilihat tanda2nya, kayaknya beberapa waktu kedepan KS kita bakal di tongolin, πŸ˜€

          • masa ndak pengen sih Bung jalo ngeliat mainan kita yang mempunyai efek deretece yang tinggi.hehehe kalau di release,alingan cuma 1/3 dari yang kita punya Bung hehehe
            lagi nunggu Pak SS ga sibuk nih biar bisa ngobrol secara intim,cailah intim hehehe Bung Jalo besok ga berangkat?

          • typo Bung,maksudnya deterence

        • Mau juga dong di ajak om PS..
          Saya rela deh sediain minyak angin 1 dus.. Hahaha

        • gk akan di reply sama Sempak tantangan dari bung PS ama Bung Daltop….jelas gk berani. atau tantangin aja telanjang keliling monas ama bundaran HI.
          semangat trs bung PS dan Bung Daltop….

      • Bung@daltob sama Bung@PS lupa ato sengaja nie.? Ngajak jalan tp gk blg kata kuncinya yg terakhir.. “After I saw to you, I had to kill you”.. πŸ™‚

        Klo sya ogah ah.. Msh pngen liat “My Little Warrior” jadi Warrior beneran suatu saat nnti. πŸ™‚

    • pake 10 gak nih? hehe..

    • sekalian aja deh ndan Nara, ajak kenyot ketemuan hehe…siapa yang kaget nih klo ketemu xixi

      • @Bung 315, Komandan lagi menjaga kesiapan bersama @Bung Diego dan @Bung Satrio.

        Biarkan saja mereka berpendapat menurut hemat saya bung, karena sebenarnya mereka tidak belajar dalam hal “cara” pengadaan militer kita dari dahulu. Diam dan Rahasia. Bahasa gaulnya “Gua yang punya barang, suka-suka gua mau ditunjukin atau tidak. Gua yang punya duit, suka-suka gua juga mau pamerin atau royal.” Sesungguhnya moralitas dan kesetiaan TNI patut dibanggakan dan terus mau belajar untuk rendah hati namun bukan rendah diri.

    • Hihi sesepuhnya sebelah nongol dimari, nggak tahan juga dia nggak dapet narasumber kayak disini yang top markotob, antara yang satu dan yang lain saling menguatkan informasinya walaupun sepotong-sepotong. Piss om Nyot…salam buat audrey, dan yg lainnya semoga tetap bahagia disana.

      • bner bung CAKRA..sjak prtma sya mkan di warung ini,,,sya skrg jd males mkan kwarng laen…wrung sni lbh kya cita rasa.
        birpun byk yg ribut HOAX HOEX….smaskali gk mmpengruhi slera mkn sya..
        slalu laper tiap mu mampir k warung ni.

    • bung kenyot kita taruhan jahit mulut yuk :mrgreen: kalo anda mau silahkan mampir di ditempat saya ntar saya aja untuk melihat nya gimana anda berani ga ??? atau senior kaskus hanya omong gede doang.hehehehhehehe maaf kalo saya agak kasar sama anda hanya tukang sapu kok πŸ˜€

    • Om kenyot itu diajak ma bung daltop ama bung ps….. kok ga respon?

    • Kalau Kenyot yang di K**s**s selama ini saya amati, kebanyakan sumber beritanya berasal dari media hanya saja dia tidak pernah menyebutkan sumbernya. Jadi seolah-olah dialah sumber pertama dan di forum sana disanjung-sanjung sebagai sumber kalangan dalam.

  50. Beda dulu beda sekarang..semuakan kita pade tau ada program MEF..berarti dah ada kesadaran dari pemerintah bahwa INDONESIA hrs mempunyai ALUTSISTA yg mumpuni..& lihat juga konflik yg sudah didepan mata, tetangga yg usil,serta kejadian2 yg sangat merendahkan martabat bangsa ini..sampai kapan bangsa ini harus trs begini..sekaranglah saatnya dimana ekonomi sdh lebih baik yg menjadikan pundi2 uang negara ini mulai penuh..bukan tdk mungkin kan, kita bisa membeli itu semua..??? Lihat juga luas negara ini secara logika masuk akal ga cuma dijaga 2 ks..?? Seperti bung PS bilang segede gaban..& ingat masalah ks ini walaupun dibilang alasan klasik ga boleh di publish tuk umum karena bersifat rahasia..memang begitulah adanya..namanya juga strategi..kita harus percaya dg PEMERINTAH & TNI..semuanya demi rakyat & bangsa ini untuk lebih maju serta disegani baik kawan maupun lawan.BRAVO TNI…NKRI HARGA MATI..!!!

  51. wow wow wow kaka. iya dapet 35 biji ntar ks nya. kan katanya 20 dititipin + tambah 15 = 35
    ngisi bbm nya mungkin pake AIR KENCING kali yah
    wkowkwowkwokwowk

    • tau perhitungan BBM KS ndak Bung? emangnya kalo KS lagi nyelem mesin diesel nya tetep dipake gitu? lha wong BBM nya dipake kalo pas snorkeling doang, ckckckck, udah belajar dulu lagi sana! :mrgreen:

      • wkwkwk ane nyang sering maen game Silent Hunter aje sering keabisan bbm kalo nurutin ks nya kudu balik kandang abis patroli. Padahal udah di eman2 tuh bbm….sayang di laut gak ada nyang jual bbm eceran ya πŸ˜€

        salam kenal bung PS :mrgreen:

    • Salam hangat @Bung DukunSakti,

      35 Biji mungkin terlalu besar, namun di atas 18 bisa dimungkinkan. Coba mari anda check dari dunia internet saja berapa banyak proyek tabir laut yang di cancelled atau anda tidak bisa mengartikanya ? Perancis saja datang menawarkan, dengan teori hukum ekonomi dan perdagangan, ketika pedagang datang menjajal barangnya ke seorang pembeli, dapat diartikan pembeli tersebut mempunyai barang-barang berkualitas dan mempunyai dana. Monggo ada argumen rasional kita berbantahan.
      Terima kasih.

      • @PS n DALTOB. sdh banyak argumen ini itu cas cus cuap cuap gak guna. cm 1 aja permintaan. MANA BUKTINYA, klo udah di share ceritanya kan bukan rahasia lagi?? mau nampilin bukti dengan cerpen dengan pengarang yang gak jelas yah ?? atau foto kilo yg si sotoin ?? atau foto orang lain di akuin foto sendiri ??? atau kertas file pembungkus kacang ??

        • nggak penting banget ngasih bukti kesampeyan, emang ente siapa, anggota dpr, dpd, menteri keuangan,RI1? kalo ada bukti ente bisa apa? paling oh oh gak jelas..

        • Bung @Daltob … Mantep jawabannya. Bagi yg setidaknya sudah mengantongi ijazah SMP tentu akan Paham. (maklum saya cuma berijazah SMP … Ijazah SMU dan S1 ilang πŸ˜€ ).

          Salam Hormat.

        • selamat malam dan salam hormat juga Pak! terima kasih atas penjelasannya,semoga si “dukun” pemuda yang hilang arah daat kembali sadar dan mempunyai rasa optimistis kepada perkembangan militer Bangsa tercinta ini.

          NKRI JAYA Pak! salam hangat dari seorang pelajar!

        • Bung Daltob, komen/jawaban anda untuk komen dari Bung DukunSakti benar2 “Rapi”. Sayapun ikut tercerahkan dengan hipotesis anda diatas. Terima kasih Bung.
          Selamat pagi dan salam dari kota gudeg… hehe

        • Bung dalton suwun kuliahnya…..pikirane ane jadi terbuka seluas samudra

        • mantaaap ndan Daltop,,,sejak awal fell saya g salah terhadap anda,,,salam hangat bung Daltop

        • si dukun ini…..
          anggota dr kel dukun berdasi n brjas yg bawa kelapa muda tuk cari pesawat ilang……
          mungkin kelapa muda itu smacam slonongboys / sonar trus d hanyutkan d laut ….
          kyk foto d artikel JG aka negeri “demam panggung”
          akwkwkwkwkwkwk πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€

        • sanggahan yang lebih sakti daripada yang mengaku dukun bung Daltob…salam hormat dan terimakasih

        • mantaaaab bung daltob.. pokoknya I love u deh… selamat pagi dan selamat beraktivitas.. terimakasih telah menjadi mentari di pagi hari yang mencerahkan pikiran-pikiran kita pemuda Indonesia… NKRI HARGA MATI..

        • @Bung Daltob : Tanggapan yang sangat memberikan pencerahan bagi kami semua. Baik dari sisi kesantunan dalam bersikap, wawasan penguasaan materi dan tata cara penulisan komentar dengan alur yang “firm” menunjukkan kelas tersendiri. Alangkah hebat kiranya @Bung Daltob dapat mengalirkan ilmu yang bermanfaat bagi kita-kita yang masih hijau dengan turut serta berkontribusi menulis artikel di warjag ini. Terimakasih dari tukang sayur yang haus ilmu πŸ™‚

        • mantap bung Daltob..salut jawaban tentang kerahasian nya.

          @ bung diego…gimana klo ini dijadikan tread sendiri, , karena masih banyaknya yang ga faham arti pentingnya kerahasiaan informasi bagi negara. ini penting buat mereka yang punya aliran “hura ono potone hura percoyo”.

        • tadinya sya menyayangkan energi bung daltob yang berharga hrus terbuang untk melayani argumentasi dri orang yang pemikirannya kurang berharga. namun melihat sisi lain akibat yang timbul, (klarifikasi sekligus menjadi info pelengkap+motivasi untuk warjager dsini) sya mendukung. Hehehe. Salam Kenal. Salam Hangat. Zdarov

        • Apakah anda pernah maen ke selatan Jawa dan pernah melihatnya? kalau belum, untuk apa anda mengajak orang lain. Anda buktikan sendiri dulu dong! Jangan sok nasionalis buta sementara anda masih menggunakan BBM bersubdi pada kendaraan anda. Silahkan berdebat dengan saya kalau anda sudah tidak menggunakan BBM bersubdi

        • @sempak : baru make pertamax aja ud songong lu..blagu amat…ente orang kaya ya?

        • Sudah… jangan di hiraukan.
          Biarkan Bung @sempak dengan keyakinannya

        • @bagong: Dengan tidak menggunkan BBM bersubsid setidaknya saya sudah melakukan hal kecil untuk mengurangi beban negara ini. Saya juga mendisiplinkan diri saya dan keluarga untuk tidak membuang sampah sembarangan, ini juga hal kecil yg saya lakukan untuk mengurangi beban negara ini. Jangan koar2 nasionalis buta sementara anda tidak melakukan tindakan nyata untuk mengurangi beban negara ini.

        • @Bung Daktop: Kalau semua itu rahasia, mengapa dibeberkan semua “mainan” yg sudah dan akan kita punya disini? Mohon pencerahannya

        • @bung daltop ..wah,,,sungguh penjelasan yg gamblang…
          ane aja buruh TKI yg pernah lulus sd bisa ampe paham apalagi bung2 yg lain sbgi pengamat militer??mesti puuuaaahaaamm
          kalau ga paham ya berarti …..

        • Bung Daltob, salam hormat dari saya untuk anda sekeluarga. Semoga sehat selalu dan dalam lindungan-Nya.
          Terima kasih atas wejangannya. Terima kasih atas semuanya. Tetap semangat bung. Bravo TNI

        • Terima kasih penjelasannya Bung Daltob. Mohon maaf saya baru membacanya

      • ikut urun rembug ya bung. teknologi terkini dari ks konvensional -type terbaru sangat ditentukan unsur desain, aip dan kemampuan pengurangan noise baik dari panas, gas buang dan electro magnetic.

        dengan asumsi, kita pernah mencoba teknologi aip dari Germany, tentunya kita akan mempunyai data awal buat perbandingannya. makanya pihak shipyard baik dari dcns dan saab group berniat menawarkan dagangan andalannya. perihal aip memang kondisi sekarang adalah paling reliable. dengan mencoba racikan swedia tentunya secara dasar kita bias mengestimasi kemampuan kemampuan red dot dan sonotan. sedangkan jika mencoba racikan dcns dengan sendirinya akan mudah memetakan kekuatan Sonora.

        • Setuju bung alugoro, tinggal TNI sbg usernya dgn para pemikir strategis disana bisa mengambil pilihan yg terbaik utk strategi perangnya.

          Saya setuju utk penguatan pertahanan dalam laut krn bangsa kita sebagian besra dari lautan yg posisinya sgt strategis sbg alur perlayanan dunia dan krn posisinya senyap dibawah laut, alutsista ini mempunyai efect deterrrent yg kuat. Hal ini juga utk menghindari kasel lawan berpenetrasi seenaknya di wilayah kita baik utk tujuan intellejen maupun utk menguji kekuatan kita.

        • Mantap penjelasanya bung Daltop, terima kasih jadi tercerahkan…saya setuju sekali dgn ulasan anda ttg bung dukun sakti…hehehe tuh org setipe dgn si jajaka tingkir…dua2nya gak bisa menerima dan jg tdk diterima oleh lingkungan sekitarnya…jd bisanya menyangkal (mode on ) terus hahaha…

    • Anggap saja bocah tengik Bung..

    • hahahaha,,,batu bata di sebelah sudah habis,,,salam bung Ngurah Rai

  52. Kalau KS cuma 2 biji ngapain payah2 bikin pangkalan khusus KS di Teluk Palu yg pastinya sdh lwt uji kelayakan yg luaarrr binasa njlimetnya. Mending bikinin aj garasi di Cilegon atw di Anyer, nyumput di balik pelabuhannya perusahaan petrokimia.

  53. mkasi y bung PS. . .Brarti dah maen kilo di sana y. . .

    Salam bung PS
    SALAM NKRI

  54. Ampun pusing bung PS & Bung Daltob bisa gila sy mikirin KS kita, mendingan sy jualan somay aja.heheheh. Salam NKRI tetap Jaya.

  55. Ass wr wb,ya begitulah,KS kita memang ada 2,401 dan 402,di ALKI 1,ALKI 2,ALKI 3…….

  56. banyak kaskuser formil yg nyamperin dimari ternyata hehehe…

  57. Thx @bung PS atas pencerahanya..smoga sehat slalu dn Allah slu melindungimu..AMIN.. salam kenal @bung PS..

  58. Bisa kliatn gk ciri2 awak KS..? Itu tuh..body nya langsing2, tp jangan ditanya kualitas personilnya…salah satunya anti stress.

    • @Bung DEWA RUCI, tersirat tutup tabungnya dan letak nomor angkat yang seperti mudah diubah kalau mengisi perbekalan. Semoga angin demikian benarnya. Salam hormat Bung, saya juga kembali bertugas dengan catatan dan bacaan saya. Jaga tanah setapak, hingga tidak lepas kedaulatan.
      @Komandan Nara dan Komandan SS serta Komandan Diego, Traffic ID saya jgn di “stream ya”.

    • syaratnya kan harus muat di dalam tube torpedo πŸ˜€
      sotoy mode : ON

  59. Menurut berita garuda militer blogspot KRI Multatuli dan KRI Sungai Gerong lagi ngeronda di Laut Timor dekalt australia, apa ini kapal patroli ya.

  60. 2 KS = 401/402
    3 KS= CHONGBOGO CLASS
    15 KS TAMBAHAN
    2+3+15= 20 PERSIS YANG BUNG@PS BILANG..ORANG BRUNEI TAHU NYA TNI AL PUNYA 20 KS
    Yang Jadi Pertanyaan= 15 itu tipe apa aja selain Kilo,Akula,dan temen temen nya.

  61. @Bung Nara : Terimakasih atas “celetukan2nya”. Mari kita warjager mulai berhitung ks2 negara2 yang berada disekitar kita :). Selamat bertugas bung dan kawan2 di Asembagus, semoga ujicoba dokrin terbarunya sukses! πŸ™‚

  62. NKRI JAYA,,, puyeng2 dah tuh para hoaxer… wkwkwkwk… g ikut bung ps om,,,? Katanya mau nyelam dulu,,, hehehe…

  63. Ya ampun latgab di asembagus?? itu kan kecamatanku, cuma menyebrang hutan baluran sejauh 16 km.., ndelok opo ora yo, iso milihi selongsong peluru

  64. @bung nar: mampir kerumah, cuma nyebrang alas baluran, tenan tak belehne pitek karo iwak peyek

  65. Horeee……..salam hormat Bung Nara terima kasih atas pencerahanya, kalau bung Nara yang nyeletuk ane percaya 1000 %. semoga negara kita aman tentram & rakyatnya makmur. Salam NKRI. ane ga jadi pusing mikirin KS lg. dah adem…..

  66. Selamat malam bung jalo saya mau bertanya yg agak ngaur bung. Boleh ya? Skrng ini senang melihat bnyk cahaya mlm di langit atau tumbuhan mekar di pagi hari bung. Terima kasih

  67. hadeeh kepedesen aq lha wong ga tau mangan sambel yo ga percoyo lek dikandani sambel iku pedes, penasaran aq bareng tak coba tak akehi lek mangan sambel maringono nyonyor cangkemu rek…

  68. Jgn gitu bung… jgn adu domba jkgr dg kaskus… berbeda itu baik buat perimbangan info… (klo gk salah bung Satrio yg ngomong ya).
    😁

    • Like…

      Mari teman2 menunjukan bahwa kita orang berpendidikan, tidak perlu menjelk-jelekan formil lain. Saya juga sering main kesana, meski kadang2 kesel tapi saya tetap punya harapan mereka akan berpegang teguh kepada Pancasila dan mengerti arti ideologi kita ini. Saya aja salut kok, dengan beberapa “senior” disana, meski kebanyakan yg ngetrol dan bercanda tidak ada nilai manfaatnya tapi tetap harus diapresiasi itu adalah Formil anak negeri begitu juga JKGR, dll.

      Jadi masalah individu jangan bawa2 institusi…
      Bung Cucu pinjam kata2nya, maap jalo Lancang πŸ˜€

      • Permisi bung Jalo, sebelum saya tenggelam dalam kasur ingin ikut menyumbang sepatah dua patah kata,…

        Sebagai sesama tamu di warung bung Diego, hendaknya kita semua baik penghuni lama maupun pendatang baru saling menjaga sikap, dalam hal berpendapat tidak perlu cela cela’an, maki memaki sampai ada yang hendak mengajak ketemu entah mau apa. Saya yakin para warjager dan tamu lainnya bukanlah bocah ingusan yang baru belajar memakai kolor, jadi marilah bersikap lebih cerdas dan matang sebagaimana pribadi yang dewasa.

        Terlepas dari identitas, asal, profesi, gender maupun idealisme anda, marilah kita berdiskusi dengan sehat. Jika anda merasa nyaman disini silahkan berbaur dengan santai, jika anda merasa nyaman ditempat lain silahkan juga nongkrong ditempat favorit anda. Dan INGAT!!! Kita semua disini adalah tamunya bung Diego, jadi marilah kita bersikap sebagaimana tamu yang baik dengan ikut menjaga situasi kondusif di blog ini sebagai bentuk penghormatan pada tuan rumah yang telah menyediakan sarana bagi kita berkumpul dam bertukar diskusi.

        Saya ambil contoh disini bung Jalo (permisi sebelumnya bung Jalo) yang sudah lama menjadi kontributor utama di JKGR. Tapi beliau tidak pernah menyatakan diri sebagai sesepuh atau simbah atau eyang atau apalah, namun lebih memilih bersikap rendah hati dan tidak jumawa, dan secara konsisten menampilkan wajah ideal JKGR. Kepada sesama penikmat JKGR yang lama atau baru, silahkan anda berbeda pendapat, opini serta pandangan, dan jika anda memiliki pendapat yang berbeda maka dulunglah dengan argumen yang baik dan pantas. Yang demikian itu adalah sikap seorang yang dewasa dan terdidik, jangan karena ini adalah dunia maya maka kita melupakan tata krama,…

        Tulisan saya ini hanyalah pendapat pribadi, sebentuk kepedulian saya bagi kenyamanan kita bersama berdiskusi di warung bung Diego ini, tanpa bermaksud menyinggung siapa pun. Oleh karenanya, jika ada kata-kata saya yang tidak berkenan bagi anda, saya mohon maaf sebelum dan sesudahnya. Ya beginilah curhatan mandor karbitan.

        Permisi saya hendak melanjutkan tenggelam dalam kasur.

        Salam

  69. waalaikum salam Pak NARA!!!! hoalah bikin tambah pusing aja nih hehehehe bikin senyum senyum sendiri!!
    selamat bertugas Pak Nara! semoga Acara nya sukses dan selamat semuanya! salam untuk para prajurit di asembagus ,semangat terus!!!
    oh iya,kalau ketemu Pak SS salamin ya dari fans nya hihihi pesan saya blm di bales ama dia,cuma “seen”hehehe

  70. ternyata suhunya k****s juga ngetrol di mari bersama prajuritnya πŸ˜€

    monggo di ladeni tu suhunya k****s pada ngajak taruhan …. πŸ˜€
    bung@nara
    bung@jalo
    bung@ngurah rai
    bung@satrio
    bung@daltop
    bung@PS. dll

    Salam “NKRI HARGA MATI”

    • Bung Akurapopo, maaf permisi sebelumnya

      Terserah mau penghuni Kaskus, topiX atau yang mana saja silahkan datang kesini, JKGR memiliki identitasnya sendiri dan tidak ada yang perlu diperdebatkan atau dipertentangkan mengenai hal itu. Salah satu identitas JKGR tidak mengenal suhu, sesepuh, simbah, senior junior dan semacamnya, kita semua duduk setara dengan panggilan “Bung”. Marilah kita berdiskusi dengan damai dan menghindari JKGR jatuh menjadi forum diskusi hujat menghujat, maki memaki, demi kenyamanan kita bersama.

      Salam

  71. terima kasih bung@jalo atas pencerahanya.mudah-mudahan mereka semua yang di forum sebelah,yang sering ngetrol” biar cepat sadar bung@jalo.

    salam Hangat bung@jalo .

  72. Pemahaman saya soal KS 15 sedang beroperasi 18 sedang dalam proses pengadaan…..betul kata bossnya bung PS KS kita cuma dua…….maksudnya dua di tiap spot……gitu aja kok repot…..contohnya sudah terbukti di tanjung datu….dua dari sisi kiri dua dari sisi kanan……dua lagi stanby sambil intersep……, trus menhan yang dari rusia tidak cocok diperairan kita……ya jelas memang spesialisasinya laut Dalam……kalu perlu untuk nggebuk diluar perairan indonesia……

  73. Selamat malam semua. Numpang lewat ah bentar. Ijin nyimak di pagi hari yg sunyi ini. Salam hangat buat para sepuh dan pemilik warung. Untuk KS ane yakin dah ks kita itu buanyakk termasuk kilo class yg seken maupun anyar. Wong ane juga dapet ko cuplikan fotonya si kilo lagi di service di PT PAL. Tp ane bs memahami strategi menhan tsb.

  74. kepada para rekan pembaca…
    baik itu pembaca Jakarta Greaters…
    maupun pembaca dari forum militer lain yang telah menyempatkan diri mampir kemari…
    terima kasih atas partisipasinya…

    jangan pernah lupa… bahwa kita sama-sama warga negara Indonesia…
    di negara ini… kita diajarkan berdemokrasi… kita diberikan kebebasan untuk berbeda pendapat…

    tapi perbedaan itu…
    jangan sampai membuat kita terpecah belah menjadi kubu-kubu yang tidak berguna…

    di Indonesia ini ada 5 agama yang diakui secara resmi kok… tapi buktinya kita masih bisa bersatu walaupun dulu sempat ada friksi…

    mari bersama-sama mengedepankan apa-apa yang sama-sama kita sepakati…
    kita sama-sama sepakat bahwa TNI harus maju dan modern…
    kita sama-sama sepakat bahwa TNI kudu punya banyak alutsista…

    dan yang paling penting…
    kita semua sepakat untuk menggalang rasa cinta kepada tanah air kepada lingkungan sekitar kita…
    kita semua sepakat untuk sama-sama membangkitkan rasa kebanggaan bernegara…
    menularkan rasa kebanggaan itu kepada teman kerja, keluarga, kenalan kita…
    agar mereka juga paham… dan bisa ikut merasa bangga… ikut mencintai negaranya…

    mari memfokuskan diri pada hal-hal yang kita sepakati…
    karena jika kita fokus pada hal itu saja… niscaya waktu kita sudah tersita banyak kok…

    jangan pernah lupa… di forum militer ini dan di forum militer anda…
    ada banyak mata dari luar negeri yang ikut memandang kita…

    ketika kita berselisih… senyum mereka merekah lebar…

    anda dan saya adalah sama, teman… kita sama-sama anak negeri ini… anak Indonesia…
    saya yang berada di Sumatera… ingin sekali bisa berkumpul dengan anda yang berada di Jawa, Kalimantan, Sulawesi bahkan Papua…

    dan saya ingin ketika saya bertemu dengan anda, bukan kepalan tangan yang saya acungkan…
    tapi sebuah senyum hangat dan tangan terentang untuk memeluk hangat saudara yang baru saya temukan…

    untuk menjabat hangat tangan anda, wahai sahabat…
    karena saya mencintai anda sebagai seorang anak negeri… sama seperti saya…

    • salam kenal bung afiq… klu gk silap ane kenal ni warjag d akhir 2012 (ato awal 2013 kali y). dan 8 bln terakhir ni intens plototin warjag n bbrp formil lain paling gak 3 jam sehari walau pun cuma sbg SR. sbg pribadi ane salut ama kawan2 dsini maupun formil lain, analisa n kemampuan mengolah informasinya maknyuss. tp klu di perhatikan lbh jauh d bbrp trit sini dgn sebelah (yg suka bilang hoex2 n ngetroll) ni golongan secara emosional spiritual beda amit. waktu dsini diskusi u/ membangun rasa cinta n bangga sbg rakyat indonesia kepada bangsanya wacana disebelah malah gimana industri militer di asean di segmentasi kemudian singaporn di wacanakan sbg ktua kelas yg pantas jd broker utama di asean. wkwkwkwk… waktu isu usman harun lg hangat trus ada dua marinir yg pake baju dgn nama us-har maka responnya oknum mindef gk tanggap la, pecicilan la, kurang kerja la wkwkwk.. (sumpah ngekeh sndri ane dsini). masa gak nalar maksudnya apa. ane pikir gk usah repot la mikirin ntu anak2 alay. klu tuhan mw gerakan hatinya pasti nalarnya tercerahkan (kata tuhan ane). ntr klu ada konfrontasi paketkan aja smua tu alay k garis dpn sekalian mahluk2 sjenis bowo biar pelor musuh cepat habis xixixixi… klu msh idup jg suruh aja nangkap ubur2 sekalian ambil poto lontong qt di palung sunda. dah ah… makin ngaco aja pengaruh lmbur ampe pagi. maaf ya klu ada yg bener warjager smua, emang ane lg pengen nyalah. salam tabik u/ rakyat warjag/indonesia smua

  75. cuma punya 401+402+Polosan+Copy+Copy+Copy=Paste.. πŸ˜€

  76. Hebat bgt dah ada kasel yg nitip ditetangga segala… Untung bgt ye sukhoi vietnam dicat kuning-cokelat, klo dicat abu-abu ntar ada yg ngaku2. Ih jijay degh…

  77. Ikutan..

  78. ijin nyimak

  79. hahahaha,,,migreeen,,,bodrex bodrex,,,,bung @Nara selamat bertugas,,,kami selalu mendoakan yg terbaik buat anda,,,,salam hangat selau untuk anfa

  80. bung @cucu yg di sini ada juga yg cuma penjual angkringan lho, haha,
    bung @joe kanda , seperti yg dbilang mbah satrio beberapa wkt silam, kalo ada “tujuan” tertentu, dulu saya pernah tanya dengan bung diego, jmlh kapal selam NKRI, beliau cuma bilang, lebih dari dua, gak mau nyebutin jmlhnya brapa, takut dikarungin mungkin, haha, peace bung diego.
    bung @bajaj , untuk wkt ini, kemenkominfo gak bakalan mencekal, gak percaya? tanya mbah satrio,
    bung @dewa kembar , saya setuju dengan anda. maaf baru bs blz komen, maklum, di gunung sinyal nya, naek turun, salam hangat,,

  81. Seger info nya πŸ˜€ tambahan 15 lagi ini ntar tipe apa ya?

  82. Iya bung @ joe…ada 2 yg kasat mata..klo yg kasat mata .dua2nya sekrng lagi dock di galangan pt pal πŸ˜€

  83. duh jadi bingung
    akan atau nambah…?terus brapa dong lontong yg siap saji..?dibungkus rapat atau tanpa daun…?hehehe maaf ngelantur baru bangun tidur…

  84. informasi jml ks sampe kiamat enggak mungkin dikasih tahu, tapi kalau jenis ks bisa dijelaskan tapi infonya terbatas sesuai spek pabrik. Berapapun jml ks kita info resminya cuma 2. Makanya banyak ks yg nyelonong kemari gara gara angka 2.bayak yg gontok gontokan gara gara 2.jadi kesimpulanya yg mengatakan ks kita 2 itu benar sebab cuma yg kelihatan itu 2. yg bilang lebih dari 2 itu juga benar soalnya buat apa kita buat tuh tempat main game sebesar itu blm lagi yg ikutan sekelurahan.pake buat torpedo sendiri,kalau cuman 2 beli aja torpedonya.enggak usah ribut !gitu aja kok repot.

    • Setuju Bung..soal KS tanpa angka atau 401,402 copyan bukan urusan kita, benar ataupun tidak bukan untuk santapan khalayak ramai. Dan yg berbeda pendapat dengan narasumber itu karena kritis bukan karena pesimis apalagi ANASIONALIS…

    • iya terlalu ribet bikin pangkalan selam cuman buat dua KS yg over retrofit

  85. Sptnya global fire belum update tuh, mereka punya sdh melebihi 90 ks.

  86. ati2 mas nama itu doa lo, biarpun cm nick..

  87. terlalu mubajir bikin pangkalan selam cuman buat dua KS yg over retrofit….

    • Kan kelihatan mana yg pake ‘nalar’ ama yg asbun he5x…sebaiknya sih kalo nulis diformil ini mikir2 jg sih , krn ini catatan tertulis…bisa dibaca terus2an…walau pakai nama samaran…kecuali mrk punya agenda lain…g tahu jg …

  88. Siiip, makin betah disini…forum diskusi yg bisa menambah wawasan aku yg cekak ini, tambah ilmu,santun dan ada ruang utk diskusi, usulan, saran, HARAPAN (namanya saja harapan, bisa saja barangnya belum ada atau lagi direncanakan atau lagi diproses) dan uneg2 tanpa harus saling mengejek dan menjatuhkan. Salam hormat utk Bung PS, Bung Nara, Bung Jalo, Bung Satrio, Bung STMJ, Bung Yayan dan Bung2 lainnya yg kelupaan saya sebut, yg memberikan pencerahannya. Semoga JKGR makin top markotop. Ikut selalu menyimak sambil jualan ayam di pojok pasar wonokromo.

  89. salam hangat para sepuh @ bung nara
    bung@ jalo
    bung @ ps dan semua warga jakarta greater,klo info dr bung nara segitu jumlahnya bisa di bilang NKRI itu kembali jaya ,udah dr tahun berapa punya segitu banyak @ bung nara ?
    tapi tetep NKRI harus di dukung oleh seluruh rakyat indonesia dari sabang sampai merauke,dan jadikan itu
    semangat dan jiwa nasionalisme bagi kita semua……NKRI HARGA MATI

  90. Thank Bung Afiq, adem sekali baca ulasan anda. Dan semoga latgab nantinya sukses, sehat2 semua. Salam NKRI

  91. LEBAAAAYYYYY…!!!!

  92. hahaha ini pasti yg sering coment no pic = hoax @ Sempak

  93. β€œKita sudah tinjau dan kelihatannya yang dari Rusia ini tidak pas dengan medan yang kita miliki,” kata Purnomo. Karenannya, pemerintah saat ini masih mengandalkan pembuatan kapal selam dari Korea.
    KATA-KATA PHP…dulu katanya laut selatan dan timur kita dalam, sehingga pas jika ditempatkan KS kilo disana -_-

  94. Tenang bung. KS kita itu banyak. Dititipkan di brunei segala. Yg cuma 2 itu yg resmi saja. 15 buah itu sebenarnya sdh ada di laut nusantara. Dibayar lunas gak peke nyicil. KS kita paling canggih dunia akhirat. Bisa nge “lock” KS lain tanpa terdeteksi. LOL

    • Setuju. Mangkanya hubungan kita sama Brunei erat sekali seperti kakak-adik. Kalopun kita punya masalah dengan BDN (Bandar Seri Begawan) sampai permusuhan terjadi, yah kita rugi…. jumlah KS kita bisa kelihatan di media. Maka dari itu kita harus baik sama tukang parkir.

  95. awas saja gak jadi, semoga terwujud, uang pajak yang aku bayarkan itu kuharap menjadi sesuatu yang berguna bagi bangsa. Jangan dijadikan aspal, opo… mbangun dalan oleh rong wulan rusak.

  96. Salam Hormat buat kumandan2 dsini.

    Salut dengan kehebatan TNI kita , semoga kedepannya negara kita bisa jaya seperti thn 60’an.

    @Hoaxer : “No pict = HOAX” , mending tongkrongin TV aja.

    regards

 Leave a Reply