May 282014
 

suarasurabaya.net – Purnomo Yusgiantoro, Menteri Pertahanan mengatakan akan terus menambah jumlah kapal selam yang dimiliki TNI Angkatan Laut. Langkah ini merupakan bagian dari upaya pemerintah untuk menambah kemampuan pertahanan laut yang dimiliki TNI AL.

“Saat ini kita kembangkan kapal selam dari Jerman untuk seri 209. Kita juga sedang bangun tiga kapal selam dari Korea,” kata Purnomo, di sela-sela serah terima Kapal Cepat Rudal (KCR) 60 Meter di dermaga Ujung PT PAL Surabaya, Rabu (28/5/2014).

Menurut Purnomo, untuk memenuhi batas minimal kekuatan laut, pemerintah akan membeli sebanyak 15-18 kapal selam baru. Selain Jerman, beberapa negara juga telah menawarkan kapal selam baru diantaranya dari Rusia, Prancis, serta Swedia.

Untuk Rusia, kapal selam yang ditawarkan adalah jenis Kilo Class dengan efek penangkal bebas yang cukup baik karena dilengkapi senjata seperti peluru kendali, torpedo, antiranjau, dan antipeluru kendali, serta rudal dengan daya jelajah hingga 300 kilo meter.

“Kita sudah tinjau dan kelihatannya yang dari Rusia ini tidak pas dengan medan yang kita miliki,” kata Purnomo. Karenannya, pemerintah saat ini masih mengandalkan pembuatan kapal selam dari Korea.

Untuk tiga kapal selam yang saat ini diproduksi galangan Korea, satu diantaranya dibangun dengan bekerjasama antara galangan Korea dan PT PAL dengan cara transfer teknologi.

“Kita lebih suka jika pemenuhan kapal selam ini diproduksi PT PAL karena ada kegiatan ekonomi yang menguntungkan bagi tenaga kerja dalam negeri,” kata Purnomo.

Di tempat yang sama Laksamana TNI Marsetio, Kepala Staf Angkatan Laut mengatakan saat ini TNI AL hanya memiliki dua kapal selam. Dia berharap, tiga kapal selam yang dibangun bekerjasama dengan Korea segera rampung sehingga bisa menambah kekuatan yang dimiliki TNI AL.

“Kita punya dua, sekarang bangun lagi tiga, dan nanti akan kita bangun lagi tiga sehingga kekuatan minimum sudah kita miliki,” kata Marsetio. (fik/ipg)

Sumber : suarasurabaya.net

  370 Responses to “TNI AL akan Beli 15 Kapal Selam Baru”

  1.  

    bung @cucu yg di sini ada juga yg cuma penjual angkringan lho, haha,
    bung @joe kanda , seperti yg dbilang mbah satrio beberapa wkt silam, kalo ada “tujuan” tertentu, dulu saya pernah tanya dengan bung diego, jmlh kapal selam NKRI, beliau cuma bilang, lebih dari dua, gak mau nyebutin jmlhnya brapa, takut dikarungin mungkin, haha, peace bung diego.
    bung @bajaj , untuk wkt ini, kemenkominfo gak bakalan mencekal, gak percaya? tanya mbah satrio,
    bung @dewa kembar , saya setuju dengan anda. maaf baru bs blz komen, maklum, di gunung sinyal nya, naek turun, salam hangat,,

  2.  

    Seger info nya 😀 tambahan 15 lagi ini ntar tipe apa ya?

  3.  

    Iya bung @ joe…ada 2 yg kasat mata..klo yg kasat mata .dua2nya sekrng lagi dock di galangan pt pal 😀

  4.  

    duh jadi bingung
    akan atau nambah…?terus brapa dong lontong yg siap saji..?dibungkus rapat atau tanpa daun…?hehehe maaf ngelantur baru bangun tidur…

  5.  

    informasi jml ks sampe kiamat enggak mungkin dikasih tahu, tapi kalau jenis ks bisa dijelaskan tapi infonya terbatas sesuai spek pabrik. Berapapun jml ks kita info resminya cuma 2. Makanya banyak ks yg nyelonong kemari gara gara angka 2.bayak yg gontok gontokan gara gara 2.jadi kesimpulanya yg mengatakan ks kita 2 itu benar sebab cuma yg kelihatan itu 2. yg bilang lebih dari 2 itu juga benar soalnya buat apa kita buat tuh tempat main game sebesar itu blm lagi yg ikutan sekelurahan.pake buat torpedo sendiri,kalau cuman 2 beli aja torpedonya.enggak usah ribut !gitu aja kok repot.

    •  

      Setuju Bung..soal KS tanpa angka atau 401,402 copyan bukan urusan kita, benar ataupun tidak bukan untuk santapan khalayak ramai. Dan yg berbeda pendapat dengan narasumber itu karena kritis bukan karena pesimis apalagi ANASIONALIS…

    •  

      iya terlalu ribet bikin pangkalan selam cuman buat dua KS yg over retrofit

  6.  

    Sptnya global fire belum update tuh, mereka punya sdh melebihi 90 ks.

  7.  

    ati2 mas nama itu doa lo, biarpun cm nick..

  8.  

    terlalu mubajir bikin pangkalan selam cuman buat dua KS yg over retrofit….

    •  

      Kan kelihatan mana yg pake ‘nalar’ ama yg asbun he5x…sebaiknya sih kalo nulis diformil ini mikir2 jg sih , krn ini catatan tertulis…bisa dibaca terus2an…walau pakai nama samaran…kecuali mrk punya agenda lain…g tahu jg …

  9.  

    Siiip, makin betah disini…forum diskusi yg bisa menambah wawasan aku yg cekak ini, tambah ilmu,santun dan ada ruang utk diskusi, usulan, saran, HARAPAN (namanya saja harapan, bisa saja barangnya belum ada atau lagi direncanakan atau lagi diproses) dan uneg2 tanpa harus saling mengejek dan menjatuhkan. Salam hormat utk Bung PS, Bung Nara, Bung Jalo, Bung Satrio, Bung STMJ, Bung Yayan dan Bung2 lainnya yg kelupaan saya sebut, yg memberikan pencerahannya. Semoga JKGR makin top markotop. Ikut selalu menyimak sambil jualan ayam di pojok pasar wonokromo.

  10.  

    salam hangat para sepuh @ bung nara
    bung@ jalo
    bung @ ps dan semua warga jakarta greater,klo info dr bung nara segitu jumlahnya bisa di bilang NKRI itu kembali jaya ,udah dr tahun berapa punya segitu banyak @ bung nara ?
    tapi tetep NKRI harus di dukung oleh seluruh rakyat indonesia dari sabang sampai merauke,dan jadikan itu
    semangat dan jiwa nasionalisme bagi kita semua……NKRI HARGA MATI

  11.  

    Thank Bung Afiq, adem sekali baca ulasan anda. Dan semoga latgab nantinya sukses, sehat2 semua. Salam NKRI

  12.  

    LEBAAAAYYYYY…!!!!

  13.  

    hahaha ini pasti yg sering coment no pic = hoax @ Sempak

  14.  

    “Kita sudah tinjau dan kelihatannya yang dari Rusia ini tidak pas dengan medan yang kita miliki,” kata Purnomo. Karenannya, pemerintah saat ini masih mengandalkan pembuatan kapal selam dari Korea.
    KATA-KATA PHP…dulu katanya laut selatan dan timur kita dalam, sehingga pas jika ditempatkan KS kilo disana -_-

  15.  

    Tenang bung. KS kita itu banyak. Dititipkan di brunei segala. Yg cuma 2 itu yg resmi saja. 15 buah itu sebenarnya sdh ada di laut nusantara. Dibayar lunas gak peke nyicil. KS kita paling canggih dunia akhirat. Bisa nge “lock” KS lain tanpa terdeteksi. LOL

    •  

      Setuju. Mangkanya hubungan kita sama Brunei erat sekali seperti kakak-adik. Kalopun kita punya masalah dengan BDN (Bandar Seri Begawan) sampai permusuhan terjadi, yah kita rugi…. jumlah KS kita bisa kelihatan di media. Maka dari itu kita harus baik sama tukang parkir.

  16.  

    awas saja gak jadi, semoga terwujud, uang pajak yang aku bayarkan itu kuharap menjadi sesuatu yang berguna bagi bangsa. Jangan dijadikan aspal, opo… mbangun dalan oleh rong wulan rusak.

  17.  

    Salam Hormat buat kumandan2 dsini.

    Salut dengan kehebatan TNI kita , semoga kedepannya negara kita bisa jaya seperti thn 60’an.

    @Hoaxer : “No pict = HOAX” , mending tongkrongin TV aja.

    regards

 Leave a Reply