Aug 282014
 
KCR 60 M (photo bumn.go.id)

KCR 60 M (photo bumn.go.id)

Kementerian Pertahanan mencatat besaran kebutuhan ideal alat utama sistem senjata (Alutsista) untuk memperkuat keamanan perairan Indonesia sesuai rencana strategis mencapai 48 unit kapal, termasuk armada untuk perang.

“Dari puluhan kapal itu sebanyak 16 unit berupa kapal cepat rudal (KCR) 60 meter, 16 unit KCR 40 meter, dan 16 unit kapal patroli cepat,” kata Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro ditemui usai menerima kapal pesanan TNI AL yang kedua, KCR 60 M dengan nama KRI Tombak-629, di Dermaga PT PAL Indonesia, di Surabaya, Rabu.

Mengenai pembangunan 16 unit KCR tersebut, ungkap dia, membutuhkan waktu yang tidak sedikit. Apalagi, sampai sekarang kapasitas produksi PT PAL Indonesia hanya tiga unit kapal per tahun.

“Total KCR yang kami pesan tergolong multirole karena dipersenjatai dengan rudal, meriam, dan software yang bisa digunakan untuk perang elektronik,” ujarnya.

Sementara, jelas dia, desain kapal yang dilengkapi sistem multirole itu diyakini mampu bertempur dengan mengantisipasi serangan udara, laut, maupun darat.

“Bahkan terhadap perang warfare sekalipun,” katanya.

Pada kesempatan serupa, KSAL Laksamana Marsetyo, menambahkan, pembangunan KCR 60 meter akan diserahkan ke PT PAL Indonesia sebagai Lead Integrator. Sementara, untuk KCR 40 meter nantinya akan dibangun di galangan kapal di Batam.

“Dengan demikian, sekaligus mendukung pertumbuhan ekonomi Indonesia melalui peningkatan produksi galangan kapal nasional,” katanya.

Di sisi lain, Direktur Utama PT PAL Indonesia, M Firmansyah Arifin, mengemukakan, terkait pembangunan satu unit KCR 60 m tersebut membutuhkan dana Rp 125 miliar. Besaran tersebut hanya pembangunan fisik atau belum termasuk biaya persenjataannya.

“Kini KCR kedua pesanan TNI AL tersebut diberi nama KRI Tombak-629. Kapal itu dipesan di tempat kami dan hari ini diterima langsung Menhan, Purnomo Yusgiantoro,” katanya.

Sebelumnya, lanjut dia, Kemenhan telah menerima kapal pertama pada 28 Mei lalu yang diberi nama KRI Sampari. Rencananya, kapal terakhir pesanan Kemenhan diserahkan pada September tahun 2014 dan sekarang masih dalam proses.(Antara).

  53 Responses to “TNI AL Butuh 48 Kapal Perang”

  1. Selamat pagi….!!!

    • kalo anggaran subsidi bbm 10 % aja dilariin kesini…berkibar tuh ALnya Indonesia..bisa sibuk semua galangan kapal di Indonesia…

      • kalo orang politik mentalnya jongkok bagaimana dengan anda? Apakah kalian para pendukung kenaikan harga BBM sudah memperhitungkan matang2 tentang konsekwensi logisnya?

      • Bukanya banteng dulu paling ngogot nggak mau naikan BBM….skrg ….jadi karma (ngutib statemennya bung pohan dr Demokrat)…..apalagi minta SBY naikan dulu harga BBM sebelum Jokowi jd presiden)…..jd tampaknya biar fair semua presiden pernah naikan BBM….cm pak Jokowi hrs naikan di awal pemeritahan “kalau berani mengambil kebijakan non populis…..” mungkin ada benarnya pernyataan bung pohan….makanya kedepan kita harapkan partai penyeimbang diluar pemerintah tdk asal jegal kebijakan pemerintah….mari dikawal bersama ya eksekutif maupun legislatifnya

      • Akur sih Boss, 255 T hanya dihabiskan untuk wira wiri kendaraan gak karuan. itu mah udah bisa buat bangun transportasi umum, pendidikan, dan pembangunan armada TNI yang tangguh.

        • Subsidi itu tetap diperlukan di negara berkembang seperti Indonesia tapi harus tepat sasaran. Saya juga ikut menikmati subsidi bbm tapi cuma dikit :). Cuma 20 rb/minggu buat isi Beat full tank..nggak lebih kok. Abis cuma punya beat doang

        • Maaf, wira wiri nya karuan bos, buat menggerakkan ekonomi, tolong jangan dipukul rata semuanya. Seolah-olah yang beli premium ga ada yang buat kerja.

        • Bung Kian Santang@ Lah bukan nya listrik, sandang, pangan dan papan juga nyedot subsidi?

        • Saya cuma orang kecil…tapi saya setuju subsidi BBM dihapus atau
          subsidi BBM hanya diberikan untuk roda 2 125cc ke bawah dan mesin diesel ber cc kecil untuk perahu/traktor. Mobil dan motor sport di atas 125 cc gak usah dikasih subsidi.

          Dana subsidi bbm dialihkan untuk membangun dan meningkatkan sarana transportasi massal, pendidikan, kesehatan, fasilitas umum dan tentunya pertahanan negara.

    • selamat pagi bung Mirza setuju ga bung kalo premiun harganya di setarakan pertamax supaya subsidi BBM bisa di alihkan ke pertahanan dll ?

      • Kata pejabat lama: Nunggu presiden baru dilantik…

        yaah podo bae bodong….tinggal 2 bulan akhir tahun, yang bisa dihemat paling recehan….

      • Saya setuju…walaupun saya karyawanan kelas biasa.

        Pengalihan subsidi bbm untuk persenjataan demi kewibawaan TNI dan NKRI.

        # Dengan syarat:
        Tidak terjadi kebocoran atau korupsi(bila terjadi hukum MATI).

      • sangat setuju subsidi digunakan oleh orang yang naik Sepeda motor bukan yang punya mobil..selanjutnya untuk subsidi pertanian bukan orang yang sudah nikmat dikasih nikmat..cuplikan dari pak jokowi,

        Siiip.

        • Bung Borneo n All,Subsidi mungkin bisa pilih2 kendaraan,misal mobil: 1.ada mobil pribadi(non subsidi),,angkutan umum,pick up,box(subsidi krn utk kerja) 2.ada motor berbagai CC, 150cc(non subsidi),,jdi kan terarah,pendapat doang,maaf klw ngawur

      • sebaiknya untuk sepeda motor tetap dikenakan subsidi, sedangkan untuk mobil subsidi dilepas.

        setiap orang yg bisa beli mobil pasti mampu (min DP 5 juta, bandingkan dengan DP motor yg cuma 500 ribu).

        kebanyakan pemilik motor mereka membayar cicilan dengan tetesan keringat, bukan dengan mengambil cadangan tabungan…

        • setuju bung, tapi motornya dibatasi hanya yang ber cc 125 kebawah yang umumnya masuk kelas bebek dan matik. sedangkan 125 cc keatas kudu pake pertamax karena udah termasuk motor sport/mewah.

  2. maju terus

  3. Beda KCR 40 dan KCR 60 apa saja selain beda panjangnya 40m dan 60m? Apa kegunaan pemanjangan ukuran tersebut?

    Terima kasih infonya. Salam.

  4. ada rencana beli destroyer gak ya . .

  5. Ini sudah mandiri lho….. buatan bangsa sendiri…. jgn ada lagi yg mencerca pemerintahan saat ini yg gak pro produk dalam negeri. Gak perlu pencitraan apalagi promosi, kalau ada wartawan yg gak tahu kemandirian kita suruh bangun tuh…. ngiler aja kerjaannya… 😀

  6. Selamat pagi!!!!

  7. sampari ya yg mestinya ke dua..
    btw bisa multirole nih..sekaligus electronic warfare..mantap..bisa ngejam kapal iseng yg ganggu nelayan kita kaya tempo hari..

  8. jgn cuma 16 aja..lanjut ampe 32 pak…go go go NKRI

  9. izn nyimak…

  10. Cocok buat LCS neh ….

  11. bung diego maaf itu kata “perang warfare” bukannya electronic warefare atau perang elektronika. maaf kalo salah

  12. saya juga salah tuh warfare bukannya warefare

  13. met pagi smua y….
    Ijin nyimak

  14. Waduh cuman 48? Sedikit sekali, hitungannya beda dgn bu Connie dan mbak bowo

  15. Ini pesanan kedua.galangan hanya bisa 3 unit/thn.pesanan terakhir akan diserahkan september 2014…??? koq jdi bingung aku ya? clue apa nih?

    • bung anak medan@ saya jg ga tahu persis jg detail produksinya,tp sdh ada list nya tu diatas.kapasitas produksi PT PAL hny tiga unit kapal pertahun.Produksi pertama KRI- 628 Sampari sdh diterima TNI AL 28 mei lalu.produksi kedua KRI -629 Tombak Sdh diterima TNI AL 27 agustus kemarin.produksi ketiga KRI -630 (blm diberi nama/msh dlm proses akhir) akan diterima TNI AL september dpn,salam.

  16. Semoga dgn adanya pesanan trus dari user,ditambah bntuan pemerintah,kapasitas produksinya bisa lebih bnyak lg…ada ga ya usaha kesana…terutama dari pemerintah ?

  17. Saya setuju bung nyoto,mending premium di hilangin aja,ganti pertamax semua….dan hasil pencabutan subsidi gunakan untuk penambahan alutsista,yg bisa di lihat…jangan kaya kemarin,di gunakan untuk BLT,kebanyakan kagak menemui sasaran….

  18. desain kapal yang dilengkapi sistem multirole itu diyakini mampu bertempur dengan mengantisipasi serangan udara, laut, maupun darat 😀

    Ini sdh bisa menandingi kapal baru pesanan TDLM, KCR kecil-kecil cabe rawit 😀

  19. Blt dilapangan sangat lucu yg mampu dapat yg dibawah garis kemiskinan cuma gigit jari

  20. gbs lagi dtambah ya kapasiatas dr pt pal untuk mempercepat pengadaan KCR?

  21. jadi gak sabar kayak apa kekuatan tni al 5-10 tahun ke depan… semoga bisa menjadi the strongest naval fleet in asia…

  22. Ngeneess…minyak indonesia…selagi pro asing…dan pemerintah tidak mau ngambil keptsan yang pro rakyat..selama nya indonesia kesulitan minyak..bahkan mencekik rakyat kecil…setahu saya….harga minyak naik..siaap2…harga kebutuhan naek…kita merdeka..tapi tidak merdeka secara ekonomi…semoga ada pemimpin yang berani…tegas dan jujur..yg mau ngambil tindakan yg radikal untuk permasalahan bangsa..

    • Sebenarnya kebijakannya sudah di siapkan pak SBY kemarin bung edo saat menko perekonomiannya pak Hata, pemerintah mempersilakan swasta nasional untuk membuat kilang2 minyak kita yg baru demi menggenjot produksi minyak. Tetapi swasta kita ibarat sudah diberi hati minta jantung, sudah diberi kemudahan internal rate of return dan tax holiday masih juga meminta special tax 5% dan ini melanggar UU. Satu2 jalan harus pertamina yg harus mengeksekusi dengan dukungan maksimal pemerintah, mudah2 pemerintah kedepan tdk terkontaminasi kepentingan asing.

      • Mustahil pembangunan kilang minyak indonesia bisa terwujud, selama orang WNI yg mempunyai power kuat baik itu terhadap pemerintah maupun pertamina masih menjadi broker pertamina di singapore, sudah jelas singapore itu cuma tempat perdagangan iternasional bukan negara produsen minyak dunia

        Misalkan kita beli sesuatu lewat perantara atau calo pasti harganya akan lebih mahal, bandingkan jika kita beli langsung ke produsen harganya pasti lebih murah dibandingkan harga calo, bahkan sang produsen tersebut kadang memberikaan bonus kepada pelangganya

        Brunaidarussalam adalah negara pengahsil minyak terbesar di asean, kenapa pertamina membeli dan menjual minyak lewat calo?…….

        Saya mohon teman2 Jangan menyebut nama orang sembarangan, nnti dipaksa nginep di nusakambangan. 😀

  23. indonesia Tanah Air ku,,
    aku tidak pernah menyesal telah dilahirkan di bumi tercinta ini,,
    aku tidak pernah menyesal, ari ari ku tertanam di bumi ini,,
    aku bangga,,,di lahirkan di bumi indonesia,,
    aku bangga di besarjan disini,,

    meski banyak maling teriak maling,,
    meski banyak tikus yang menggrogoti,, tp tetap ini negeri ku,, ini bangsa ku INDONESIA..

  24. Klewang class nya blm di hitung?…

  25. buat kapal tu berotot dikit napa senjatanya………………..?, ciws gak ada, torpedo anti kapal selampun gak ada, sonar elektronikpun gak ada apalagi sam…………….., tunggu pengadaan gitu………….?, alamat 10 thn lagi baru terealisasi

  26. subsidi dicabut ga setuju kalau menyebabkan harga2 pada naik,ongkos kendaraan umum naik. ane ga punya kendaraan, biasa naek umum, itu berasa banget tiap bbm naik ongkos bisa meningkat 2x lipat. Sebaiknya subsidi untuk kendaraan umum dan pengangkut kebutuhan pokok tetap disubsidi, ane cuma orang kecil yg merasakan betul kalau bbm naik apa2 jadi mahal

 Leave a Reply