Feb 012014
 
Dok. Korvet Parchim KRI Hasan Basri patroli bersama dengan Kapal  Patroli kelas Armidale HMAS Maryborough. (poto: Australian DoD)

Dok. Korvet Parchim KRI Hasan Basri patroli bersama dengan Kapal Patroli kelas Armidale HMAS Maryborough. (photo: Australian DoD)

TNI-AL akhirnya mengeluarkan sikap terkait dengan pengerahan sejumlah kapal perang ke kawasan perbatasan laut di Indonesia Timur belakangan ini. Pihak TNI-AL menegaskan, penambahan kapal perang itu tidak memiliki alasan khusus karena menyesuaikan dengan kebutuhan di wilayah yang memang sangat luas.

Kadispenal Laksamana Pertama Untung Suropati saat dikonfirmasi membenarkan bahwa TNI AL menambah sejumlah kapal perang ke wilayah perbatasan dengan Australia. Meski begitu, Untung menolak jika penambahan tersebut dikhususkan untuk merespons kasus pelanggaran batas wilayah yang dilakukan Angkatan Laut Australia.

Dok. Korvet Parchim KRI Hasan Basri patroli bersama dengan Kapal  Patroli kelas Armidale HMAS Maryborough. (poto: Australian DoD)

Dok. Korvet Parchim KRI Hasan Basri patroli bersama dengan Kapal Patroli kelas Armidale HMAS Maryborough. (photo: Australian DoD)

Menurut Untung, pihaknya tidak pernah membuat skala prioritas dalam pengerahan armada. Pengerahan armada dilakukan setelah ada analisis mengenai situasi di lapangan. Jika memang diperlukan adanya tambahan, armada akan ditambah. “Intensitas patroli memang kami tingkatkan, namun itu hal biasa untuk menjaga wilayah perbatasan kita,” ujar Untung 31/1/2014.

Alumnus US Naval War College 2009 itu mengibaratkan menjaga perbatasan negara seperti menjaga rumah sendiri. “Kalau ketua RT mengingatkan kampung kita rawan kejahatan, otomatis kita juga akan meningkatkan kewaspadaan,” lanjutnya. Untung juga tidak menyebutkan berapa jumlah armada yang dikerahkan ke kawasan yang langsung berbatasan dengan perairan Australia itu.

Korvet Parchim KRI Hasan Basri (photo: Australian DoD)

Korvet Parchim KRI Hasan Basri (photo: Australian DoD)

Menyikapi pelanggaran yang dilakukan AL Australia, Untung memilih berhati-hati. Pihaknya mengikuti langkah yang diambil pemerintah Indonesia, dalam hal ini Presiden dan panglima TNI. “Umumnya di berbagai negara, sepanjang (pelanggaran) tidak provokatif, tidak mendramatisasi, saya rasa masih oke,” tambahnya. Terlebih, secara khusus Australia sudah meminta maaf kepada pemerintah Indonesia.

Sebelumnya muncul informasi bahwa TNI-AL merespons pelanggaran AL Australia dengan mengerahkan sejumlah kapal perang ke Laut Timor dan Arafuru. Kapal yang dikirim, antara lain, fregat, kapal cepat torpedo (KCT), kapal cepat rudal, (KCR), dan korvet. Juga, pesawat patroli perairan. (Kaltimpost.co.id).

Bagikan :

  87 Responses to “TNI AL Cooling Down soal Pelanggaran Australia”

  1.  

    #Kalau ketua RT mengingatkan kampung kita rawan kejahatan, otomatis kita juga akan meningkatkan kewaspadaan,”#

    ketua rt nya siapa yah….?…:))

    waspadalah…waspadalah

  2.  

    ya lah.
    adem adem aja lah.
    lebih menenangkan hati.
    lega rasanya kalo udah baean lg.

  3.  

    Mbah senang sekali akhirnya kedua negara rukun dan damai, Australia sayang indonesia dan Indonesia sayang Australia.

    •  

      Amien mbah..! Maafin saya kalau ada tersilap kata dan bahasa. Sebagai anak muda, saya cuma pengen mengajak semua untuk senantiasa waspada dan memupuk jiwa nasionalisme dan patriotisme. Akhirnya Abbot gentar juga dengan ancaman SBY. Moment ini hampir sama dengan konflik Ambalat dulu, dimana SBY juga melontarkan ancaman serupa. Sesudah itu, tak satu pun kapal TLDM yang berani mendekat ke karang unarang. Luar biasa. Ternyata diamnya sang Macan tetap punya aura…

    •  

      Ngimpi mbah,yaudah nikmatin aja dulu.asal tau aja ntar aussie jd lautan api dan setelah beres kita urus tuh org utara stelah mereka bantu kita menghilangkan aussie dr prta bumi.bukankah tentara ku bilai khan pernah kita bully setelah sama2 menghantam singasari?raden wijaya tu jenius loh bisa mempecundangi pasukan terkuat di asia.jd kita ini cerdik tp ngerendah trs.biar si bule besar kepala dan meleng baru deh kita tempeleng ha ha ha

      •  

        Damai boleh saja dan tentu saja bagus untuk ke dua negara

        Tapi tidak ada keledai bodoh yang terjatuh di lobang yang sama 2x

        Indonesia boleh “lugu” di depan Ausie tetapi “Macan” dibelakang alias tidak boleh percaya 100% terhadap niat damai Australia

        Tetap perkuat militer dengan MEF apapun keadaan negara pada saat ini dan kedepan

        Selalu ingat kasus Timor leste / papua barat agar tidak kelihatan “culun” terus gara2 dikadalin dan ditusuk negara dari selatan ini 🙂

  4.  

    Bisa jadi ketua RTnya itu tak lain dan tak bukan paman BY kali ya? Soalnya udah banyak tuh Abbot kirim orangnya untuk ampun ampunan minta maaf, menyesal dan janji gak akan nakal lagi. Inget masa kecil dulu waktu di setrap bu Guru. Pelajaran pertama adalah berterima kasih, dan yang kedua, minta maaf. Kalau begitu, naga naganya gak jadi tuh perang. Tenang dan adem rasanya. Hal berikutnya mimpi saya adalah rekonsiliasi, dan Indonesia gak lama lagi juga akan ketiban durian runtuh. Sebagai orang yang pengen baikan, biasanya seseorang akan memberikan sesuatu. Saya yakin, kelak Australia akan lebih banyak lagi memberikan sesuatu. Mari kita lihat aja parcel apa yang akan kita terima. Pasti akan lebih menarik dari yang sebelum2nya. Hehehe…

    •  

      Ini yg namanya mengurangi kewaspadaan.sangat berbahaya bg rakyat yg terlena jika tiba2 diperintahkan untuk di mobilisasi.kalem boleh tp pangkalan dan radar baru hadap selatan hrs segera di bangun.alutsista laut dalam dan ocean going hrs segera diadakan.mereka gak akan berhenti cm dlm masalah ini.saat cocos naval base berfungsi penuh mereka pasti cari gara2 lg.kita hrs dahului mereka agar mereka tahu diri dan gak jd bkn pangkalan di cocos agar tdk memancing insiden.itulah cara diplomasi internasional.itu juga kalau mereka sekolah hubungan internasional

      •  

        Setuju banget bung wehrmacht. Cooling down tak berarti harus mengurangi kewaspadaan, tetapi paling tidak, yang sebelumnya kita cuma bisa fokus pada satu object, sekarang kita bisa fokus juga pada object lain. Pada saat yang sama, peningkatan kekuatan di saat cool, justru akan lebih baik dan mampu memberikan efek kejut dikemudian hari. Saya yakin, para panglima jauh lebih tahu tentang segala yang sepantasnya dilakukakan dalam kadar segera.

  5.  

    Terlihat bukan aeperti patroli bersama, tapi KRI Hasan Basri sdg menggiring HMAS Maryborough hehe…
    Ternyata segitu saja nyali Australia, buru2 minta maaf. Sama spt majikannnya yaitu (chicken) Amerika yg pada insiden Bawean bilang bahwa kedubesnya terlambat memberitahu bhw armada AS akan melintas dan mereka mengakui kedaulatan laut RI… sesuatu yg jarang dilakukan Amerika. Beda jauh dgn sikap PEMBERANI China yg mempermalukan dgn mengancam dan memaksa patroli DKP menuruti perintah mereka di ZEE Indonesia yang menurut mereka adalah wilayah laut China

    •  

      beda dikit gak apa2 ya mas, kalo menurut saya tekanan yang diberikan oleh AS mungkin lebih keras kepada ausi, karena bagaimanapun juga kita adalah negra dengan “sesuatu” yang besar, sekali kita lirik paman panda, bakal geger se asia mas, terima kasih, mohon dikoreksi jika kurang tepat.

    •  

      Hehehe….Bung Loai lupa ya,klo TNI AL kt pernah nangkap kapal nelayan berbendera china,trus awaknya di pindahin di kapal kt,sementara kapal nelayan china nya di tenggelemin dng cara di embak sm KRI TNI AL….hehehe
      China nya protes tp ga di gubris sm pemerintah kt….hehehe

  6.  

    yang sangat penting kita seluruh komponen / warga masyarakat Indonesia harus tetap waspada dan sadar bahwa diluar sana ada “musuh /bakal musuh ” dan antek2nya dari dalam sendiri( secara sadar atau tidak sadar) sudah terbawa oleh skenario musuh.
    Sangat penting sekali bagi agar terus memberikan pemahaman kepada seluruh lapisan masyarakat sehingga sampai dengan pejabat negara sekalipun agar peduli akan” pertahanan negara ” secara benar.
    (Salah satu contoh forum-forum seperti ini).Karena yang namanya” musuh/ bakal musuh”, akan selalu berupaya dengan segala caranya untuk “mengkerdilkan”, dari dalam terlebih dahulu.
    Maaf mungkin yang sudah amat sadar akan tipu muslihat mereka ini contohnya negara India.Mereka sebelum benar-benar mandiri melakukan kerja sama strategis dengan negara lain(terutama teknologi pertahananya), India juga sama dengan kita yang katanya Negara Non Blok, tapi tidak pernah terbelenggu dengan politik luar negeri “bebas aktif” seperti kita.
    Sudah saatnya kita lakukan kerja sama strategi dengan negara lain yang lebih “bersahabat”,terbuka dan saling menguntungkan”bukan diam -diam ingin” menguasai” ,menjajah model baru.Terima kasih…

    •  

      India dengan Indonesia gak sama Bung walaupun mungkin sama sama sebagai negara non blok. Bagaimanapun, India tetap sebagai salah satu negara commonwealth. Ada kesepakatan khusus antara India dan Inggris. Bahkan kononnya, India adalah negara yang mendapatkan perlakuan khusus dari Britain. Negara persemakmuran lain tidak akan diperkenankan menjalin hubungan lebih dekat dengan Rusia. Karena itu, sebesar apapun kemampuan militer India, tetap saja tidak dianggap sebagai ancaman oleh sekutu. Terjalinnya hubungan yang erat dengan Rusia, dianggap sebagai balancing power untuk menjaga stabilitas di kawasan Asia Selatan dan Asia Tengah. Kalau sampai Britain dan US masuk secara terbuka, sudah bisa ditebak bagaimana reaksi China dan India. Konflik terbuka inilah yang dihindari oleh India. Tetapi pada dasarnya, bilamana diperlukan, India akan tetap mendapatkan hak perlindungan dari Britain, sampai kapanpun.

  7.  

    Ok lah cooling down hemat budget

    •  

      Hehehe…! Betul , betul..! Lumayan sekedar relaxation , supaya gak tegang. Tapi program akselerasi mesti jalan terus, jangan sampai surut. Jaya TNI…

  8.  

    lebih baik terlambat mengerahkan personil dan KRI dr pada tidak ada respon sama sekali.kartu merah yg tepat di bagikan OST.sudqh 2x slonogboy dr udara dan laut.spionase blm hilang.eh slonongboy terjadi.lambatnya pengerahan armada krn minimnya armada dan anggaran.kedepan semoga ada penambahan dana ontop untuk mengakuisis destroy second sbg stop gap untuk pemenuhan armada laut .udara.radar.dan sam jarak jauh.untuk AD stop dulu dialikan ke riset roket dan UAV TO UCAV /UCAS

  9.  

    Cooling down sambil persiapan nunggu kilo class

  10.  

    Asal Cooling Down sambil Melotot, bukan Cooling Down sambil duduk kipas2 aja yaaaaa……

  11.  

    Pertamina untuk TNI…harga BBM jangan harga industri doong…kasih harga subsidi shg KRI dapat rutin berpatroli

  12.  

    Kalau dibilang coolingdown itu hanya menerapkan strategi Bhirawa anoraga (Gagah Perkasa namun rendah hati)
    Kalau dalam Ilmu taktik militer china Sun Tzu disebut Menipu langit, menyeberangi lautan ( “Deceive the sky to cross the ocean.). Membuat musuh TERBIASA dengan PENAMPILAN PALSU. Begitu musuh lengah, serang habis-habisan dan kemenangan diperoleh
    dicontohkan dlm cerita epik
    Sewaktu Tang Taizong hendak menyerang Korea,, Jenderal Xue Rengui memasang siasat agar sang kaisar yang takut naik kapal mau menyeberang lewat lautan.
    Pada hari yang cerah, kaisar diajak jenderal menemui seorang bijak di gua,, setelah masuk gua lalu tinggal di dalam beberapa hari,, lama kelamaan kaisar curiga karena merasa mendengar suara air dan angin,, waktu melihat keluar ternyata sudah ada di kapal,, ternyata ujung gua tadi merupakan sebuah kapal yang ditutupi papan dan kain bagian luarnya sehingga gelap di dalam. Ini adalah trik agar kaisar mau ke korea lewat laut.

    Taktik ini mengajarkan bahwa kalau kita membuat persiapan yang MENCOLOK, musuh akan waspada tetapi kalau kita berlagak biasa dan berperilaku layaknya keseharian maka mereka tidak akan waspada.

    Dalam kelengahan ini kita bisa memanfaatkan peluang untuk menang. Langit disini adalah Tang Taizong selaku putra langit.

    Padahal deploy Armada kita tidak main main di lautan selatan saat ini,.(dijelasin secara rinci nggak ya?) Yang pasti Penggelaran armada saat ini ada Fregat kita yang mepet dibatas terluarl zee dan sambil nyobain gadget baru disana dan Gak tau KENAPA kapal mereka HMAS Larraika, Armidale, Perth yang biasanya keluyuran di seputaran Darwin pada ngumpet,
    hehehehe…..

    Diutara pun sekarang ada penggelaran Guspurla Koarmatim menggelar operasi tempur laut dengan sandi Operasi Benteng Hiu-14
    Kegiatan Operasi Tameng Hiu-14 melibatkan enam kapal perang dari jajaran Koarmatim, yakni satu kapal Perusak Kawal Rudal (PKR) jenis Vanspeijk KRI Oswald Siahaan-354, satu kapal Anti Kapal Selam (AKS) jenis Parchim KRI Lambung Mangkurat-374, satu Kapal Cepat Rudal (KCR) KRI Badik-623, satu kapal Buru Ranjau (BR) KRI Pulau Raas-722, satu kapal Patroli Kawal Rudal (PKR) KRI Badau-841 dan KRI Salawaku-842. Guna memperkuat daya tempur unsur-unsur kapal perang, Opersi Benteng Hiu-14 melibatkan komponen pendukung opersi laut satu pesawat intai maritim Cassa P-851, satu Satuan Setingkat Kompi (SSK) pasukan Marinir satu Detasemen Perbaikan (tim repair) serta didukung dengan Satuan Tugas Intelijen tempur.

    Jangan Tanya kapal selam nya kok gak ada gak disebutin padahal nama operasinya benteng hiu 14
    hehehehe

    •  

      Berarti JS nya KRI 214 ya kang?..hehe

    •  

      sadap bung @satrio , lak berarti ehemm ikut nemenin kali ya

    •  

      istilah hiu uda maklum…
      kok d dpannya ada banteng?….
      “HIU” jenis apa neh?

    •  

      bung satrio, minta tolong dijelaskan sedikit saja, mengapa hampir setiap operasi menggunakan kata “HIU”? apa ini ada kaitanya dengan dilibatkannya armada bawah laut kita?

    •  

      @Bung Satrio

      Saya tertarik dengan komentar anda yang mengatakan mengapa kapal perang Ausie di sekitar Darwin pada “ngumpet”

      Saya yakin “ngumpet” dalam arti sebenarnya adalah mundur perlahan TETAPI tetap mengawasi dari kejauhan. Saya yakin hal semacam ini mudah bagi Ausie.

      Ini seperti pergantian shift tugas jaga perbatasan untuk mengatasi penyelundup antara RI dengan Ausie yang di-skenariokan secara sengaja oleh Ausie?

      Memancing emosi Indonesia, Indonesia memperketat perbatasan, Mengawasi seluruh kapal yang melintas termasuk kapal imigran, Ausie mundur perlahan sambil minum kopi di pinggiran pantai Darwin…

      1-0 untuk Australia?

      To be honest, I don’t like my conclusion above :X

      •  

        Sebenarnya kurang tepat bung verdorie.mereka emang mundur teratur tp bkn karena ganti shift jaga.mereka menghindari pecahnya insiden mengingat pak beye n dpr dah emosi berat.sedikit provokasi aja pasti pangti perintahkan USIR! Sbg negara sombong dengan lagak eropanya sdh pasti aussie tidak mau di permalukan dan tetap membandel.kalau sdh begini KRI melakukan beberapa protap: perintahkan keluar! Lewat komunikasi baik radio,pengeras suara atau morse.tidak di gubris serempet/dorong dgn semprotan air hingga keluar.masih bandel tembakan peringatan.tetep bengal atau malah melawan?…..he he he

      •  

        blm tentu gan verdo
        kan masalah pnyelundupan TNI dan POLRI tidak mau ngurusin lagi karena kerjasama di stop
        siapa tau aja pnyelundup malah di silahkan ama TNI bahkan dikasih tau lewat mana aja supaya gk ktangkap

    •  

      @Bung UBan
      tebak aja sendiri jenis KS nya
      @Bung Pradiptya
      Yang diutara dan diselatan ehem sama sama bertugas
      @Bung Dianeko
      Kalau exercise atau sandi tempur ada Hiunya pasti ada KS nya
      @Bung Veldorie
      Kita gak ada urusan dengan pencari suaka ,mau nyebrang silahkan nyebrang ,,kita halangi nanti kita yang kena HAM.
      Ini bukan masalah 1-0 karena kita jadi patroli diperbatasan karena jadi ikut ngawasai pencari suaka.tetapi reaksi kita yang tegas krna pelanggaran teritori oleh RAN Ausie dan mereka sudah mengakui dan minta maaf
      Maka dari itu sekarang armadanya pada ngumpet,,(merasa bersalah)

      Dari radar Jindalenya mereka tau berapa KRI yang onboard standby diperbatasan ,dan mereka tidak mau cari perkara dulu,

      Perkiraan dari deteksi Radar Jindale mereka 😀
      Kekuatan armada KRI yang ada diselatan di gugus tugas utama ada 9 KRI ,
      Dan ada Hiu laut selatan yang mengcover peran submarine warfare
      Di belakang ada gugus tugas pendukung terdiri dari 12 KRI yang siap bantuan tempur.
      Gugus tugas utama selalu dalam keadaan peran tempur.
      Dan dukungan Combat Air Patrol

      Kesemuannya tergabung dalam Sistim Satuan Tugas Armada (SSAT) dalam
      gugus tempur L-3 dgn kekuatan kapal Surface combatants dan CAP dan submarine
      :mrgreen:

  13.  

    bung satrio mau tanya ituyg dipake utk operasi hiu 14 kecebong gede apa kecebong lawas

  14.  

    iya cooling down dulu,, nanti kalo mef 2 sudah terpenuhi baru kita selesaikan secara jantan atau kekeluargaan tergantung mereka ^^

    hehehe

  15.  

    bung satrio kalo boleh tau ap yang di perbncanngan oleh k2 KRI DAN RAN mengngat ke 2 kapl terlalu berdekatan,, saya jadi penasaran,,, kah kah kah

    munkin ga ya mereka membcrkan naruto yang skrg ini sudah mw tamt 😛

    eh tp photo yg diatas terbaru kan ?? soalnya wktu lathan sm aust kmrn ga ada kapl ran model btgu deh

    •  

      Betul bung Satrio, tolong kasih pencerahannya. Saya yakin bung Satrio yang lebih tahu tentang prosedur yang berlaku dalam patroli perbatasan bersama. Apakah karena memang namanya patroli bersama, jadi kapalnya harus selalu beriringan kemana mana bersama juga? Hehehe..! Kedengarannya lucu kan kalau seperti itu. Coba bandingkan dengan cara patroli bersama yang biasa dipakai oleh kontingen garuda. Mereka biasanya melakukan pendelegasian tugas, wewenang dan tanggung jawab dengan kontingen lainnya. Umpamanya Konga patroli dari point A sampai point B, maka tugas patroli di point B sampai point C akan diemban oleh kontingen dari negara lain. Dengan demikian tidak akan berlaku blank spot karena semua wilayah dalam kondisi under control. Gimana bung Satrio? Sebagai perwira TNI AL, saya percaya bung Satrio pasti sangat memahami strategi di laut. Terima kasih….

    •  

      cmiiw, itu patroli bersama di masa masih akur tahun 2010-an. saat ini belum terjadi kapal perang dua negara yang sampai standoff berhadapan. kita liat saja apa akan akur atau jatuh talak 3. lagu tema untuk Abbot dan RAN saat ini:

      Mana nyeri nyeri nyeri teuing
      Ceurik ati di tambelakan
      Henteu benang ku disabaran
      Aduh alah ieung
      Tega teh teuing

      Indit sore tulunyungna subuh
      Abdi tunduh mukakeun tulak
      Batin nyeuri ceurik sorangan
      Aduh alah ieung
      Tega teh teuing

      Nyeri-nyeri moal benang di ubaran
      Kajen tutumpuran paeh ge teu panasaran
      Mempeng ngora keneh
      Mempeng urang can batian
      Pek geura serahkeun
      Talak tilu sakalian

      Henteu butuh lalaki curaling
      Boga rasa asa ieu aing
      Henteu robah teu eling-eling
      Aduh alah ieung
      tega teh teuing

      •  

        Hahahaaa lagunya bagus….Abbot dan kaum white supremacy di Aussie memang terlihat ambisi utk menunjukkan white pride nya di regional.
        Dan memang Boat People telah jadi masalah yg membuat mereka tdk nyaman slama bertahun-tahun.
        Abbot satu guru satu ilmu dengan Howard ….dipadepokan Sherrif Regional Wannabe.
        Setiap anggota padepokan Sherrif Regional Wannabe yg jadi Prime Minister mka otomatis Indonesia akan kena getahnya.
        Hypocrite ….kata kunci dimana setiap White Pride mencoba memecahkan masalah Internal mereka apalagi yg berkaitan dengan urusan2 diplomatik luar negri.
        Sayangnya ….mereka bertetangga dgn Ahli Waris Penguasa Regional yaitu NUSANTARA aka Indonesia.

        Ditunggu saja episode2 selanjutnya ….
        Apakah Pewaris Penguasa Regional (Indonesia) memiliki darah yg sama dengan pendahulunya yaitu memiliki hegemony dan disegani ?
        Ataukah tetangga yg berdarah eropa dgn White Pride khas Padepokan Sherrif Regional Wannabe berhasil menunjukkan taringnya sebagai Turunan Invader tersukses slama beberapa abad dimana setiap masalah hrs hanya dengan cara pola pandang mereka tanpa peduli dengan tetangganya ?

        Saatnya berbalas lirik lagu ke bung Nowyoudont:

        Apakah skrg TNI sedang bernyanyi sperti ini …..

        “Dunia belum berakhir,
        Bila kau putuskan aku,
        Paling-paling juga kalau kamu mentok,
        Balik padaku…..”

        Heheheeee just kidding

        •  

          he he he.. asal jangan lagu “Perdamaian” saja bung, karena zero enemy itu lebay.

          Kekuatan militer memang harus kuat, bukan hanya sedia payung sebelum hujan jika ternyata badai tidak bisa dihindari, tapi terutama bisa memaksa pihak asing untuk duduk di meja perundingan daripada petantang petenteng bawa mesin perang mengabaikan wilayah kedaulatan negara kita

    •  

      @Bung Taufik
      Kalau sekarang kan sudah tidak patroli bersama
      Kalau ngobrol diradio yaa yang mungkin ngobrol sesuai prosedur (SOP) aja .

      @Bung Yayan
      Karena saya bukan perwira TNI AL jadi saya tidak tau apa prosedurnya dalam patroli bersama,
      Semestinya begitu ,,gak mungkin harus gandeng renteng ,,satu patroli dizoan A satunya di zona B

      @Bung Now
      Kalau lagu yang dinyayikan bersama mungkin lagunya mbah surip “Tak Gendong” 😀
      enak to..Mantab to,,

  16.  

    Kok bisanya ausee tidak tahu duluan kalau TNI mengerahkan pagelaran di laut selatan..?mereka mempunyai radar yg canggih bung Satrio, bahkan yg terakhir biar keliatan jelas bawa SS2nya + kopassus,denjaka dan den* yg lainya…sampai pinjem paman sam juga satelitnya.

  17.  

    sekedar hiburan di minggu tenang

    http://www.youtube.com/watch?v=R3d_GRfUR74

  18.  

    Mbah ingin menegasken sekali lagi!
    1. Buat apa china membuat beberapa kapal induk yang akan segera beroperasi sekitar tahun 2020 ?
    2. Mereka membuat keputusan sepihak ANDIZ terhadap laut china timur, apa ini yang dinamakan negara bersahabat ?
    3. Dan sebentar lagi China akan menegaskan Klaim sepihak di LCS yang kemungkinan memotong ZEE di Natuna ?

    Siapkah adek adek sekalian menjadi sukarelawan bila sebentar lagi terjadi konflik di LCS. Asal adek tau China memiliki jumlah tentara sekitar 9 Army, 1 Army sekitar 350 ribu. TNI hanya punya tentara 400 ribu.

    •  

      Sebaiknya anda baca lagi data berapa jumlah tentara china yang sebenarnya.

      Anda berpendapat china menyelesaikan konflik dalam meja perundingan ? Penjelasan anda bagaimana tentang invasi china ke vietnam tahun 1979, dimana Tentara china tidak ragu membunuh dan membabat habis orang vietnam yang ditemui selama mereka berbaris menuju selatan. Tentara Vietnam yang dikatakan jago perang gerilya dan baru saja menang perang melawan USA dibuat tidak berdaya, dihancurkan dan di remukkan, hampir saja china sampai jantung ibukota vietnam, beruntung saja tentara Soviet saat itu mengancam china akan intervensi, kalau tidak diancam soviet mungkin saat itu vietnam dilibas habis sampai paripurna.

      India juga pernah merasakan ganasnya tentara china di perbatasan

      •  

        Itu cina dulu saat mereka kalap kelaparan akibat revolusi budayanya Mao.gak ada jln lain selain mengalihkan perhatian publik ke luar negeri.cina sekarang adalah cina yg sdh makmur karena kebijakan dualisme ekonomi deng xiao ping.kata dengxiao ping tidak penting kucingnya hitam atau putih yg penting bs nangkap tikus.prediksi saya lcs akan damai kembali setelah arbitrase internasional dgn keuntungan konsesi ekonomi bg cina.bg negara asean yg penting wilayahnya utuh karena wibawa politik dlm negeri adalah kunci stabilitas kekuasaan.

        Ps: tentara cina emang segitu mbah.kalo lebih paling cuma paramiliternya semacam hansip di kita

        •  

          @ bang wehrmacht

          ##prediksi saya lcs akan damai kembali setelah arbitrase internasional dgn keuntungan konsesi ekonomi bg cina.bg negara asean yg penting wilayahnya utuh karena wibawa politik dlm negeri adalah kunci stabilitas kekuasaan.##
          BAGI NEGARA ASEAN YANG PENTING WILAYAHNYA UTUH…??

          ohhh jadi KEPENTINGAN….!

          anda jangan ngeyel deh…bung..!

          KEPENTINGAN=AGAMA=MILITER=PERANG …Fakta..!

      •  

        si bowo gak usah diladenin

        kalau hanya bicara jumlah, kapal induk, pespur dan jumlah tentara AS berapa dan Taliban punya senjata apa ?

    •  

      Sebaiknya mbah bowo baca lagi sejarah. Data mbah bowo TIDAK AKURAT karena hanya mencantumkan vietnam dan india tapi tidak mencantumkan uighur dan tibet. Mbah bowo seharusnya sadar bahwa jaman telah berubah, rakyat china tidak lagi kelaparan, yang mulai kelaparan adalah mesin2 industrinya

    •  

      @ MBAH BOWO

      tenang saja mbah bowo ada PAKISTAN …! yang melindungi INDONESIA..!
      NUKLIR PAKISTAN AKAN BERAKSI MERATAKAN CHINA…..
      untuk sekarang kita tau bahwa pakistan juga dekat dengan china..juga america..

      •  

        Mbah bangga denganmu dek, jadi ingat masa muda mbah dulu. Mbah sangat ingin negara kita segera memperkuat alutsisa sebelum di Tekan China di Natuna. Mbah terharu bila sampai datang 50 Flanker SU 35, 20 kapal perang Fregate baru, jangan bekas pakai, 600 MBT kalau bisa yang murahyang penting banyak. 15 Kapal selam AIP sejenis changbogo yang murah-murah saja. Rudal S 300 50 baterai yang ditempatkan 70% di utara dan 30 persen di selatan. Kalau Australia macam-macam bisa di tembak dari sana.

      •  

        @Bung Oke

        Masa iya Pakistan menyerang Cina…

        JF-17 berhasil dibuat kan juga karena kerjasama Pakistan-Cina bung oke…

        Lagipula Cina juga berkekuatan nuklir, terlalu naif kalau Pakistan akan menyerang Cina hanya karena Indonesia diserang…

        Bukan aliansi, Indonesia bukan siapa2nya Pakistan…

        Lagipula Pakistan punya problem sendiri, yaitu India…

        Jika Pakistan diserang India apa Indonesia akan mengirimkan pasukannya ke Pakistan?

        Pasukan jihad non pemerintah mungkin iya, tentara? saya ragu 🙂

        •  

          @ bang verdorie

          Masa iya Pakistan menyerang Cina…

          **** BISA JADI BANG

          JF-17 berhasil dibuat kan juga karena kerjasama Pakistan-Cina bung oke…
          ****BETUL BANG.

          Lagipula Cina juga berkekuatan nuklir, terlalu naif kalau Pakistan akan menyerang Cina hanya karena Indonesia diserang…
          ****BISA JADI BANG,… LAGIAN TIDAK AKAN TERJADI KARENA SAMA2 HANCUR

          Bukan aliansi, Indonesia bukan siapa2nya Pakistan…
          **** KATA SIAPA..?

          Lagipula Pakistan punya problem sendiri, yaitu India…
          **** BETUL

          Jika Pakistan diserang India apa Indonesia akan mengirimkan pasukannya ke Pakistan?
          ****DULU WAKTU SUKARNO PERNAH BANTU KASIH KASIH PINJAM KS .
          KALAU SEKARANG TAK TAU DEH

          Pasukan jihad non pemerintah mungkin iya, tentara? saya ragu

          ****PASTILAH WALAUPUN BEDANYA HANYA SERAGAM
          —————————————————————————————————————–
          santai aja bang

  19.  

    jujur saya neh bingung perihal konflik Indonesia-Australia,
    saya sering ke australi dan mereka sangat wellcome sama orang-orang indonesia di sana bahkan ada organisasi kepemudaan Indonesia yang dapet perlindungan / payung hukum dari pemerintah di sana begitu juga sebaliknya orang-orang australi juga banyak banget di indonesia di Bali misalnya….. dan kita juga wellcome sama mereka….

    jadi sebenernya kita masih damai sama mereka, bahkan mereka juga gak gubris travel warning dari pemerintah nya wat ke indonesia…….

    so sebenernya yang berantem tuh bukan rakyatnya tapi pemerintahnya….

  20.  

    ….Menyikapi pelanggaran yang dilakukan AL Australia, Untung memilih berhati-hati. Pihaknya mengikuti langkah yang diambil pemerintah Indonesia, dalam hal ini Presiden dan panglima TNI. “Umumnya di berbagai negara, sepanjang (pelanggaran) tidak provokatif, tidak mendramatisasi, saya rasa masih oke,” tambahnya…

    agak bingung memahami pernyataan di atas, buat apa juga memagari halaman belakang dengan radar pantai kalau ujung2nya hanya ” masih oke” , cincay, million friends…?.

    yang pasti buat Oz sih sangat tidak OK kalau melihat jangkauan Jindalee mereka…

    •  

      Bung Danu

      Saya bingung dengan pengerahan kapal TNI ke selatan , pernyataan TNI AL ini dan pernyataan/klaim orang2 Australia mengenai di kolom komentar Jakarta post mengenai keberhasilan policy mereka dengan berhentinya kapal pencari suaka selama 6 minggu.

      Kalau pernyataan mereka benar berarti, TNI kita ngirim kapal bukan hanya untuk patroli demi mengawasi dan mencegah pelanggaran kedaulatan oleh Australia, tetapi juga untuk mencegah kapal2 pencari suaka menyebrang ke Australia yg artinya sekali lagi kita mempermudah pekerjaan mereka dalam penerapan policy mereka.

      Tolong bung Danu atau agan2 lain meverifikasi, klaim2 orang2 Australia tersebut.

      •  

        sama bingung, lihat aja judul 2 threads teratas:

        > Presiden SBY dan DPR: This is More than Enough, Australia !

        > TNI AL Cooling Down soal Pelanggaran Australia

        jika awan hitam bergumpal mendadak sirna diganti matahari cerah bersinar , kemungkinan besar ada pawang hujan beraksi…

        •  

          Miris kalau emang benar..

          Jadi curiga saya, jangan2 mbah bowo ini sebenar nya Panglima TNI. 🙁

        •  

          si bowo anti Kilo, gak mungkin dia petinggi TNI…

          dia AGEN OZ yang selama beberapa hari belakangan ini kerja keras melakukan cooling down terkait issue Oz di kalangan warjagers dengan aksi distraction / menggoreng masalah China, dan cukup sukses karena banyak yang menanggapi…

          •  

            mungkin banyak yang lupa atau tidak tau bahwa sebelumnya si mbah ini anti dan mengkritik modernisasi TNI demi dialihkan dananya untuk menaikan upah buruh 😀

          •  

            Iya bung Danu, cuma mau mengingat kembali pernyataan Panglima setelah terima phonecall dr Aussie.

  21.  

    kayaknya kemunculan mbak bowo seperti dulu lagi……. menggiring opini para teman2 di warjag.
    Sy rasa nggak perlu diladeni nanti menguras energi dari teman2 sendiri. Terima kasih

  22.  

    Cooling down apaan. Ini dah jelas pelecehan, Abbott dah nginjek SBY di kepalanya. Masih mo bilang prihatin. Nih ane kasih sumber bangke, http://www.theguardian.com/world/2014/feb/01/lifeboat-australia-return-asylum-seekers-found-java. Niat banget narik kapsul isi imigran trus diluncurin ke Jawa, dimana muka kita..

    Ane minta Real Frigate 10, Destro 2, sama Kilo-nya langsung bungkus. Catet pak Beye.. Nggak pake lama…

    •  

      urutannya streching kemudian exercise baru setelahnya cooling down. ini streching saja setengah jalan sudah colling down :mrgreen: belum keluar keringet sudah jajan jus, baru intro langsung penutup, baru mules sudah cebok

      yaa.. mau bgimana lagi? MEF1 saja baru rencana mau akan pada datang barangnya. sabar, sabar..

  23.  

    @Bung Danu,

    sepertinya ini berkaitan dgn f-16 dan apache, dimana pembayaran sudah dilkukan dimuka, kiriman blum datang.
    Effect hibah/pemb.alutsista ke AS membuahkan Belenggu untuk manuver alternative.

    * Jargon Kujerat kau dgn Hibah, ada benarnya juga.

    •  

      emang samar2 tertangkap sih dering phone call dari washington (dan ada yang manggut2 di jkt)…

      •  

        Selama presiden dan staf TNI masih lulusan leavenworth dan benning,selama panglima armada masih lulusan UK naval command staf,jgn berharap kita bisa merdeka bersikap dan menentukan pilihan.barat tdk ingin indonesia kuat.tp merrka jg tdk ingin indonesia di hadapkan pd posisi faith a comply,tdk ada pilihan selain melirik brg timur.di berikanlah brg rongsokan itu sbg pelipur lara.kita berharap banyak pada perwira kita yg lulusan cina dan rusia untuk menyeimbsngkan keadaan dan memberikan alternatif

    •  

      jangan lupa kedatangan William Hague baru2 ini

    •  

      paling2 nanti keluar berita bahwa pengadaan su-35 hanya sedikit alias ngeteng dan gantinya datanglah zombie f-15 dari padang gurun. nasib2 negeri yang terbelenggu ini.

  24.  

    Jika ingin damai maka bersiaplah utk perang.
    Berhati2 dgn china itu waras. Tp memilih USA CS jd sahabat itu gila.
    Begitu bnyk kecurangan dn kejahatan USA kpd negeri ini. Dan itu msh meninggalkan trauma.
    Pesan Mantan Presiden Soekarno yg mgkin cocok utk si MBAH BOWO diatas: Jgn sekali2 melupakan sejarah!

    •  

      @ BANG JIMLY

      Jika ingin damai maka bersiaplah utk perang.

      *** ITU BETUL SEKALI

      Berhati2 dgn china itu waras.

      *** BAGAI MANA DENGAN YANG BANYAK KOMENT DISINI YANG PRO CHINA DAN RUSIA…
      APAKAH MEREKA PADA TAK WARAS…?

      Tp memilih USA CS jd sahabat itu gila.

      *** ITU MBAH BOWO
      Begitu bnyk kecurangan dn kejahatan USA kpd negeri ini. Dan itu msh meninggalkan trauma.

      *** SAMPAIKAN KE MBAH BOWO

      Pesan Mantan Presiden Soekarno yg mgkin cocok utk si MBAH BOWO diatas: Jgn sekali2 melupakan sejarah!

      *** INI BUAT MBAH BOWO

      —————————————————————————————————————————————-

      SEJARAH MEMBUKTIKAN PAKISTAN BERHUTANG BUDI DENGAN INDONESIA WAKTU JAMAN SUKARNO…
      KALAU TAK DI BANTU SUKARNO BISA HABIS ITU PAKISTAN…!
      KENAPA SUKARNO PADA WAKTU ITU HARUS BANTU PAKISTAN…?
      ANDA BISA JAWAB ….MAKA ANDALAH AHLI STRATEGI DAN MILITER……!!!
      MANA SESEPUH..?? JANGAN NGUMPET YAH….??

      he he he
      santai aja bang

  25.  

    * Assylum seeker akan slalu ada *

    apalagi jika tidak ada ”kisruh”
    membiarkan Calon Warga negara Oz menemukan taqdirnya sampe didaratan Oz, seharusnya warga negara oz terdahulu memberikan respect yg cukup kepada kita.
    Klaim berhasil 6 minggu sepi, hanyalah menghibur diri, akan dan terus akan…ada kiriman.

    Kalo liat peta dunia, ada movement dari utara (atas) ke selatan (bawah) itu seperti yg NYEMPLUNG.

    Well…it’s not our bussiness anyway….we’re just a good neighbour

  26.  

    agk mncurigakan, Cooling down di kertas ato dilapangan, remotenya bs berbeda. Mendiamkan aussie smbil ttp melakukan action.. Psywar bgt.

  27.  

    saya harap damai saja karena sebenernya konflik yang memanas di LCS antara china dan asean,justru negara Indonesia yang lebih garang dikonflik ini,soalnya dah hampir mau tembak tembakkan antara KRI sama PLAN Vessel,di banding tetangga lain yang bisanya koar koar kayak pinoy,atau sonotan,karena Indonesia sekarang sudah jauh pintar menghadapi konflik ini,kalau ada apa apa dierbatasan Indonesia keras,apalagi doktrin militer disini kuat,dan pemimpin china-Indonesia tetap calm down,walaupun jalur klaim naga mengenai ZEE natuna,malah PLAN dah latihan di samudera hindia,mereka lewat selat sunda,tapi susahnya adalah ALKI itu jalur internasional jadinya kapal apapun boleh lewat asal mengikuti jalur yang ditentukan beserta syarat lainnya,tapi ALKI tetaplah milik NKRI yang sudah ada perjanjiannya sesuai deklarasi Djuanda

  28.  

    * Pemikiran2 yg diserap Oleh Kita *

    – Tahun 2020 akan terjadi Perang, di LCS antara AS vs China.
    – China akan menyerang oz begitu pun sebaliknya.
    – China akan menyerang NKRI

    – Amerika berperang pengaruh dgn China dlm hal ekonomi, itu jelas, tapi membuka Front terbuka ..??
    – kenapa harus memilih thn 2020..bukan tahun 2025 atau lebih maju 2017..???
    – Amerika memiliki military base di cocos, christmas, benua teritorial oz…apa betul china sejauh itu ekspansi militer untuk pemenuhan sda domestik nya..??

    begitu gamblang ya rencananya…qo bisa gamblang..?

    # Menganggap hal itu akan terjadi serta meyakininya justru membuatnya menjadi kenyataan.
    tarik nafas akh..

    •  

      karena china digoreng terus, sekalian aja kita kenal lebih jauh :

      a dog to kill

      “Since we have decided that the U.S. is bluffing in the East China Sea, we should take this opportunity to respond to these empty provocations with something real.
      This includes Vietnam, the Philippines and Japan, who are the three running dogs of the United States in Asia. We only need to kill one, and it will immediately bring the others to heel.”

      http://www.breitbart.com/Big-Peace/2013/01/20/21-Jan-13-World-View-Discussion-of-China-s-directive-to-Get-Ready-for-War

      •  

        or to joint forces in colliding course 🙂

        imo- agak beda situasinya dengan Vietnam.

      •  

        situasi kita ?

        at least tidak digolongkan running dog of the US, pertanyaannya apakah aksi akan berhenti hingga the running dogs ?

      •  

        Jujur z…gue percaya teori mengurangi jumlah penduduk Bumi sehingga ideal salah satunya dgn jalan perang, yg dulunya dimainkan USSR vs US

      •  

        Mbah bangga denganmu dek @ Danu, Biar gak apa-apa mbah dihina terus sama adek adek di warjag, yang penting mereka semua tahu bahwa nasib mengerikan telah menanti kita dimasa depan bila tidak segera ber aliansi dengan USA. Jujur mbah ngak suka dengan USA, Australia dan Negara-negara barat pada umumnya, karena cenderung merugikan tapi halus. Tapi mbah mohon mengerti semua warga forum ini khususnya Petinggi TNI yang membaca forum ini bahwa Sangat berbahaya sekali musuh dari Utara ini yaitu china. Mbah tidak masalah alutsista kita didatangkan dari Russia atau Blok barat, yang penting dalam jumlah banyak dan menakutkan. Yang penting cukup untuk menahan gempuran PLA saat di awal-awal mereka menyerang di masa depan nanti. Kalau china memang berkehendak tentang Natuna maka tidak ada jalan lagi yaitu angkat senjata. Percaya mbah, di masa depan 2020 kita akan bekerja sama bahu membahu dengan USA dan Australia menahan gerak laju ekspansi PLA ke selatan.

  29.  

    ingat JAS MERAH mbah

    NKRI harga mati http://www.youtube.com/watch?v=D_YvqAjBV6Y

  30.  

    mau nanya, klo keduanya bertemu dalam peperangan, kira2 menang yg mna bung? maaf newbi

  31.  

    para warjag er, silahkan dibaca dan dianalisa, artikel lama dan komentar Henry Kissinger:

    http://indonesian.irib.ir/fokus/-/asset_publisher/v5Xe/content/id/5196433

 Leave a Reply