Jun 142019
 

Surabaya, Jakartagreater.com   –  Dalam rangka pelaksanaan Latihan Bersama Eagle Indopura 2019, TNI AL dan Angkatan Laut Singapura mengadakan Final Planning Conference (FPC) Exercise Eagle Indopura 2019.

Kegiatan yang berlangsung dari tanggal 12 sampai dengan 14 Juni 2019 itu dilaksanakan di Surabaya, Jawa Timur.

Exercise Eagle Indopura merupakan latihan bersama yang telah berlangsung sejak tahun 1974 antara TNI AL dengan Republic of Singapore Navy (RSN) dan dilaksanakan secara periodik setiap 2 tahun sekali, dengan tujuan untuk mempererat hubungan kerja sama antar kedua Angkatan Laut serta meningkatkan profesionalisme sebagai prajurit matra laut.

Tahun 2019 ini merupakan Latihan Eagle Indopura yang ke-25 dengan tuan rumah Indonesia. Kegiatan tersebut akan berlangsung dalam 3 fase yaitu harbour phase, sea phase dan post exercise phase.

Berbagai materi latihan naval warfare akan dilaksanakan pada tahap sea phase yang akan dilangsungkan pada medio Juli 2019. FPC merupakan kelanjutan dari Initial Planning Conference (IPC) yang telah dilaksanakan pada Maret 2019 di Singapura.

Delegasi TNI Angkatan Laut yang dipimpin oleh Kolonel Laut (P) Sigit Santoso itu juga disertai 7 Perwira TNI AL. Sedangkan delegasi Republik Singapore Navy dipimpin oleh LTC Carlin Song (Commanding Officer, RSS Steadfast) beserta 4 Perwira RSN. (tnial.mil.id)