Mei 052019
 

Surabaya, Jakartagreater.com   –    Setelah melalui beberapa tahapan, akhirnya TNI AL dan US. Navy mencapai kesepakatan rencana program Latihan Bersama (Latma) Cooperation Afloat Readiness And Training (Carat) 2019.

Kesepakatan itu ditandatangani oleh kedua belah pihak pada saat rapat penutupan Final Planning Conference (FPC) yang di mulai 30 April-02 Mei 2019, bertempat di Hotel JW. Marriott Surabaya, pada Kamis 2-5-2019.

Ketua Delegasi FPC Carat 2019 dari TNI AL diwakili oleh Kolonel Laut (P) Sigit Santoso dan dari US Navy Capt Ann Mc Cann, menandatangani dokumen perjanjian kesepahaman Latma Carat 2019. Dokumen tersebut telah dibahas dan disepakati oleh masing-masing delegasi dalam rapat FPC selama 4 hari.

Untuk menentukan kesepakatan tersebut masing-masing delegasi membentuk kelompok diskusi kecil membahas tentang rencana kegiatan, jadwal, dan peralatan tempur yang akan dikerahkan dalam Latma CARAT 2019 nanti. Small Grup Discussion terdiri dari beberapa bagian diantaranya pengamanan , unsur-unsur laut,  unsur udara , pendaratan pasukan Marinir , kesehatan, hubungan masyarakat dan lain-lain.

Latihan ini bertujuan untuk meningkatkan profesionalisme prajurit TNI AL mengenai doktrin taktik dan teknik peperangan laut, operasi Amfibi dan penanggulangan bencana alam. Selain itu juga untuk meningkatkan hubungan bilateral antar Angkatan Laut kedua negara, dengan prinsip saling menghormati dan menghargai sesama negara yang berdaulat. (tni.mil.id)

  One Response to “TNI AL dan US Navy Sepakat Rencana Program Latihan Bersama”

  1.  

    Menhankam jangan lupa rayu lik Sam supaya mau bantu penguatan kekuatan TNI AL jangan cuma melulu kerjasama dan latihan bersama, lik Sam juga butuh TNI kuat utk jaga keamanan kawasan, kalau mereka terlalu pelit sebaiknya kita harus segera bersikap, terbukti banyak negara yang dimusuhi lik Sam malah mampu mandiri dibidang alutsista dan disegani contoh Iran sampai sekarang lik Sam and the gank cuma koar2 saja tapi gak pernah berani ganggu secara frontal