TNI AL Gagalkan Pambajakan Kapal Kargo

20
81
cargo-kopaska
ilustrasi: Pembebasasan Kapal oleh Kopaska

Pekanbaru – Kapal Perang Indonesia di bawah Komando Armada Barat (Koarmabar) menggagalkan pembajakan kapal kargo berbendera Panama yang berada di selat Philips, dekat Singapura.

Demikian disampaikan, Kepala Dinas Penerangan, Koarmabar, Letkol (L) Ariris Miftachurrahman dalam siaran persnya yang diterima detikcom, Jumat (21/11/2014).

Letkol Ariris menjelaskan, informasi terjadinya pembajakan diterima TNI AL dari liasion officer RI di di IFC (Information Fusion Center) Singapura. Disampaikan bahwa MV New Emerald berbendera Panama akan dibajak di perbatasan Indonesia-Singapura, Jumat (21/11/2014).

KRI Sanca-815 dengan Komandan Kapten Laut (P) Eko Yudi dan KRI Todak-631 dengan Komandan Mayor Laut (P) Sandy Kurniawan yang sedang melaksanakan operasi pengamanan perbatasan Indonesia-Singapura bergeser ke lokasi yang dimaksud.

“Tidak membutuhkan waktu lama, kedua kapal perang tersebut berhasil mendeteksi dan menemukan keberadaan kapal MV New Emerald. Selanjutnya mereka mengawal ke perairan Teluk Jodoh, Batam, Kepulauan Riau (Kepri),” kata Letkol Ariris.

Tidak ada kerugian material dalam kejadian tersebut. Para pembajak sudah melarikan diri sebelum kedua KRI sampai di lokasi kejadian.

Koarmabar, menurut Letkol Ariris, selalu siaga. Terutama terkait isu pembajakan dan pencurian. (Detik.com).

20 KOMENTAR

    • Kadang kacang lupa kulit nya,,,, manusia hanya menilai hasil nya,,,
      Klo kata motto kopassus #KAMI BUKAN HEBAT TAPI TERLATIH#
      tak perlu sombong dgn hasil yang didapat, tp terus berusaha dan berlatih dgn baik agar jadi yang terbaik,,

      Menimba ilmu dari mana saja, dari kuli sampai direktur , dari korea sampe USA ga jadi masalah,, agar bs mengetahui strategi dan taktik yg biasa mereka gunakan, dan kita bs menciptakan anti dot nya ketika harus berhadapan dgn mereka,,,

  1. Periksa kembaLi kejadiannya , tanyakan para awak kapaL yang dibajak apakah mirip penampiLannya seperti tentara yang berbaju preman , pembajak atau perompak laut seperti itu pasti berpengaLaman jangan sampai Tentara negara Lain yang berpakaian preman dengan ALasan menjadi pembajak tapi punya niatan Lain untuk menjeLekkan daerah kita , bahwa daerah kelautan kita tidak aman di karnakan banyaknya perompak atau pembajak!!!

  2. ‘ILEGAL LOGING SEPI’
    Sy hrp patroli laut dilakukan sepanjang tahun,agar perekonomian ri makin meningkat,insyaallah.
    Namun yg terdengar kali ini baru penangkapan kapal nelayan asing pencuri ikan dan penyelamatan kapal asing dari pembajakan.Sedangkan kasus ilegal loging yg katanya banyak diselundupkan melalui laut jg & melibatkan orang dalam & luar belum terdengar beritanya.
    Mudah2an sepinya kasus tsb krn memang sedang ga ada.
    Awas loh,banjir makin dahsyat melanda daerah, gara2 penebangan liar!