Mei 202014
 
Pasir yang putih, air nan jernih serta pepohonan yang hijau tertata rapih, menjadikan Tanjung Datuk sebagai pantai terindah di Kalimantan Barat yang bisa menyaingi Bali.  Tak heran keindahan alam ini menarik minat turis mancanegara yang lokasinya perbatasan antara Indonesia dan Malaysia (photo:  sambas-borneo.blogspot.com)

Pasir yang putih, air nan jernih serta pepohonan yang hijau tertata rapih, menjadikan Tanjung Datuk sebagai pantai terindah di Kalimantan Barat yang bisa menyaingi Bali. Tak heran keindahan alam ini menarik minat turis mancanegara yang lokasinya perbatasan antara Indonesia dan Malaysia (photo: sambas-borneo.blogspot.com)

Pemerintah Indonesia belum meminta pemerintah Malaysia bertanggung jawab terkait pembangunan mercusuar di Tanjung Datuk, karena masih menunggu hasil verifikasi apakah pembangunan mercusuar itu dilakukan di wilayah status quo atau bukan.

Jubir Menlu Michael Tenne menyampaikan, verifikasi itu dilakukan anggota TNI Angkatan Laut untuk mengecek keberadaan pembangunan mercusuar yang didirikan pemerintah Malaysia.

Tenne menyampaikan atas pembangunan mercusuar itu pemerintah Malaysia bakal mendapatkan saksi diplomasi. Namun diberikan sanksi atau tidaknya itu tergantung hasil verifikasi dari Tentara Nasional Indonesia (TNI AL).

“Langkah selanjutnya tergantung hasil temuan,” kata Michael saat dihubungi Republika, Selasa (20/5).

Kadispenal Laksamana Pertama TNI Manahan Simorangkir menyampaikan tim verifikasi sebanyak 80 anggota sudah tiba di Tanjung Datuk Senin Pukul 15.30. Kedatangan mereka kata dia, sudah berhasil menghentikan semua kegiatan pembangunan mercusuar Malaysia di Tanjung Datuk.

tanjung-datuk-2

Posisi Tanjung Datuk (dot merah)

“Area itu sudah diamankan oleh anggota TNI AL yang betugas di Pos Angkatan Laut (posal) Temajuk,” katanya.

Laksamana Pertama Simorangkir berkata TNI AL sudah mengerahkan satuannya untuk melakukan pengamanan dengan menurunkan satu kapal jenis KRI SS-378 dan satu pesawat udara patroli maritim Nomer U-621 milik pos angkatan laut Temajuk dekat Tanjung Datuk Lanal Pontianak.

Menurutnya, Indonesia memang memiliki persoalan mengenai garis batas dengan 10 negara, yaitu di antaranya Singapura dan Malaysia. Mengenai garis batas di Tanjung Datuk ini, kata Simorangkir tidak pernah selesai dengan Malaysia.

Jadi yang harus bicara mengenai garis batas itu kata Simorangkir adalah pemerintah Indonesia melalui Menteri Luar Negeri bukan TNI.

“TNI Angkatan Laut yang jadi anggota personalnya KRI,”.

Saat ini kata Simorangkir kapal milik Malaysia berjumlah tujuh kapal dengan tiga kapal tongkang dan empat kapal on board yang digunakan sebagai aktivitas pemasangan tiang mercusuar sudah berhasil ditarik ke perbatasan.

Areal Tanjung Datuk termasuk Gosong Niger (laut) dan Camar Wulan (darat) merupakan titik ikat dan patok batas Provinsi Kalimantan Barat (Republik Indonesia) dengan Negara Bagian Sarawak (Federasi Malaysia). Wilayah ini masih bermasalah karena area perbatasannya belum disepakati. (republika.co.id)

Bagikan:

  260 Responses to “TNI AL Hentikan Pelanggaran di Tanjung Datuk”

  1.  

    Pertamax

  2.  

    siji?

  3.  

    Siji

  4.  

    Biar terlambat asal selamat πŸ˜€

  5.  

    wah akhirnya… mantap TNI AL

  6.  

    Alhamdulillah…..sip tenan wis….

  7.  

    Langkah ini sepertinya sudah tepat

    •  

      Betul..dan setelah dipastikan bahwa mercu suar tsb dibangun di wilayah status quo langkah selanjutnya adalah Presiden memerintahkan TNI mengawal proses penghancuran tiang2 yang sudah terlanjur terpasang. Jika sepenuhnya yakin itu wilayah Indonesia, segera reklamasi karang tsb dan di bangun pos TNI AL sebagaimana yang dilakukan Cina di wilayah sengketa. Negosiasi itu perlu kalau kita sendiri ragu batas wilayahnya. Mari berkaca ke kasus Ambalat di mana garis batas yang ditarik pihak Malaysia jauh masuk ke wilayah kita, pede saja tidak perlu ada negosiasi. Demikian juga Tanjung Datu. Kalau garis yang ditarik pihak Malaysia sudah jauh masuk wilayah RI, sikat saja.

      •  

        Berkaitan tanjung Datu ….Malaysia selalu mencari kesempatan tambah wilayah, (seharusnya konsentrasi dgn LCS saja..). yang perlu skr Indonesia memajukan semua wilayah perbatasan dgn menaruh transmigrasi lokal maupun antar pulau, kalo perlu dgn budget tertentu/khusus…lebih fair dgn Filipina yg menyelesaikan sengketa tapal batas dgn Indonesia dgn membagi ZEE yg dipersengketakan utk berkonsentrasi dgn adu klaim dgn Red China….

      •  

        Untuk ambalat, mungkin cuma opini saya, untuk menyelesaikannya kita harus merebut lagi pulau sipadan dan ligitan.

  8.  

    petronax

  9.  

    papat
    hehehe

  10.  

    Nomer loro

  11.  

    persepuluhmaxx

  12.  

    Sikaatttt….

  13.  

    disana memang masih kosong, yang ada hanya beberapa bangunan yang sudah rusak terbengkalai dan kalau menuju keujung perbatasan harus menggunakan perahu kurang lebih satu jam dari pelabuhan terdekat

  14.  

    absen dulu,baca belakangan. . haha salam hangat bung semuanya. . .

  15.  

    sepuluh besar

  16.  

    Sugeng dalu…nyimak dulu

  17.  

    TNI HEBAT!!!!!!!

    Semoga pemerintah segera dapat mengambil tindakan yang terbaik untuk membereskan masalah tersebut

    JAYALAH NKRI KU

  18.  

    Sekalian dimunculin lontongnya di situ pasti malay berpikir seribu kali mau berulah lagi

  19.  

    Malaysia oh malaysia tetangga yang menyebalkan.

  20.  

    jika RI sudah menyediakan diri berunding tapi gagal terus, apakah kedepan RI akan selalu bersikap begitu?
    Presepsi ane bhw RI dlm diplomasi masih terkesan sangat sabar, nampak lemah dan kalah.

  21.  

    TRIKORA JILID II

    Menyatukan seluruh daratan pulau Kalimantan dalam NKRI “kecuali Dinda BRUNAI”

  22.  

    Wah seandainya ada PTTA utk menggantikan/menemani U-621.. bisa lebih terawasi.
    Ini bisa jadi seperti Sipadan ya?

  23.  

    aplaus buat tni. sisanya serahin aja ama yang di atas,soalnya kan tu wilayah belum masih sengketa bukan
    mutlak punya kita. makanya biar orang yg ngerti aja yg nerusin .smua ada prosedurnya. jgn gegabah. tp kalo udah macem2 sikat aja.
    hehe. .

  24.  

    aplaus buat tni. sisanya serahin aja ama yang di atas,soalnya kan tu wilayah masih sengketa bukan
    mutlak punya kita. makanya biar orang yg ngerti aja yg nerusin .smua ada prosedurnya. jgn gegabah. tp kalo udah macem2 sikat aja.
    hehe. .

  25.  

    Masalah garis perbatasan harus segera diselesaikan oleh pemerintah…bila berlarut-larut negara yg bersinggungan bisa trs meng claimnya & menghalalkanya karena blm ada penyelesaian antara 2 pihak…apalagi masih adanya masalah yg blm terselesaikan dg garis batas antara10 negara… NKRI HARGA MATI..!!!

  26.  

    Pasti ada cerita yg lbh detail dan lbh seru smpai TLDM kabur bgtu TNI AL datang.. kira2 apa yg trjadi disana ya??? Colek @bung nara & @ para sesepuh…

  27.  

    Malaysia mencoba trik lama, hehehe Indonesia terutama TNInya bukan seperti yg sepuluh tahun yg lalu…BRAVO TNI,

    •  

      walo triik lama tp merunut fakta indonesia masi kedodoran, khan? πŸ˜€

      •  

        @alfa7,fakta yang mana mas bro yg menunjukkan skrang kita masi kedodoran? ….tolong buka sedikitlah wawasan anda, coba anda cari tahu kenapa sekarang Ambalat jadi tenang?….. trus cari tahu secantik apa taktik kita kepada Australia masalah manusia perahu dan penyadapan?….

        •  

          Kutipan artikel : “Pemerintah Indonesia belum meminta pemerintah Malaysia bertanggung jawab terkait pembangunan mercusuar di Tanjung Datuk, karena masih menunggu hasil verifikasi apakah pembangunan mercusuar itu dilakukan di wilayah status quo atau bukan.”………………

          fokus problem ini adalah pembangunan mercu itu. indonesia masi kedodoran itu sudah sangat jelas krn konangannya setelah mercu itu dibangun, bukan sblm mercu itu dibangun.
          dan ane tdk membahas soal ambalat, krn lokusnya bukan ambalat. tq.

  28.  

    absen

  29.  

    Melihat situasi dan kebiasaan malaysia yg demikian berulangkali itu, pemerintah RI nampaknya perlu bersikap tegas scr nyata dan kalo perlu (dlm bhs ndeso) melakukan pembalasan yg menjadikan sonora cs “kepikiran banget” oleh polah tingkah Indonesia.

  30.  

    Wow…malaysia keren bgt.! Mampu memasang suar tanpa diketahui siluman2 laut TNI.! Wow amazing bgt.! Padahal menurut tua-tua forum ini, segala macem rudal ssm, sam, kapal selam, pespur udah dipasang. Brti mlaysia lbh canggih.!

  31.  

    negara malaysia = negara munafik, saran saya jauhi. klu macam macam sikat, sdh diperingatkan kok. pemimpin negara kita harus tegasssssssssss (gregeten aq)

  32.  

    Wow upin ipin mau cari gara gara nih….
    Mudah mudahan Sabah ,serawak gabung nkri
    Andai kata saya jdi panglima trtinggi,bakaln saya kirim pasukan elit Dari 3 matra buat pasokin snjata sama Zulu…..heeeehee maaf khayalan orang kampung

  33.  

    setuju, bung@kecik. kayak memang sdh sifat simalingsial ini lempar batu sembunyi tangan, sukanya usil dimari, giliran di sentil dikit pasti koar-koar nya ga karu karuan…
    salam kenal bung

  34.  

    kita ini sdh sepakat NKRI HARGA MATI, itu komitmen sakral. tdk usah takut sayonara kah sonora kah. bila terbukti malaysia melanggar NKRI tapi TNI masih mlempem atau banyak alasan tidak disikat itu orang/negara yang sdh bikin mercusuar saya hanya bilang TNI INALILLAHIWAINALILAHIROJIUN. Wasalam.

    •  

      NKRI memang harga mati, tapi andaikan NKRI itu berwujud manusia, lalu oleh manusia bernama malaysia dipalu jari kakinya tidak berasa sama sekali, itu artinya manusia yg bagaimana, bung?

  35.  

    Malon detect neh…..#tua-tua….

  36.  

    Bravo Tni.

  37.  

    Ini jari telunjuk udah gatal iniiihh…pengen nya pencet tombol yakhont…biar 7 kapal maling karam jd karang didasar laut.

  38.  

    untungnya TNI AL cepat tanggap & langsung menuju TKP πŸ˜€ .
    & untungnya TLDM nggak kena salvonya si siluman Lautnya TNI AL πŸ˜€

    Selamat malam para sesepuh & warjager semua.

  39.  

    sekali maling maka tetap maling ……

  40.  

    Dari komennya ketahuan penghuni sini isinya ababil semua. LOL. Semua postingan yg bombastis sebelum2nya ditelan mentah2. Tanpa ada sikap kritis sama sekali. Orang tidak kritis salah satu sebabnya itu karena tidak tahu apa2. LOL.

  41.  

    Warjager tidak tahu apa2? Anda boleh berdiskusi soal detil alutsista, strategi, budaya, politik, kebijakan, jaringan, dll dgn para bung2 di sini semacam bung@erich@yayan@jalo@satrio@Pocong@werhmacht@afiq@sarkem@Master Poker dll, silahkan ukur kedalamannya. Ojongawur.. Di sini kita belajar mencari informasi, mengolah, membantah tanpa mengabaikan etika.

  42.  

    Hi Malaysian…. !!!!!
    If you are man, we are dealing with a male Indonesian people.
    Do not hide under your mother’s underwear.
    Dare do dare to be responsible, then do not dare go ahead run and hide.
    Indonesian stands here, do not be a coward who can only be silent !!

  43.  

    ea mang bisanya kyk gt mulu si maling ,cemen abis

  44.  

    jgn maling mulu digayang si UPIL jg

  45.  

    kita harus sabar sbgai bangsa besar nd percaya saja pda yg punya kepentingan untuk ngurusi ini smua..
    Percayalah semua pasti ada waktunya nd kita bakal bangga mendengarnya sebagai warga NKRI..

  46.  

    presiden soekarno : hai malaysia iki lo dodoku ,endi dodomu

  47.  

    dasar negara banci di datangi tni kaburrr…. banci kaleng banci kaleng..

  48.  

    Kenapa kita harus ribut dengan serumpun, lebih baik gunakan taktik Zig-Zag diantara serumpun untuk mengelabui negara* kuat…misal kita hanya pura* mau ribut padahal kita enggak ribut mau perang dengan negara serumpun alhasil nantinya negara kuat akan memberi senjata* yg ampuh…( yg mau diributin apa…?sedangkan kopassus kita saja hari ini masih latihan bersama dengan negara serumpun)

    •  

      Hehehe kl memang mau menggunakan taktik zigzag jgn menggunakan “pencaplokan teritori” sbg issue ….itu fatal mnurut sy bung, aplg masang patok/tiang dinegara kita.
      Kl memang mau menggunakan “bentrokan/perselisihan” sbg issue, karna tujuannya ingin akses senjata2 dr negara besar ….mka lebih baik dgn peningkatan presence pasukan dan diiringi dgn latihan perang dekat perbatasan (serta retoriknya) dr kedua belah pihak….itu msh masuk akal.
      Ataw biar lebih murah ….bisa saling tangkap kapal nelayan yg melanggar (trus dilepas lagi yg penting menaikka tensi kedua pihak).

      Tp kl “pemancing”nya dgn memasang Tiang/patok ataw apapun itu …..itu sih cari penyakit namanya …
      Cuman ide dr pengamat dadakan hehee
      Salam buat bung wedus

      •  

        maaf bung @Wedus Gembel…. saya yakin, Indonesia TIDAK SERUMPUN dengan Malaysia atau negara manapun. Awalnya, Malaysia yang mengatakan bahwa Indonesia serumpun dengan Malaysia. Apakah mereka (dan tentunya kita, WN Indonesia), tidak melihat? Di Malaysia dan di Indonesia, banyak rumpun bangsa. Ada Melayu, China, India, Arab dan Negrito (hanya di Indonesia Timur) dan mungkin rumpun bangsa yang lain.

        Apa karena di Malaysia dan Indonesia ada rumpun Melayu, lantas serumpun? Terus kemana rumpun2 yang lain? Yang juga berasal, memiliki dan berhak atas tanah airnya? Kalau Melayu di Malaysia “MERASA” dominan, itu hak mereka. Di INDONESIA, TIDAK!!! Bhinneka Tunggal Ika!!!

        CMIIW πŸ™‚

        •  

          Serumpun terpecah karena ide* dari bangsa barat….andaikan pola pikir bangsa Asia bersatu akan menjadi kuat dan disegani karena mudah nya bangsa asia yg diadu domba oleh bangsa Europe makan kita berfikirnya akan terkotak-kotak dari kehidupan berbangsa dan bernegara..amrik kuat didirikan oleh bangsa*europe untuk membangun kedigdayaan super powernya bangsa Europe dibelahan dunia..

          •  

            Pak Cik… cobalah baca ulang komentar saya diatas….
            “Serumpun terpecah” … apa pula ini? Lha wong di Indonesia dan Malaysia saja banyak rumpun, kok pak cik tetep bilang serumpun? Janganlah terlalu semangat, baca dulu dengan teliti. Apakah karena di Indonesia dan Malaysia ada rumpun melayu, lantas Indonesia dan Malaysia serumpun? Hahaha….. cobalah keluar rumah, pusing-pusing sikit…. ada berapa rumpun tetangga pak cik…. ayolah…..

  49.  

    sifat malingsit mirip majikannya

  50.  

    Ijin nyimak aja… πŸ˜€

  51.  

    Loh. Seharus nya anda anda yg berfikir.! Kata tua2 disini kyk Jalo, Satrio, Yayan dll udah bnyk kasel tetangga yg ditenggelamin, pespur tetangga yg di rudal jatuh krn macem2 melanggar. Trus knp smp gak tau tuh tanjung datu.? Sampe sempet masang tiang segala.! Kenapa.? Mikir dunk.! Kan kata yayan ada berapa biji kasel dititip di brunai, pake dunk buat nenggelamin.! Oiya, saya gak pernah jualan bata coz bukan anggota forum tsbt.

    •  

      loe maling juga ya ? hahaha

      •  

        Anda liat dunk, nick saya Jajaka Tingkir, Jawa-Sunda, asal desa saya tetanggaan dgn desa nya Purn yg pernah jadi gubernur 2 periode salah satu provinsi di pulau Jawa. Kata ortu saya pun msh sodaraan dgn dia, tunggal embah buyut. Jadi klo ada blang saya “maling”, anda salah besar bung.

        •  

          Tunggal buyut dri nabi Adam

        •  

          memang benar anda bukan maling bung??? tapi anda ANTEK IMPREALIS, anda seenak udel menjual negara anda sendiri untuk isi perut anda sendiri, negara sendiri pun kurang anda hargai. Semoga keluarga anda selama ini tidak bung kasih hasil keringat dg menjual harga diri pada bangsa lain.

        •  

          “Kebiasaan norak” di daerah saya kalau ada seorang yang berhasil menduduki jabatan dgn posisi yg bgus, langsung dah pada banyak ngaku sodara, si anu itu mbahnya dulu.. , kakek2nya kakeknya kan masih kakak adik, buyutnya buyut.. Dll. Itu di daerah saya. Mungkin beda dgn daerah anda. Saya hanya nyinyir mereka yg lupa bahwa ada dukungan yg lebih besar selain pengakuan persaudaraan, yaitu dukungan agar tidak korupsi, amanah dlm jabatan, dan tentu saja dukungan agar jgn menjadi pejabat yg tergoda untuk mengkhianati bangsanya.

        •  

          @ Bung TJ … berarti pangkat anda Tengjend dong…. Tetangga Jendral … jiaaahaha

          •  

            anda kurang bung alfan yang benar tuh “tengjengmangubduper”…….tetangga jendral mantan gubernur dua peroide wkwkkwkwkwk

        •  

          alhamdulillah kalau bukan salam hangat bung JT

    •  

      JT@ Sepertiny kalau anak bangsa NKRI tidak akan sepesimis seperti yang anda sampaikan…tapi kalau anda telik sandi asing wajar kalau bersikap semacam itu…..sebagai anak bangsa sejelek apapun kondisinya wajib kita bela sampai titik darah penghabisan.

      disini kita belajar,menelaah, menterjemahkan clue clue yang disampaikan oleh para sesepuh lapak ini. kalau anda memang tidak sependapat boleh boleh saja..kasih eviden/alasan yang jelas bukan menjelekan pihak lain….salam

      •  

        @bung siluet, harus nya anda brfikir lg. Clue tua2 disini yg katanya menembak pesawat, nyundul kasel dll telah TERPATAHKAN dgn sendirinya karena kejadian ini.

        •  

          Terpatahkan bagaimana bung JT.? Anda ini polos banget, menelaah sesuatu hanya apa yg ada di depan mata.
          Coba bung kupas lbh jauh berita2 mercusuar ini, apa iya cm karena 1 kapur TNI AL saja kapal2 TLDM sdh terbirit2, pengecut banget..!
          Siapa tahu kasel RI sdh nyundul di sana. Ingat anda dan sy tdk berada di sana, kt tdk tahu 100% apa yg terjadi di sana.
          Baru tetanggaan desa sm gubernur sj sdh anda beber di warung ini, sy yakin sesepuh JKGR byk yg lbh dari hanya sekedar tetangga desa pejabat. Cb tanya bung Nara… bkn cm tetangga… beliaunya sendiri yg pejabat! Colek bung Nara… just kidding [kidding2 serius πŸ™‚ ]
          Bung JT.. no opense yach… πŸ™‚

          •  

            Mungkin kalau bung@JT lebih tau kondisi disana,tapi dia sendiri tidak berada disana,itu artinya dia sudah menerawang lewat wangsit2 yang dibisikan oleh ghoib2.

          •  

            Bung Permax, …
            Analisa Anda sangat masuk akal dan bagus. TNI sudah bagus tidak terpancing utk provokasi.
            Ntaranya dengan kirim satu kapal perang & pesawat intai saja, semua kapal mereka balik badan.

            “JIKA KITA TERPANCING provokasi Malaysia dan BERBUAT SALAH SEDIKIT SAJA maka menjadi kesempatan Malaysia untuk menggagalkan pembelian-pembelian alutsista strategis kita saat ini”

            jika ini memang strategi Malaysia, … saya akui mereka sangat cerdas / pintar dan kreatif …. Kita harus hati-hati kedepannya.

          •  

            yup bung…strategi ini baru mulai berani lagi, berani lagi dilaksanakan setelah kunjungan obama ke malaysia…saya berharap ada reformasi di demokrasi malaysia, tetapi seperti masih jauh dari yang diharapkan..

        •  

          Kalau menurut sy, akan fatal jika TNI langsung GEBUK tuh sm malingsia. Itu betul, apa kata para sesepuh, itu hanya pancingan biar TNI nongolin tuh Arsenalnya yg mnrt berita sdh hampir pasti adanya. Begitu di dor, pasti Tuan nya malingsia akan coment, apalagi sbg negara commonwealth, terus diulas di media masa internasional, akhirnya jatuh tuh sangsi utk meng cancel alutsista yg sdh dipesan, Jgn terpancing oleh taktik yg sdh basi……hidup TNI jayalah tentaraku..

          •  

            Correctly bung kasirendoro i egree with you opinion, ntuh yg mesti kita jaga, mereka itu licik, mesti dilawan dgn kelicikan juga, typhon,rafael , f 16 cd blok 60, itu udah lunas semua hehe.smart thing dong.

        •  

          lantas bung @TJ kalo berita menyundul kapal dan
          menembak kapal tdk benar
          anda akan benci ma nkri dan
          menjelek2an nya?
          salam hangat bun. . .

          •  

            @kabom, saya bukan seorang militer jadi gak ada “bisikan goib”. Hanya kebetulan orang tua saya dan bnyk sodara mmg dari militer, jadi sedikit bnyk saya menyukai nya.

    •  

      kalau kamu nangkep orang yg dicurigai/memang maling…trus langsung di antemi,tanpa bukti,kamu salah dari segi undang2 jika masalah dibawa ke pengadilan…
      supaya kamu menang di pengadilan, kamu harus bersabar beberapa saat untuk menangkap basah sampai orang yg dicurigai pencuri itu sudah mencongkel pintu/jendelamu dan menyentuh/mengambil barangmu…kumpulkan bukti foto/rekaman cctv,jejak kakinya/sidik jarinya,barang bukti,saksi,dll.maka tanpa membuang energi dan biaya banyak kamu bisa menang dipengadilan..
      APAKAH MASIH BELUM PAHAAAAAAM

      •  

        Ilustrasi yg manteb bung Kecik… dan RI sdh menerapkan waktu ada sonotan yg nylonong di halamannya nyi roro kidul. Cb kl lgs digebuk pasti berabe…
        Bagi kita yg tidak tahu duduk permasalahannya mending diem aja sambil ngramesi apa yg terjadi πŸ™‚
        Salam hangat bung Kecik

        •  

          Kagak berabe bung. Kan sudah kejadian maling dibikin tidur lelap di TKP ( baca : kasel tetangga yg dibikin bobok selamanya). Tetangga malah kagak ribut- ribut amat.
          Kalo soal tanjung datu, mungkin karena dah bocor ke media, makanya langsung kasih tindakan nyata. Coba aja kalo scorpen piknik sampe ke dapur kita. Paling paling suruh nemenin si kollin bobok siang

  52.  

    benar kata bung PS,,,TNI sekarang jauh sudah matang,,, beda dengan 10/15 th yg lalu,,,mereka sudah punya taktik tersendiri menghadapi perilaku kebiasaan bangsa malay yg suka congkak dan belagak jaguh,,,bravo TNI ,,,NKRI harga mati,,,bila saatnya perlu lakukan hal2 yang menurut kalian dapat menjunjung tinggi harga diri negara dan bangsa,,,,salam

  53.  

    Jika seseorang bangga dengan produk,tentara,budaya,dll sesungguhnya ia telah terjajah.kita patut bangga dgn pindad len,pal,di,dg ss1,ss2,kcr 60 ,cn 235dll.sebab made in indonesia mempunyai arti luas disitu ada kesejahtraan,budaya,inovasi teknologi.malaysia tdk punya itu budaya malaysia itu ada dindonesia,tapi mereka dicabut dari akar budayanya oleh inggris agar tdk bersatu dgn indonesia dan menanamkan kebanggaan terhadap asing(inggris) agar mereka tetap terjajah ingat! Terjajah!.

  54.  

    “mungkin” anggapan negara luar tentara indonesia tidak memiliki keberanian untuk berbuat lbh jauh jika terjadi pelanggaran wilayah nkri oleh mereka,”mungkin” TNI jg mengukur kemampuan bahwa jika terjadi konflik bersenjata dengan salah satu dari mereka,TNI bs di permalukan,mengingat alutsista TNI yg masih jauh tertinggal.makanya keluar masuk wilayah kedaulatan nkri menjadi hal yg biasa buat mereka!
    paling hebat pemerintah indonesia cm sebatas “protes keras”..dan dibantu dgn “warga” nya yg mengumpat penuh caci maki,krn cm itu yg bs dilakukan!
    Memang untuk membentuk militer yang tangguh tidak cukup hanya berkoar koar memuji dan memuja kemempuan diri seperti “tong kosong nyaring bunyinya”,namun yang lbh penting adalah “keberanian”,terutama keberanian menentukan sikap dlm mengambil tindakan di lapangan..
    selamat pagi kawan2..selamat beraktivitas

    •  

      @frans
      salam kenal bung.
      dalam IPOLEKSOSBUDHANKAM ada pertimbangan UNTUNG RUGI, termasuk tentang si adek paling nakal. Dan kalau boleh diskusi, ane mo tanya.
      Boleh sebutkan 1 saja keuntungan jika kita gunakan kekerasan ke MLSHIT? (yang benar-benar sangat menguntungkan dan tidak ada efek rugi)

      •  

        bung JLB ada tuh keuntungannya… puassssss pooolll…!
        just kidding… salam hangat bung JLB

        •  

          @permax
          salam kenal bung
          Tetap sabar dan fokus. Saudara dari utara akan kembali ka pangkuan IBU PERTIWI. Mereka sadar kok bukan bule agresor saudaranya.
          Dan semoga aja tetangga bule selatan yang di “Belakang”i rumah kita ga ngendus-ngendus “pantat” kita lagi, takutnya pas kita mau boker sibule lagi intip-intip kamar mandi di belakang rumah, kan kena kecipratan boker kita,….. hhhhhhhh

          •  

            seperti yg pernah saya tanyakan sebelumnya..

            apakah ini ada kaitannya dengan penggambaran peta KNRI yg menggambarkan pulau borneo utuh, sementara pulau papua tidak?

    •  

      @frans ; yaa itu andaian kamu…disebabkan kamu sememangnya langsung tiada kefahaman dan kepakaran hubungkait geopolitik.kes ni ada hubungan dengan military, ekonomi, politik, nama baik negara dan telunjuk amerika kepada babi belaanya..

      sesungguhnya mele takut dngn indonesia tetapi terpaksa mengikuti perintah tuannya kerana menyadari sebab belaskesihan hasil mengemis kepada amerika lah ekonomi dan militernya akan dibantu..

  55.  

    Maap bung John Lee, dikatakan tua2 disini kalau msia setelah ambalat gak berani macem2 lg bung, tp kenyataan nya.? Maap juga, bisa anda jelaskan keuntungan dan kerugian dari “penenggelaman kasel dan menembak jatuh pespur” selatan.? Sok cobian dijelaskeun…

    •  

      kalo dibaca, “clue”, yang dibekuk adalah yang tanpa awak, baik yang nyelem, atau yg terbang. operasi silent di lawan dengan silent. tp kalo provokasi terbuka, lihat dulu peritungan matematis. emang mau kita kaya irak, gara-gara kuwait. padalah kuwait yang salah ambil minyak bumi yg msh fifti-fifti dng irak. irak murka ngajar kuwait, malah di kroyok. ting…… tetap sabar dan fokus

  56.  

    Jika slava nya sudah datang mereka juga nanti akan tenang dgn sendirinya πŸ˜€ #hehe

  57.  

    Semoga pemerintah kita selanjutnya…segera mewujudkan perbatasan sebagai teras rumah yg harus dibangun dan dipercantik, jangan seperti yg sudah-sudah, perbatasan seperti teras belakang, dilupakan, kalo dibangunpun hanya diatas kertas, faktanya dilapangan proyeknya tidak ada. Hanya bisa mengelus dada. barangkali bung-bung disini lebih paham dng permainan proyek perbatasan.

  58.  

    Latgab’y d pindah aja dkt dgn perbatasan malaysia. Sklian uji tembak rudal’y k kapal malaysia..

  59.  

    john lee bass@tegas dan keras saya analogikan saja sbg “perang”..ada istilah dlm perang “menang jd arang,kalah jd abu” jd di klo ditafsirkan tdk ada yg di untungkan kawan,tp menurut saya perang bukan bisnis..perang lebih menunjukkan identitas/jatidiri bangsa,kita sdh terlalu lama di lecehkan hampir semua negara tetangga..sipadan ligitan sdh ckp menjadi pelajaran,mau jd apa bangsa ini jk ini di biarkan trus terjadi..
    Jk saya pemimpin di negri ini,tdk perlu menunggu alutsista yg gemuk..gebuk dulu br kita bicara,klo perlu tenggelamkan kapalnya jk itu pelanggaran wilayah laut nkri,tembak jatuh jk itu pelanggaran wilayah udara nkri..tdk perlu menunggu komando jk ingin menindak sebuah pelanggaran kedaulatan..shalom

    •  

      @frans
      tx buat anda mau menanggapi saya. salam kenal dulu ya bung. salam NKRI
      Coba anda pelajari kejadian Iraq, kuwait yang salah krn nyuri minyak, iraq marah langsung nabok, malah di kroyok. Siapa dalangnya?????
      TNI sudah punya perhitungan tersendiri, saat ini yg dilakukan TNI tepat, karena berpedoman dengan aturan hukum international yg berlaku.
      Ting…………………………….. sabar dan fokus

      •  

        saya sependapat dengan tante Barbie..semua sudah ada protapnya..TNI bukan anak kemarin sore..lagipula pola pikir bahwa kita haru selalu make otot itu harus dirubah, itu yang terjadi dengan bangsa kita sekarang ini…bukan berarti bahwa kita tidak berani atau diragukan nasionalismenya…dipikir baik2 mengenai isu ini, kenapa muncul sekarang, ada apa dengan kedatangan obama…salam

  60.  

    Maaf OOT: Breaking news

    Indonesia Raih Juara Umum AASAM 2014
    Sys_Pindad 20 May 2014

    Kontingen penembak Indonesia berhasil menjadi juara umum dalam Lomba Tembak Australian Army Skills at Arms Meeting (AASAM) 2014 dengan perolehan 32 medali emas, 15 medali perak, dan 20 medali perunggu. Dalam perlombaan senjata tahunan itu, kontingen TNI AD menjadi juara umum dengan menggunakan beberapa senjata produksi PT Pindad (Persero).

    Dalam kompetisi menembak yang diselenggarakan pada tanggal 5-16 Mei 2014 di Puckapunyal Military Area Victoria, Australia ini, kontingen Indonesia memakai beberapa produk senjata produksi PT Pindad (Persero) seperti senapan serbu SS2-HB (Heavy Barrel), Senapan Mesin SM-2, dan SM-3, serta pistol G2 versi Elite. Seperti tahun-tahun sebelumnya, kontingen Indonesia mengikuti beberapa materi perlombaan seperti materi perorangan maupun tim, pada nomor senapan, pistol, senapan otomatis (SO) dan gabungan materi senapan dan SO.

    Pada penyelenggaraan AASAM 2014, Indonesia harus menghadapi tim menembak dari 16 negara yaitu Australia, Kanada, Perancis, Timor Leste, Brunei Darussalam, Inggris, Angkatan Darat Amerika Serikat, Angkatan Laut Amerika, Selandia Baru, Singapura, Thailand, Jepang, Filipina, Papua Nugini, dan Tonga. Kinerja tim yang baik dan kehandalan para penembak, didukung oleh senjata yang akurat, membuat Indonesia jauh meninggalkan pesaing-pesaingnya dan menjadi juara umum, diikuti Australia dan Brunei Darussalam di tempat kedua dan ketiga.

    Indonesia berhasil mendapatkan gelar juara umum AASAM sejak tahun 2008 hingga tahun 2014 dan tentunya, ini merupakan suatu hal yang sangat membanggakan bagi bangsa. Untuk PT Pindad (Persero) sendiri, prestasi ini merupakan suatu pembuktian bahwa senjata-senjata yang diproduksi mempunyai kualitas yang baik dan tingkat keakuratan yang tinggi. (Anggia)

    http://www.bumn.go.id/pindad/berita/372/Indonesia.Raih.Juara.Umum.AASAM.2014

    •  

      Murid TNI asal Brunei dapat emas ga tau malaysia?

      •  

        adek yang atunya lg, kenapa ga ikut yah?
        colek “kamboja”,……… kalo ikut terus jd no 2, gegerrrrrrrrrrr si tukag kroyok

        •  

          bung JLB… sy tdk rela anda menyebut mlshit sbg adek… kl Brunei+Kamboja sy s7 banget…

          •  

            Tetap saudara bung, PERMAX.
            “Kita semua” saat ini HARUS mewakili perasaan bung Karno yang sangat sedih ketika meninggalkan saudara-saudara dari utara yang melihat ” NKRI BERLAYAR (merdeka)” dan tidak bisa “mendekapmereka”karena hanya beda yang njajah.
            ada bahan renungan
            1. sengketa LCS
            2. MAS ilang
            3. masih nakalin abangnya
            silahkan berpikir logis

          •  

            bung john lee,saluuutt anda bisa berpikiran seperti itu
            kayanya punya banyak link sejarah nih
            hehehehe
            salam kenal bung

          •  

            @urakan
            saat ini media dan sejarah federasi malshit sudah di putar balik ma partai yg berkuasa. (karena hrs diseleksi ma antek mama ely). Saking banyaknnya sejarah yang di kaburkan, rakyat MELAYU banyak yang miss mslh sejarah. slogan BungKarno tentang sejarah ane yakin ente tahu.
            Siapapun nanti presiden RI, TNI tetap harus semartttt n seteronggggg

          •  

            @ bung Permax, betul kata bung JLB, mereka tetap saudara kita juga, anggap saja Indonesia melihat malaysia sama seperti China melihat Taiwan….hahay…Indonesia Jaya…

          •  

            Kamsud sy pemerintahan malshit, tp kl rakyat malaysia… mmg sodara kita, malah sy kasihan sm mereka, dikebiri hak2 mendpt informasi shg spt katak dlm tempurung.. πŸ™‚

  61.  

    Sudah-sudah jangan berteman, eh jangan kelahi. Tugas kita cukup mengawasi dan ikut mengawal kelanjutan di titik Hot Spot tersebut baik yang dilakukan TNI-AL dan Kemenlu kita. Kita sebagai warga negara yang baik harus bijak dan cermat, seperti air tenang sedalam palung marina bukan air beriak hanya sedalam dan sedangkal teriakannya.

  62.  

    stop press saja: visi misi capres dan cawapres 2014

    jokowi-jk : http://kpu.go.id/koleksigambar/VISI_MISI_Jokowi-JK.pdf
    prabowo-hatta : http://www.kpu.go.id/koleksigambar/VISI_MISI_prabowo-Hatta.pdf

    semoga siapapun yang diberi amanah oleh tanah ini, bisa meningkatkan harga diri bangsa beserta peralatan penjaga2nya.

    •  

      Tks bung alugoro atas informasinya….

      Setelah dibaca, yang menarik adalah visi dan misi salah satu calon capres dengan sembilan agenda prioritas dan permasalan keamanan nasional menjadi point pertama (kesatu) yang dibahas.
      Salah satu yang ingin dicapai adalah “akan menjamin kebutuhan pertahanan untuk mendukung terbentuknya TNI yang profesional”. Dan akan menaikan anggaran pertahan menjadi 1,5% dari GDP dalam lima tahun.

      Yang menjadi pertanyaan 1,5% dari GDP selama lima tahun itu kalau di rupiahkan nilainya berapasih ?

      untuk para sesepuh dan pecinta warjag tolong dibantu penjelasannya, soalnya ane blank kalau masalah ginian dan trimakasih atas penjelasannya…

      •  

        bung @uluh , GDP atau PDB (dalam bhs indonesianya) negara kita thn lalu aja (2013) sekitar 850billion$ atau kira2 pada waktu itu nilainya sekitar 9000 triliun rupiah dengan pertumbuhan 5-6% bisa anda hitung(bayangkan brp byk tuh buat TNI tar2014, senjata TNI tambah gahar aja… hehe :mrgreen:

        •  

          9000 T x 1,5% = Waaawww… :mrgreen:

          Trims bung Mr.corro penjelasannya sangat membantu dan salam kenal untuk anda…

          •  

            Dan untuk tahun 2014 dengan dengan pertumbuhan 5-6% berarti skitar 95xx T dan anggaran pertahanan skitar 140 T.
            Tahun 2015 menjadi 150 T + dana Mef = Fantastis :mrgreen:

        •  

          Salam kenal jg bung πŸ˜€ Plng ga dengan anggaran miiter 12-15bilion$ dan anggaran belanjanya minimal sekitar 8 billion$ per tahun kita bisa beli plng dikit 1-2 ska sekelas su-35 fully armed ga pake hoax- hoex lg 😳

  63.  

    Copy dr artikel di atas : “Kadispenal Laksamana Pertama TNI Manahan Simorangkir menyampaikan tim verifikasi sebanyak 80 anggota sudah tiba di Tanjung Datuk Senin Pukul 15.30. Kedatangan mereka kata dia, sudah berhasil menghentikan semua kegiatan pembangunan mercusuar Malaysia di Tanjung Datuk”.

    Ini saja sudah cukup menjelaskan jika kita kunyah bener2 artikelnya.

  64.  

    Tiang pancangnya msh nancep ga bung DK ? klo ya biarkan aja langsung kibarkan MERAH PUTIH disana sekaligus bangun dermaga buat kri, klo mau bangun mercu suar biasanya laut dangkal, mdh2an TNI AL sdh memetakan perairannya, slmat pagi bung DK & warjager smua.

  65.  

    sy setuju dengan bung john lee bass, mgkin perumpamaan gampangnya klo ada pencuri ato penyusup masuk rmh kita, lsg kt tembak ato kt bacok itu logis, tp klo tetangga sebelah menanam pohon di dekat perbatasan trs lsg kita eksekusi akan runyam urusannya bung, bgtu pula penanganan mslh penyusup dan ulah malaysia ini, beda kasus beda jg cara menanganinya… maaf banyak klo banyak ngawur, cm pemikiran tukang bakso keliling (jujur mode on)

    •  

      @Giri putra
      salam NKRI BUNG.
      Tetap berpedoman pada hukum yang berlaku, dan bertindak sesuai aturan, baik aturan yang di buat manusia dan aturan main dari TUHAN.
      Aku tetap yakin para saudara akan ber”SANDAR” kepada kakak tertua yaitu NKRI.

  66.  

    TNI harus hadir di hot spot. Nggak perlu show of force. Hadir saja tapi selalu hadir. Yg kasus Datu ini sepertinya emang nglimpe/curi kesempatan.

    Mengenai melawan sonora ada pilihan melalui cara lunak. Malah ini sifatnya membantu rakyat kebanyakan sonora untuk bebas dari cengkraman rejim Bregodo Nasi. Sebenarnya kekuatan penentangnya sekarang sudah berimbang dg pendukungnya. Dengan dijatuhkannya Bregodo Nasi ini, saya kira perpolitikan mereka termasuk bagaimana mereka melihat jiran dan papinya bisa berubah. Rejim Bregodo Nasi ini selalu mencekoki rakyat mereka dengan berita berita yang sudah diatur dan dibatasi termasuk kelicikan mereka dg Indonesia. So kita dukung revolusi Sonora kalo perlu sampai pecah menjadi beberapa negara raja lagi. Jalankan operasi klendestin … πŸ™‚

  67.  

    nah mungkin ini babak baru yang segera akan dimainkan pihak2 luar, sperti kata MAS NAra bilang
    ” Tanya: kenapa ente berani sevulgar ini bung?
    Jawab: sudah sempat disinggung oleh para sesepuh dimari dan juga oleh saya sendiri, ” alasannya adalah ada yang mau iseng ke kita pada pilpres ini “, kita mau kasih pesan β€œdon’t mess with us, or face with consequences”. Kita tidak perlu kerahkan aset dalam negeri untuk kasih pelajaran buat mereka yang coba-coba iseng. Ada aset di luar yang kita deploy di beberapa tempat yang siap untuk kasih pelajaran keras buat mereka dengan berbagai cara. And we mean it, dan kita serius.

    nah mulai terbukti yaaaa

  68.  

    hal yg sama bisa dilakukan untuk upil, bantu mereka untuk bebas dari jejim Partai Aksi Paranoid

  69.  

    like this!
    komen paling menusuk.. :mrgreen:

    salam kenal bung John Lee

  70.  

    Sesepuhnya pada latihan , tukang ngetrolnya pada keluar. Mudah2an bawa oleh oleh ngeri ngeri sedap.

  71.  

    malon mulai beraksi lg dengan kesombongan ya hal itu wajar karena perkembangan kemampuan militer ya yang saat ini mulai unjuk gigi… kapal perang modern gowind class,mistral class,, anti-ship missile, AgustaWestland Super Lynx 300
    ,Airbus Helicopters AS555 Fennec,skyhawk uh 60,mpa dan sbg….

  72.  

    sejarah membuktikan,bahwa jiwa patriotis & nasionalis rakyat indonesia
    itu sangat tinggi. . kita lihat contohnya jgn jauh2 di daerah saya di tasikmlaya dulu jman penjajahan jepan rakyat kita yang di pimpin kh.zaenal musthfa mulai dai ustad,santri,kiai,petani pedagan
    dan warga biasa dari ibu2 dan anak2, dgn peralatan seadanya spt parang,bambu runcing,
    bahkan cangkul mereka gunakan untk melawan penjajah,demi kebebasan,harkat martabat bangsa.
    jadi pribahasa sunda mengatakan uyah tara tees ka luhur. . kami sebagai gnerasi berikut
    dr para pejuang dulu sudah td mempan dgn propokasi,yg di lancarkan sgelintir oknum dalam untk melunturkan
    nasiolisme kami,karna jiwa nasiolisme kami hanya ada dlm hati kami,itulah senjata utama kami.. . CAMKAN ITU. . .
    salam hangat bung @jt

    •  

      siapkan produk produk khas Parahiyangan. Banjiri Malaysia, Thailand, Vietnam dengan Itu. Songsong pasar Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) dengan percaya diri. dengan Bandung sebagai etalase, saya rasa sudah bagus buat mengenalkan ploduk ploduk dari Bumi Parahiyangan.

      Kalo produk dan jasa Malaysia gak akan diterima di Indonesia itu sudah terbukti misal dengan bangkrutnya SPBU Petronas, bukan kita gak mau pakai BBM bagus tapi kalaupun bukan pertamax lebih milih Shell atau Total :). … Mangga atuh Kang.

  73.  

    8273% ane stuju nte bung JLB… jgn dikit2 senggol bacok dunk bung warjag, secara ide besarnya rekonsiliasi nusantara (kan mw dwikora jilid 2 πŸ˜€ )

  74.  

    Salam para warjag dan sesepuh semua…ijin sharing sedikit.

    Sdh terlalu banyak ulah negara maling itu yg membuat kita marah dan mendendam. Terkait mercusuar, hal yg tdk bs sy lupakan adalah berita bhw ttentara mrk memukuli para tukang RI yg sdg membangun mercusuar di karang unarang dan bermanuver menciptakan ombak utk menghalangi pembangunan.

    Kepala tetap hrs dingin, tp keinginan agar TNI bales mukulin tukangnya malingsia (jika ada kesempatan) selalu ada Bung

    Maaf sy cuma rakyat biasa, yg lahir, hidup, dan (kemungkinan sgt besar) akan mati sbg bangsa ini di negara ini jg.

    •  

      Tukangnya malaysia itu orang indonesia juga bung…kasihan kalau dipukulin…hehe..bahkan malaysia merekrut tentara bayaran dari orang indonesia sendiri untuk ditempatkan di garis depan…dan banyak orang indonesia yg daftar…digaji 3 juta per bulan plus beras 15 liter…hehe

      •  

        Link nya di mana ya bung. Kalo ngga ada ngga usah komen kayak gitu lah. Mending jadi hodew aj sana

        •  

          Ini kenyataan ga pake link2an…saya kerja di perkebunan luar jawa…pekerja saya ada beberapa yg keluar untuk ikut pelatihan militer di malaysia…kata mereka sih begitu…digaji 3 juta plus beras…menggiurkan drpd kerja harian PT…cuma 55 ribu sehari…

          •  

            Yupz… info anda benar! Banyak media massa waktu itu memberitakannya… tp diredam dan hilang seiring waktu…

          •  

            Tapi saya ngga yakin kalau konfrontasi benar2 terjadi mereka mau berperang lawan TNI…masih merasa indonesia kok mereka..

  75.  

    Ijin absen.

  76.  

    Hasil latihan dengan TNI AD berbuah manis, Brunai berhasil juara 3 kompetisi menembak AASAM, jauh meninggalkan tentra malysia. Kalau TNI AD dari dulu pasti juara 1

  77.  

    malingsit harus di bumi hanguskan

  78.  

    jadi ingat kehebatan RPKAD (kopassus zaman dlu) 30 org pasukan garuda yang semuanya anggota RPKAD berhasil menghancurkan markas pemberontak kongo yg jumlah nya ada 3000 org..
    bs di bayangkan 1 org vs 100 org,, tp menang RPKAD berkat stratategi yang jitu,,,
    dan PBB mengakui kehebatan nya,,

  79.  

    maaf bung HG saya cuman beri tau tentang kekuatan militer malon sono sebagai pengetahuan kita semua bukan kah kita musti tau kekuatan militer malon. jangan pertayankan tentang nasionalisme saya… klo ente tanya no seri pesawat sukhoi kita ane kasih tau bung lengkap

    2x Su-27SK, 2x Su-30MK, 3x Su-27SKM, 3x Su-30MK2
    Service:
    2x Su-27SK, 2x Su-30MK, 3x Su-27SKM, 3x Su-30MK2
    On order:
    x Su-27SKM
    First delivered:
    Su-27SK: 27 August 2003
    Su-30MK: 1 September 2003
    Su-30MK2: 2 February 2009
    Su-27SMK: 27 September 2010
    Last delivered:
    Su-27SK: 27 August 2003
    Su-30MK: 1 September 2003
    Su-30MK2: 2 February 2009
    Su-27SMK: 27 September 2010
    Su-27/30 : ??? february 2013

    Su-27SK (serial TS2701 and TS2702) single-seat and two
    Su-30MK (serial TS3001 and TS3002 dan seterus nya
    pahami maksud dan tulisan saya bung HQ. agar kita tau kekuatan militer sebelah sono.salam nkri

    •  

      Wah ternyata pasukan batu bata nih anak. Pantesan, balik sana sama habitat anda. Asal tau aja, kalo tentara jaguh itu beneran handal pasti ikut pitch black bung. Ayo sana balik ke habitat anda

      •  

        maaf bung freaxout,,

        mungkin maksud nya bung noncel itu, bahwa malon melecehkan negara kita karena malon tau nya alutsista kita yg hebat dan menggetarkan itu hanya sebagian saja, dan jumlahnya masih sedikit,, seperti yg tertera di media aja ga lebih,, entah karena faktor rahasia negara atau memang blm waktunya di informasikan ke pubik, terkait alutsista rahasia yang sering disampaikan bung nara,,

        memang klo dilihat dari media gowind class, secara tertulis lebih unggul sedikit dibandingkan PKR sigma 10514,
        tp yang namanya perang itu banyak unsur pendukung nya, tidak head to head, seperti yang pernah dibilang pak moeldoko,, musuh menyerang dgn kekuatan 1 brigade,, harus dilawan dgn 1 divisi,,

        klo dari kekuatan udara sendiri malon ngukurnya jumlah alutsista yg ada,, seperti su 27/30 mk2,, mereka pikir bisa dilawan dgn su 30 mkm,, walaupun sebenarnya kita tau bahwa kekampuan pilot kita lebih unggul dibandingkan malon seperti saat pich back di australia,,

        dlm perang/ kompetisi, tidak boleh menganggap musuh itu rendah, mudah dikalahkan,, meski pun diatas keretas kita lebih unggul dari dia,, dgn begitu kita akan slalu waspada menanggapin kemungkinan yang buruk terjadi,, sehingga meminimalkan korban yang ditimbulkan

        •  

          itu sebab kenapa tni au kita pintar membeli varian su 27sk/skm kenapa? su 27 adalah cikal bakal lahirnya sang superior super flanker SU 35s….. kata sesepuh warjag baby flanker he….hee… thanks bung andri cahyadi buat pencerahan ke mereka.dan musti di catat pembelain 6 su terakhir ternyata tidak sepenuh jenis su 30mk2 , apakah su 27sm cikal bakal sang superior su 35s/bm?

        •  

          mohon kalo panjang dikuote aja bung kasian yg scroll pake HP. nuhun

      •  

        kalau saya baca sejarah ttg trikora, disana ada strategi militer yang di keluarkan bung karno,, dimana saat itu kondisi nya berbeda dgn sekarang,,

        bung karno membuat strategi dither effect, dgn mengeluarkan semua alutsista tercanggih yang kita miliki, saat pesawat mata-mata US melintas, dgn tujuan memenangkan perang melawan belanda tanpa harus konfrontasi, sehingga tidak menimbulkan korban jiwa,

        kalau sekarang kita mengeluarkan semua alutsista tercanggih kita , pasti akan timbul perlombaan senjata yang lebih hebat lagi,, ujung2nya, perang dingin , siapa yang kuat ekonomi nya bertahan dia yang menang dgn membeli semua alutsista yang gahar, tp lupa dgn kesejahteraan masyarakat , negara dan keamanan regional,,

        Indonesia itu sampai sekarang masih di anggap pemimpin ASEAN,, klo indonesia menyatakan perang dgn tetangga, ujung2 nya negara lain di ASEAN juga terkena imbasnya. indonesia itu lebih dewasa dibandingkan negara2 tetangga, karena indonesia selalu memikirkan keamanan regional, pertumbuhan ekonomi, perdamaian regional,, dibandingkan malon sendiri,,

    •  

      Saya lihat sebagian pemikiran forumer disini (maaf) msh dangkal; sedikit memberikan kritik saja langsung disebut tdk nasionalis, dicap macam2. Andai disini saya beberkan alutsista yg dimiliki Aushit, pasti akan ada yg menyebut saya tdk nasionalis. Mengartikan nasionalisme koq sempit sekali, bahkan kadang nasionalisme yg berlebih2an. Andai saya mempunyai musuh, sdh semestinya saya mengetahui dan menyadari akan kemampuan saya JUGA kemampuan musuh saya!

    •  

      ini mah bukan daftar no seri tapi jadwal pengirimannya lagian itu klo di hitung total jumlahnya cuma 10 BIJI bung Noncel bukan 16 sebagaimana rilis resmi pemerintah ( kalau rilis resmi warjag beda lagi jumlah totalnya )

  80.  

    Apa benar NKRI harga yang pasti mati?
    Pada kenyataannya? Sipadan ligitan, tl..?
    Provokasi malingshiit sudah sangat keliwatan thdp NKRI.. dan provokasi tsb tidak terbatas pada wilayah indonesia juga thdp kebudayaan, geo politik, sosial, dst dsb..

    Diplomasi indonesia tampak lemah sehingga mereka akan tetap mengulangi, ulangi, ulangi..
    Hingga NKRI harga mati menjadi NKRI harga hidup!?
    Aku ra popo.. huhuhu….

    •  

      Seharusnya artikel diatas diberi judul *Kisah pencurian wilayah nkri yang “akan” terulang*

    •  

      Terus enaknya di apain ya bung. Apa pak marti ganti aja sama anda. Pasti lebih baik.

      •  

        Kita bicara kenyataan karena hal tsb adalah kenyataan, bukan propaganda rasa nasionalisme nkri bung..

        Kata kuncinya
        ” MENTALDIPLOMATik” dalam mewujudkan kalimat NKRI..
        Dan tampaknya anda lebih pantas menggantikan mr.Marty bung…

        •  

          anda masih ingat kasus australia?lihatlah bertapa cerdiknya strategi kita.akhirnya pemerintah sono dihujat rakyatnya sendiri.jangan membuat bangsa kita hancur bung dengan sikap pesimis anda..

          •  

            Tampaknya standard anda sudah ‘bahagia dan bangga’ dgn contoh diplomasi tsb.
            Dan anda sodorkan bahagia dan bangganya anda kepada para pejuang SEROJA…
            Dan
            Pastikan mereka bahagia dan bangga pula!?
            Well….

    •  

      anda pesimis banget bung.kalau anda merasa diplomasi indonesia lemah coba anda jadi menlu bisa nggak.jangan merasa paling hebat lah bung.

      •  

        Bung hq yang baik… saya bicara ttg kenyataan tanpa mengurangi rasa optimis sy thdp nkri…
        Walaupun persenjataan kita kelas berat semua jika diplomasi hanya retorika dan hasilnya mandul.. buat apa bung?

        •  

          saya tahu maksud baik anda bung,kita lihat kasus australia,disitu diplomasi juga bermain.iya memang betul kata kata bung sraguv: buat apa punya senjata berat jika diplomasi lemah.

        •  

          Kalau menurut saya diplomasi RI sekarang bagus. Kalau saya baca banyak kok hasil bagus dari kementrian luar negeri sekarang. Untuk kasus tersebut diatas, seandainya kita tidak bagus, pembangunan mercusuar oleh malay tetep jalan. Kalau dibilang kenapa mereka mencoba membangun mercusuar didaerah “quo” saya melihat coba-coba saja, siapa tahu kita lengah, ternyata tidak kan. Kalo lengah mercusuar tersebut telah berdiri.
          Tapi ini mungkin loh om Sraguv, saya ini masih awam dengan politik luar negeri.

  81.  

    Indonesia Raih Juara Umum AASAM 2014

    Kontingen penembak Indonesia berhasil menjadi juara umum dalam Lomba Tembak Australian Army Skills at Arms Meeting (AASAM) 2014 dengan perolehan 32 medali emas, 15 medali perak, dan 20 medali perunggu. Dalam perlombaan senjata tahunan itu, kontingen TNI AD menjadi juara umum dengan menggunakan beberapa senjata produksi PT Pindad (Persero).

    Dalam kompetisi menembak yang diselenggarakan pada tanggal 5-16 Mei 2014 di Puckapunyal Military Area Victoria, Australia ini, kontingen Indonesia memakai beberapa produk senjata produksi PT Pindad (Persero) seperti senapan serbu SS2-HB (Heavy Barrel), Senapan Mesin SM-2, dan SM-3, serta pistol G2 versi Elite. Seperti tahun-tahun sebelumnya, kontingen Indonesia mengikuti beberapa materi perlombaan seperti materi perorangan maupun tim, pada nomor senapan, pistol, senapan otomatis (SO) dan gabungan materi senapan dan SO.

    Pada penyelenggaraan AASAM 2014, Indonesia harus menghadapi tim menembak dari 16 negara yaitu Australia, Kanada, Perancis, Timor Leste, Brunei Darussalam, Inggris, Angkatan Darat Amerika Serikat, Angkatan Laut Amerika, Selandia Baru, Singapura, Thailand, Jepang, Filipina, Papua Nugini, dan Tonga. Kinerja tim yang baik dan kehandalan para penembak, didukung oleh senjata yang akurat, membuat Indonesia jauh meninggalkan pesaing-pesaingnya dan menjadi juara umum, diikuti Australia dan Brunei Darussalam di tempat kedua dan ketiga.

    Indonesia berhasil mendapatkan gelar juara umum AASAM sejak tahun 2008 hingga tahun 2014 dan tentunya, ini merupakan suatu hal yang sangat membanggakan bagi bangsa. Untuk PT Pindad (Persero) sendiri, prestasi ini merupakan suatu pembuktian bahwa senjata-senjata yang diproduksi mempunyai kualitas yang baik dan tingkat keakuratan yang tinggi. (Anggia)

    sumber http://www.bumn.go.id/pindad/berita/372/Indonesia.Raih.Juara.Umum.AASAM.2014

  82.  

    nyimak dlu smbil nunggu para sesepuh buka suara cmiwww…

  83.  

    Kalo kayak gitu sama bung si asu juga aushit juga. Yang jadi masalah kan kalo rakyatnya jadi masuk ke pemerintahan ya sifatnya kayak gitu itu. Selama yang bermain di belakang layar ngga di ancurin. Percuma

  84.  

    KRI SS-378 dan satu pesawat udara patroli maritim Nomer U-621? jenis apa?

  85.  

    betul ayo dukung ini http://www.globalbersih.org/locations/global-bersih-3-0/ jatuhkan rejim “Bregodo Nasi ” si antek asing sebenarnya. Dukung rakyat mereka raih kembali kemerdekaannya. Kembalikan daulat ke raja-raja merdeka.

  86.  

    kalau pun benar malaysia membangun mecusuar di wilayah kita itu adalah tugas pemerintah dan TNI untuk menangani nya baik secara diplomasi atau pun dgn cara lain,tapi kalau berita yg kayak gini di umbar ke publik seharus nya di serta kan dgn gambar mercusuar serta peta kawasan perbatasan yg akurat,jadi nanti nya para pembaca serta comentator yg cerdik tidak memandang ini cuma isu untuk kepentingan politik dan juga hanya untuk menguji sampai di mana jiwa nasionalis rakyat kita semata….. ini cuma saran saya maaf kalau saya keliru

  87.  

    Luruskanlah jalanmu !,,,,,,,,,,,, .tak usah berdedat yang sia sia , kedatangan mr obama ke malingsia adalah perjalanan spesial ,,,,,,,? mengapa………? karena mr obamapun mau langsung minta/ dengar penjelasan perdana menteri langsung dan pertanggung jawabkan ………!karna ketidak percayaan mr obama atas segala laporan yg ia terima maka satu satunya ia yang langsung tangani !!!!!!! dan jika konpirasi ini terbukti maka tanpa repot repot kita berdebat dan segala yg ada terkhususnya mal air lenes akan di bagikan ke negara negara afrika [zimbawabe] secara cuma cuma atau dibagikan ke asean lainnya . dan malingsia akan di hapus dari peta yang ada , kemarahan mr obama di dalam internalnya sendiri , ia pun tak percaya atas peristawa ………..? jadi kita bersabar saja atas segala ulah tingkah dari apa yang di jalankan malingsia untuk mengalihkan perhatian dunia maupun di internal
    mereka sendiri dan kita nonton apa yang akankan terjadi . Pertemuan empat mata ini sulit untuk di buktikan semoga ulasan ini sebagai siraman kesejukan bagi warjager yang udah kepanasan disaat saat dan berulang kali hal yang sama jika kita melakukan kesibukan awal dan akhir dari pesta demokrasi . S..A..L..A..M . N…K…R…I……

  88.  

    barusan liat di TIPI,
    Liputan panglima di perbatasan Kalatara.
    Jenderal juga menyempatkan diri mampir ke outpostnya sonora. Contoh tata krama dan sopan santun terhadap tetangga.

  89.  

    tegaslah!! bosen ma yang cantik cantik… tegaskan ga perlu nge dorr juga kan.. ambalat mang beda ma yg sekarang TAPI!! ni semua terjadi kan karena ga da KESEGAN bangsa lain kapada bangsa INDONESIA.. maen cantik sih konotasinya licik dan mesti bakal jadi masalah dilaen hari.. kalo TEGAS super sekaliii..
    GA JLASSSS!!!!!!!!!!

  90.  

    kujang@wah,klo gtu seandainya perang bgmn klo anda dan orang2 daerah anda yg berada di garis depan,ntar dibekali bambu runcing,cangkul,golok,peniti,gergaji+jiwa nasionalisme yg tinggi anda pasti bs membuat musuh ketawa geli hehe bcanda fren,peace

    •  

      Walah kalo ane siap2 aja deh. Secara kan orang awam Ga bisa pegang senapan, ya manfaatin yg Ada aja lah. Mau bambu, golok, panah jg gpp..
      Syukur2 pemerintah bner2 ngadain wamil, biar warga negaranya Ga kaget pegang senapan kalo swaktu2 tar perang.

  91.  

    perbanyak..perkuat “aset darat” kita yg berada di wilayah mereka !
    semoga mereka yg di dropping punya “skill chef” (seperti bung @yayan…hehe) kenali…lalu racik segala “bumbu lokal’ yg berada di sana…
    giring…kuasai selera..perasaan/emosi…fikiran opini mereka sehingga mendekati..mengikuti bahkam tunduk kepada kepentingan nasional kita,
    lalu biarkan selanjutnya sejarah yg akan menulisnya…..maaf hanya catatan iseng belaka yg ngawur !

  92.  

    Sebelumnya kita harus bertanya pada diri kita sendiri, bangsa indonesia. Kenapa malaysia sampai berani melakukannya dan selalu dilakukan berulang-ulang yaitu mengusik wilayah kita, baik di ambalat, tanjung datu, dan wilayah lainnya. Sedangkan dengan cina, mereka tidak pernah berani melakukannya.

  93.  

    Su-27SK (serial TS2701 and TS2702)
    single-seat and two
    Su-30MK (serial TS3001 and TS3002 )dan
    seterus nya ne tahun pertama 2003. serial TS3003 TS3004,TS 2704 TS2705, dan seterus nya.betul bung kontrak terakhir 6 biji lagi…. so 16 biji…. lum lagi yg no seri sama wkwkwkwk jadi 16 biji atau 18 biji ?

  94.  

    Tokyo (ANTARA News) – Perdana Menteri Malaysia Najib Razak menarik jarak dari ketegangan terkait sengketa wilayah di Laut Tiongkok Selatan/Timur yang melibatkan sejumlah negara Asia dan menyatakan bahwa konflik tersebut tidak akan dibiarkan merusak hubungan strategis antara Kuala Lumpur dengan Beijing.

    “Kami harus melihat gambaran besarnya dan tidak mendefinisikan hubungan dengan Tiongkok melalui satu persoalan saja. Alih-alih, kami harus mengakui kepentingan strategis hubungan bilateral kami dengan Tiongkok,” kata Najib pada Kami di harian asal Jepang, Nikkei.

    “Kami tidak ingin persoalan (teritorial) ini menjadi halangan bagi berkembangnya hubungan baik antara Malaysia dan Tiongkok,” kata sang perdana menteri yang saat ini sedang mengunjungi Jepang.

    Pernyataan tersebut disampaikan Najib bersamaan dengan insiden antara Vietnam dan Filipina–yang bersama Malaysia merupakan anggora Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN)–dengan Beijing terkait saling klaim atas sebagian wilayah Laut Tiongkok Selatan.

    Ketegangan masih tinggi di kawasan Asia setelah munculnya kerusuhan anti-Tionghoa di Vietnam yang dipicu oleh pengoperasian fasilitas pengeboran minyak di perairan yang masih disengketakan.

    Pada tahun lalu, Tiongkok juga sempat memicu perselisihan dengan Malaysia setelah dengan sepihak melakukan latihan militer di perairan sengketa. Namun Najib sendiri mecoba meredakan hal tersebut karena Beijing adalah rekan dagang paling utama bagi Kuala Lumpur.

    Pernyataan Najib tersebut juga dinilai merupakan upaya pemerintah Malaysia untuk meredakan amarah Beijing atas hilangnya pesawat Malaysia Airlines MH370 yang ditumpangi oleh ratusan warga Tiongkok.

    Sebelumnya pada Rabu, Najib bertemu dengan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe di Tokyo–yang juga bersengketa dengan Tiongkok terkait kepemilikan sejumlah pulau.

    “Kami menegaskan pentingnya menjaga perdamaian dan stabilitas di Laut Tiongkok Selatan,” kata Najib dalam konferensi pers bersama setelah bertemu dengan Abe.

    Menurut dia, setiap persoalan harus diselesaikan berdasarkan “norma-norma” internasional. Demikian AFP.

  95.  

    Kalo kekuatan militernya nggak tegas dan loyo ya pasti kayak gini ingat siapa yang berani dengan AS,dan Rusia.

  96.  

    Harusnya TNI sebagai pertahanan negara wajib mempertahankan kedaulatan NKRI sampai titik darah penghabisan dan jangan hanya bangga dengan prestasi yg lain kecuali demi pertahanan negara.

  97.  

    sebagai warga negara tentu sangat prihatin ats kejadian yg sering terulang, yaitu pencaplokan wilayah NKRI oleh malaysia. ini diakibatkan ada unsur politik malaysia untuk merebut indonesia secara perlahan tpi pasti. dan klau pemerintah indonesia tidak cepat dan tegas dalm menangani kasus ini maka negara kita akan di angap negara yg diremehkan dan tidak ada harga dirinya. malaysia sering x membuat masalh di wilayah kita. jadi pemerintah jangan lemah ,. lawan malaysia . bila perlu kita kirim pasukan kita di perbatasan untuk jaga. usir pencuri wilayah kita. malaysia jgn di biyarkan, karna udh sering sx, oleh sebab itu lawan sja dan ksi pelajaran. merdeka, ingat jaman suharto presiden yg tegas , malysia tidk berani gyang indonesia.

 Leave a Reply