Nov 082016
 
LST KRI Teluk Bintuni  (photo : Saibumi)

LST KRI Teluk Bintuni (photo : Saibumi)

Galangan kapal PT Daya Radar Utama (DRU) telah melakukan keel laying untuk landing ship tank (LST) 4.500 ton pesanan Angkatan Laut Indonesia (TNI-AL).

Pengerjaan kapal dimulai pada awal Agustus 2016 dan sesuai jadwal diluncurkan pada 2017, ujar Frans Tedjakusuma, manajer pengembangan bisnis di PT DRU. Dia berbicara kepada IHS Jane pada 3 November 2016 di pameran Indo Defence 2016 di Jakarta.

Perusahaan ini sebelumnya telah membangun sebuah kapal serupa tetapi sedikit lebih panjang, KRI Teluk Bintuni, yang sekarang dalam layanan TNI-AL yang juga difungsikan sebagai pembawa MBT Leopard 2A4.

LST 117 PT DRU (Janes.com)

LST 117 PT DRU (Janes.com)

“Perbedaan antara kapal yang sedang dibangun dengan Teluk Bintuni adalah kapal baru ini tidak dirancang untuk membawa MBT,” ujar Tedjakusuma. Kapal ini akan mengangkut tank amfibi BMP-3F Korps Marinir Indonesia.

Kapal memiliki panjang keseluruhan 117 meter, lebar keseluruhan 16,4 meter dan draft 3 meter. Platform ini didukung dua mesin 3.285 kW dan memiliki kecepatan tertinggi 16 knot serta mampu menempuh jarak 6.000 nautical mile pada kecepatan 14 knot. Kapal dapat membawa sampai 15 tank BMP-3F dan satu helikopter 10 ton di dek penerbangannya.

Tank Amfibi BMP3F Marinir

Tank Amfibi BMP3F Marinir

LST dapat dilengkapi dengan dua sistem senjata 40 mm di dek depan dan senjata mesin 12,7 mm di berbagai lokasi, di kapal. Platform ini dijadwalkan dapat dikirim ke TNI-AL pada kuartal pertama 2018.

Sumber : Janes.com

Bagikan:

  22 Responses to “TNI AL Pesan LST Pengangkut Tank Amfibi BMP-3F”

  1.  

    Order yang banyak yah…..

  2.  

    Kenapa hrs berbeda rancangannya.? Knp gak disamakan aja dng Teluk Bintuni.? Apa agar lebih murah.? Secara fungsi, jika dlm kondisi mendesak/perang bisa alih fungsi dpt mengangkut MBT.

    •  

      yang saya perhatikan dari gambarnya malah kelihatannya masih sama kayak rancangannya bintuni cuma panjangnya aja yang diperpendek, dan kalo untuk mengangkut bmp 3f sepertinya rancangan ini kurang cocok karena tidak ada dry docknya (kecuali di rancangan yang baru ini ditambahkan)

  3.  

    3.SEMOGA MAKIN BONAFIT.

  4.  

    Ijin gabung bung diego

  5.  

    Kita punya banyak LST tua yang harus segera diganti …
    Pengganti nya lambat ..karena anggaran belanja Alutsista nya terbatas …
    Kebanyakan hutang ..
    Padahal kita ini negara yang Seharusnya Kaya ..
    Terlalu banyak KKN ..

  6.  

    Indonesia darurat LST tipe destroyer

  7.  

    Modelnya lbh keren dr kri bintuni, sayangnya lbh kecil, utk semua matra cocok nie kyknya, tp utk tni au kegunaannya apa ya? Moso angkut jet tempur?? Xixixix

  8.  

    pertalite

  9.  

    pesan yg banyak ya

  10.  

    Mantaaaap Indonesia Kita….

  11.  

    Pertamax

  12.  

    Bukannya itu malah mengurangi kapasitas LST baru ini..? Mungkin Hanya Sekedar mengejar kemampuan banyak mengangkut BMP 3F saja ….
    Fungsi lain dikurangi ..Dibatasi …

  13.  

    ini ide aneh….buat apa bikin tak bisa bawa mbt????perasaan kalau yg bisa bawa mbt tentu bisa bawa bmp3F yg lebih kecil….harusnya jangan kurang kerjaan mendesign….kalau bisa bisa dipakai semua…terutama lebar dan tinggi pintu utama….biar bisa mbt masuk….ngapain bikin kapal bmp sendiri….leopard sendiri?????

  14.  

    Karungin buang ke laut, bikin rusuh kog d bela..!

  15.  

    ko di bikin lebih kecil ye ????…semua matra tni sekarang lebih seneng yang kecil kecil padahal kalau buat angkut macam macam logistic lebih ayey yang ukuran besar….

  16.  

    setelah satu bulan baru bisa comen lagi,alhamdulilah….

  17.  

    Pertamax?

 Leave a Reply