Sep 162015
 

Jakarta – TNI Angkatan Laut memperkuat armadanya secara bertahap. Selain membeli 11 helikopter jenis Panther untuk menghidupkan kembali Skuadron 100 pemburu kapal selam, mereka juga memesan enam kapal selam.

“Helikopter datang bertahap. Pada 2017 akan tiba empat unit dulu,” kata Kepala Dinas Penerangan TNI AL Laksamana Pertama M. Zainuddin kepada CNN Indonesia di sela The Indonesian Navy 2nd International Maritime Security Symposium di Hotel Borobudur, Jakarta, Rabu (16/9).

Helikopter-helikopter tersebut nantinya menjadi bagian dari Skuadron 100. Kontrak pembelian kesebelas helikopter itu telah disepakati.

Saat seluruh helikopter telah tiba, maka Skuadron 100 akan diaktifkan. Skuadron tersebut dulu pernah eksis, namun terpaksa ‘tenggelam’ bersama peralatan yang menua.

“Saat itu kondisi alutsista (alat utama sistem pertahanan) sudah tua. Jadi memang perlu peremajaan dan sekaranglah saatnya,” ujar Zainuddin.

Inti Skuadron 100 ada pada helikopter antikapal selam. Di era keemasannya, skuadron itu menjadi pusat kekuatan TNI AL dalam menggelar berbagai operasi di laut. Konon Skuadron 100 amat disegani negara-negara maju.

Namun masa jaya itu harus berakhir dan Skuadron 100 terpaksa dilebur dengan skuadron lain karena minimnya alat operasional mereka.

Pada 2017 nanti, helikoter-helikopter antikapal selam itu akan berperan sebagai kepanjangan tangan kapal perang RI dalam operasi laut, yakni menjalankan fungsi target reporting unit. Artinya, helikopter-helikopter tersebut bakal menggali informasi mengenai target sasaran rudal yang dilepaskan kapal perang RI.

Kapal selam bermisil
Selain helikopter antikapal selam, enam kapal selam telah dipesan TNI AL untuk memperkuat pengamanan bawah laut. Dari keenam kapal selam itu, tiga berjenis Chang Bogo-class dan tiga lagi berjenis Kilo-class.

Untuk jenis Kilo-Class, kapal selam ini bisa menembakkan misil dari dalam air ke luar perairan. Misil berjumlah tiga dalam sekali tembak. Namun belum bisa dipastikan kapan kapal selam Kilo-class itu akan tiba di tanah air.

Sementara untuk tiga kapal selam Chang Bogo-class buatan Korea Selatan, kemungkinan akan tiba berbarengan dengan helikopter Panther pada 2017. Jenis kapal selam ini memiliki dua peluncur rudal yang juga bisa menembak ke luar perairan.

CNN Indonesia

  125 Responses to “TNI AL Sudah Pesan 11 Helikopter dan 6 Kapal Selam”

  1. Mantaf

  2. Mantap !!!!

  3. Mantapp

  4. Kberapakah?…

  5. Maju trus indonesia

  6. nah mulai keluar juga beritanya

  7. Pulang kerja dpt berita beginian..
    Hilang dech penat di kepala…
    Jayalah Indonesia ku… ??

  8. Di selah selah KAA kemarin…
    636 atau yg mana ya?

  9. waah sudah gak ghoib lagi..

  10. yang kaya gini ni baru bukan ghoib namanya

  11. mantap son,lanjutken

  12. Kilo belum bisa dipastikan datangnya?? Belum sign kontrak ya pak?

  13. Bangga sbg Bangsa Indonesia yg memiliki TNI selain gahar, pengayom rakyat juga disegani lawan.

    Mulai dibuka dikit-dikit alutsista yg gahar. Mulai heli Chinook, Apache, T-50, SU35, PSU dan skrg kasel kilo kayaknya mau diakuisisi oleh TNI AL. Hebat.

    Berharap ada lagi yg gahar gahar.

    NKRI Harga Mati.. TNI Jaya

  14. jajan besar2an nih org AL

  15. Hari ini kita pesan KILO yang mungkin itu KS udah ada di sini sejak era sebelumnya. Besok kita pesan KWINTAL, dilanjutkan TON. Mantaf

  16. apakah media mainstream tahu kapan buka tendernya ntu kilo class tanggal berapa ya saya lupa??? coba ingatkan saya kapan buka tender kilo class resmi dari pemerintah hehe

  17. tetangga sekarang pada diam nggak ada suaranya alias panas dingin baca berita militer indonesia. raksasa sudah bangun dari tidurnya.

    • tetangga sebelah diam krn kesesakan nafas semua kena asep dari kita, jadi nggak usah kirim ks kilo, su35, tank leopard, marinir, paskas , kopassus dll cukup dg kebakaran hutan mereka sdh nyerah, tinggal tki bawain pistol isi cabe bubar dech tentara mereka

    • Bukan raksasa bung…????…tapi simacan bung……udah bangun….gi…tu…lo

  18. Lontong sudah hampir matang sebentar lg siap saji dg cabe pedes.

  19. biasanya klo alutsista sudah diumbar begini berarti ada yg lebih sakti yg masih ditutupi keberadaanya dari dulu kan doktrin TNI kita seperti itu hehe..

  20. Menyenangkan hati orang yang lagi mimpi. Kapan munculnya kilo? Masak nyelam dari dulu tak tampak2 .personilnyakan butuh makan.? Masak di dalam air terus emang ikan.oh iya kan si deni manusia ikan kwk kwk

  21. Saya rasa kilo diumbar untuk menutupi rudal arhanud jarak jauh..

  22. Keeerrrrreeeeeennnn…!!!! Mantabbb..!!!! Stroke dah najis ama abon komplikasi jantung ama kutilan..wakakkakakakkak.. Yg goibbb yg goibbb…datanglah..datanglah… NKRI menunggumu.. NKRI harga Mati..!!! Fullback sama Tu menyusul…

  23. KS Nenggala juga sudah bisa nembakin Subharpoon setelah overhaul di korea, kabarnya KS ini dikupas habis body nya dan diganti yang baru biar bisa nembakin rudal dari dalam laut ke udara

  24. Kita buat petisi agar pak menhan beli iskander missile.., biar armed kita gak sewot terus….. Kgkggggggkkkgg

    • klw menurut berita missil iskander kata warung sebelah sudah ada bung , bahkan belinya ratusan di simpan di daerah timur selatan indonesia untuk antisipasi ausit, salam kenal

  25. hayo mana yg suka koar2 hoax 😀

    • Ampuuun baaang..ampyyuuuunn..nih berita rami di babar pas pak jokowi mau ke AS ada apa gerangan ya ??? Hehehe.

    • napa kau
      berita di atas kan sudah jelas bukan hoax
      pak jokowi gak sekedar wacana poros maritim jika 2016 ekonomi global membaik dollar turun
      kirov akan di datangkan plus perabotanya
      ini bukan jaman tipu2 bung
      beda era sebelumnya
      sby jujur pak pur jujur yg gak jujur bekicotnya yg doyan pencitraan goib di sebut punya ks 18 sama si ps tapi maling makin byk di laut , belum lagi kedaulatan yg di injak2
      punya blackfire cocor bebek su 35 s300 tp mengatasi upil yg gak suka kpl usman harun musti sembunyi kedatangannya

      klu jokowi jelas
      ini dadaku mana dadamu
      bukan sembunyi balik dada upil malon combro bulbul

      • bapak yokuwi baru setahun bang, jangan lupakan usaha & kerja keras beliau2 yang sebelumnya, semoga Allah SWT memberikan kesehatan dan umur panjang pada beliau2 semua….amin

        • hayyoooo rame lagi…

          Semua alutsista itu yang butuh rakyat, yang rencana beli adalah pikiran dan kehendak rakyat, belinya juga pake uang rakyat, dipake buat ngelindungin rakyat!!!!!!

  26. top markotop

  27. wew lontongnya udah siap nih

  28. Absen dlu

  29. Pengalihan Isu ini namanya, S series mulai terendus kepaksa deh TNI buka bocoran Kilo….

    • belum ada s series bung
      masih fokus menggalang kekuatan maritim
      karna infrastruk pelabuhan dll selrsai di bangun jalur transportasi laut akan padat maka
      ina membutukah kaprang dan ks untuk mengamankan jalur laut dan melindungi sda laut
      ina adalah negri yg luas dan panjang jadi gw pikir s300 gak cocok di ina
      minimal s400 , untuk mendatangkan
      §400 bukan tergantung sama uang tp politik ..apakah pemerintah jokowi bisa menyakinkan putin dan rakyat rusia itu tergantung sikap pak
      jokowi apa teguh bebas aktif atau jilat obama dan menjilat putin pake
      gitar ..

  30. di warung seblh juga rame nih ama berita ini, nunggu bantingan yg lebih gede kikikixz..

  31. karena berani bilang :

    “KITA UPAYAKAN MENDATANGKAN 12 UNIT KS KILO”

    “MUDAH-MUDAHAN SEBELUM TAHUN 2019 SU-35 DAN KS KILO SUDAH HADIR DI SINI”

    (mungkin 2018 ?)

    “SEDANG PENJAJAKAN UNTUK PEMBELIAN S-300”

    (padahal belum ada berita TANDA TANGAN KONTRAK)

    maka itu berarti Panglima TNI dan Anak buahnya serta dubes RI untuk RUSIA resmi masuk jamaah GHAIBIYAH aka LEM AIBON / KECUBUNG … asyik ane jadi tambah banyak temannya … wakakaka … mantap lanjutkan pak !!!

  32. Akhirnya dateng juga tuh lontong panas yang bisa bikin cepirit beruksia… :V

    Klo dipikir pikir setelah read dari para suhu suhu jkgr… Kasel no lambung 401 dan 402 itu kan ada banyak… sengaja dibuat no lambung sama biar gk ketahuan brapa lontong kita…

    Dan aye rasa… longtong pemukul beruksia bikinan papa ruski sengaja diumbar beritanya biar 3 lontong lontong tersebut dicat 3 no lambung khusus, sisanya lontong” kilo lainnya dicat sama kayak 3 lontong yang dah dinomorin …

    Begitu kali yaaakk,,,???

    whatever lah… mending ngopi dulu deh sambil liat beruksia makan cabe keluaran lontong kilo byar sekalian mencret tuh para beruksia!!

    Wkwkwkwk

  33. mantep!!

  34. Perasaan 3kg dah dateng dr thn 2014 kmrin y… dan bikin tenda di lombok…

  35. qyo tuku;qyo tuku

  36. yang dulu suka bilang HOAX silakan keluar, ini ada LAKSAMANA yang membuat pernyataan, bukan orang pinggir jalan …

    silakan cari di GOOGLE … berita tanda tangan kontraknya kapan ? ada apa enggak ? wkwkwk …

    kok berani-beraninya berkata : SUDAH PESAN … wkwkwk …

  37. jos banget lah akhir2 ini beritanya

  38. salam warjager….
    Salam hangat@bung diego…
    Sy yakin berita ini sgt ditunggu kemunculannya disini. Hehe….selanjutnya akan kembali nge flat dan dua klub liga resmi dan ghoib akan berburu kabar pd anda lg bung. Sy baru ngeh ttg trend resmi dan ghoib disini. Menarik sekali…..hehe.
    Btw…
    Sejatinya ini adalh phrase lama yg diijinkan utk di ekspose (dlm hal ini prtimbangan sgt matang dan mngedepankan efek jangka panjangnya pula). Kita tak akan setuju jk hanya disebut ”akan”. Akan ttp bicara tnpa fakta jg riskan dan ,nyesakkan ?? Hehe….bung TB hasan prnah mnyodorkan komentar warga disini. Tntu beliau geram, namun batasan adalh sekat pd keutuhan sebuah strategi besar. Akses hidup akan dikurangi jk usia smakin menua, TAK PEDULI PANGKAT DAN JABATANNYA APA !!
    Seorang intel sonotan lapor bhw su32-35 itu sdh brgabung dg TNI.
    Agen lain mnyebut blackhole selatan sdh aktif dan berlogistik jauh dr lantamal TNI. Rudal mimpipun dilaporkan mnghuni arsenal kita.sbnarnya tak ada yg disembunyikan, hanya akses dan kmampuan pengamatan tak secanggih diluar. Benarkah bgitu ??
    Bisa sj bgitu, atau jstru hollyaxe. Bg sy tak ada bedanya, sbb barang yg diharap dan digadang ada dan nyata, yg mnjd bias adalah proses sjk sign hingga penempatannya, jumlah dan BUNYI POIN POIN PENGADAAN serta kesiapan user menjemput SDM nya. Ktika alri mnggunakan whiskey dg sdm yg trbatas mk digunakanlah poin/pakta pd perjanjian pengadaan sista diantaranya penggunaan sista terpesan berikut personel pinjamannya utk dideploy pd konflik negara pemesannya (trikora). Ya sejatinya tak hanya f35 yg dibuat patungan, ada pula kita trlibat di penciptaan2 sista gahar lainnya. Rusia itu ibarat tumbuh diatas ramalan joyoboyo hehe. Hrs ada sentuhan COCOK pula jk sista mrk digunakan di iklim kita.
    Dan media diskusi sgt dekat pd kenyarisan BENAR atas info dibanding media konvensional lainnya. Salut jk disini mmunculkan sll diskusi yg sehat. Pst akan ada simpul yg bisa tertali dg benar. Toh sy percaya, banyak yg tlh dewasa bs mmbedakan hoax akut dan clue yg disempilkan mski keduanya sama gurihnya hingga kdg selevel bung TB hasan smpat meriang. Hehe…..
    Salam NKRI
    dan ini sy dedikasikan utk anak2 sy yg butuh hadiah HIBURAN atas nama kebebasan bermimpi dan beropini. Mari ikuti buah 3 kunjungan berikutnya, bung diego hrs sigap menangkup beritanya hehe….

    • saya termasuk yg percaya pada hal ghoib lho bung, karena saya 99% tidak punya akses untuk mengetahui sesauatu yg jauh di luar kemampuan saya. Akhirnya saya posisikan diri saya sebagai seorang yg mengimani sesuatu yg GHOIB. Nrimo sembari terus cari informasi akan kebenarannya dan seoga masih di beri waktu untuk melihat kemunculan2 yg GHOIB2. Berbagai sinyal ttg yg ghoib2 sebenarnya sdh sering berseliweran di sini atau di warung sebelah. Salam…….

    • Seeedaap…tp semoga saja…hehehehe

    • Selalu di tunggu berita dari anda pak @trahLOR, salam sehat selalu ya pak, baik di sebelah maupun di sini yg penting info nya, hehehe

    • adem lihat komen panjenengan Pak

    • Ko baca tulisan bung trahlor harus pelan2 hehe…

      “Ya sejatinya tak hanya f35 yg dibuat patungan, ada pula kita trlibat di penciptaan2 sista gahar lainnya. Rusia itu ibarat tumbuh diatas ramalan joyoboyo hehe. Hrs ada sentuhan COCOK pula jk sista mrk digunakan di iklim kita. ”

      mmm.. iya kah ? jadi nebak2 alustsista yang mana ya kira2 hehe ..

      ” Akses hidup akan dikurangi jk usia smakin menua, TAK PEDULI PANGKAT DAN JABATANNYA APA !! ”
      Yg ini saya masih bingung ?

      “Mari ikuti buah 3 kunjungan berikutnya”
      Kira2 apa ini yah yg datang ???

      • Pernah diberitakan, Rusia menawarkan kepada Indonesia untuk merakit SU 35, Rusia juga pernah menawarkan Indonesia untuk turut mengembangkan Pak Fa. Cuma tidak ada berita tentang, apakah Indonesia menerima tawaran itu atau tidak.

    • Bung Trahlor terima kasih infonya,… walau harus mikir agak lama baca tulisan anda haha.. luar biasa sastranya… tapi masi ada yg belum mengerti “Akses hidup akan dikurangi jk usia smakin menua, TAK PEDULI PANGKAT DAN JABATANNYA APA !!”

      • Alutsista tua2 kayaknya..hehehe…semacam F16..no hibah pesawat dan kapal perang bekas…dari ASu…wkkwkwkw
        Mau ke ASu bulan depan…2 negara apalagi tuh pak jokowi mo kondangan buat beli mainan2 baru
        Gitu kali ye…

    • Siap mengikuti beritanya Sesepuh…, 🙂

  39. kilo nya berarti beberapa sudah berenang di dasar laut NKRI
    kalu di publikasikan 6…Emm mungkin oleh2 pak Purnomo Yusgiantoro dan SBY dulu..

  40. nunut ngiyup ae…hahahaaaaa

  41. Dulu saya merasa aneh dgn ghoib…tapi lama” apa yg dl di debatkan muncul satu persatu,contoh kilo perlahan tp psti kluar releas resmi nya atau ini penambahan aja 2 jaman sby dan ni tambah 3 jd 5 dong.percaya g percaya ghaib tu benernya ndak ghoib sih…negara luar psti ttp tahu cuman jumlh yg g tau.negara kita sy rasa hnya me sy rs hnya menhalan kan prinsip saja aluas merahasiakan biar lih tau yg pntng gue g buat realeas resmi.
    Maaf loh ya

  42. Sy masih ingat salah satu tulisan Bung Yayan, dimana dia mengatakan (menarik menurut saya), doktrin Dunia Militer Indonesia adalah :
    .
    “Informasi Yang Benar adalah Informasi Yang Bohong”
    “Informasi Yang Bohong adalah Informasi Yang Benar”
    .
    Dengan Doktrin Militer Indonesia serta Kultur Budaya Bangsa Indonesia, saya yakin apa yang dipaparkan di permukaan, tidak demikian adanya. Satu hal yang pasti, tidak satu pun Militer di dunia ini, yang tidak menginginkan Alutsistanya yang biasa2 saja. Termasuk Indonesia.
    .
    Nah, sekarang, kembali ke masing2 pembaca, untuk lebih dalam memahami maksud sebuah informasi.
    .
    Karakteristik sebuah informasi :
    1. Mengabarkan apa adanya.
    2. Mengabarkan sebuah informasi, untuk mengaburkan informasi yang lain.
    3. Mengabarkan sebuah informasi, untuk membentuk opini publik sesuai yang mereka inginkan, mau benar atau salah.
    4. Mengabarkan sebuah informasi, untuk mengalihkan perhatian publik dari sebuah informasi.

  43. Kok g muncul ni komen ane

  44. Sudah terlalu lama di Akuisisi serta di rahasiakan TNI AL kini semua pulang kandang ke bumi nusantara.

  45. Dibolan-baleni ngantek perot lambene

  46. Indonesia maakin keren atuhhh…

  47. wah pasti wartawan cnn mabok kecubung karena kebanyakan nongkrongin jkgr xixixixixixixi

  48. Salam NKRI

    Ingatlah slalu bhw harus mengunyah gn benar dan lembut sebelum ditelan atas leak atopun statement….
    Namun diatas apapun artikel ttg alutsista buatan sahabat russia untuk indonesia dgn dibabar berulang-ulang dgn penekanan alutsista strategis yg boleh dipublish, saya mencoba untuk mendapatkan benang merahnya atopun poin-poin yg ingin disampaikan pd publik khususnya patriot nusantara dan musuh negara.
    Pesan itu (analisis pribadi):
    1. Peringatan buat musuh nkri baik yg di barat,timur,selatan dan utara…”Awas lho, senggol tapak batas laut,udara,darat milik nkri adl berhadapan dgn rentetan alutsista yg dipublish di jkgr akhir2 ini.
    2. Early warning buat segenap rakyat Indonesia unt sedia hadapi konflik yg berpotensi tinggi menimbulkan perang.
    Anomali yg lain adl pak rr smpkan bhw setiap lanud wajib dipasang psu, kedua ; unt nantuna bakal ditambah personil tni smp 2000 personil dgn kualifikasi komando baik tni-ad, tni-al, tni-au, ketiga; statement kapuspen tni-ad bhw semua pasukan khusus dari 3 matra siap dideploy di png unt bebasin sandera. Penyanderaan ini hanya sbg alat, testing the water, krn akan berlanjut pd aksi2 selanjutnya….
    Jika ibu pertiwi memanggil…..bismillah, saya siap.
    Salam NKRI

    ….Stststtt….omongan sopir truck yg berjuang unt hidupin keluarga dan bolo2nya dalam kondisi industri yg semakin melemah…jgn dianggap terlalu serius ya….

  49. ane ngeri, feelling ane bentar lagi kita bakal perang nih -_- tapi ane lega, soalnya oktober besok udah mau nikah, kan ada pepatah kuno “jangan perang dulu, gue belum kawin” atau “buruan kawin bentar lagi perang”

  50. Jama’ah ghoibiyah yg sekarang lagi pada mabuk nanti di bulan oktober(HBD TNI),kayaknya akan tambah mabuk lagi.soalnya akan ada yang nampakin jirimnya.(jirim=bentuk nyatanya)

  51. Ha..ha..ha.ha..!! kontributor cnn indonesia ngibuuull!!..bagi penyimak kritis jkgr, pewarta cnn indonesia akan dibully habis-habisan jika memberitakan hal itu di media militer lain di negara kita ini.
    Ada pun karena hal : 1. kontributor ini sudah laten di sini, amatiran pula (kata jamaah resmiyah, berita tanpa link dan tidak ada logika penyusun). 2. bisa jadi salah satu penggiat di warjag juga, karena tidak bisa seedan ini mengumbar berita (asli warjag, eh siapa tahu bung tukang tipu?). 3. patut berbangga “alumnus” warjag bisa hadir di cnn indonesia. 4. last but not least, saya lebih kagum atas bung tukang hitung Phd, sudah memberikan ulasan panjang lebar dari pada mister x yang hadir di cnn indonesia…
    he..he..he..salam tabik rekan-rekan…oh ya. bagaimana tanggapan kita atas pimred cnn indonesia..fanboys jkgr kah??…ha..ha..ha..
    bung diego, salut !! Jkgr bisa berbagi berita, meski di luar mereka apriori..!!
    salam warjag!!…

  52. Pak bos pak bos pada ga sadar?itu lontong kilo yg dikirim pake vessel ke vietnam punya indonesia,dikirim ke vietnam pake vessel abis itu nyelem sampai rumah aslinya yaitu indonesia. Keep low profile

  53. Tess…

    • Modiarrrrr saiki……..malaysia n singapore jancuk jaran……ostrali n png lonteeeee……buongko koe saiki lee……

      Syukurlah…..jd lega sekarang…….sejak jkgr berdiri baru sekarang bisa misuh……

      Moga2 g dibanned bung diego…….

  54. Mk dr itu ingat kahsaudara sekalian dgn pristiwa hilangnya pswt malay mh 370?…siapa aja papencarinya, bagaimana mereka dgn sgl upaya u menurunkan alat2 paling canggihnya di selatan negara kita tercinta ini?…walau mereka tdk th pasti dmn jatuhnya…

  55. salam kenal warjager…!,sistim pembelian alutsista rahasia utk tni apa mmg begitu kaliya…!,udah pesan di bilang rencana,udah di buat baru bilang sedang memesan,sudah di kirim bilang sedang dibuat,sudah patroli di bilang sedang di kirim,mungkin atau mmg benar…? syukur gk pake mbulet,padahal sudah keliaran….

  56. Su35 checked, kilo checked, whats next to revealed? Bomber, destroyer, misiles, drones, ifx, mistral???
    Ah makin pules bobo, tenang ada yg jagain, intelejen dan tni tercinta dgn permainan yg cantik bikin tetangga bergidik, krismon aja bs beli yakhon, dipinjemin kilo, disayang rusia bs beli apache (ups mudah2an ga dicancel pas p jokowi ke us), hebat indonesia, makin bangga ….ga usah bingung cari aktual nya, nanti jg ada yg jabarin dgn clue dr para suhu yg mungkin itu2 saja yg memang tugasnya jd kepsek warjager cm nick nya buanyak hehehe

  57. 12 KILO : 2 KILO pesanan th 2007, 10 KILO pesanan pk SBY ( Refurbish )

  58. Katanya pesan 12 KS Kilo Class, ternyata di artikel ini hanya 3 KS Kilo …….. ???
    Apa tidak ditambah dgn KS Amur Class, dan pesawat tempur pembom SU-34Fullback maritim patrol, untuk mengawal dan mendukung poros maritim Indonesia ………. ??? !!!

    • kalo itungannya sih pas, 12 itu 10 mantan plus 2 unit tahun 2007. yang 1 gak masuk itungan karena yang dibilang menhan kan “yang jaga Indonesia”, sedangkan yang 1 itu kan buat slonongan bae…tugasnya gak jagain laut sini kaleeee

  59. 2007 udah datang kasel dari rusia jenis BNV. 2 unit. 🙂 🙂 sekarang 3 inden kilo jadi 5 dong 2 kasel cakra n nanggala. inden 3 unit cbg. = 5 kilo 2 u 209. cbg 3. adalah 10 unit ini resmi. loh ya belum yang gentayangan. xixixixixi….. 🙂

  60. ehemmmmm…bung@Tukang ngitung PHD mana nih???….semakin dalem nih bung… koprek2 mu lebih dipertajam ama redaksional berita CNN…2 ato 3 biji (636 ato 209nya) kokinya tetep bilang “pokoke KILO”…wkwkwkwkw…

  61. salah satunya buat menangkal ancaman 12 kapal selam Soryu class dari Australia…..

    http://thediplomat.com/2015/05/japan-approves-disclosing-secret-sub-info-to-australia/

  62. H O A X !!!

    … xixixi … ampun TT jangan dibully ya ? TT kan macih kecil, macih anak-anak … xixixi …

    maksudnya jumlah KS nya menganut majas eufemisme … yang jelas ini Softleaks, bukan AKAN … tapi … SUDAH … xixixi …

    “BELUM JELAS KAPAN KS KILO TIBA DI TANAH AIR”

    (kok tanda tangan kontrak diam-diam aja pak ? hayyoo … ketahuan, pasti belinya bukan 1 jenis aja, ngaku … ngaku … bohong itu dosa lho … xixixi …)

    TUKANG TIPU BERKHAYAL makan SEMUR JENGKOL dulu ah …

    (WOI TUKANG TIPU KEBANYAKAN NGELEM AIBON LU, MAKANYA OTAK LU SOAK … UDAH JELAS BERITANYA 3 KS KILO NGAPAIN LU BAWA-BAWA SEMUR JENGKOL, BANGUN WOI UDAH SIANG !!!)

    TUKANG TIPU : … xixixi …

  63. Mohon pencerahan………para suhu..jager…..di tempat saya..di bangun 2 pelabuhan besar…..yg satu digembar geborkaan katanya untuk pelabuhan CPO sawit….yang satunya…katanya…untuk pelabuhan barang…..padahal kota ane…menurut perumpamaan kota kota di jawa….kelasnya cuman kampung……kenapa ada dua pelabuhan besar..Hihik…..info terahirnya…sampe sekarang nee..1 liter cpo sawit pun belum pernah dikirim……tp pembangunannya sudah jalan 8 tahun…Pening aku bang…peeening aku bang……???????

    • @TU

      Udah tau gitu, buruan kau beli tanah2 sekitar situ lai…bisa kaya kau nanti

      • dulu sudah di coba dengan kelompok tani ….bang….tapi ndak bisa..katanya tanah milik negara…..ciek ciek..trus yang jaga tu pelabuhan om marinir yg galak galak deeh !!! ……….apa kira2 ada lontong 3kgan kali ya….? menurut ane tu pelabuhan memang rada aneh………?

        • Heeee tak usah heran, dimana2 aset bumn dijaga marinir…kabarnya, kemarin2 banyak aset2 bumn yang dikomersilkan oleh oknum2 pejabat bumn, sementara petugas sekuritinya outsourcing dr swasta yang notabene milik oknum2 tsb jd perlahan tapi pasti byk aset yang berpindah tangan tak terlacak atau kalo ga gitu aset2 tsb disewakan scr ilegal ke pihak lain/duitnya masuk kantong sdr.

      • sdh pernah dilakukan …..bang ……tu pelabuhan aneh bin ajaib…..

  64. malon mana malon ?? suaranya kagak ada…nyungsep di kamar ya lon…nangis sesenggukan

  65. kompor gas

  66. Semoga Lancar Rencana menghidupkan lagi Skuadron Mata laut TNI-AL yaitu Skuadron-100 biarlah Heli tahap awal ini hanya sekelas Tiger krn Banyak KRI TNI-AL bobotnya masih sekelas SIGMA jadi wajar TNI-AL memilih Tiger semoga kedepan ada tambahan armada KRI TNI-AL yg berbobot lebih 5000T sehingga helinya pun dibisa diupgrade menjadi sekelas SeaHawk

  67. indonesia sdh punya KS dgn nomer 501 kira2 ini kakaknya 401 mungkin,… ayo siapa yg pernah liat atau masuk d KS 501.. mohon pencerahan

 Leave a Reply