Mar 122016
 

Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL) mendapat kapal perang baru berjenis Patroli Cepat (PC-43). Kapal perang yang diberi nama KRI Cakalang-852 ini secara simbolis telah diluncurkan ke laut di sekitar perairan Salira, Banten. Kapal ini merupakan hasil hasil produksi di dalam negeri, yaitu PT. Caputra Mitra Sejati (CMS) Banten.

Asisten Logistik (Aslog) KSAL, Laksamana Pertama TNI Mulyadi mengatakan bahwa pembangunan Kapal PC 43 meter ini merupakan tindak lanjut pengadaan alat utama sistem persenjataan (alutsista) dalam upaya meningkatkan kekuatan dan kemampuan Angkatan Laut yang mengacu kepada kebijakan dasar pembangunan TNI AL menuju Minimum Essential Force (MEF).

Kapal perang baru ini TNI AL ini memiliki panjang (Loa) 44,40 meter, lebar (B.Max) 7,40 meter dan tinggi tengah kapal (Dmld) 3,40 meter. Kapal dengan bobot 230 ton ini dilengkapi mesin utama 3 x 1800 Hp dengan putaran mesin 2300 rpm, kecepatan maksimum mencapai 24 knot, kecepatan jelajah 17 knot dan daya jangkau 1632 Nautical Mile (Mil Laut). Untuk persenjataan, KRI Cakalang akan dilengkapi dengan senjata kaliber 30 milimeter (mm) buatan Oto Melara, Italia.

KRI Cakalang, Kapal Perang Baru TNI AL Diluncurkan di Perairan Banten. (detik.com)

KRI Cakalang, Kapal Perang Baru TNI AL Diluncurkan di Perairan Banten. (detik.com)


Kehadiran KRI Cakalang-852 ini memperkuat kekuatan Kapal Patroli Cepat berukuran 43 meter yang telah dimiliki oleh TNI AL. Hingga saat ini, TNI AL baru memiliki tiga kapal patroli cepat ukuran 43 meter, yaitu KRI Pari-849, KRI Sembilang-850, dan KRI Sidat-851.

KRI Cakalang akan dioperasikan di bawah Komando Armada RI Kawasan Barat (Koarmabar).

Sindo News dan Republika Online

  25 Responses to “TNI AL Tambah Satu Kapal Patroli Cepat”

  1.  

    Tes rada riyeut ngurus administrasi dumay..haww..

  2.  

    tambah terus kapal patroli nya kalo bisa besok yg di tambah jangan cuma kapal patroli aja kalo bisa Destroyer atau Frigate biar panas negeri tetangga.

  3.  

    Test connnnn

  4.  

    Kalo soal kapal perang kita memang sudah lebih berkembang namun sayang negara kita kurang memperhatikan sistem persenjataannya.. Masih banyak KRI kita yang menggunakan persenjataan tua

    •  

      tak ado bensin nyo kang, hehhehe jangan lupakan itu

      •  

        Iya bro itudia kesalahan besar pemerintah.. Mreka kurang memperhatikan kesigapan armada KRI indonesia.. Masih ada beberapa kekurangan kecil tapi bisa berakibat fatal yang tidak mereka perhatikan.. Contohnya: persenjataan dan bahan bakar

        •  

          msalah atu lg gan, bentuk dermaga kita yg kurang strategis, bentuknya kayak pearl harbour bisa rata tuh kapal yg lg sandar tiba2 pswt f22 lepasin bom nya modyar

          •  

            Hahaha betul juga bro intinya masih banyak kekurangan baik dari segi armada ataupun sarana pendukung.. Kita tidak bisa berbuat banyak ketika musuh menembakkan rudal jarak jauh ataupun misil balistik… Semoga pemerintah cepat bertindak dalam mengamankan NKRI

          •  

            Intinya pemerintaj kurang memperhatikan.. Mreka terlalu cepat puas

        •  

          Haduh kalo cuma buat ngebom dermaga trus yg di turunkan f22 kayanya mubazir deh soal nya biaya operasional f22 lebih mahal. .apalagi yg di bom dermaga milik indonesia yg notabene nya ga berbahaya bgt..kecuali yg di bom milik taiwan atau russia..

  5.  

    Kecepatan maksimum mencapai 24 knot,
    Kecepatan jelajah 17 knot
    Daya jangkau 1632 Nautical Mile (Mil Laut)

    Namun masih kalah cepat / laju dengan jaringan peyelundup NARKOBA Ethnis China antara kepulauan Batam – Singaporn -Malay. yang rata – rata mesin yang mereka gunakan 6 Unit Mesin 200PK merek Yamahan, kecepatan mereka diatas 35 knot sanggup melintas BATAM Singaporn cuma hitungan menit.

    Namun apapun hasil karya bangsaku akan lebih enak dibaca dan didengar karna Kapal yg digunakan TNI /POLRI /BAKAMLA adalah hasil karya bangsaku, cepat atau lambat mereka pasti membuat suatu produk yang tak terduga-duga. JOSSS

    •  

      @alone

      Kapal penyelundup mah nggak harus diuber kayak PJR,,,,cukup dikejar pake peluru kanon 30 mm, dijamin langsung berhenti

    •  

      @alone

      Itulah gunanya punya kanon 30 mm, kalo kapal penyelundupnya ngeyel mo nylonong, tinggal dikejar sama pelor 30 mm,,,kapal patrolinya mah kalem aja, alon-alon waton kelonan. Upsss,,,”alon-alon waton kelakon”

  6.  

    Semoga semua kapal patroli dapat beroperasi maksimal tanpa ada lagi alasan minimnya anggran operasional kapal-kapal penjaga kekayaan laut Indonesia ini.

  7.  

    jayalah Indonesiaku ………..

  8.  

    haloh

  9.  

    ..ini kapal ….Mau dikasih missiles atau tidak? Termasuk KCR 40/60 atau Sejenis kelas viper ….?

  10.  

    tes

  11.  

    Kapan ya Indonesia punya kapal induk….

  12.  

    elok bila ada rudal menengah di kapal ini….

  13.  

    Mantaaaaaab…… Nambah lagi kapalnya TNI…
    Joooz…
    #SalamPersatuanIndonesia

  14.  

    Oh ini yg di bilang kapal patroli cepat rasa frigate..uppss kceplosan…

 Leave a Reply