Feb 222016
 
penenggelaman kapal asing

Empat kapal Vietnam diledakkan di Pulau Datuk, Mempawah, Kalimantan Barat, (22/2/2016). (Antara/Jessica Helena Wuysang)

Batam – TNI AL dan Kementerian Kelautan & Perikanan (KKP) menenggelamkan tujuh kapal ikan berbendera Malaysia dan tiga berbendera Vietnam di perairan Batam, Kepulauan Riau, Senin, 22/2/2016.

“Kami akan terus bekerja sama dengan pemangku kepentingan untuk mengamankan dan menjaga sumber daya kelautan di perairan Kepulauan Riau,” ujar Danlantamal IV Kolonel S Irawan.

Penenggelaman kesepuluh kapal menggunakan bahan peledak low explosive, agar tidak merusak ekosistem dan terumbu karang. Di samping itu badan kapal yang tenggelam bisa menjadi tempat ikan berkembang biak.

Proses eksekusi dilaksanakan Satuan Komando Pasukan Katak (Satkopaska) Koarmabar, sedangkan proses pengawasan dan pengamanan dilakukan KRI Parang-647, KAL Nipa dan 1 Sea Rider dari Lanal Batam, sedangkan DKP menerjunkan KP 3212 untuk unsur VIP.

Selain di Batam, di hari yang sama juga dilakukan penenggelaman kapal ikan asing, serentak di berbagai tempat di Pontianak 8 kapal, Bitung 12 kapal dan Tahuna 1 kapal.

Pelaksanaan eksekusi penghancuran kapal dilakukan, setelah proses hukum kapal-kapal tindak pidana kelautan dan perikanan tersebut berstatus inkracht / berkekuatan hukum tetap.

Antara

  27 Responses to “TNI AL – KKP Tenggelamkan 30 Kapal Asing”

  1. kasih ke nelayan pak.

  2. Wah dpt..premium..

  3. Kasihan para pemburu harta karun bakalan banyak yang kena tipu nemu bangkai kapal pencuri ikan xixixixixixi

  4. lor tahun lepas ada 13 kapal nelayan indo di tenggelamkan malaysia tp tenggelam elok2 x pakai bom sebab nak buat tukun indo jek kecoh pakai bom baik tenggelamkan buat tukun ada gak bagusnya

    • memang benar terlalu di besar besarkan … biasalah pencitraan .. hihihi ga ada gunanya , maling ikan juga masih banyak malah nelayan lokal perahu kecil susah cari ikan gara2 permen (peraturan menteri) susi alias susu basi …

    • Bukan semata mata utk penenggelaman tp jg tuk mberikan efek jera, sekarang ilegal fishing sdh menurun, bkn krn kapalnya ditenggelamin tp krn takut ditenggelamin.

    • malon tenggelamkan kapal pakai bomoh nujum vip, menghalau kabut asap pakai bomoh nujum vip, mencari malaysia airways pake bomoh nujum vip, hebat nian bangsa malon, bahkan tradisi mengusir kabut asap menggunakan es batu sudah ada sejak ratusan tahun lalu katanya, tahnia…berarti sejak ratusan tahun lalu malon sudah bisa buat peti sejuk alias kulkas….kah kah kah kahhh

  5. MALAYSIA = TUKUN
    INDONESIA = RUMPON

    bener enggak sih ?

  6. Ini lah perang cerdas pak jokowi, ngluruk tanpo bolo, menang tanpo ngasorake membuat jepang ,filipina n thailand kekurangan stok ikan ,

  7. Biar pada jera abk nya suruh berenang ke negaranya msng2..

  8. hancurkan

  9. yg saya heranin kok ada kapal nelayan indonesia yg ditenggelamin..apakah kalau mencari ikan ditengah laut ada surat ijinya…?

    • tercatat berjumlah 151 kapal pencuri akan di tenggelamkan antara lain :
      50 kapal Vietnam,
      43 kapal Filipina,
      21 kapal Thailand,
      20 kapal Malaysia,
      2 kapal Papua Nugini,
      1 kapal Tiongkok serta
      14 kapal berbendera Indonesia.

      artinya itu kapal di danai oleh cukong luar untuk melayani kebutuhan luar, cuma bendera saja indonesia dan pekerja nya, kegiatannya selain MENYELUNDUP IKAN juga NARKOBA.Demikian

    • mesin versi cadet juga baru. Apa itu masuk itungan ya? Berarti yg 2 lagi pas WeselPos.

  10. man push (laki-laki mendorong) kau pencuri ahahahahahahahaha

  11. Khusus buat kapal malon, tenggelamin tuh di depan hidung’a/perbatasan.

  12. Sebaiknya dijadikan latihan sasaran tembak untuk KRI pake Oto Melara 76 mm

  13. Kurang banyak
    Sekalian najib botak ditengggelamkan

 Leave a Reply