Mar 252016
 

Perusahaan pembuat kapal Korea Selatan, Daewoo Shipbuilding dan Marine Engineering (DSME) meluncurkan kapal selam pertama tipe 209/1400 diesel-listrik (SSK), dari tiga unit yang dipesan Angkatan Laut Indonesia (Tentara Nasional Indonesia – Angkatan Laut).

Kapal diluncurkan pada 24 Maret 2016, di galangan kapal DSME Okpo dalam sebuah upacara yang dihadiri menteri pertahanan Indonesia Ryamizard Ryacudu dan Kepala Staf TNI-AL, Laksamana Ade Supandi. Sumber TNI-AL telah dikonfirmasi oleh IHS Jane bahwa kapal selam telah diberikan panji nomor 403.

Kapal ini merupakan bagian dari kontrak KRW 1.3 triliun (USD 1,1 miliar) yang ditandatangani antara DSME dan Kementerian Pertahanan Indonesia pada bulan Desember 2011. Dalam kontrak, kapal pertama dan kedua akan dibangun di Korea Selatan, sedangkan kapal ketiga akan diproduksi di Indonesia, PT PAL di Surabaya dengan cara transfer teknologi.

 

Sesuai dengan spesifikasi yang diberikan oleh DSME Type 209 Indonesia, memiliki bobot 1400 ton, memiliki kecepatan tertinggi 21 knot dan jangkauan operasi maksimum sekitar 10.000 n mil pada kecepatan 10 knot saat muncul ke permukaan. Kapal selam itu telah dirancang untuk berbagai misi, termasuk perang anti-permukaan (ASuW), peperangan anti-kapal selam (ASW), penyebaran ranjau, dan operasi pasukan khusus, kata DSME dalam sebuah pernyataan pada peluncuran.

Kapal selam pertama sekarang akan menjalani uji coba laut di perairan Korea Selatan dan dijadwalkan dikirim ke Indonesia pada Maret 2017.

Pekerjaan untuk kapal selam kedua telah dimulai dan total ketiga kapal diharapkan akan diserahkan pada akhir tahun 2018.

Janes.com

Bagikan :

  44 Responses to “TNI AL Terima 3 Kapal Selam Tipe 209/1400 Pada Tahun 2018”

  1.  

    Slamat bergabung Nagabanda class..

    •  

      Tunggu keluar dari galangan PT.PAL bung, pasti sangat membanggakan

      Saat ini bangga baru sebatas “ok pemerintah kita punya duit, bisa beli KS CBG”

      Ditunggu saja 2018, pasti lebih bangga…

    •  

      Bravo kapal selam para Naga ……. Jayalah selalu bangsaku Indonesia

      •  

        Itu baru golongan para naga. Nantinya setelah PT.PAL menguasai teknologinya tentu akan dibuat kapalselam lain yang lebih besar. Juga perlu dibuat kapalselam mini yang lincah. Itulah golongannya para hiu, pesut, pari dll yang akan siap menyelusup pelosok laut nusantara.

    •  

      setelah Cang Bogo Clas , dibuatlah Cang Goreng dan Cang Rebus kemudian baru Cang Atom Garuda ……. ini Kacangku …… muehehehehe

  2.  

    Wow lontong seger

  3.  

    naga rangsang memang sudah dibuat??

  4.  

    1st

  5.  

    duet SCANTER di Natuna.

  6.  

    1st boss

  7.  

    Pertamax

  8.  

    pangkalannya nanti dimana?

  9.  

    Juara

  10.  

    Pertama

  11.  

    Cakep bgt

  12.  

    CONGRAT TNI AL .. JOS GANDOS!!!

  13.  

    Pertamax

  14.  

    Kapal selam berikutnya tinggal di modifikasi ama pt pal pakai teknologi kilo class jadi kapal selam made in indonesia itu baru mantap

  15.  

    DI KEBUT

  16.  

    Kereeeenn

  17.  

    rezeki jumat pertamax……

  18.  

    Pertamax

  19.  

    sip

  20.  

    Smoga yang selanjutnya smakin sangar…Jaya NKRI

  21.  

    borong tuh scopeng ma kilo buat dibogoin pt.pal.

  22.  

    mantap

  23.  

    pertamax

  24.  

    lanjutkan dan buat lebih banyak denga sistem vls

  25.  

    Yang dibuat di indonesia, tahun berapa dimulai pembuatannya ?

  26.  

    Biar damai di kawasan…. hehehehehe

  27.  

    Kan apa ku billing? Nggak ada goib goib
    ????????????

  28.  

    all heim INDONESIA poros maritim dunia.

  29.  

    Masa trial di korea kok lama yah sampai 2017. Ntar klo pas masa trial ketemu lontongnya korut bisa repot nih. Dikira lontong Indonesia mau nyelinap ke kamar Kim

  30.  

    terongnya sudah muncul rupanya, wah ketinggalan

  31.  

    Ahoi…2x

  32.  

    mantab perbanyak lagi kasel kita

  33.  

    semoga TOT chang bo go cllass bisa terwujud 100% jadi bisa lebih dibanyakin lontong buat jaga persada NKRI.. penempatan rudal harpoon bisa diganti dengan rudal Yahont.. saya yakin putera bangsa jago memodifikasi seperti kenalpot bising yg masih aja ada di jalanan kita.. wkwkwk.. kalo buat lontong jgn pake knalpot bising.. nanti bisa di endus sama negara yang sirik sama kita.. Maju terus Negaraku.. semoga kawasan asia tenggara jadi adem tentrem loh jinawi..

  34.  

    Asslmlkum RI..waah selamat ya untuk indonesia..tengok kapal selam ni terkesan sangat..indonesia haibat…!!boleh nak jaga rumah awak ni (lautan)..selamat indonesia..you have passion…!!

  35.  

    Satu kata… mantap

  36.  

    Bandingkan dengan peluncuran first type 209 mod 1400 submarine for the Egyptian Navy https://www.youtube.com/watch?v=XWGBZWeVlfU

  37.  

    @falm

    Kemampuan/speknya kurang lebih setara dg u-209 mesir dan afrika selatan,,,kalo dr luar yang kelihatan sama cuma planar/flank arraynya.

    Perbedaan yang ada paling2 berkaitan dg perbedaan frekuensi radar/sonar krn perbedaan suhu dan kelembaban atau perbedaan tingkat kadar garam

  38.  

    Nantinya bakal tiap tahun KS ni dbuat di dlm negeri… Klo dari tahun 2019 sampe tahun 2024… Kan bakal byk… Ngeri negara ni… Negara tetangga mulai ga bisa tidur

  39.  

    Semuga makin damai indonesia dan kawasan asean ini

 Leave a Reply