Apr 272014
 
Patroli TNI AL

Patroli TNI AL

Biak. Sebanyak 14 kapal perang RI (KRI) dan dua pesawat jenis Cassa disiagakan menjaga pengamanan teritorial perairan laut Timur Indonesia. “Hingga saat ini ada 14 KRI yang rutin melakukan patroli pengamanan di laut Indonesia Timur, ya belum ditemukan pelanggaran hukum yang dilakukan kapal asing,” ungkap Komandan Gugus Keamanan Laut (Guskamla) Armada Timur Indonesia Laksamana Pertama TNI Heru Kuswanto di sela-sela perncanangan Hari Gerakan Malaria di Biak, Jumat (25/4/2014).

Ia mengakui luasnya wilayah perairan laut Indonesia dengan menyimpan beragam potensi kekayaan alam laut sangat rentan terjadinya pelanggaran hukum yang dilakukan oleh kapal asing. “Untuk mengantisipasi kasus pelanggaran hukum di wilayah perairan Indonesia, setiap waktu belasan kapal perang TNI AL berpatroli mengawasi wilayah teritorial laut Indonesia,” ujarnya.

Menyinggung wilayah perairan Papua yang rawan akan kasus pelanggaran hukum karena berbatasan dengan negara tetangga PNG, Komandan Guskamla mengatakan hingga sekarang masih sangat kondusif sehingga terus dilakukan pengamanan melalui kegiatan patroli KRI.

Ia menegaskan bahwa setiap kasus pelanggaran hukum yang terjadi di wilayah perairan teritorial Indonesia maka jajaran prajurit Guskamla akan meindak tegas sesuai aturan yang berlaku. “Jika terbukti ada kapal asing yang melakukan pelanggaran hukum di wilayah teritorial laut Indonesia Timur akan ditindak tegas sesuai hukum di Indonesia, ya kondisinya sekarang masih aman-aman saja,” ujar perwira bintang satu TNI AL.

Hingga saat ini aktivitas pelayaran di sepanjang perairan laut Kabupaten Biak Numfor tampak berjalan normal seperti hari biasanya.(Antara).

  142 Responses to “TNI AL Tingkatkan Patroli di Indonesia Timur”

  1. pertamax

  2. kedua kah??

  3. Boleh dong dikupas lebih rinci lagi apa saja alutista yg disimpan disana buat menjaga sisi timur kita … untuk seluruh matra.

  4. Pertamax kah..

  5. ke 4 mantap

  6. 10 besarkah

  7. tambah lg pak armadanyaaa

  8. lebih di perketat menjelang pilpres.
    antisipasi tetanga sebelah yg rese..
    nkri harga mati

  9. Permisi ..bisa 10 bessar nggak ya……

    Biak……Natuna part 2……

    • Kupang Natuna part 3, boleh tuh..

    • jujur agak bingung, butuh pencerahan….knapa pemilihan biak ? biak kan berbatasan dgn Papua nugini dan secara geografis “tidak ada senggolan” slama ini dan kurang ada kasus yg intens dsana (yg sifatnya Eksternal …OPM mungkin masuknya Internal).
      Kupang lebih pas ….selain berbatasan dgn Australia langsung juga Timor Leste.
      Ditambah Pulau Rote dan Sabu bs berkembang bila ada pembangunan militer yg massive di Kupang.
      Bila konteksnya next natuna …(kondisi natuna yg banyak sekali memiliki perbatasan dgn eksternal/negara lain) …mka Kupang is next Natuna IMO.

      Nunggu pencerahan ….

  10. sepertinya area timur ini merupakan spot yang sungguh mengkhawatirkan ya…perkuatan alutsista di area timur harus lebih signifikan dilakukan…siapa tau ada yang ketangkep lagi 🙂

  11. ketiga kah ?

  12. wah 15 besar…

  13. Mau nanya ni para sesepuh, tindakan tegas gmna nich? Bila ada kpl asing yg menerobos pa langsung di tenggelam kan gt?

  14. realisasikam penempatan divisi marinir di bumi papua

  15. Lah … Pasukan bawah lautnya mana neh?

    • Ni pasukan bawah laut nya bung………artiin sendiri ye……
      09:56, 18 ?????? 2014
      ????????? ???????????????? ??????????? ?????????? «????-1650»
      ???? ??????? «????-1650»
      ????: ???
      ???????????? ??? ????????? ???????????????? ??????????? ??????-?????????????? ?????????? ??????? ??????? «????-1650». ?? ????, ??? ???????? ????-????, ?????? ???????? «?????????????????» ?? ?????? ?????????? ??????? ???????. ?? ??? ??????, ????????????? ????????? ???????? ? ????? ???????? ?? ????? ??????? ?????????? ?????????? ?? ????????????? ???????? DSA-2014 ? ????????.
      ????????? ?? ????????????? ??????? ?????? ?????????? ? ??????? ????????, ?? ??????????. ????? ???????????? ??????? ????????? ???? ?????????? ? ??????? ? ??????? ??????????? ????????? ????? ??????? 877 «??????». ??? ??????? ?????? ??????????????????????? ??????? ? ??????? 2013 ????. ??????? ????????? ?????????? ?????? ?? ??????? ????????, ????????? ??????? ?? ????????????? ?? ??????????? ?????????.
      ? ??????, ???? ????????? ?????? ??????? ? ??????? ????? ?????????? ????????, ??? ????? ???????????? ? ?????? ??????????? ??????? ? ??????? ?????? ????????? ????????, ????????? ??????? ???????? ? 2007 ????. ?? ???????? ????? ??????? ????????? ??????????? ?????????? ????????? ??-17, ??-35?, ?????? ?????? ?????? ???-3? ? ???????? ??????? 877 «??????». ????? ??????? ???? ??????????? ?????????, ?????? ???????? ?? ???????? ???????? ???? ?? ????????. < ?

      • Pake google translate kok keluarnya amur dan paltus? 🙂

      • Kok tanda “?” semua :mrgreen:

      • 09:56, 18 ?????? 2014
        ????????? ???????????????? ??????????? ?????????? «????-1650»

        ???????????? ??? ????????? ???????????????? ??????????? ??????-?????????????? ?????????? ??????? ??????? «????-1650». ?? ????, ??? ???????? ????-????, ?????? ???????? «?????????????????» ?? ?????? ?????????? ??????? ???????. ?? ??? ??????, ????????????? ????????? ???????? ? ????? ???????? ?? ????? ??????? ?????????? ?????????? ?? ????????????? ???????? DSA-2014 ? ????????.

        ????????? ?? ????????????? ??????? ?????? ?????????? ? ??????? ????????, ?? ??????????. ????? ???????????? ??????? ????????? ???? ?????????? ? ??????? ? ??????? ??????????? ????????? ????? ??????? 877 «??????». ??? ??????? ?????? ?????????? ????????????? ??????? ? ??????? 2013 ????. ??????? ????????? ???????? ?? ?????? ?? ??????? ????????, ????????? ??????? ?? ????????????? ?? ??????????? ?????????.

        ? ??????, ???? ????????? ?????? ??????? ? ??????? ????? ?????????? ????????, ??? ????? ???????????? ? ?????? ??????????? ??????? ? ??????? ?????? ????????? ????????, ????????? ??????? ???????? ? 2007 ????. ?? ???????? ????? ??????? ????????? ??????????? ?????????? ????????? ??-17, ??-35?, ?????? ?????? ?????? ???-3? ? ???????? ??????? 877 «??????». ????? ??????? ???? ??????????? ?????????, ?????? ???????? ?? ???????? ???????? ???? ?? ????????.

  16. smqa,kedepanya dpt di tambah.baik dri sqi rutinitas patroli,maupun jumlah kelenqkapan&kualitas prajurit&alatnya.krena kita smwa tau,klo sonotan bukanlah tetanqqa yq baik.dia lbih dri seriqala yq siap menerkam&memanqsa keutuhan NKRI,bila kita lenqah.inqat,mreka bsa mnqqanti seribu muka denqan seqala kebaikan yq tersirat.tpi tidak denqan kelicikan&keserakahan mereka yq tidak akan pernah berhenti meronqronq keutuhan NKRI.smqa rakyat indonesia&para pemimpin neqeri ini sadar,&cepat mnqantisipasi setiap usaha mereka buat meronqronq keutuhan NKRI.

  17. 14 buah, kalo sekelas pkr semua mantap bung kalo buat patroli

    • @Abah…klo ga salah untul menjaga khusus papua …lg ada pemain ganda campuran ..papua rada meriang…menyekat laut agar “gerombolan siberat” tidak masuk…destroyer malah yg jaga berduet dgn nyi loro kidul….waspada terhadap anasir asing…tugas kita memberikan informasi yg jelas …pilpres mendekat tni sudah siap…hidup warjager

    • Ga akurat ya visualisasi alutsista yg dimiliki masing2 negara, contoh Indonesia digambarkan memiliki J10B tp camo dan simbol di ekor tdk menunjukkan kepemilikan indonesia. Trus, malaysia digambarkan memiliki ef2000.

  18. absen,..izin nyimak bangkitlah negeriku jayalah negeriku

  19. yang namanya krismon 98 itu namanya krisis, bank-bank pada bangkrut, hutang membumbung tinggi, embargo senjata, bbm naik, kerusuhan dimana-mana yang dikendalikan ABRI, penculikan yang dilakukan oleh kopassus semua itu sudah terbukti di persidangan kehormatan perwira yang diantara yang jenderal yang mengadili ada agum gumelar, wiranto, sby, subagyo hs dan mereka semuanya menyatakan prabowo bersalah, yang sekarang belum dilaksakannya itu pengadilan HAM nya ditingkat pemerintah, dulu mau diadili Prabowonya keburu kabur ke Yordania. ngga ada itu yang namanya Presiden Boneka yang ada presiden yang akrab dengan AS, sekarang gw tanya Presiden suharto itu akrab sekali dengan AS tapi apakah suharto presiden boneka buatan AS begitu juga dengan SBY yang akrab juga dengan AS apa dia ngga disebut juga dengan presiden boneka itu hanya opini saja untuk mendiskreditkan lawan tertentu, yang pasti presiden yang akan datang pasti harus bekerjasama dengan TNI dalam politik luar negeri ngga ada yang semau gw mau di kudeta apa itu presiden apalagi kalo dari sipil…

  20. nggak tahu siapa yg ngasi.. itu fakta kog..

    kl kita amati lalu lintas devisa..
    kita benar benar di kerjain pada waktu itu.. medio 90akir dan awal 2000..

    plzzz read this.. http://en.wikipedia.org/wiki/Foreign_exchange_market..
    kl masi aja ada yg menyangkal bahwa ekonomi tidak ada hubungannya dgn pertahanan keamanan negara… ya aku senyum aja..
    jelas jelas ekonomi kita di goyang…

    keyword…… MODERN SLAVERY….

      • bung subaryo.

        imho, 2 rujukan umum ini sama sekali gak mendukung / ada hubungannya dengan argumen anda…

      • setuju bung subaryo,

        ekonomi sangat erat hubungannya dgn pertahanan keamanan negara,
        tidak ada perang hanya demi menikmati arus adrenalin saat berperang itu sendiri, selalu ada alasan2 lebih mendasar, antara lain ekonomi.

        orang tengger bilang ‘profit from your mistake’, jika berbuat salah lalu menyalahkan orang lain, maka kita rugi 2x, kesalahan berbiaya mahal tidak diambil hikmahnya, bahkan mungkin akan diulang lagi (seperti keledai).

        ekonom UGM sering berseberangan dengan ‘ekonom pemerintah’ sejak jaman prof mubyarto dulu, silakan dicermati pandangan penerusnya;

        http://www.ekonomikerakyatan.ugm.ac.id/My%20Web/sembul40.htm

        • Itu benar Bung Danu, bahkan kenapa pejabat kementerian ekonomi, selalu lulusan dari Amerik. Tidak pernah terdengar lulusan dari Jerman, atau Prancis yang menjadi nahkoda nya ?
          Padahal kalau kita lihat fakta nya, fondasi ekonomi Jerman lebih kuat daripada Amerik. Barack Obama pernah mengatakan, Amerika harus meniru rahasia sukses Jerman, yaitu terletak pada kuat nya Small Medium Enterprise (S.M.E) yg bereputasi dunia. Yang lebih impresif lagi adalah ada lebih dari 500 SME Jerman yang bergerak di bidang manufakturing, dan punya kontribusi 1/3 dari tenaga kerja mereka. Manufacturing itu adalah industri yang harus di kejar oleh negara kita. Bukan sektor jasa, apalagi hanya perdagangan.

          Kita sering mendengar, Indonesia butuh lebih banyak entrepreneur, tapi kalau liat realitas nya, bikin PT itu susah, apalagi mendapatkan pinjaman dari Bank. Boleh di survey, berapa keuntungan Perbankan di Indonesia. Pasti terbelalak jika di bandingkan dengan keuntungan perusahaan yg bergerak di sektor real. Pak JK pernah bilang, buat apa Bank itu mencetak Laba besar2an ? Jawabannya adalah Bank hanya berani nya melakukan pembiyaan yang resiko nya kecil, dan IRR yang besar.

        • Bung phoenix pandangannya mulai berubah neh 😀
          Ditunggu ulasan ulasan selnjutnya
          hehehehe

          Ada namanya KUR (Kredit Usaha Rakyat) dan sejenisnya tetapi pelaksanaanya dilapangan sulitnya minta ampun, selesksinya super ketat dan pembinaan tidak dilakukan.
          Hasilnya kredit yang disalurkan cuma jutaan (bukan puluhan juta) tetapi nagihnya mirip cara cara preman .,makanya banyak pedagang kecil larinya ke kredit rentenir dengan bunga tinggi ,.

          Tiap tahun alokasi dana kredit untuk usaha kecil ditiap bank tidak tersalurkan maksimal

        • Hehehe, saya tidak pernah berubah lho Bung Satrio. Dari awal saya bukan pendukung faham pasar bebas. Saya hanya melihat piramida ekonomi, dimana bagian terbawah yang bersentuhan dengan kebutuhan pokok masyarakat harus di lindungi. Pertanian, perikanan, dan tekstil itu industri pada piramida bawah. Jadi industri kecil ini yang harus di lindungi. Kalo kita menyerahkan semua pada pasar, daya tawar pemerintah akan semakin rendah. Tingkah laku pemodal swasta akan berusaha mencetak laba sebesar besar nya, hingga melupakan kesejahteraan buruh. UMR di tekan habis2an, jam kerja terlalu panjang, kesehatan gak terpenuhi. Kalau swasta semua berkuasa, maka dengan ancaman dikit bahwa mereka mau lari dari Indonesia, pemerintah langsung mewek. Itu gak boleh terjadi.

          Yang saya pahami, suatu negara jika terlalu liberal, maka harus swing ke kiri (sosial), dan yang terlalu sosial harus swing ke kanan (liberal). Ketidak cocokan ane kan kemaren hanya mengambil contoh macam korea utara, Kuba, Iran dsb hehehe. Ada model negara maju di Eropa yang dilupakan seperti Jerman, Prancis, Denmark, Skandinavia. Saya 4 tahun di Eropa, jadi saya merasa ekonomi mereka sangat adil. Tidak terlalu kiri (China atau Russia), tidak terlalu kanan pula macam Amerika.

          Makanya, Bank Pemerintah itu terasa aneh jika mencetak laba tahunan besar besaran. Kenapa tidak disalurkan saja ? BRI dulu kan identik untuk rakyat, tapi program kredit itu susah cair. Banyak PR nya ya. hehehe..

        • Bung Brokoli, disinilah kan banyak yang fans nya Russia. Sampe sampe foto Presiden Putin aja di pajang, dan bahkan diharapkan jadi Presiden Indonesia. Hahahaha.. Malu saya liat nya.

          Pandangan saya berubah ubah, tergantung kasus nya apa hehehe.

          Thanks for the link btw…

    • ekonomi digoyang karena fudamental ekonominya rapuh, korupsi dimana-mana, subsidi bbm membengkak, kalo dibilang krismon 98 adalah krisis ya emang krisis

      • Ekonomi jangan dilihat adanya selisih defisit atau surplus, itu gak signifikan banget bung Subaryo. Bener kata bung Bach, kalo fundamentalnya rapuh, mau 1 haripun bisa langsung kolaps.
        Banyak pembaca mungkin yang belum mengerti ilmu ekonomi hanya melihat angka-angka Devisa, GDP, Pertumbuhan dll, tapi namanya juga angka-angka, itu baru diatas kertas. Belum masuk real economy.
        Sekarang kalo ditanya apakah sumber apbn kita liquid, masih ditanya dulu ada cashnya gak di perbankan yang dititipi duit tadi, jangan-jangan APBN memasukkan juga piutang negara misal seperti piutang royalti dan pajak sektor pertambangan, keliatan guedhe, tapi riilnya nol besar sampe KPK pun mau ikut ngejar setoran pajak itu. Bayangkan freeport dan newmont aja udah berapa tahun gak bayar royalti…
        Masih ada lagi jebakan negara berpendapatan menengah. Terbanyak adalah negara penghasil minyak dan hasil tambang seperti Indonesia dan terutama Timur Tengah. Mereka gak bisa beranjak naik lagi ekonominya karena hanya mengandalkan ekspor SDA, dan terlalu tergantung pada sektor tersebut.

        • Pada kenyataan nya emang nilai ekspor kita lebih banyak dari eksploitasi sumber daya alam. Contoh batubara, cadangan lebih dikit daripada Jerman, Australia, atau China, tapi nilai ekspor lebih besar dari ketiga nya. Apa gak sayang ya, dihabis habisin skr.

          Sebenarnya surplus nilai ekspor-impor adalah parameter yang mudah untuk dipahami, karena dengan demikian ekonomi bernilai positif. Makanya UU Minerba udah tepat. Tidak ada lagi ekspor bahan mentah, harus di buat proses pengolahan disini.

  21. Ok

  22. JURNAL3.COM | WASHINGTON DC – Meningkatnya ketegangan dan retorika perang nuklir yang dihembuskan Moskow, membuat Pentagon mendesak Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama untuk membekukan “Kesepakatan Langit Terbuka” dengan Rusia.

    Militer AS kini dicekam rasa takut luar biasa atas kebijakan yang disahkan bersama pada 2002 silam itu, dimana kedua negara sama-sama boleh melintasi wilayah udara masing-masing dengan pesawat pengintai untuk melihat aset nuklir kedua negara sebagai bagian dari pengawasan perjanjian senjata.

    Dilansir Fox News, Kamis (24/04/2014), kini pejabat Pentagon takut dengan hadirnya Mig-35 Rusia, pesawat pengintai terbaru Rusia dengan sistem ultra canggih bisa dengan leluasa melintasi wilayah udara AS.

    Gedung Putih dilaporkan mulai mempertimbangkan keputusan apakah akan membolehkan pesawat baru Rusia itu melintasi udara AS sesuai “kesepakatan langit terbuka” atau tidak.

    Di tengah situasi panas, para jenderal AS ingin menyangkal hak Rusia untuk menerbangkan pesawat pengintai terbarunya melintasi udara AS, karena hak itu dilindungi dalam perjanjian.

    Ketua Komite Angkatan Bersenjata Dewan dari Partai Republik, Howard McKeon dan ketua panel subkomite yang mengawasi persenjataan nuklir AS asal Partai Republik, Mike Rogers dari Alabama, mendesak Obama agar menolak hak Rusia untuk menerbangkan pesawat barunya di wilayah udara AS.

    Selama ini AS merasa nyaman dengan melintasnya pesawat-pesawat intai Rusia. Namun saat Rusia menerbangkan pesawat intai terbarunya MIG 35, Pentagon mulai khawatir karena MIG 35 itu dilengkapi sistem super canggih yang memungkinkan Moskow mengintai aset nuklir Amerika dengan tingkat presisi dan detail yang memuaskan.@fox

    ada yg tau sistem ultra canggih seperti apa yg di miliki mig 35 ini?????

    • Jurnal3.com itu kurang kredibel
      sepertinya fansboynya rusia beritanya seperti propaganda.
      Jadi hanya bisa dibuat tambahan bacaan saja tidak untuk referensi
      IMHO

      • iya bung satrio, klo lihat berita dari jurnal3.com sih. seperti memihak bgt . cuma klo liat kemampuan mig 35 ini saya jadi sedikit wow,, juga bila dibandingkan mig 29 malay,

        seperti dari situs ini .http://www.migavia.ru/eng/military_e/MiG_35_e.htm

        apa bisa di sejajarkan dgn su 35?

        MiG-35/MiG-35D

        The MiG-35 (single seat) and MiG-35D (double seat) are the “4++” generation multi-role fighters, exhibiting the further development of the MiG-29K/KUB and MiG-29M/M2 fighters in the field of the combat efficiency enhancement, universality and operational characteristics improvement.

        The MiG-35/MiG-35D main features are the following:
        – the fifth generation information-sighting systems integration into aircraft airborne avionics;
        – possibility of advanced Russian and foreign origin weapons application;
        – increased combat survivability due to integration of airborne integrated defense system.

        State-of-the art avionics in combination with advanced weapons allow the MiG-35/MiG-35D fighters fulfill a great number of missions:
        – air superiority gaining against four & fifth generation fighters;
        – interception of existing and being developed air attack means;
        – ground/surface targets destruction with high precision weapons without entering the air defense zone day and night in any weather conditions;
        – air reconnaissance using optical-electronic and radio-technical equipment;
        – participation in group actions and air control over groups of fighters.

        The MiG-35/MiG-35D fighters structure is based upon the following achievements obtained on the MiG-29K/KUB, MiG-29M/M2 aircraft:
        – increased weapons load stored at nine external stations;
        – increased fuel capacity, in-flight refueling and possibility of using as a tanker;
        – airframe & main systems anti-corrosion protection technology which meets the standards developed for carrier-based aircraft thus simplifying fighters operation in tropical weather conditions;
        – significantly reduced radar signature;
        – three channel fly-by-wire control system with quadruple redundancy.

        In the course of the MiG-35 aircraft development the most attention was paid to operational characteristics improvement:
        – reliability of aircraft, engines and avionics is significantly increased;
        – lifetime and service life are extended;
        – mean time between overhauls (MTBO) of engines is increased;
        – the MiG-35 aircraft flight hour cost is almost 2.5 times lower than those of the MiG-29 fighter;
        – the MiG-35 aircraft is intended for the on-condition maintenance.

        The complex of technical and technological solutions has been developed for the MiG-35/MiG-35D aircraft which provides for independent operation, like airborne oxygen generation plant.

        The power plant includes two engines RD-33MK with increased thrust power, equipped with smokeless combustion chamber and new electronic control system (of FADEC type). Engines are of the module structure and have increased reliability and service life.

        Upon customer request the fighters can be equipped with “all aspect” thrust vectored RD-33MK engines ensuring the aircraft superiority in the maneuvering dogfight. The power plant of two thrust vectored engines was tested on the super-maneuverable prototype-aircraft MiG-29M OVT.

        The airborne avionics of the MiG-35/MiG-35D aircraft is developed on the basis of the new generation technologies.

        The multi-role radar with active phased array provides for advantage over the competitors due to the following factors:
        – extended range of operating frequencies;
        – increased quantity of detected, tracked and attacked targets;
        – possibility of simultaneous attack of air and ground targets;
        – extended detection range;
        – enhanced resolution in the surface mapping mode;
        – high jamming protection and survivability.

        The IRST system with infra-red, TV and laser sighting equipment has been developed using the space technologies which were not applied previously in aviation. The system distinctive features are the increased range, detection, tracking, identification and lock-on of air, ground/surface targets in the forward and rear hemispheres, at day and night measuring the distance with laser range-finder as well as the formation of target designation and laser illumination of ground targets. The IRST system and new helmet-mounted target designation system are integrated into the armament control system. In addition to the built-in IRST system the MiG-35 aircraft is equipped with a podded one.

        The MiG-35/MiG-35D aircraft is provided with a defense system including in particular:
        – radio electronic reconnaissance and electronic counter measures;
        – optronic systems for detection of attacking missiles and laser emission;
        – decoy dispensers to counteract the enemy in the radar and infrared ranges.

        In addition to the “A-A” and “A-S” class weapons applied on the MiG-29K/KUB and MiG-29M/M2 aircraft the advanced aircraft armament, which have not been offered earlier for export, is being included into the MiG-35/MiG-35D aircraft weapons. The long range weapons capable to attack targets without approaching the air defence zone are among them.

        Avionics’ open architecture allows installation on aircraft of new equipment and weapons of Russian and foreign origin upon customer’s request.

        Both the single and double seat versions of aircraft have the same airborne equipment and weapons as well as the high unification level of structure.

        For the MiG-35/MiG-35D fighters the full set of training means was developed including the interactive computer-based training system and a number of simulators including the full-mission simulator with a motion system.

        The basic version of the MiG-35/MiG-35D fighter is designed taking into account the international cooperation organization when developing new modifications of aircraft and during serial production.

        • kita juga pernah ditawari kok 😀
          dengan kode MIG ono dan ini
          gak tahu kelanjutannya bijimane tanya kang nara saja 😀
          sebagai Jubir of hoax ,, saya hanya pencetus hoaxnya aja
          hehehehehe

        • foxglove aka raptor killer kah?…….sang hantu akhirnya gentayangan juga……he,he,he

          • n ah ini ada masternya ‘penawaran mig ono dan ini dulu gimana kabarnya ? hanay tertarik doang kah ?

            Bung si lavedure kemana aje kagak nungul nungul, nambah melati atu aja susah amat
            hehehehe

          • Mungkin kursi barunya masih panas bung akibat nambah melatinya… jadinya masih banyak yang perlu dia beresin secara internal…. xixixixixixixixi…… just my IMHO

          • iya kale hehehehehe

            Lhoo ini kan cerita hoax yang pernah ane share ya disini sekarang diberitakan juga
            http://koranburuh.com/index.php/component/k2/item/530-armada-kapal-induk-amerika-uss-gerald-r-ford-takut-hadapi-kapal-selam-indonesia

          • nyang jamannya eyang dulu ya? kan udah berganti ke sukhoi. klo utk si raptor killer ada 1 joki dimari nyang di kasih kesempatan icip2 ntu layangan……setau ane cuman itu doang, entah klo sonotan di kasih f-22 mungkin bakal lain cerita….hayo…lbh baik mana? sonotan dapet f-35 atawa dapet f-22?…….he,he,he

          • @Bung erick
            Bagi kita lebih baik mereka dapat F 35 karena hanya maen stealth di satu band saja.

            Kalau jaman eyang ane pernah nulis disebelah kenapa pilih sukhoi dibanding Mig

            Kang pajajaran kan cerita juga ditawari oleh bule beruang yang ono dan ini asal wani piro .. sambil itung itung nyelamatin tu pabrik
            hehehehe

          • Yg pigeon aje dah hehehe… :mrgreen:

          • wah klo dibabar bakal banyak nyang haox-hoex loh kang…..sampeyan sing nanggung yo……..he,he,he

          • @Bung erick
            Gak jadi wis 😀
            Gak tau juga besok jubir hoax bung nara mau nanggung yang hox hoex ,,biar dibabarin ama bung nara aja deh

            Ane ,masih sibuk masalah kewiraan soalnya
            hehehehehe

          • @bung satrio : itu insiden gerald f. asli buat ngakak….hehehe..tapi seharusnya sang komandan gak perlu publish mengenai lontongnya sdg alami failure…biar ter-mindset mamarika…indonesian navy gagah perkasa..:)

          • @ bung satrio, yo wis. ntar klo udah sedia an**mo banyak bilang2 ya biar enak ngebabar nya…….oya lupa klo nyang punya stroke/sakit jantung dilarang keras baca babaran ane……he,he,he

          • ok bung erick
            ditunggu babaran nya ,, bung Now tak suruh beli obat anti mabok yg banyak
            Iya kemana ne bung now,banyak orderan kagak muncul

            @Bung Raymond
            Bener anda harusnya didiemin aja…
            ‘pas ane ceritaain disini juga dengan kata hoax kok

            Ok pamit dulu red one out

          • Bung Satrio, mengenai berita “Armada Kapal Induk Amerika, USS Gerald R Ford Takut Hadapi Kapal Selam Indonesia”.

            USS Gerald R Ford termasuk kapal induk baru di AL mamarika, jadi kejadiaan tersebut terjadi baru-baru ini juga bung satrio??
            Dan KS Indonesia apa yang dimaksud?? Cakra apa Nanggala, atau ………………….???

          • Dah gentayangan dimari bung erich?
            Bungkus plis …

          • @ bung satrio, nyang dimaksud kang pajajaran dimari “ditawari” itu bukan utk mengakuisisi tapi ditawari utk ngembangin bareng turunan dari mig-1.42, liat aja spek nya LFX nyang tempo hari dibabar ama bung jalo…….monggo di cek, penggemar layangan pasti paham………he,he,he

          • @Bung Erick
            Yup I know that,
            Bung Jalo menyadari apa kagak ane yang ndak tahu
            hehehehe

          • Siap saya hadir, saya no comment deh. Sii penelitinya kebetulan guru saya dan 😀

  23. ENTALAH SAMPAI KAPAN SEMUA MEYADARI AKAN HAL INI, SEHINGGA NKRI TIDAK AKAN JATUH SEPERTI SEJARAH KERAJAAN KERAJAAN MASA LAMPAU ,SEMUA TAHU SEJAK KERAJAAN SRIWIJAYA MOJOPAHIT SAMPAI SAAT INI MASIH TERDAPAT MASIH TERDAPAT AMBISI AMBISI MANUSIA YANG TANPA SADAR BERJALAN DIDALAM KEGELAPAN KARNA HARTA TAKTA WANITA DALELAN YANG DIPERTONTONKAN MEDIAPUN TANPA MEMIKIRKAN EFEK DARI BERITA ATAU APAPUN YANG SETIAP HARI ADA SAJA ACARANYA ,BAGUS MENUTUT AKAN KESEMPURNAAN KEMANUSIA, SEBAGAI PEMIMPIN YANG SEDANG BERJALAN MAUPUN YANG AKAN DATANG TETAPI INGAT AKAN NYANYIAN RAYUAN PULAU KELAPA TERASA PEDIH SEKALI APA YANG BISA KITA BUKTIKAN BAGI NEGRI INI BAHWA SEMUA PERSILIHAN MERUPAKAN PRODUK IMPREALIS BAGI KEHANCURAN NKRI MAJU TERUS TNI BELA KEBENARAN SEKIAN, MOHON MAAF SEBELUMNYA

  24. Yg penting, kedepan ini kita mesti bisa berkata pda dunia, inilah INDONESIA yg sebenarnya,
    1. Presidennya tangguh dan gagah bila berhadapan dgn imperial , kepentingan dan kemakmuran
    Rakyatlah yg no .1
    2. Dpr selalu mengembang amanat rakyat
    3.polisi,jaksa,hakim sinergi dlm membrantas korrrrrrrruptor
    4. TNI yng kuat.

  25. Kuncinya di lembaga keuangan bung satrio…bank dan perusahaan keuangan lainnya.selama seluruh lembaga keuangan itu di tangan kita mereka tidak akan bisa menggoyang moneter kita…

    Instrumen moneter kita adalah arus kas yg berputar di dalam negeri kita.selama uang itu berputar di dalam negeri dan menggandakan nilainya melalui keuntungan maka efeknya akan dinikmati bangsa kita…

    Apabila lembaga keuangan di miliki asing maka mereka memiliki darah kita…mereka bisa mengatur jumlah yg beredar dan berapa persen mereka harus generate keuntungan yg bisa mereka bawa ke negara mereka.bangsa kita hanya jadi sapi perah asing untuk bekerja menghasilkan keuntungan bagi mereka…

    Sekarang ini kita selalu mengharap investasi dari luar negeri untuk menggerakkan ekonomi kita karena 90 persen lembaga keuangan kita sudah di miliki asing.hanya tinggal beberapa gelintir bank plus pegadaian yg di miliki pemerintah yg menandakan lembaga moneter nasional masih ada…

    darah kita sdh di miliki asing…masihkah kita berharap jantung bangsa kita bisa berdetak bebas?

    Beli kembali lembaga keuangan kita dan kita akan memiliki amunisi apapun yg kita butuhkan!

    • BETUL
      Karena kepentingan mereka sangat besar disini tidak seperti sebelum 1998 asing tidak akan Mengembargo Indonesia secara ekonomi dan perdagangan.makanya saya sebut Indonesia terlalu sexy untuk di embargo,

      Skenario terbesar yaitu mempenagruhi kebijakan Indonesia dari dalam,,dengan menyusupkan orang mereka ke dalam struktur pengambil kebijakan .karena mereka tidak mungkin mengembargo indonesia ,,

      Militer sudah pandai menyiasati efek embargo kedepan dengan membeli alutsista dari berbagai blok
      Tetapi Perekonomian belum efektif
      Makanya kita masih muda ditekan perekonomian nya ,, mulet sedikit dolar naik ,,, makanya ane gembar gembor cepet mulai mandiri agar tidak mudah ditekan
      IMHO

      • lah hal” yq sprti inilah yq kdanq sya tkutkan bunq satrio.krna kta mnqakui/tidak.bahwa musuh dri dlm{oranq kita sendiri}mnurut sya plinq susah untuk kita antisipasi.karena mereka mnqqunakan berbaqai macam topenq,&menyatu dlm setiap sendi kehidupan kita.sudi kiranya,bunq satrio memberikan sdikit kisi” tentanq calon pemimpin banqsa,yq kedepanya dpt membentenqi kebijakan neqara kita dri pihak asinq&para kroninya.yq mulai merasuki dlm nilai sendi” kehidupan berbanqsa kita.trma ksih sblumnya,slm persatuan buat bunq satrio&para warjaqer smwanya.

      • Saya sudah bertekat tidak membocorkan pilihan capres saya ,,dan mengkampanyekan suatu kelompok..wong sekarang aja saya masih menerka nerka dan menimbang 😀

        Kalau mau cari cluenya coba baca koment rekan rekan warjager di Threat dicari capres.,
        Ok bung darwin hehehehe

      • OK.trma ksh sblumnya.sya jq delima bunq,di antara 2 pilihan,he,,,,berharap pas wktu pencoblosan nanti,campur tanqan Tuhan membimbinq tanqan saya,buat mencoblos pemimpim yq mempunyai loyalitas terhadap banqsa ni.ya kayak om putin lah,,,

  26. Betul yang dipermasalahkan bung Love Ina itu Investasi luar negeri bung wecrhmacht

    Tetapi kadang Investasi anak negeri sendiri saja masih mau mengancam Indonesia bila kepentingannya dan sponsornya tidak diakomodasi seperti yg pernah saya singgung di threat dicari capres.
    Sempat urut dada membacanya

  27. Itulah susahnya kalau mental dan tuhannya sdh uang bung satrio…melacurkan diri pun jadi…kadang saya iri dengan zionis yg bahu membahu memutarkan uangnya di seluruh dunia agar rasnya tetap eksis…

    Padahal dengan berjiwa patriotik pun para memodal kita tetap bisa untung karena toh semua yg diinginkan dunia ada di sini.kita lah sebenarnya tuan dunia jikq mau bersabar…

    Masalahnya bangsa kita yg tdk mau sabar dan “mengijonkan” masa depannya demi kenikmatan sesaat.pengambil kebijakan juga ikut berlomba meraih kenikmatan sesaat ini termasuk salah satunya gratifikasi seks he he he…hadeuhhh…

  28. Itulah “INDONESIA” negara yg sangat sexy,kaya akan SDA, semua ada disini dan akan trs jadi rebutan bangsa” yg serakah & tamak sampai akhir jaman. Penjajahan terjadi karena hal di atas ” SDA ( sumber daya alam ) yg melimpah.yg harus diperbaiki adalah akhlak” dan perilaku bangsa ini terlebih lagi calon pemimpin bangsa ini kedepannya..mari bersatu, rapatkan barisan pilih pemimpin yg pro rakyat dan cinta negeri ini. Yg mementingkan kepentingan bangsa dari kepentingan pribadi dan golongan..rakyat INDONESIA semakin cerdas untuk memilih calon pemimpin bangsa ini..NKRI HARGA MATI..!!!

  29. Walaupun masih dirasa kurang akibat minimnya dana pertahanan utk TNI membeli dan mencukupi ketersediaan alusista utk 3 matra pertahanan NKRI tapi saya yakin TNI akan mampu menjaga kedaulatan NKRI…semoga RI I yg baru nanti entah sapa pun itu jadilah “PEMIMPIN” bagi bangsa mu sendiri

  30. Semakin jelas arah strategi AS thd Indonesia ombama tdk hadir di Indonesia dlm lawatan ke Jepang, malah ke Malaysia dg oleh2 kesepakatan kedua belah fihak mengenai perdagangan, pertahanan dan keamanan. Ini sdh memberikan gambaran kalau AS sedikit tdk senang thd Indonesia, apa lagi digoyang daerah Ukraina dan jualan F 35 tdk sesuai harapan banyak yg tdk beli spt Kanada, Belanda, Italia dikarena krisis ekonomi juga NATO anggaran militernya digunakan utk meningkatkan penghasilan personil(sdgkan anggaran militer utk perawatan kurang, latihan kesiapan pasukan kurang, jam terbang pesawat dikurangi,pesawat pengintai kurang,perawatan suplai bahan bakar pesawat tdk memadai dan tentara Belgia 14% gendut2) shg menambah beban AS dg konflik di Eropa Timur. Papua bagian barat sdh mulai digoyang spt sorong anatara agama (islam/kristen) saling menyerang, TNI hrs siap utk membuat sop dg menggunakan teknologi yg canggih sdg berdatangan dan kalau waktu kejadian diAmbon tahun 2002 kita kan minim alutsista sehingga dg Kogabwilhan akan dpt menggunakan organisasi militer yg modern ini semakin bagus. Salam…………………….

    • Tidak ke situ arahnya bung..! Kunjungan Obama ke Malaysia semata mata untuk memenuhi janjinya yang sudah beberapa kali tertunda.

      • @bung yayan (my favorite writer), wiseman says: ” One should not only see whats on the surface but whats underneath that counts”. Imho : Sdh pasti ada agenda2 terselubung apapun itu, sangat naif apabila ombama hanya datang untuk plesir2an saja ke sonora. Yang sdh pasti dibanyak media mengatakan ekonomi & hankam. Substansinya apa? Penguatan aliansi? LCS? ini yang saya yakini para think tank kita pasti sdg mendalaminya…cmiiw

    • Isu nya lebih banyak ke keamanan, hilang nya MH-370 itu seh. Lagian Obama mau ke Indonesia skr jg ngapain, presiden SBY mau diganti.

      John Kerry waktu datang ke Jakarta kemaren, sama sekali gak diketemuin SBY. Masih ngambek kali sama penyadapannya.

    • gak usah terlalu senisitif lah,
      panjang banget tafsirnya.

      indonesia udah lebih duluan dikunjungi 2x,

      http://en.wikipedia.org/wiki/List_of_presidential_trips_made_by_Barack_Obama

      • Ya, itu maksud saya, bung..! Kebetulan saya menjadi host acara perjamuannya. Topik pembicaraannya selain mh370, memang cenderung ke arah lcs. Karena itulah US menghibahkan kapal perangnya pada Malaysia. Di Asia Tenggara, Malaysia adalah pusat ekonomi syariah terbesar. Amerika sedang melirik sektor ini, dan mungkin menjadikan M’sia sebagai referensi, selain tentu saja UK yang telah lebih dulu menjadi pusat keuangan syariah Eropa. Soal yang secretnya, saya gelap..! Hehehe..! Yang jelas, saya tahu apa yang dimakan Obama. Ulasan perjamuannya udah saya kirim ke email bung Nowyoudont. Tapi gak tahu memenuhi persyaratan untuk tampil di JKGR atau tidak. Wallahualam..!

  31. sudah2 capress bonekanya khan sudah ketahuan waktu meluk boneka hihihihihih

  32. @ mas winoko

    dokumen secretnya ngak ada stempel divisi nya….
    jadi sepertinya itu dokumen abal2

  33. Gini deh, balik lagi ke kebijakan orang tua kita dulu, yang namanya kebanyakan itu tidak baik, terlalu sedikit juga sama aja. Investasi asing yang masuk, maupun investasi perusahaan kita di luar negeri, selama proporsional dengan kemampuan dan kebutuhan adalah bagus. Menjadi masalah jika sudah jor-joran seperti yang sekarang terjadi dimana saham asing bisa sampai 100%, apapun itu baik industri strategis maupun bukan.
    Dulu pembagian 49%:51% menurut saya adalah sangat ideal karena dapat menyerap dana luar dengan tetap membatasi wewenangnya.
    Bahkan investasi asing di industri strategispun masih memungkinkan, misal pembangunan pabrik roket dibiayai oleh China, Korut, Iran atau Russia. Selama proporsinya sesuai kebutuhan dan kemampuan.

  34. @bung Satrio jangan meremehkan selalu kekuatan entreprenuer UKM Indonesia. Investasi asing/modern gak akan pernah mematikan semangat itu, malah justru menumbuhkannya.

    contoh di pasar ritel, investasi asing masuk saat Carrefour pertama kali masuk, org pada kebakaran jenggot semua, gimana cara bersaing? Entrepreuner Indonesia mulai mikir lhah, daripada bersaing gede-gedean mending bersaing banyak-banyak tapi kecil, lahirlah Alfamart dan Indomaret. Nah saat A&I masuk, toko kelontong kebakaran jenggot gimana cara bersaing modal dan kerapian? Banyak berpikir lha daripada bersaing, mending ikut nimbrung aja, bikin kios kebab, kios martabak, dll di halaman parkir A&I. Tetangga saya dulu punya kelontong mengutuk Indomaret habis2an, sekarang dia (terpaksa) buka barbershop omzet malah naik 3 kali lipat.

    Begitu bro satrio, pada hakikatnya ekonomi itu akan berputar terus, asal negara memberi kesampatan berekonomi. Dengan regulasi yang susah saat ini saja udah berapa UKM yang maju, apalagi kalo ada reformasi regulasi. Disisi yang lain jika terus ada optimisme kewirausahaan, investasi asing tidak akan menjadi beban malah sebagai katalis inovasi bisnis.

    Masalah impor bukan karena adanyan investasi (terutama asing) tapi justru sebaliknya, karena masih kurang banyaknya investasi yang masuk di daerah pertanian dan perikanan, sehingga produktifitas tani masih rendah. Kalau ada investasi (sekali lagi gak penting asing ato Indo) justru mendatangkan alat dan teknologi untuk memodernisasikan lahan. Contoh mutakhir, Industri kelapa sawit; investasi modal di sektor ini berhasil menciptakan embriomisme industri. maksudnya apa? perusahaan sawit padat modal yang punya pabrik pengolahan, warehouse penyimpanan menjadi ’embrio’ lahan kelapa sawit rakyat disekitarnya untuk menjual hasil panen mereka. Sekarang coba, berapa banyak orang berhasil diangkat dari kemiskinan karena industri ini? Menurut data worldbank, lebih dari 10 juta orang bung!! Bahkan ekspor CPO Indonesia sekarang mengkodokan Malangsia.

    • Oh ya nambah satu poin lagi, pengusaha, badan usaha atau UKM yang selalu dininabobokan oleh regulasi yang protektif akan terlalu nyaman dan cenderung monopolistic, masih ingat berapa harga tiket pesawat saat masih diregulasii ketat? masih ingat terus menurunnya performa Pertamina karena monopoli tahn 90’an?

      UKM pun begitu kalau terus dilindungi, tetangga saya sang pemilik kelontong akan terus tutup mata terhadap peluang bisnis lain yang lebih menguntungkan, karena sudah terlalu nyaman hanya jualan di toko puluhan tahun. trims

    • menurut saya, investasi baik untuk menstimulus perekonomian seperti yang diuraikan panjang lebar oleh bung brokoli tapi saya mau menambahkan manfaat investasi. Investasi ini akan menambah output kita di GDP dan akan bernilai plus bila dari investasi tsb dihasilkan produk yang belum diproduksi di dalam negeri baik untuk ekspor maupun sebagai subtitusi barang impor. Daripada kita harus mengimpor baik jasa maupun barang dari luar negeri tanpa kita mendapat apa-apa malah membuang devisa negara dari pembayaran impor tersebut lebih baik barang tersebut diproduksi di dalam negeri yang menghasilkan multiplier effek baik disisi penerimaan pajaknya, berkembangnya mitra partner lokalnya baik suplier maupun subkon, dan penyerapan tenaga kerja.

      Tapi untuk bidang-bidang tertentu yang strategis dan mencakup hajat hidup orang banyak bisa diperkecualikan dan dimasukkan sebagai daftar negatif investasi.

      Menteri-menteri ekonomi baik dari jaman sri mulyani maupun chatib sekarang saya rasa sudah melakukan yang terbaik. Dalam ilmu ekonomi memang selalu memperhitungkan cost dan benefitnya serta comparatif costnya jadi menurut saya ada beberapa hal untuk efisiensi memang harus dilakukan, maka itulah fungsinya seorang ekonom. Buktinya pengakuan terhadap sri mulyani tidak hanya di dalam negeri bahkan di dalam negeri, dan perekonomian indonesia sampai sekarang malah berada di jalur yang sebenarnya ditengah situasi global yang kurang baik, baik tahun 2008 maupun tahun 2013.

    • @bung Satrio, Saya dengan berani menyatakan Setuju kepada INVESTASI DI SEKTOR RETAIL. Kenapa? karena banyak trickle down effect-nya kepada Ekonomi secara keseluruhan.
      Pertama, modern retail dapat membawa teknologi termutakhir dalam supply chain. artinya investasi tsb dapat mebantu pemerintah dalam merangkai simpul-simpul logistik dengan efisien dari produsen ke konsumen. Super&minimarket kan mereka gak cuma buka toko doang, tetapi juga berinvestasi di pergudangan, truk logistik, dan sistem informasi.

      Kedua, toh dengan aturan dari pemerintah yang mewajibkan 80% produk yang di jual oleh toko harus berasal dari Indonesia, kita gak perlu terus takut dengan ancaman impor. Lebih dari itu standard keamana produk yang ketat oleh peritel modern mengharuskan produsen memperbaiki kualitas dan keamanan produk mereka. Dengan sendirinya, seorang petani yang buah-buahanya bisa bisa lolos seleksi ketat Carrefour (misalnya) tentu punya keyakinan produknya punya kualitas untuk diekspor.

      Memang seperti yang diucapkan bung, ada resiko tergusurnya kelontong masyarakat, tapi kan masih banyak cara untuk melawan, contohnya saya berubah bisnis adalah satu. atau merubah toko menjadi specialty store yang menjangkau niche dan target market yang berbeda dengan minimarket. Apapun yang paling penting ada kreativitas kewirausahawan, dan pemerintah pun dapat ikut serta dalam penyuluhan dan memberi KUR bagi mereka.

      Trims

    • Bung Brokoli@ sepakat dengan logika dan analisa anda sesuatu kalau ada kompetitor memang akan berusaha utk saling bersaing “sehat” tidak ada monopoli dengan syarat pada level dan kompetitor yang sepadan baik modal dan model….menjadi masalah ‘besar’ kalo sesuatu itu menjadi kompetitor pada suatu yang tidak seimbang jadi malah akan yang besar dan modern akan mejadi “predator” bagi yang kecil baik secara modal dan lain2 sehingga berpengaruh pada harga jual. Saya setuju dengan bung brokoli asal kembali seperti dulu bahwa peritail besar ada batasan maksimal menjangkau tingkat kotamadya jangan sampai seperti saat inisampai menjangkau tingkat RW bahkan tiap RT ada sehingga dampak kerugian lebih besar terhadap kemandirian masyarakat atau pengusaha sangat mikro seperti warung di gang pasar tradisional krn jelas kalah modal jauuuh sekali sehingga tidak terjadi kompetisi yang sehat atau jomplang yang kecio mikro akhirnya habis dimakan yang besar sehingga peluang usaha mikro yang mandiri untuk masyarakat musnah gara2 kebijakan yang terlalu liberal akhirnya menyisakan masyarakat kita masyarakat pekerja buruh yang terlalu tergantung dengan investor luar atau besar krn lahan pendapatan mereka untuk mandiri dan besar dimakan oleh predator besar atau pengusaha besar yang membuka bisnis sampai ke level tingkat RW atau RT secara langsung tanpa adanya pemberdayaan atau kesempatan masyarakat kecil….

    • Bung brokoli@ bagaimanapun logika ekonominya dibolak balik bagaimanapun tetap pemodal mikro akan kalah jika diadu atau berkompetisi dwngan pemodal sangat besar dan modern….memang trickle down effect ada tapi twtap ke pengusaha besar bukan ke pengusaha mikro baik bianis pergudangan angkutan dll tp pwmodal mikro kelas rumah tangga miskin mati!! krn lahan usahanya digarap pengusaha besar sehingga kenyisakan angkatan kerja buruh krn model usaha mikro yang level mereka telah tergarap habis oleh pengusaha besar…..hanya mesisakan angkatan kerja buruh yang akan bekerja pada lowongan pekerjaan yang mereka pengusaha besar itu buka otomatis mematikan peluang kemandirian rakyat kecil tidak ada peluang untuk menjadi besar krn pasti 1 atau 2 warung ada kesempatan untuk tumbuh menjadi besar….seiring berjalannya waktu. Kalo konsep yang anda ajukan secara bebas liberal sampai tingkat RW/RT kesempatan untuk mandiri dan menjadi usaha besar sudah musnah….kesempatannya saja sudah musnah bagaimana mau proses dan tumbuh!!!??? Makanya dulu awal program pak karwo di jatim utk pemberdayaan usaha mikro pedagang ada aturan 20% atau sekian pers3n saya lupa harus dijadikan stan untuk pedagang kecil atau pasar tradisional….ini baru masuk akal kalau memang jadi….

    • wah, contoh bung Satrio yang satu ini (lion air) larinya kemana ya?

      bendera jelas merah putih, bukan asing
      http://www.oananews.org/sites/default/files/styles/large/public/selcukuysal/public/photo/obama_lion_boeing.jpg

      dibilang monopoli gak juga, ada citilink, sriwijaya (merpati suntik mati aja, udah busuk dari pucuk sampai akar)

      saya kira ‘tidak perlu beking politik’ artinya malah bagus, rk bukan pengusaha fasilitas / karbitan, malah berani menolak dan membatalkan rencana maintenance center lion di suatu daerah gara2 ada pejabat minta saham gratis…

    • @bung brokoli : Kedua, toh dengan aturan dari pemerintah yang mewajibkan 80% produk yang di jual oleh toko harus berasal dari Indonesia…. seleksi ketat Carrefour (misalnya) ….terkadang apa yang ada dilapangan tidak semanis yang ada diatas kertas bung, saya dapat mengatakan ini karena saya pemain langsung. Bila anda mencontohkan C4 (misalnya), pada saat masih dipegang asing yang ada pola 20:80 bukan sperti bung asumsikan, pembayaran thd suppliernya pun dapat mundur berbulan2 padahal mereka menerima transaksi cash n carry dari para konsumen (probabilitasnya diputer2 dulu kali dananya yeee ?) dst..dst.., dan sdh pasti banyak supplier “kelas kecil-tanggung” yang gulung tikar. Tapi semenjak diambil alih pihak lokal keadaan cenderung lebih baik. Jadi KESIMPULAN saya, akan sangat berbeda antara pemilik lokal dibanding asing, mungkin karena pemilik lokal memiliki moral yang lebih karena sebangsa setanah air dan ada rasa sense of belonging-nya…terlepas dari right or wrongnya investasi asing

    • Bung danu@ larinya kan ke partai bung sesuai link bung satrio krn rk masuk ke salah satu partai dan jelas sesuai link wawancara ada dana yang rk kasih….tp memang dr dulu sudah ada rumor bahwa “aslinya” bisnis rk adalah modal dari tumasik sebuah kerajaan dulunya yang sekarang menjadi holding terbesar di asean. 😀

      Yang memborong aset2 bisnis negara selama privatisasi laksamana duluuuu

    • @bung Java Indonesia. Seperti komen saya d artikel ttg Putin, idola saya adalha VISI KOPERASI Moh. Hatta. Maksudnya kalau anda kalah modal dan kalah koneksi dengan pebisnis taji,. maka ayolah berkoperasi kumpulkan modal, ide dan tenaga yang ada bareng-bareng dengan yang bernasib sama.
      Permasalahannya koperasi di Indonesia belum dikembangbiakan secara professional dan massal. Di satu sisi rakyat belum paham benar dan mungkin masih antipati dengan sistemnya, di sisi yang lain pemerintah juga tidak terlalu melihat peluang dan potensinya.
      Padahal jika digalakkan secara benar bisa menjadi penggerak ekonomi secara riil. Contoh di italia adalah supermarket dengan sistem koperasi bermerek “Coop” berhasil menguasai nyaris 20% pangsa pasar grocery di Italy sono. Kalau sekarang kan koperasi Indonesia banyak yg hanya sebatas jualan atl ato toko kecil karena belum digarap secara serius.

      Trims

    • Ok bung yayan brokoli@ manis sekali konsep atau modelnya itulah yang harus kita tiru jd lankah awalnya seperti dulu yang efektif yaitu kasih rambu2 dahulu aturan main dahulu batasan2 dahulu bagi pemodal besar seperti contoh yang saya sebutkan diatas dengan batasan sampai kotamadya dan ada sistem atau model bapak asuh dengan sekian persen harus jd pasar trdisional selevel harga lapak pasar baru setelah langkah pembatasan yang besar dan perlindungan bagi yang kecil dilakukan permodalan dari pemerintah baik itu berupa model koperasi atau kur atau yang lainnya secara simultan…..saya rasa baru bisa berjalan. Maaf bung saya ini termasuk mantan pkl dan dari keluarga pkl yang kios saya sempat tergusur oleh “jaman” diganti dengan bangunan ruko yang mahal….saya memang tidak seluas pengalaman bung yayan brokoli dr beverapa negara elitvyang sukses tp saya praktidi langsung pkl dan dari trah pkl turun temurun dan tidak saja berupa sumbangsih pemikiran krn empati tp sy berpikir praktis krn saya pelaku dan berpikir bgaimana supaya usaha tetap eksis….thanks

    • Bung yayan brokoli@ memang kalo tidak dilakukan pembatasan bagi yang besar demi perlinfungan bagi yang kecil usaha permodalan meskipun itu dari pemerintah dengan modelvseperti apapun akan sangat tidak efisien dan efektif walaupun dengan retorika dan contoh yang telah sukses…..memang modal pemerintah kuat sampai berapa?? Dan persaingan langsung antara gajah dan mikro sampai sekuat apa mikronya?? Sampai berapa lama?? Itu dari multi dimensi baik harga beli yang kalah dr pemodal besar shg pengaruh ke laba bersih dikali skala usaha blom lagi model jualan yang menarik dr pemodal besar yang modal awalnya saja utk bangun kios rata2 tidak bisa tersaingi oleh usaha mikro…..jd yg efektif menurut saya tetap kasih regulasi sehingga tidak terjadi persaingan langsung head to head antara pemodal besar dan pemodal micro dlm sekmen retail ini…..biar ada ruang utk usaha mikro bernafas jangan langsung dikonfrontasikan dalam satu level bisnis percuma tak bisa bernafas mau dikasih modal berapa sama negara???

      **suara hati pkl yang tergusur*** maaf kali tendensius

    • Waduh bung @java Indonesia. Saya tidak bisa jawab apa-apa kalo di bawa ke ranah sentimen pribadi.

      Saya cuma bisa berkata bahwa saya juga berdiskusi hal ini dengan tetangga-tetangga saya di salah satu desa di Sleman, Yogyakarta yang kebanyakan pengrajin bakpia jadi bukan semata-mata pandangan yang tidak nyambung dg masyarakat kok. trims.

    • Bukan sentimen pribadi bung yayan brokoli@
      Malah inilah bisa jadi model diskusi yang ideal krn antara praktisi yang terlibat langsung yang merasakan sehari2 dengan terpelajar penganalisa dengan pengetahuan dan ilmu yang luas…….biar terjadi titik temu sesuai fakta dilapangan digabung dengan kedalaman ilmu anda yang saya yakin pasti ada perbedaan antara satu tempat dengan tempat yang lain dan satu negara dengan negara yang lain baik kondisi kendala dan obatny pasti ada perbedaan walau sekilas sama……
      Itu pengalaman yg saya terima saat diajak teman2 menjadi semacam konsultan pelaksana di perusahaan roko terkenal dan salah satu terbesar dunia selama setahun. Para ahlinya yang MBA dari luar dengan ilmunya dan pengalaman retail di negara2 dunia bingung dibuatnya krn ilmu dan diktat retail serta pengalaman yang mereka miliki setelah bekerja di perusahaan global di berbagai negara penempatan tidak serta merta bisa diterapkan di bisnis retail rokok di Indonesia……sampai sekarang mereka masih bingung mencari solusi efective untuk Indonesia krn model bisnis, problematika, struktur dan jur distribusi serta perilaku konsumen jauh berbeda dengan negara2 lain walau dengan vietnam dan malay sekalipun yang dekat…ada keunikan lokal di indonesia dan tentunya dg juga model usaha mikro masing2 pasti punya tantangan dan hambatan khas sendiri2….. thanks bung. Anda hebat…

  35. Bung Karno sdh tau apa yg terbaik utk bangsa kita, beliau pernah bilang klo kekayaan alam kita sungguh luarbiasa. Sblm kita bisa mengolah potensi kekayaan alam kita, maka beliau mempersiapkannya dg mengirimkan pemuda2 RI utk belajar di LN sesuai bidang yg sdh ditetapkan spt pengetauan ttg roket dg mengirimkan pemudanya ke Rusia, pengetahuan ttg pesawat dg mengirimkan pemudanya ke Jerman…salah satunya adalah Habibie.

    Tapi sayang sekali krn perubahan kepemimpinan di dlm negeri, tdk banyak dari pemuda2 yg belajar ke LN itu yg bisa kembali. Seandainya dulu mereka semua bs kembali ke pangkuan RI pasti negara kita sdh spt India atau China.

    Kita cenderung mengambil langkah mudah dg menyerahkan pengelolaan SDA kita ke tangan asing…DPR yg seharusnya mewakili rakyatnya utk meningkatkan kesejahteraan bangsa & negara dg membuat aturan dlm UU-nya, sebagian dari mereka malah sibuk pat gulipat utk kepentingan pribadi & golongannya.
    Anggaran riset sepertinya cm formalitas aja…bandingkan dg anggaran perjalanan dinas utk studi banding mrk & keefektifan dari hsl studi banding itu.

    Utk industri otomotif kita sdh tdk bs mengejar ketinggalan negara2 besar lainnya, tp utk mobil listrik kita msh punya kesempatan utk menjadi pemain yg patut diperhitungkan. Tp lagi2 kebijakannya tdk mendukung utk itu shg tenaga ahli mobil listrik kita saat ini malah lebih memilih bekerja di Jepang karena lbh dihargai di sana. Ironis.

    Semoga ini menjadi bhn permenungan kita semua.

    Salam Nusantara Jaya !!

  36. PERTAMAX hehehehe

  37. Ah…sudah ah. Back to topic. Mo nanya ke yg memajang berita. Itu judul beritanya patroli TNI AL, lha kok di fotonya bukan armada TNI AL ?

  38. @ mas Diego dan @ mas Nowyoudont

    tolong periksa email mas…

  39. Assalamualaikum @bung Nara…semoga keselamatan,kebahagiaan,kesehatan dan rizki yang melimpah selalu mengiringi hari2 anda..salam kenal,saya adalah pecinta info hoex anda..sudah lama bung Nara tidak memberikan hoex hoexnya,,meskipun terkadang menemukan potongan2 hoex, saya dan pasti semua warjager disini merindukan info hoex hoexnya bung Nara..kami tunggu,mohon segera di publis..terimakasih 🙂

  40. Mungkin ini isi dokumen sebagaimana maksud Bung Winoko https://docs.google.com/file/d/0BzmAljPlsjuoVXU1bmxjU09zZ1E/view?pli=1&sle=true

    Mumpung blum di blokir 😀

  41. Ada yg tahu, Bung Nowy bersembunyi dimana ya?? :mrgreen:

    • lagi banyak order kelihatannya bung Jalo :LOL:

      • Maaf bung satrio dan bung jalo, admint bung nowy lg sibuk dan sy pun juga, tp tetap setiap hari buka warjag siapa tau ada yg ngetroll (tinggal hapus). Yg aktif skrg lgs komandan bung diego. Sekali2 saya sempatin naikkan artikel.

        Tp sekarang warjag sudah sangat dinamis, apalagi lgsg dijaga bung satrio, bung jalo, bung danu dan bung2 yg lain.

        Tp insyaallah dlm waktu dekat bung nowy muncul lg, beberapa hari kmrn email sy. Terima kasih semuanya, salam dari kami

  42. diskusi yang cerdas…

  43. ban oleh GT radial = GT = Gajah Tunggal. Memangya ini bikan lokal ya ?

  44. Pemimimpin : Rakyatku sebangsa dan setanah air, demi kita hari esok, demi anak dan cucu kita, ini adalah saatnya kita berjuang, rapatkan barisan saat ini kita, saatnya kita hidup dalam kesederhanaan dan keprihatinan untuk memotong pola hidup kita yang konsumtif dan boros.. tapi ingatlah penderitaan kita saat ini adalah untuk kebahagiaan dan kemandirian anak cucu kita.. semoga tidaklah lama kita prihatin mungkin hanya 5 tahun atau bahkan kurang, tapi anak kita akan lebih mandiri, tidak ketergantungan seperti kita.. apakah kita akan tetap seperti ini dan dilanjutkan pada anak kita dengan setumpuk hutang, ketegantungan impor.. bla bla bla.. (pidato dan kebijakan pemimpin yang mikir jauh kedepan)

    Komentator di TV : oh saya ini adalah kebijakan yang tidak masuk akal, dihapuskannya subsidi bla bla bla

    Anggota Dewan (yang beda partai) : Rakyat kecil menderita, makan saja susah, ini malah membuat kebijakan yang menyengsarakan rakyat, saya akan menggalang dewan untuk menggunakan hak bla bla bla

    LSM (didanai asing) : Menggerakkan demo, buruh, mahasiswa simpatisan LSM dan lain lain untuk menggulingkan presiden..

  45. sebelum IMF datang, ekonomi kita emang morat marit, bank-bank mulai bangkrut ini membuat kepercayaan publik terhadap mulai goyah, itu membuat dolar naik dan itu juga membuat harga bbm melonjak karena sebagian besar bbm kita disubsidi pemerintah dan beli bbm nya pake dolar, ditengah krisis ini maka datanglah IMF, IMF ini seperti dokter yang memberikan resep, walaupun pahit tapi menyembuhkan, dan saran2 IMF semuanya merugikan rakyat kecil seperti pencabutan subsidi BBM secara bertahap, pendirian lembaga penyehatan perbangkan dan penjualan aset2 negara seperti BUMN untuk membayar hutang

  46. Haduh, saya ingin ikut berkomentar terutama tentang pembahasan ekonominya, Tapi konsentrasi saya sedang ada di tempat lain, jadi gatal rasanya 😀

    Salam

  47. @winoko. ente pernah ke Hambalang Atas gak? pelatih kudanya bule loh ! Sebaiknya dia harus berani bicara tentang 98, penculikandll, yg dia culik kan pada kembali. Tapi ada yg gak kembali (hilang ), itu siapa yg culik? dia harus bicara tuh selain dia kelompok siapa lagi yg nyulik? Kalau gak tau ada kelompok lain lg yg nyulik, Sebaiknya dia jangan Nyapres dah.

  48. ijin share ya bung… 🙂

  49. Bung satrio,bung wehrmahct dan bung2 yg lain,ada yg tahu ga desas desur/rumor tentang BI

 Leave a Reply