Feb 192014
 
Asrena KASAL, Laksda Ade Supandi (tiga dari kanan) dan delegasi Bersama Dubes RI Djauhari Oratmangun (tengah) di Moskow | Dok.KBRI Moskow

Asrena KASAL, Laksda Ade Supandi (tiga dari kanan) dan delegasi, bersama Dubes RI Djauhari Oratmangun (tengah) di Moskow | Dok.KBRI Moskow

Moskow – Delegasi TNI AL yang diketuai Assisten Perencanaan (Asrena) Kasal Laksda TNI, Ade Supandi mengadakan kunjungan kerja ke Rusia, 9-15 Februari 2014. Kunjungan ini menindaklanjuti kunjungan kerja KASAL ke Rusia tahun 2013 dalam penjajakan peningkatan kerjasama pertahanan yang lebih erat antara Indonesia dan Rusia.

Menurut keterangan Sekretaris I Pensosbud KBRI Moskow, Lailal K Yuniarti, dalam kunjungan tersebut Laksda Ade Supandi dan delegasi antara lain Mengunjungi Armada Utara Rusia di Polyarniy, Murmanks, Federasi Rusia pada (10-12/2/2014) diterima langsung oleh Rear Admiral Oleg Golubev.

TNI AL Tinjau Kapal Selam Rusia (photo: kenyot10)

TNI AL Tinjau Kapal Selam Rusia (photo: Dok.KBRI Moskow)

Dalam kunjungan tersebut, delegasi meninjau kapal selam Kilo Class yang diharapkan akan dapat memperkuat Alutsista TNI AL.

”Delegasi TNI AL berkesempatan melihat berbagai kapal selam, baik yang sudah maupun yang belum dimodernisasi. Pihak Rusia menyampaikan harapan agar kapal selam yang di tawarkan kepada pihak Indonesia dapat  menjadi bagian dari kekuatan Alutsista TNI khususnya, TNI AL ”, ujar Yuniarti.

Selama di Rusia, Asrena KASAL Laksda Ade Supandi dan delegasi juga telah melakukan pertemuan dengan Dubes RI Moskow, Djauhari Oratmangun, guna membicarakan kerjasama Indonesia – Rusia di bidang militer di masa yang akan datang.

Mengapa Rusia Jadi Mitra?
Sebagai negara kepulauan terbesar di dunia, Indonesia perlu memiliki Angkatan Laut yang kuat. Dalam hal ini, sebagai negara dengan tingkat penguasaan teknologi yang tinggi, Rusia adalah mitra yang ideal. Selain itu, Rusia tidak menetapkan prakondisi politik apapun untuk penjualan senjata.

Hubungan kerjasama militer kedua negara tidak terbatas pada jual-beli persenjataan. Kedua negara juga melakukan latihan bersama mengatasi pembajakan laut.

TNI AL Tinjau Kapal Selam Rusia (photo: kenyot10)

TNI AL Tinjau Kapal Selam Rusia (photo: Dok.KBRI Moskow))

Sebagai catatan, sejak Indonesia dan Rusia menandatangani perjanjian Kemitraan Strategis di tahun 2003, hubungan kerjasama antara kedua negara semakin erat, tidak terkecuali di bidang pertahanan. Indonesia dan Uni Soviet  pernah memiliki hubungan yang sangat dekat setelah keduanya mulai menjalin hubungan diplomatik di tahun 1950. Pada waktu itu, Indonesia banyak membeli persenjataan dari Uni Soviet. Berkat dukungan militer tersebut, Angkatan Laut Indonesia menjadi yang kedua terkuat di Asia setelah RRT.

Walau demikian, hubungan erat tersebut tidak berlangsung lama. Akibat perubahan peta politik di Tanah Air, hubungan tersebut sempat membeku dan hanya mulai membaik di awal 2000-an ketika RI dan Federasi Rusia sebagai  successor state Uni Soviet kembali memperkuat hubungan dengan Indonesia, demikian Yuniarti melaporkan kepada PelitaOnline.com.(PelitaOnline.com).

  119 Responses to “TNI AL Tinjau Armada Utara Rusia”

  1. Semoga pulangnya bawa kilo sama amur, klo bisa skalian su 35 dibungkus jg..

    • Og masih bilang semoga?….

      Coba di buka-buka lagi tentang diskusi analisa para sesepuh di warjag(itu dah jelas, tinggal nunggu penguman resminya ªjª yg belum tersiar di media)

      Mungkin yg lebih tepat ditanya soal, ToT perawatn alutsista strategis lainya segera di laukukan di indonesia bekerjasama dengan pihak rusia.

      Maaf, kalau nglantur hehehe… 😀

    • Semoga anda salah bung

      Yang perlu anda doakan itu semoga presiden terpilih 2014-2019 kagak selingkuh ke UaSu maning spt Soeharto dulu

      Kagak penting bungkus opo ora, sing penting ora eneng intervensi asing dalam MEF

      Wani Intervensi kirim nang kalimantan ben di ngayau wong dayak

    • Kilo nya sudah sejak lama berenang di laut kita gan. Mungkin yang mau di tinjau yang lebih dahsyat lagi… 😀

      • of course, u can believe it or not.

      • saya juga sependapat bung, si lontong berat juga menurut saya sudah mungkin sudah berkeliaran tapi mungkin sangat dalam, ga nongol2 , mungkin itu memang beli atau mungkin sewa (hehehe…..kalau ga salah)

        maaf puh…
        CMIIW

      • hanya petinggi militer, pemerintah, dan crew nya si kilo yg tau dimana aja mangkal dan “ngumpet” nya bung. mengenai beli atau sewa ini kelihatan beli, sesuai dengan data ekspor kapal selam rusia, serta “keceplosan” nya dubes rusia dulu.
        sssstttt….!!! jgn trlalu dibahas bung, ini rahasia negara loh..

      • klw soal kilo dah sering di singgung am pemerintah…brarti udh ad yg lebih-lebih….uhuuuukk2

    • BUKAN BAWA KILO BANG.. TP DAH NAIK KILO

  2. Ada tu gambarnya di militer kaskus. kilo 877 paltus ya.

  3. Did you know that they have Indonesia Pusaka in Rusian subtitle?…. Kilo strong……

  4. kalaulah yg datang kilo 877 pastinya yg orisinil/non export, sperti yg di artikel “Kapal Selam Kilo, Kebutuhan Mendesak Indonesia” and mungkin jg sekaligus pesan amur 950/1650 yg ada klub S,shkval 111 nya. Jujur saya berminat banget ama project 885 severodvinks, sangar bro tapiii ………..wira ananta rudhiro dengan ilmu padi nya

    ada info lagi kah bung satrio and bung surya dkk?

  5. Hanya bisa berdoa dn berharap smoga smua terujud aminm..

  6. Kemarin waktu KASAL kita kesana dicuekin mungkin karena kita suka beli pakai sistem kredit/ngga cash kali yah jadi pihak russia sebenarnya malas kerjasama dengan kita.

  7. Diantara …team ini ada yg sering nongkrong di Formil …enggak ? ya

  8. di warung sebelah ada foto yg ada kaitan nya dgn kunjungan Team yg ke Russia utk melihat Kilo yg ditawarkan Russia ke Indonesia. yg menarik dari foto tsb adalah ada “Penampakan angka / nomor 409 & gbr Paus”.

    Pertanyaan nya adalah :
    1. apakah foto tsb dibuat pada saat kunjungan tersebut baru2 ini ?
    2. atau Foto tsb sebenarnya sdh lama ada namun baru dimuat setelah adanya Kunjungan tsb.?
    3. Mksd dr gbr “ikan Paus” itu, apakah menujukan jenis Kilo nya.?

    Mohon pencerahan dari Sepuh2 Warjag,Saudara2 & Rekan2 semua yg pnya info bisa dishare sedikit disni.

  9. Sudah ketemu bung link nya. Menurut sy mengenai gambar ikan paus dan angka 409 gk ada hubungan nya dengan kunjungan team TNI AL tersebut bung.
    Oh ya, kelihatan dalam foto bukan Prject 636. Mungkin rekan2 ada yang tau dan beri penjelasan? Penasaran dengan fotonya. Trims

  10. TNI AL Tinjau Kapal Selam Rusia (photo: Dok.KBRI Moskow)

  11. Poto orangnya yang diartikel sama yang bung diego post…..sama hihi

  12. Ada seorang perwira kapal selam yg mengatakan : “Kenapa kita memilih kilo?? Karena crew saya sudah terbiasa,”

    Mudah2an mimpi kita akan kedatangan penjaga bawah laut ssegera terlaksana… Dan mudah2an HUT TNI 2014 ini telah terpampang sosok KS Kilo, amieeen

    • Maksudnya penjaga bawah laut yg bisa membawa rudal klub S seperti yg diimpikan pak menhan…

      • yg jadi pertanyaan dari pernyataan “karena crew saya sudah terbiasa” adalah :

        SUDAH SEJAK BERAPA LAMA TERBIASA BAWA KILO..he he he..

        • Yg dimaksud mungkin diartikan pada sistem kasel rusia…. Nah klu berapa lamanya saya No comments deh??? Hehehe, just kidding bang, salam kenal

          • Bung Jalo, kalau gak salah dulu pernah disepakati kerjasama pertahanan RI-Rusia yang salah satu pointnya menyatakan kesiapan Rusia untuk mengupgrade kapal selam RI. Yang jadi pertanyaan banyak pihak waktu itu adalah, kapal selam yang mana yang mau diupgrade. Sedangkan kapal selam yang ada, kita ketahui baru aja menjalani overhaul di Korea. Sekarang saya merasa yakin, bahwa kita sudah punya KS dari Rusia, setidaknya Kilo Klass. Semoga keyakinan saya, benar adanya. Amin.

          • Amieeeen…

            Biarlah kapal selam ini selalu menjadi teka-teki… Itulah hebatnya tni kita, sampai2 negara lain mengeluarkan duit banyak untuk mencari informasi pertahanan kita…

            Masih banyak rahasia yg disembunyikan TNI, contohnya rudal yakhont, susah sekali mencari informasi soal jumlah pasti yg kita miliki, dan rahasia alutsista lainnya… Info ini dijaga agar menjadi efek gentar bagi negara lain yg coba mengusik negara kita tercinta ini…

            Salam kenal bung Yayan

          • @Bung Jalo : nah itu dia..hehehe.. Salam kenal jg Bung

  13. lgi nungguin orang yang bilang “kagak ada barangya ora percoyo”, sebab biasanya klo bahas kasel tuh kata sering nongol

  14. sekalian beli kapal selam clas kilo dan SU-35 nya atau S-300/400

  15. colek bung @Satrio, nyari mengenai info destroyer atau bahkan cruiser Russia 🙂 kapal seukuran destroyer atau bahkan cruiser ga mungkin disembunyikan dan karenanya akan memancing penampakan alutsista lainnya

    Colek juga bung @donnie, saya rasa impian kapal induk TNI (baca: kemampuan projeksi jauh di luar wilayah sendiri) tidaklah terlalu jauh. Keinginan Indonesia untuk kembali menjadi menjadi kekuatan regional berbanding perkembangan kekuatan di negara2 sekitar kita -Imho- membuat TNI sudah perlu melirik rudal anti kapal jarak jauh (lebih dari 300-400km) land based atau platform kapal permukaan dan kapal selam. Agar sekedar bisa seimbang dalam kemampuan projeksi negara lain di kawasan kita butuh alutsista semacam strategic bomber, KS nuklir, destroyer dan untuk kekuatan udara adalah kapal induk. Atau kekuatan regional cuma jargon semu

    KAPAL INDUK

    Kepemilikan kapal induk merupakan keanggotaan klub elit negara yang mampu memproyeksikan kekuatan mereka ke seluruh dunia. Perwujudan supersized dari “gunboat diplomacy” dan sebanding dengan harganya yang. Saat ini sekitar 20 kapal induk aktif di seluruh dunia. US mengoperasikan 11 diantaranya. Dan tidak berhenti di sana. Akhir tahun lalu US meluncurkan update terbaru contoh mosnter raksasa bertenaga nuklir dengan berat 100.000 ton, USS Gerald R Ford.

    China : PLA mengerahkan kekuatan baru kapal induk akhir tahun lalu dengan mengerahkan kapal induk eks Ukraina-Liaoning dalam sengketa Laut Cina Selatan. Tapi ambisinya tidak berakhir di sana. China telah mulai produksi pertama untuk rencana empat kapal induk produk dalam negeri.

    India : Secara terbuka membanggakan akuisisi terbaru yang memasuki perairan nasional untuk pertama kalinya, INS Vikramaditya memberikan India kekuatan udara angkatan laut terkuat di wilayah setelah Amerika Serikat. Vikramaditya bergabung dengan kapal induk tua eks UK INS Viraat . Dan tidak berakhir di sana. India sedang membangun dengan desain sendiri – dua kapal induk seberat 40.000 ton bernama Vishal dan Vikrant. Yang pertama dijadwalkan akan selesai dalam waktu empat tahun.

    Jepang : konstitusi pasca-Perang Dunia II negara kepulauan ini dibatasi memiliki senjata ofensif. Akibatnya, sering menggunakan permainan kata-kata. The IJNS Izumo adalah contohnya. Daripada disebut kapal induk, kapal seberat 20.000 ton itu diperkenalkan sebagai “helicopter destroyer” – meskipun kapal itu dapat membawa jump-jets tempur. Izumo beroperasi tahun lalu. Kapal sejenis kedua diperkirakan akan segera dibuat. Kapal2 tersebut akan bergabung dengan dua serupa “helicopter destroyer” lainnya yang sudah operaional, kapal seberat 14.000 ton Hyuga dan Ise.

    Rusia : Jangan lupa negara bekas Uni Soviet ini. Meskipun telah menjual seluruh kapal induk tua, tapi baru-baru ini membeli empat kapal induk helikopter dari Perancis. Dua diantaranya akan berbasis di Pasifik.

    Korea Selatan : “The goodie” di semenanjung Korea ini setahun yang lalu sudah mempunyai flat-top yang bernama Dokdo, dan satu lagi sedang dibuat.

    Thailand : Meskipun tidak “baru” , dan hampir tidak lagi operasional, Chakri Naruebet tetap merupakan kemampuan untuk memproyeksikan kekuatan udara. Kapal induk ini telah dimiliki Thailand sejak tahun 1997, tetapi negara itu tidak lagi memiliki Harrier jump-jets.

    Australia : Untuk pertama kalinya sejak 1982 , Australia akan segera memiliki kemampuan untuk mengoperasikan pesawat fixed-wing di laut . Penekanannya ada pada kata “kemampuan”. Dua LHD baru HMAS Adelaide dan HMAS Canberra dijadwalkan akan masuk layanan dalam beberapa tahun ke depan. Keduanya dilengkapi dengan deck penerbangan dan bahkan ski-ramp . Tapi Australia belum punya pesawat tempur jet untuk mengisinya. Untuk sementara ini mereka akan membawa helikopter, termasuk helikopter serang.

    ——————————————————–

    Dimana posisi kita?

    Indonesia : Meskipun Indonesia tidak memiliki kapal yang didekasikan khusus sebagai pembawa pesawat atau helikopter, namun sudah menjajaki konsep melalui beberapa desain rancangan dalam negeri. Sampai saat ini belum ada keputusan yang dibuat untuk merealisasikan program tersebut.

    • @Bung Now
      Nambahin aja isi berita Kunjungan delegasi yang meninjau Killo di rusia dilaksanakan tgl 09 feb-15 februari.

      Yuniarti yang mengkonfirmasi berita tersebut adalah Ibu Laila K Yuniarti Seketaris Pertama kedubes Moscow .
      Jumlah Delegasi ada 4 orang (sesuai yang pernah ane posting).

      Cewek bule ruskie yang bening bening ntu 😀 bisa miss Elizavetta Blesnova staff pensosbud Kedubes moscow

      Kunjungan di North Flett Rusia jadi bisa di cek ada kapal jenis apa saja yg nongkrong di sana.

      Kan ada KS Killo yang lagi diservice di sana.

      B 800 Kaluga KS yang nyender lagi ditinjau itu baru selesai diretrofit thn 2012 (kebetulan sekali kalau KS ini diambil :D)

      Didok tertutup masih ada yang diservice baik itu KS Killo dan KS yang guedee.:D

      Tim sekalian meninjau Kapal permukaan yang akan dihibahkan

      Sudah gitu dulu.

      • lanjut lagi bung info2nya

      • sip, good idea. sudah saya intip apa saja inventory northern fleet Russian Navy, walau akan lebih mudah jika ada email miss Blesnova. Untuk kekuatan laut, selain Kilo class armada utara Russia dilengkapi:

        # Akula class (NATO reporting name Typhoon)
        Panjang 175 m. Persenjataan SLBM (submarine-launched ballistic missile) Bulava dengan jarak 10,000 km
        # Delta class submarine
        Panjang 166 m. Persenjataan SLBM yang bisa diluncurkan dari kedalaman 55m dengan jangkauan 11,547 km
        # Borei class
        Panjang 170m. persenjataan SLBM Bulava
        #
        Akula class
        Panjang 110.3 m. Persenjataan Torpedo dan SAM (9K38 Igla) jarak 5km

        Untuk kapal permukaan:

        # aircraft carrier Admiral Kuznetsov
        No Comment :mrgreen:
        # Kirov-class battlecruiser
        Panjang 252 m, tonase 24,300 ton. Persenjataan; what do you thing?
        # Slava-class cruiser
        186.4 m, 10.000 ton
        # Sovremenny class destroyer
        156 m, 6800 ton
        # Udaloy-class destroyer
        163m, 6200 ton

        That’s it. Ga ada so called “light freegate” apalagi corvette di Armada Utara AL Russia. Yang terkecilnya kelas destroyer

        • Merinding bacanya bung… sekaligus ngareeeeeppp bangeeeeettt diantara yg disebutkan itu ada yg berubah nama menjadi KRI…. Aamiin…

        • 😀 amin 3x

        • @Bung Now : itu Borei & Akula nya kok tulisan nya di Bold ya ? He he he..

          Atau mgkn hape jadul sya x yg lg hang ya..he he he

        • engga bung @De_Ka, hp anda normal. jari saya yang jempol semua 🙂

          Borei dan Akula class Russia akan segera digantikan type baru (Borei 4th/5th gen dan Yasen), karena TNI ngejar waktu dan kuantitas plus keterbatasan anggaran sepertinya KS refurbished yang dibidik. Clue lain adalah Borei II pada 2012 mengalami upgrade hingga mampu mengangkut 20 rudal Bulava. Jika KS refurbished yang lebih besar dari Kilo class kemungkinan Borei atau Akula. Mengingat Collins class akan digantikan 12 KS nuklir bisa saja TNI AL juga mengoperasikan Borei atau Akula yang juga berpenggerak nuklir plus AIP, hingga bisa menyusup jauh ke selatan. Faktor penguat lain adalah RAN akan segera mengoperasikan “aircraft carrier” berjudul LPD, TNI AL perlu sesuatu untuk mengcounternya. Tapi jangan nunggu kabar resmi dari Kemenhan kalaupun terealisasi ga bakal ada rilis berita resminya kecuali untuk KS diesel electric seperti Kilo/Amur

          Sementara untuk kapal permukaan mungkin Sovremenny class untuk dijadikan flagship walau kemungkinan Slava class seperti di list yang beredar tetap ada. Kekurangan (atau kelebihan?) Sovremenny atau bahkan Slava class adalah ototnya yang atraktif, penampilannya sangat mengancam dengan launcher rudal berderet mencolok mata. tetangga kita bisa bengek. which is good in my book 😀

          • wah salah kalimat yang aye suka adalah ” tetangga kita jadi BENGEK” hehehe

          • @Bung Now, berarti ada sesuatu dgn Borei yg di Bold itu kan.? he he he

            bbrp kepingan puzzle yg saya dpt disini & warung sblh yaitu :, KS Russia refurbish tahun 2012 dan selesai di tahun 2013. Kunjungan petinggi kita ke Russia ( artikel ). Borei II upgrade tahun 2012 ( Bung Nowyou ). sepuh Warung sblh mengarahkan saya secara tdk lgsg utk bandingkan foto KS yg lg direfurbish dgn Kilo lbh bsr mana ( foto nya ada di formil ), KS yg di bengkel tsb ada yg baru & refurbish, dan kepingan terakhir Kaluga sdh dlm kondisi Fit pasca rebuilt tahun 2013.

            jadi kesimpulan nyaa…..he he he..Mohon Pencerahan nya Bung Nowy..

            soalnya analisa saya ngawure puooll…

          • saya ga bisa ngasih pencerahan bung @De_Ka, karena saya juga sama2 cuma peminat militer yang mengais informasi.

            Ada berbagai cara kita bisa mendapat gambaran kondisi dan membuat perkiraan2. Diantaranya:
            #Rencana pemerintah: Pemerintah kita sudah menyatakan ambisinya untuk kembali menjadi kekuatan regional
            #Program pemerintah: Ada Renstra MEF dan anggaran pertahanan yang meningkat 4 x lipat sejak tahun 2000 dan ambisi mencapai persentase ideal anggaran pertahanan
            #Berita Resmi: Berita2 modernisasi dari sumber2 resmi
            #Berita tidak resmi: Potongan2 informasi yang diberikan para suhu
            #Kondisi lingkungan: Indonesia berasa di wilayah dunia yang sedang mengalami perubahan cepat dan peningkatan kekuatan militer paling pesat di dunia. seperti posting saya diatas bagaimana pesatnya perkembangan militer di ruang lingkup sekeliling Indonesia, dipenuhi pesawat tempur, destroyer, carrier dll. Ga mungkin pemerintah kita merasa aman hanya dengan KS diesel elektric atau light freegate untuk pengamanan litoral.

            Misal, apa yang bisa kita gunakan menghadapi carrier baru Australia, F35, destroyer dan 12 KS nuklir mereka? ga mungkin TNI hanya mengandalkan Usman Harun class 🙂 tentu ada yg lain yang diandalkan. IMHO- “yang lain” ini bisa diperkirakan dengan menggunakan faktor bentuk2 ancaman2 tadi, sesuatu yang bisa mencounter kapal permukaan sekelas carrier dan KS nuklir lawan.

        • Clue Bung Satrio,
          Alutsista apa z yg nongkrong disitu…
          terus yg datang adalah “Delegasi TNI AL yang diketuai Assisten Perencanaan (Asrena)”

          Rencana AL di Mef-2 dan 3 akankah memiliki level hirarki alutsista seperti di Murmanks ?
          waah semoga z ya..

      • Mau tau bung satrio? ntu yg nomer 3 dari kiri lau yg nomer 3 dari kanan tu bung diego.. 🙂

      • sepanjang info upgrade ks rusia, mayoritas adalah upgrade dari kelas akula ke standar yang baru yaitu kelas yasen

        • iya bung @aluguro, Borei juga ada gen 5-nya. Tapi sepertinya TNI akan ngejar kebutuhan segera alias ngincar KS refurbish atau reserve, karena Yasen atau Borei typr baru kemungkinan harus nunggu lama. AL Russia saja kontrak pengadaan yasen class baru 2011

          • program konversi akula ke yasen kalau tidak salah dimulai tahun 2011. type ini adalah ks masa depan rusia. semua teknologi tinggi terbaru numpuk di sana. jika kira ada harapan memperoleh 1 saja bisa2 yang lain bablas. kira2 type ini sekelas dengan neng astute.

          • iya bung, 2012 Yasen sudah sea trial, plus ada rudal barunya juga

            “”During state acceptance trials at the White Sea, Yasen-class lead submarine Severodvinsk launched Caliber supersonic cruise missile from submerged position at a sea target. The target was successfully hit”, the insider told ITAR-TASS”

            http://rusnavy.com/news/navy/index.php?ELEMENT_ID=16398

      • Bung satrio yg sebelah mana ya?

      • Hussssssssss ditinggal makan.. malah komennya pada ngelantur :mrgreen:

        Saya hanya fans boy saja ..gak punya kompetensi dan pangkat untuk bisa nyampai ke rusia..
        Semua Tim yang berangkat Pejabat dari TNI AL.

        Kalau foto Indoor paling atas Tim peninjau yg dipimpin pak ade supandi, nomer 3 dari kanan..dan ada dari petinggi korps HIU, pak dubes dan para athan diantaranya dari Athan Laut pak akmal tinggal nebak yg mana,

        kalau gak ada Hoaxnya gak enak ya 😀
        Si Ehem kita lagi sakit ada yang lagi diservice disana..(mungkin sekalian diupgrade bisa nembakin club S)

        Ada DUA jenis Kapal permukaan yang salah satunya disebut bung Now yang akan ikut Komodo Sail dan Konon dua kapal tersebut akan ditinggalkan disini, gak tau mau diapain kok ditinggal :mrgreen: kalau gak tampak di komodo sail itu berarti NYELIP datangnya ikut rombongan ruskie tau tau berubah jadi KRI
        hehehehe just Hoax.

        • Hoax nya Bung Satrio tu biasanya 0,1% bohong… 99,9% Fakta… 😀

        • jadi belanja berapa biji bung satrio??

        • kalau d warjag namanya satrio kalau d militer namanya supandi n bung diego namanya akmal 🙂

        • bung satrio kira” ada perubahan rencana pengadaan kapal perang dr rusia g.? misalnya penambah atau pengurangan jumlah yg mau dibeli

        • aamiin…aamiin Bung Satrio… Salam kenal

        • Iya Om..itu yg lg di tunggu2..2 Distro yg bkal lgsg gnti KTP Indonesia..Sail Komodo tiggl brp bln lg kan.?

          Mnrt sya sih bgus nya tuh Distro ikutan sail Komodo tp udh gnti KTP Indonesia..pngen tau gmna reaksi s’pork liat Distro didpn idung mrk..

        • Sudah sudah main tebakannya nanti pak ade supandi marah lho
          sekali lagi saya military fans boy saja .

          @bung Nzr
          Hoax itu postingan ngawur saya saja.jdi wajib tidak dipercaya
          @Bung Gue
          mau mabil berapa? sepertinya masih dihitung hitung duitnya 😀 ada yang ngomong 2 ada yang ngomong 3 ane gak tau sih.
          @Bung Fadil
          perubahan rencana dari rencana yang mana?
          kisi kisi nya lihat shoping list yg beredar kapan hari aja lho..

          @Bung Bugh
          amin dan salam kenal juga

          • perubahan rencana dr shopping list bung satrio. kali aja pas kunjungan ada barang yg g msk shopping list tapi berhasil menarik hati team,atau ada kapal yg rncn mau diakuisi 3 biji sj tp krna stoknya melimpah jd ngambilnya 5 biji

          • yang dishoping list dan yang sudah masuk inventori itu sudah bikin keder kawasan lho,,,total jendral kalau semua terwujut 3 kali shoping listnya jamsn trikora,.
            Maka dari itu analisa saya para tetangga pada mancing mancing pingin tahu kekuatan sebenarnya Indonesia

            Sonotan nerobos diselatan pingin tau beneran ada yg nemenin nyiroro kidul apa kagak,,untung aja gak disapu ama torpedo 😀
            Utara nerobos wilayah udara batam makai F15 SG
            gara gara mereka kemakan hoax suka mantengin formilL:D

            apa mereka disuruh ama dalang yang mau merencanakan huruhara 2014 ?
            Sory kita kagak kepancing manuver boneka
            IMHO

          • Hahahahaha, “den karung”….

            Bisa aja bung arta…

          • sejujurnya bung ane salah sato rkyat yg g puas sm kepemimpinan SBY,namun setelah SBY memasuki peroide kedua kepemimpinannya ane berpikir bahwa sudah saatnya mmprthankan SBY hingga akhir kepemimpinannya karena jika ingin menggulingkan maka cost politiknya sangat besar dan negara kita akan kembali ke titik nol.
            yg ane pikirkan sekarang malah siapa pemimpin yg paling tepat untuk memimpin Indonesia ke depan,yg jelas ane g akan golput karena akan mempermudah kerja dalang yg akan menghambat kemajuan Indonesia, dengan memilih sebenarnya merupakan salah satu ikhtiar dari kita untuk memperbaiki keadaan negara tercinta kita ini

        • Bismillah semoga HUT TNI 2014 bisa ramai mainan barunya…

        • @Om Satrio : si Ehemm yg lg di opname itu yg bongsor kan.? Yg di garasi itu..

        • hus hati hati,,ntr “den karung” aanak buah bung@satrio turun loh pake mobil avanza hitam,baju item item… hihihi..kaburrrrrrrrrrrr,,,,,,,

        • Tiga unit kapal perang berukuran besar milik negara Rusia, dengan personel hampir mencapai 1000 orang, ikut dalam Latihan Bersama (Latma) Multilateral Naval Exercise Komodo (MNEK) 2014 yang diselenggarakan di Perairan Kepulauan Riau, Indonesia pada Maret hingga April 2014 mendatang

          Mungkin yang datang dari jenis :Kirov-class battlecruiser,Slava-class cruiser,Sovremenny class destroyer

          ana sih berharap sih berharap indonesia ambil nih .. kirov class, sebab dari 4 kapal ini rusia hanya mengaktifkan 1 kapal saja sisanya untuk cadangan…

          biar sonotan ama sonora terkencing kencing…. he.. he..

        • dulu @dexter bilang si ehem lagi diopname, yang sakit sekarang apa yang lain lagi?

          atau mungkin ada beberapa ehem?

      • hadeuuuuhhh,,,klu org dalem kaya bung @ satrio dah bisik2, ane lgsg cpt ambil bodrex biar kepala kaga makin senut2 n jantung berdebar kencang!! 😀

  16. Asthaga Dudung baru ngeuh ternyata ini foto lama toh.

    December 12, 2011 8:31:52AM (timezone not specified)
    (2 years, 2 months, 6 days, ….

    Camera : Samsung ST70 / VLUU ST70 / SAMSUNG ST71

    Lontongnya dah dimari kah ?

    Salam NKRI

    • Samsung ST70 launching di luar negeri (singapura) tahun 2009. Masuk Indonesia bisa jadi tahun 2010-2011.

      Masuk akal, gambar yang anda sebut diambil tahun 2011 dan diphoto pakai ST70.

      Kalaulah gambar itu diambil awal tahun 2014, mungkin orang yang memphotonya, tidak akan pakai samsung st70, karena sudah jadul. Selain itu, kulit kamera st-70 akan terkelupas di sana-sini jika dipakai lebih dari dua tahun, terkena keringat, dll. Tidak enak dipandang/ dibawa.

      Mengapa dia pakai/ membeli samsung st70 ?. Paling mungkin orang ini transit di changi singapura sebelum ke moscow.

      Waktu yang cukup senggang digunakan jalan-jalan dan ketemulah kamera ini. Mungkin dibenaknya, awalnya akan beli kamera poket, semacam canon/ nikon. Tapi sesampai di salah satu gerai, sang penjual menawarkan st70, merekomendasikan st70. pixel tinggi harga terjangkau. Dan ketika itu st-70 termasuk recomended best buy.

      Atau dia sudah lihat di katalog pesawat, bahwa st70 recomended, best buy, slim, layar monitor besar dan enak dipandang. Warna merah maroon saat itu yg paling indah diihat.

      Kalau dia beli di Indonesia, yang ditawarkan penjual kemungkinan Canon/ nikon/ sony pocket. Kala itu gak ada toko di Indonesia yang jagokan samsung pocket, sebagai best buy mereka.

      Ini terawangan ane doang.

      Pointnya, kalau gambar itu diambil awal tahun 2014, mungkin tidak akanpakai st70, karena sudah jadul, kulitnya mengelupas dan jumlah pixelnya sudah tertinggal.

      Nah, kalau betul photo itu diambil tahun 2011, berarti 😀

      • Ni terawangan bung @diego atau kenangan masa lalu ya??? alur cerita pembelian kameranya ja detail bgt… hehe…

      • Antara gambar pertama dan gambar kedua, timnya berbeda. Hanya ada satu orang
        yg mirip, yaitu orang kedua dari kiri pada gambar pertama. Gambar pertama dibuat pada periode tahun ini sedangkan yg kedua tahun 2011.
        Kesimpulannya misi gambar pertama berbeda dng misi gambar kedua, yg mana misi gambar pertama utk Submarine dan misi gambar ke dua utk kapal permukaan. Utk dipamerkan pada Sail Komodo nanti nih kapal permukaan dr rusia mungkin belum, tp kemungkinan pada HUT TNI.

      • Begini ANALISANYA tentang perbedaan foto itu
        Personil foto dikedua foto yang di indoor dan di outdorr itu SAMA
        Pak ade supandi yg di indoor nomer 3 dari kanan di outdoor pakai topi rusia hitam (nomer enam dari kiri)
        Pak x petinggi korps hiu di foto indor sebelah kanan pak ade (nomer 2 dari kanan) dioutdorr memakai baret hitam (baret korps hiu)
        Pak Y yang memakai kacatamat nomer dua dari kiri yg di Indoor ,di outdor memakai topi hitam disebelah cewek ruskie
        Sedangkan pak Z di Indoor nomer 3 dari kir di otutdorr nomer 4 dari kiri memakai kacamata sunglass abu abu.
        Sedangkan bapak bapak atase pertahanan yg memakai jas di Indoor tidak ikut foto di outdoor.

        Bila seperti isunya Foto yang di outdoor dijepret thn 2011 maka KS Killo yang sudah beredar di lautan kidul bukan si Kaluga.(bisa lihat postingan saya sebelumnya Killo yg nomer lambung berapa saja) karena Kaluga baru masuk retrofit thn 2012 dan baru benar benar Fit di thn 2013

        Masalah kamera itu adalah kamera staff kedubes karena foto foto diatas adalah koleksi staff pensosbud kedubes moscow ..bisa jadi itu kamera bu Yuniarti,,jadi bukan kamera dari team delegasi,.
        Kenapa foto thn 2011 baru dishare sekarang,,itu dikarenakan sifat dokumen rahasia yang baru bisa dishare bila ada kompetensi berita yg akan dipublikasi dengan foto tersebut,

        BISA saja Kaluga thn 2011 di tinjau dan dipilih oleh team ,setelah ditentukan akan diambil maka baru diretrofit pada thn 2012 ,,dan jadi di thn 2013..setelah itu dibuat wacana akan dihibahkan diakhir tahun dan ditinjau ulang oleh team yang sama dibulan februari ini apakah retrofitnya sesuai speck yg mereka tentukan saat kunjungan pertama dithn 2011.
        Konon yang mau diambil sampai 4 unit ,,jadi dianalisa saja killo mana aja yang akan diambil,

        Bila nanti diputuskan cuma ambil dua saja Analisanya bisa saja dengan pengambilan Kaluga dithn 2014 ,Killo siluman yang sudah beredar disini bisa ikut ditampakkan dengan nomer lambung ganda..jadi nanti KS 406 dan KS 407 ada kembarannya.
        Sedangkan bila di publis 4 buah yang diambil maka nanti semua killo yg dipunya bisa tampil dengan nomer lambung 406,407,408,dan 409
        Just IMHO

        • 403,404,405 kok dilompat bung

        • Saya mengerti dan paham akan semua penjelasan dari bung @Satrio,
          hanya saja yg sedikit belum saya pahami adalah bung @Satrio posisinya
          yang sebelah mana pada foto pertama dan foto kedua.? Lalu saya ambil kesimpulan sendiri berdasarkan penjelasan bung @Satrio mengenai
          personil difoto tersebut dan tahu betul ikhwal kamera yg digunakan secara
          sangat detail, maka bahwa yg mengabadikan moment tersebut adalah bung @Satrio sendiri. Oleh sebab itu si bung tidak terekspose. Case close.
          Salam kilo bung @Satrio .. 🙂

      • Terima kasih Bung telah mendetailkan :).
        Setelah selama ini ragu kalau kita punya lebih dari 2 lontong, karena kena bantingan terus dilapak sebelah …& akhirnya ++.

        menunggu KBRI Moskow mempublish foto2x tinjauan untuk es telungatus [ngare p 🙂 ], apapun kameranya .. samsung st70 ataupun Nikon D70s

        Salam NKRI.

        • Ada analisa lagi yang perlu dicermati dari perbedaan kedua foto tersebut diatas
          Foto di Indoor team TNI AL memakai Pakaian kebesaran Internasional TNI AL yang disebut “Black Navy” digunakan bila perjalanan dinas keluar negeri.

          Sedangkan foto yang di out door team peninjau memakai celana biru dan baju putih dan berdasi (Jasnya tidak terlihat mestinya warnanya biru sesuai celananya )..kira kira memakai pakaian dinas apa?
          Dan sejak kapan “Black Navy” resmi mulai digunakan

          heheheh mumet

          • bung satrio coba kita buka lagi warjag “melihat jeroan kapal selam indonesia” disitu saya pernah ngasih analisa dari sumber yg dikasih bung group6 yg inti link tsb :
            Dari comment sy waktu itu kyk gini :

            Indonesia th 2011 pingin mengadakan KS amur dgn sejumlah modifikasi misalnnya bisa membawa pasukan khusus dlm jumlah tertentu, tapi jawaban pihak agen menawarkan KS amur (Amur 1850 Submarine , tapi apabila di modifikasi bisa dng konsekuensi mengurangi ruang untuk persenjataan. hal ini ditolak indonesia.Th 2012, yg menarik pihak agen memberikan Usulan Modifikasi Proyek 2012 yaitu Memodifikasi 2 Kilo Subs sebagai Training Subsdan Memodifikasi 2 Kilo Subs untuk dapat agar ada deck penampungan (jadi pengertian disini indonesia mempunyai 4 kilo dan rusia menawarkan modifikasi khusus).Selain itu rusia akan melakukan design khusus sesuai permintaan indonesia yaitu membeli Amur 1850 Submarine modifikasi khusus untuk indonesia. Jadi amur di forum ini masih tahap negosiasi. Mungkin goal pada th 2013 dgn kedatangan dubes rusia ke menhan untuk menyelesaikan pembelian amur dgn modifikasi khusus tanpa mengurangi kemampuan persenjataan dan menawarkan modifikasi untuk 4 kilo indonesia (improved kilo) dan modifikasi ini mungkin ditawarkan dilakukan di indonesia. dari berita cocok : delegasi rusia menawarkan spare part dan reparasi kapal selam dilakukan di Indonesia.”

            Nah dgn analisa sederhana pada thn 2011 antara photo dan analisa link tsb kayaknya klop yaitu bahwa kita sdh ada ehem yg berkeliaran di lautan kita.
            IMHO

        • Jadi itu photo lama? Elizaveta Moskvina staf KBRI Russia departement Fungsi Pensosbud, mungkin orang yang sama juga dengan editor RBTH . Tapi Elizaveta Moskvina ini rambutnya berwarna gelap

          Elizaveta Moskvina “Terima kasih! Saya belajar bahasa Indonesia sejak tahun 2008. Apalagi, sekarang menjadi editor di RBTH Indonesia, sebuah media Rusia yang meliputi berita2 tentang Rusia, Indonesia, dan hubungannya dalam bahasa Indonesia. Jadi, setiap hari saya baca artikel yang disediakan oleh kantor kami, hehe”

          Ayo siapa yang mau kenalan dengan Miss Liza? :mrgreen: siapa tau dapat infoh-infoh tercecer

          • Elizaveta Moskvina

            Elizaveta Moskvina

            Editor di Russia Beyond the Headlines
            Military Interpreter/Translator di Kurganmashzavod
            Intern di The Embassy of Indonesia in Russian Federation
            PR-manager di Union of Journalists of Russia

            Pendidikan
            University of Oriental Studies
            University of Indonesia
            Lomonosov Moscow State University (MSU)

          • Terharu rasanya ketemu sesama hidung belang di formil he he he

          • dasar hidung belang huuuhhh

  17. Satu minggu sebelum tim TNI AL berangkat ke Rusia, terjadi penyadapan telepon antara Rusia dan Indonesia. Hal ini dilakukan oleh intel Australia..kita kita bunyinya begini:

    Rusia : haloo….dengan kang beye….? dari kang mas putin nih..

    Indonesia : beye” oh kirain sopo…sehat mas…piye kabare…mas putin ..apik to, sek ada apa tumben telepon.

    Rusia : sehat juga, kang beye aku mau tanya nih, jadi ga ke sini, katanya mau main sekalian liat ternak hiu baja, di kampungku.

    Indonesia: oh tentu jadi donk mas, aku kan lagi pusink iki, mikirin singalaknat berisik dan abbot bikin esmosi aja dari kemaren

    Rusia : santai kang beye, bisa di atur, kan kita temen main gundu dan layangan dari tahun 1960-an. Masalah singalaknat dan si abbot anggap aja beres, kalo macam macam tak kirim ICBM (Inter Continental Balistik Missile) langsung ke patung singa dan kota darwin, dijamin roto dengan tanah

    Indonesia: beye: wah baik tenan mas putin, bsk tak suruh anak anak hiu datang ke sana biar lhiat liat hiu baja nya yang udah di-air brush dan di-modif belum mesin dan body nya,…oh iya …tapi mas..biasa ya..kalau jadi aku bayarnya pake kredit eksport lagi kaya waktu beli sukro 2 biji itu

    Rusia:gampang mas.. wah sampeyan kaya bukan orang lama saja, macam pemain baru alias new bie. masih kaku aja sih sama aku….kita kan sobat dari kecil loh.dulu kakek mu mbah sukarno aku bungkusin wishkey 12 biji masa lupa..bole utang lagi

    Indonesia: beye” oh maaf lupa, mass, maklum kita udah tua, yo wis besok langsung berangkat ke kampung mas putin

    Rusia
    : siap…gitu donk…tak tunggu yoo..besok tak suruh jemput Elizavetta Blesnova sekretaris ku buat sambut anak hiu yg mau main main ke sini.. sudah ku siap kan 2 biji nanti buat dibawa pulang hiu nya, biar nemenin yang dulu tahun 2007 itu yg tipe hiu 636,

    Indonesia: beye: oh matur nuhun sangat mas…terima kasih…sampeyan emang temen sejati kaya iklan rokok itu loh…jgn lupa nanti titipin brosur su35bm ya…aku minat beli juga

    Rusia: putin: siap kang beye..bisa diatur, nanti sekalian tetet oetet aku kasih juga. wis salam ya ..makasih banyak juga.

  18. Alamat tidur nyenyak malam ini hoooaammmmm….. Moga2 nnti pulang nya bawa borei 4biji beserta isi nya cruiser 4biji beserta isi nya distroyer 4biji beserta isi nya n su35s 1ska su34 beserta pensil nya ngareeeepppppepepppppp sangaaaa..ddd..

  19. Kasian mbah bowo cita cita nya tak kesampaian…. Sabarrrr mbahh…

  20. thn 2003 masa penjajakan.thn 2007 order n delivery. info bocor thn 2009. 2014 show of force session 1, muncullah 877 dkk. jd perkiraan thn 2020 yg muncul it typhoon/akula it pun msh bs yg dtg malah 885 n namanya 4xx Ahmad yani.bukan Ahmad yasen . he he he

  21. Slava Class

  22. jadi kapan nih pengumuman resminya soal kapal silem ?

  23. Gak ketinggalan 2 kapal induk bakalan dibeli, plus destroyer dan penjelajah buat ngawal.

  24. amin 3x..

  25. yaah itulah kehebatan militer kita, ada banyak udang dibalik batu..:D. smua inj dilakukan untuk mengecoh intel asing yg sangat activ mecuri2 data kemampuan militer kita. makanya klw WAR terjadi dengan negara manapun sekarang bisa muncul tiba2 senjata2 supervisior bahkan Nuklir pun bisa muncul ke permukaan..:D.hehehe

 Leave a Reply