Nov 142018
 

ilustrasi: KRI Nagapasha (Β© TNI AL )

Surabaya, Jakartagreater.com – Asisten Operasi Pangkoarmada II Kolonel Laut (P) Sawa, S.E., M.M., mewakili Asisten Operasi Kasal Laksamana Muda TNI Didik Setiyono, S.E., M.M., membuka latihan Simulated Submarine Casualty Execise (SMASHEX) 2018, mulai tanggal 13 s.d 15 November 2018, pada Selasa 13-11-2018 di gedung Candrasa Mako Koarmada II. Surabaya.

Dalam sambutan Asops Kasal yang dibacakan Asops Pangkoarmada II menyampaikan suatu kehormatan bagi TNI AL khususnya Koarmada II menjamu kedatangan delegasi Amerika di Markas Koarmada 2.

Asops Kasal menerangkan bahwa kerjasama internasional antara TNI AL dan US Navy merupakan refleksi dari hubungan yang baik yang menghasilkan hubungan kerjasama yang baik antara TNI AL dan US Navy.

TNI AL & US Navy Latihan Penyelamatan Kapal Selam

Smashex dan Submarines Staff Talk yang dilaksanakan saat ini merupakan latihan bersama yang berfokus pada pencarian dan penyelamatan kapal selam yang berdasar pada misi kemanusiaan, yang ditujukan untuk misi penyelamatan personil pada kapal selam yang berada dalam kondisi bahaya.

Oleh karena itu maksud latihan ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan tentang operasi SAR kapal selam. Selain itu, tujuan latihan ini juga untuk memajukan kerjasama internasional antara TNI AL dengan US Navy.

Asops Kasal menegaskan, adapun syarat untuk melakukan operasi penyelamatan dari kerusakan kapal selam, yang pastinya akan melibatkan fasilitas dan aset negara yang lain, dalam hal ini US Navy sebagai partner latihan bersama ini.

Diakhir amanatnya Asops Kasal meminta kepada seluruh peserta latihan dari kedua negara untuk berpartisipasi maksimal, serius, dan megikuti seluruh standar prosedur operasi sehingga semua tahap latihan ini berjalan dengan mulus dan sesuai harapan.

(Dispen Koarmada II).

Bagikan:

  33 Responses to “TNI AL & US Navy Latihan Penyelamatan Kapal Selam”

  1.  

    Smashex dan Submarines Staff Talk latihan bersama yang berfokus pada pencarian dan penyelamatan kapal selam yang berdasar pada misi kemanusiaan, yang ditujukan untuk misi penyelamatan personil pada kapal selam yang berada dalam kondisi bahaya.

    Kedekatan USA DG INDONESIA APAKAH SEMAKIN MEMPERKUAT INDONESIA ATAU MELEMAHKAN INDONESIA DI DUNIA INTERNASIONAL….. Hemm….. TIDAK KU DUGA

    •  

      Xixixi…emang napa bang kok ngak bisa diduga…???
      πŸ˜€

    •  

      Kedekatan usa dan indonesia apakah akan diperkuat atau diperlemah…?
      Yang jadi pertanyaan nya mengapa bisa diperkuat dan mengapa juga bisa diperlemah…???
      Tidak ada sebuah bangsa besar akan menguat karna faktor dari luar atau exsternal…camkan itu…!!!
      Kecuali bangsa kerdil hanya mengalkan bangsa lain nya dalam kelangsungan berbangsa nya…dan itu banyak…apa kita golongan dari bangsa tersebut…??? Bila iya…yaa sebaiknya mulai ikut kutub negara besar lain nya. ..saya rasa bukan hanya usa butuh dipijat kaki dan bokong nya rusia cina juga mengharapkan nya…tingal memilih seperti harapan sebagian besar warga dimari….disini….kan gitu…!!!

      •  

        pola fikir anda sangat tingggi…

        Ploduk usa di gunakan HANYA saat melawan CHINA
        sedang musuh kita apakah CHINA ???

        USA tidak mengizinkan peralatan mereka untuk menginvasi SEKUTU atau SAHABAT USA misal SINGAPORUN dan OSTALLILI (FPDA) yg nyata sekali musuh besar bangsa ini, melawan sanksi nya EMBARGO…dll

        jangankan di gunakan untuk perang melawan FPDA di gunakan untuk menumpas OPM pun gak boleh

        HAHAHA… mAAF sayakan NEWbe……

        •  

          Semua sama bung bila kita berlawanan dalam kepentingan baik usa,,,rusia maupun cina atau bahkan malonsia…akan mendapat peringatan atau bahkan tindakan keras…jadi tingal kita mulai berpikir…apa kita akan selalu tergantung pada asieng baik sista atau yang lainya…jadi semua ada pada pilihan tersebut…maka kata mandiri adalah hal mutlak sebelum kata yang berbau spektakuler lainya…!!!

      •  

        Pola fikir anda sangat tingggi. Ploduk usa di gunakan HANYA saat melawan CHINA sedang musuh kita apakah CHINA ???

        USA tidak mengizinkan peralatan mereka untuk menginvasi SEKUTU atau SAHABAT USA misal SINGAPORUN dan OSTALLILI (FPDA) yg nyata sekali musuh besar bangsa ini, melawan sanksi nya EMBARGO…dll

        jangankan di gunakan untuk perang melawan FPDA di gunakan untuk menumpas OPM pun gak boleh

        HAHAHA… mAAF sayakan NEWbe……

  2.  

    Selama “tidak ada rahasia diantara kita” posisi alutsista kita selalu lemah dihadapan mama merica, hubungan kerjasama dan latihan bersama selalu dimanfaatkan untuk menganalisis dan mengevaluasi sejauh mana kemampuan Indonesia

    •  

      Yang jadi pertanyaan nya mengapa ada rahasia…atau mungkin huha merahasikan jenis kelamin gandanya…!!!
      πŸ‘Ώ πŸ˜‰ πŸ˜€

    •  

      mari bicara dugaan ???

      dalam teori ada kemungkinan RUMUS ALAMIAH dipakai untuk mencermati DUDUK persolan dan HASIL SIMPOSIUM dari analisa.. itu jika kita di berikan IQ yg baik untuk menjawab

      kedudukan kata RAHASIA adalah UMUM dan itu identik dengan TUJUAN. namun apakah anda tahu TUJUAN nya ??? anda pasti tidak bisa menjawab bukan,…. Hemm… SUDAH KU DUGA

      •  

        Jangan terlalu terpaku dengan apa yang ada dalam pemikiran sendiri…cobalah untuk mengikuti jalan dan pola fikir dari apa yang hendak kita pahami,,termasuk keadaan dan waktu serta faktor lain nya baru bisa anda menganallisa suatu yang anda ingin tau kebenaran nya,,,juga lepaskan prasangka yang membuat suram pengamatan anda…kalou bisa anda berpikir tanpa memihak hanya mencari kebenaran semata…mungkin akan anda temukan apa yang anda inginkan…selamat datang dalam dunia analisis bukan menganallisa

      •  

        Jangan terlalu terpaku dengan apa yang ada dalam pemikiran sendiri…cobalah untuk mengikuti jalan dan pola fikir dari apa yang hendak kita pahami,,termasuk keadaan dan waktu serta faktor lain nya baru bisa anda menganallisa suatu yang anda ingin tau kebenaran nya,,,juga lepaskan prasangka yang membuat suram pengamatan anda…kalou bisa anda berpikir tanpa memihak hanya mencari kebenaran semata…mungkin akan anda temukan apa yang anda inginkan…selamat datang dalam dunia analisis bukan menganallisa semata πŸ˜‰ πŸ˜€

        •  

          tapi ingat secangkir kopi juga akan menghadirkan nuasansa lain… saya lebih enak membaca dari mengomentari bung hahahaa……… Sruppp… nikmat kopi sore.

          •  

            Memang benar menonton itu lebih mengasik kan
            …tapi kurang merasakan gimana nikmat nya memutar otak hingga 180Β°{derajat)dan bersosialisasi tanpa pandang derajat dan status sosial…mungkin kita tidak tau dengan siapa kita bicara,,,itu mungkin akan lebih lepas tanpa beban…coba kalou ketemuan atau bicara secara langsung…yang kecil malu diri yang besar lupa diri…jadi lebih tidak jujur dalam mengeluarkan argumen dan unek unek….!!!
            Saya dulu juga waktu belajar komen…ada rasa malu ada juga rasa minder…tapi dengan seiring waktu toh manusia akan mendapat pelajaran dan pengalaman asal mau membuka hati dan fikiran…!!!
            Dan jangan terlalu diambil hati setiap argumen orang lain…tapi mungkin lebih baik dicermati dan dikaji…agar memperkaya pengetahuan diri sendiri…!!!

    •  

      Ya memang alutsista kita lemah, mau beli Su 35 aja diganggu amerikana dan fansboy nya, apalagi jika kita beli S300 atau S400 apa tidak lebih menganggu lagi? Kalau soal personil tentara dari 2 Matra kita itu lebih strong ketimbang tentara amerikana

      😎

  3.  

    Misi pencarian kapal selam,,,,,,,buat cari sonar yang pas ya amrik untuk changbogo improved wkwjwjw licik bin koret

  4.  

    Selama tak ada rahasia ?

    Gimana mau nyembunyiin sesuatu yg gede kalo 24 jam sehari 365 hari dalam setahun, satelit Amrik terus mengawasi kita.

    Coast guard kita niru Coast Guard Amrik.
    Army kita niru Army Amrik.
    Air defence system kita niru Amrik.
    Dan lain-lain juga niru Amrik.

    •  

      Loe sekali muncul kok gak tau pria yg dirahasiakn aming lee, mungkin msh dirahasiaknnya karna tdk akui, oleh karna itu dirahasiaknnya, jk tdk demikian? Bisa rusak citaΒ² aming lee, karna tdk diakui, oleh krna itu dirahasiaknnya sambil menunggu keluarga & istri sipria tdk ada lg kallee
      πŸ˜† πŸ˜†

    •  

      Oooh tak terbercik oleh daku…begitu banyaknya yang kita kopi paste dari usa,,,apakah selama ini kita bayar royalti atau hak cipta…???
      Menurut saya sih bukan niru kali bang…cuma terinsprirasi saja kali…toh tentara dan kesatuan nya didunia ini hampir semua sama…lalu dimana ada yang mengklaim satu niru yang lain…!!!
      Masalah satelit itu lain lagi bang…semua bisa dikamuflase kan…dan tidak mesti satelit merekam secara detil dengan cakupan wilayah yang luas…dalam artian satelit harus punya kordinat wilayah yang akan dipantau secara realtime…dan itu fokus wilayah tersebut terbatas…kalou tak terbatas mungkin nasa bisa ngaku malaikat Γ— bung…!!!

  5.  

    Gue kira loe dah baikan haa tau nya masih sakit…apa kemarenan nya engak berobat…?!?!?

 Leave a Reply