TNI Ambil Alih Pengamanan Jokowi

Latihan Paspampres sebelum terjun ke KTT APEC 2013, Bali
Latihan Paspampres sebelum terjun ke KTT APEC 2013, Bali

Jakarta – Pengamanan terhadap capres dan cawapres terpilih, Joko Widodo (Jokowi) dan Jusuf Kalla (JK) beralih dari Polri ke TNI. Panglima TNI Jenderal Moeldoko mengatakan, Sabtu ini pihaknya menerima tanggung jawab untuk menjaga presiden terpilih, Jokowi-JK, dari Komisi Pemilihan Umum (KPU).

“KPU siang ini serah terima pengamanan VIP (very important person), pengamanan yang sebelumnya polisi, diambil alih TNI,” kata Jenderal Moeldoko dalam konferensi pers bersama Menko Polhukam di Kantor Kemenko Polhukam Jakarta, Jumat (22/8).

Lebih lanjut, Panglima TNI mengatakan, pihaknya juga telah mengkomunikasikan soal pengamanan tersebut dengan Presiden Terpilih Joko Widodo. “Kepada Pak Jokowi sudah dan memahami, kepada wakil presiden yang belum komunikasi,” jelasnya.

“Jumlah kendaraan pengamanan ada 7 mobil, 3 motor, jumlah personel 37 orang. Baik capres dan wapres. Hari ini akan diserahterimakan,” tegasnya.

Paspampres unjuk kemampuan di Monas Jakarta
Paspampres unjuk kemampuan di Monas Jakarta

Seperti diketahui, Jokowi-JK telah ditetapkan KPU RI menjadi presiden dan wapres terpilih, kemudian dikuatkan oleh hasil putusan Mahkamah Konstitusi (MK), Kamis (21/8) kemarin.

Maka sesuai Kepres No. 31 Tahun 2004 Tentang Pengamanan dan Pengawalan Capres dan Cawapres Terpilih, pengamanan dan pengawalan tersebut beralih dari Polri kepada Paspampres. (merdeka.com).

Selamat Menjalankan Tugas Pak Joko Widodo danĀ  Jusuf Kalla.

Tinggalkan komentar