Oct 312016
 

TNI Angkatan Darat telah melakukan uji coba Rudal Mistral pada beberapa waktu lalu. Mistral Atlas (Advance Twin Launcher Anti Air Strike) merupakan rudal pertahanan udara dengan rentang jarak dekat atau very short range air defence weapon system (VSHORAD).

Mistral Atlas (inert). (defence.pk/pr1v4t33r)

Mistral Atlas (inert). (defence.pk/pr1v4t33r)

tni-angkatan-darat-lakukan-uji-coba-rudal-mistral-atlas-2

Truck Unimog sebagai control room dalam uji coba Mistral Atlas MBDA TNI Angkatan Darat. (defence.pk/pr1v4t33r)

Truck Unimog sebagai control room dalam uji coba Mistral Atlas MBDA TNI Angkatan Darat. (defence.pk/pr1v4t33r)

tni-angkatan-darat-lakukan-uji-coba-rudal-mistral-atlas-4

Uji coba Mistral Atlas TNI Angkatan Darat. (defence.pk/pr1v4t33r)

Uji coba Mistral Atlas TNI Angkatan Darat. (defence.pk/pr1v4t33r)

tni-angkatan-darat-lakukan-uji-coba-rudal-mistral-atlas-6

Rudal Mistral memiliki panjang rudal 1,86 m, diameter 90 mm, dan berat 19,7 kg. Rudal ini memiliki kecepatan 800 m / detik atau setara dengan 2.6 mach (high supersonic). Rudal ini mampu melakukan intersep pada jarak maksimum 6,5 km dan minimal pada 500 m.

Sumber: LancerCell.com

Bagikan :

  58 Responses to “TNI Angkatan Darat Lakukan Uji Coba Rudal Mistral Atlas”

  1.  

    lah kirain yang diujicoba mistral hehehe

  2.  

    The best

    •  

      The best apa? Standard itu …tidak Ada istimewa nya ….
      Lagipula koleksi VSHORAD nya belum lengkap ….
      Masih kepingin Beli lagi …
      RBS ….QW 3…mistral ….Chiron …
      Igla belum ..
      Kalau sudah lengkap ..
      Merasa sudah punya semua …
      Baru mikir wacana penjajakan rencana mau akan beli SAM Jarak sedang …

  3.  

    Ck ck ck ……….. Rudal Very SHORAD, ………… !!! ( edisi ngelus jidad )

    •  

      Ada very bung…. padahal udah short range air, Kok lha depanya ada ‘VERY’
      Berapa sih jangkaunya????

      •  

        @kawan lama

        V-shorad gini penggolongan utk rudal portable dan manpads…jarak temboknya dibawah 10 km dan bisa ditembakkan scr mandiri tanpa dipandu pasokan data sasaran oleh radar (kalo dibantu radar, lebih baik lagi)

        Kalo Shorad penggolongan rudal yang jangkauan dibawah 25 km dan pengoperasiannya dikendalikan dg fire control radar atau surveillanse radar.

        Tapi angka2 tsb diatas bukan angka mati…suatu saat ada teknologi propelan yang lebih ringan tapi jangkauannya meningkat, maka acuan td bisa bergeser juga

  4.  

    Itu selepetan nya kurang gede. Keburu di tembak rudal pespur musuh duluan itu mah sebelum nembak ..
    Kasih BUK-M2E skalian biar nyelepet nya lebih jauh jarak nya ..
    Siapa tau om putin mau kasih diskon klw beli nya paketan sama s-300 nya wkwkwkwk ..
    Ngarepp lagi aja ini mah

  5.  

    Tni yang kek kek gni aja rudalny..buat nembak kecubung pas bgt tu…g malu apa ma ngara laen tailand aja vietnam dah pake SAM..

  6.  

    Tni yg kek kek gni aja terus di pamer..emang pas bgt sih buat nembak kecubung..g malu apa org pamer SAM kaya tailand ma vietnam.

  7.  

    Penulisan yg benar adalah mach 2,6.

    •  

      Nanti pemerintah akan punya solusi menjijikkan untuk konpensasi jarak tembak. Salah satunys membawa VSHORAD menggunakan pesawat CN ke ketinggian 6000 m. Salah satu anggota TNI nonggol dari jendela sambil nembakin rudal panggul. Jadilah kita punya rudal dengan jarak tembak 6000 + 6500 = 12500 meter.

      •  

        hahaha … keren setengah dunia bung , rudalnya nembakin musti keluar kepala sang operator dulu ….

        bisa jadi ini yang pertam kali di dunia dan terakhir ….

    •  

      Waaww akhirnya kata-kata sakti dari jeng rini keluar juga

  8.  

    Kita sangat butuh minimal MeRAD ga hanya SHORAD melulu . .

  9.  

    ya bu guru…

    xixixi….

  10.  

    rudal pangul hanya efektip untuk menembak pesawat yg terbang rendah dan posisi low speed artinya jika ada pesawat tempur dengan posisi terbang tingi dan dalam kecepatan tingi akan susah di tembak dengan rudal pangul,karena butuh beberapa menit untuk menyiapkan nya.berbeda dengan rudal berbasis SAM dengan radar aktip dan siap tembak. jarak 6,5km itu apakah jarak tembak atau jarak tertingi pesawat musuh yg bisa di hajar atau itu merupakan jarak maximal terbang rudal nya.

    •  

      maksutnya nih rudak sakti banget bung ( jangan salah ) ketika pesawat lewat akan di uber sejadi jadinya / sekenanya , bila tetep ga kena alias pesawat ngacir aja dia akan balik menyerang daratan apa saja …. kl ada tank bisa disasar , orang tiarap pun juga di sasar …

      nah gitu jadinya arti rudal smart ….

    •  

      @pemikir keras

      Lha itu truck unimog-control roomnya kan punya radar utk mendeteksi/memberi peringatan dini bagi petembak rudalnya….jadi masih cukup wkt untuk persiapan. biasanya yang jd sasaran sih pesawat yang terbang rendah…yang lg melakukan CAS(keloas air support) atau heli yang ketinggian terbangnya terbatas.

      Rudal ini jg punya fitur fire&forget…sekali sasaran sdh dilock, petembak bisa lsg menembak dan rudal akan lsg mencari sasarannya sendiri tanpa harus dikendalikan oleh petembak, dan segera setelahnya petembak bisa membidik sasarn lain Tidak spt rbs-70 atau starstreak yang petembakknya harus mengendalikan rudal sampai mengenai sasaran atau malah sasarannya meleset.

      •  

        @uling putih

        Berarti rudal C-705 kemarin termasuk rudal fire&forget ya bung…?

        Kalo ditembakkan tapi gagal, gak usah dipikirin…wkwkwkwk

        Iya gak usah dipikirin…langsung ganti aja C-705nya sama yang paten

  11.  

    Hmmm SHORAD…

  12.  

    pertempuran sulit di.prediksi …mencegah lebih baik daripada tdk sama sekli…fungsiny digunakan saat semua sistem radar utama lumpuh…kasus seperti perang dunia ke 2 saat inggris di bombing oleh jerman…makanya kenapa di pake angkatan darat karena pertahanan utamanya lumpuh..bila perang berlarut senjata ini bisa di mobilitas…senjata ini di sesuaikan dg konsep / taktiknya bila musuh mask baru di hantam…lain dg S 300 rusia..musuh blum masuk udh di hantam..bagaimana nnti kata dunia…akhirnya indonesia mnjadi sebuah ancaman bagi kawasan …padahal indonesia negara cinta dmai..Hanya pendapatku saja..

  13.  

    saat ini kita mampunya cuma beli yg ginian, kasihan juga TNI ya kalau harus ngintap ngintip melulu, duduk jagain rudal sambil kehujanan dan kepanasan mau pakai payung koq lucu, musuh yang ditunggu gak kunjung datang eh gak tahunya yang datang cuma rudal pesawatnya sudah ngacir lagi gak tahu kemana…..repot banget ya, sistem early warningnya gimana nih rudal, aduh nggak kebayang dah….maaf

    •  

      @kabereje

      Ealah mas….kayaknya sampeyan itu sudah senior disini kok pertanyaannya masih begitu?

      Lha itu truck unimognya-mobile control kan bawa radar sbg peringatan dini ketika pesawat masih jauh dr jangkauan tembak rudal mistral…..

      •  

        ah itu dia maksud saya bung, radarnya nya bisa endus dari jauh kenapa gak ni rudal bisa jauh juga terbangnya, jarak tembak 5 – 10 km tu buat pesawat tempur paling 3 s/d 4 detik, operator baru duduk nyalakan sistem sudah lewat tu pesawat, dah bagus kalau gak ketarget sama pesawat ni radar, bukan menyepelekan arsenal TNI, kita harus bangga dan dukung ni barang dibeli pakai uang kita juga….bagus ni senjata dari pada gak punya

  14.  

    test….

  15.  

    Masih berkutat dg vshorad, sedih…

  16.  

    lumayan buat perang gerilya,. cuma rudal itu aja tetangga ga berani main nylonong apa lg sekelas S..?! biasanya tetangga lebih tau kekuatan sebenarnya suatu negara drpd rakyatnya negara itu sendiri. kita menganggap hanya rudal sekels itu yg kita punya, tp tetangga lebih yakin bahwa kita memiliki rudal pertahanan yg lbih gede tentunya..

  17.  

    Test

  18.  

    mungkin Rudal Mistral Atlas cocok buat targetin helikopter..

    mohon penjelasan nya?
    ane kurang paham.
    🙂

  19.  

    Rudal cilik, musuh ga bakalan takut, klo beli alutsista itu dipilih2 dong, jgn asal maen comot sana comot sini, hasilnya apaan? Rudal jarak dekat yg cara kerjanya konvensional bgt…rudal kok digendong..emang bakul jamu apa digendong..??..aneh bgt…

  20.  

    Apakah tipe ini bisa digunakan sebagai penangkis rudal? Misal rudal kalibr, brahmos, tomahawk.

    Mungkin bisa, ditambah doa.

    •  

      Bisa Om…makanya dibanyakin shoradnya…yg gunanya utk melindungi yg medium2…sedangkan yg medium2 gunanya untuk melindungi yg long…anggap saja kita disalvo hujan rudal..kalo sebagian lolos dari yg long…dihajar medium…masih ada yg lolos lagi dihajar shorad…hanya jaraknya semakin dekat…kalo lolos lagi…tinggal gun(oerlikon dan kawan2)..disini kayaknya TNI berbicara kita dihujani 100 rudal..tidak 10-20…misal juga kita diserang seperti Yaman 100 pespur secara continue..tidak semua bisa dihajar yg long..dan menurut saya semua penangkis rudal harus bisa reloadnya minimal sampai 3x…lha negara mana yg mau membolehkan kita menstock reloadnya atau TOT reloadnya..kalo pemecatnya ya cukup itu saja…itu juga kendala

    •  

      @sigma lover

      Bisak….tapi yang kecepatannya subsonic spt tomahawk dan kaliber !!

      Lebih ideal lagi unit tembak mistral didampingi mobile command-control radar (yang dalam gambar dimuat dlm truck unimog) yang memberi peringatan dini adanya pespur atau rudal yang datang mendekat…sshg petembak memiliki persiapan yang memadai utk mengcounter serangan

  21.  

    Rudal untuk nembak drone karena sekarang jamannya drone dipakai perang.

  22.  

    Ada yang tau….TKP nya dimana nih?

  23.  

    Kah kah kah…

    Baguslah dari pada pakai keris dan bambu runcing…kah kah kah

    Industri Perakitan kapal dan pesawat indonesia dalam 20 th ini takde peroleh kemajuan signifikan.

  24.  

    Teesst…

  25.  

    Setiap senjata punya peruntukan, bahkan prajurit juga dilatih beladiri tangan kosong. Setiap medan tempur punya karakteristik yang berbeda ada saatnya granat bisa menghancurkan pesawat dipangkalan. Jangan biasakan mempermalukan diri sendiri dengan komentar tanpa pemahaman yang cukup. TNI sangat berpengalaman dan tahu tahapan apa yang harus dilalui,,,,orang awam tidak tahu atau sangat tidak tahu strategi apa yang dipakai oleh TNI.

  26.  

    rudal ngene.. capek deh

  27.  

    ada ..kegunaan masing2..liat di surih dan irak kurang apa..coba bukan.y d belakang negara segala bentuk senjata tp nyata.y ga..selesai2..mikir2…

  28.  

    yg terbaik aja untuk negara ini, meski untuk rudal jarak sedang dan jauh nampaknya kt msh harus bersabar lg

  29.  

    saya kira kapal lhd mistral milik tni melekukan uji coba rudal, ternyata salah paham.

  30.  

    vshorad lagi…………….

  31.  

    hadeuuh….rudal kaya gini ga ada efek gentarnya… knp rudal SAM jarak sedang-jauh ga jd prioritas utama pada MEF 2 ya…? padahal payung udara kan penting bgt…

  32.  

    Sudah waktu nya punya missile SAM Jarak sedang Dan jauh ….
    Tidak bisa Terus2an mengandalkan missile Seperti ini …

  33.  

    wooii.. ini ngomongin punya nya angkatan darat. wajar mereka pakai vshorad. utk kelas merad nanti baru kudu di serahkan ke angkatan udara.

    kebanyakan asal mbacot aja sekarang warjager yg baru2.

 Leave a Reply