TNI Angkatan Laut Mendapat Tiga Kapal Landing Ship Tank Baru

51
13444
KRI Teluk Penyu-513 sandar di Pelabuhan Dwikora, Pontianak. KRI Teluk Penyu-513 merupakan jenis kapal pendarat atau Landing Ship Tank (LST) kelas Tacoma. (Dispenal)

Panglima Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil), Laksamana Muda (Laksda) Aan Kurnia, mengatakan bahwa pihaknya telah mempersiapkan sebanyak tiga kapal Landing Ship Tank terbaru di tahun 2016.

“Barusan tadi kami membahas terkait peremajaan Alat Utama Sistem Pertahanan (Alutsista). Dalam waktu dekat, TNI Angkatan Laut sendiri akan melakukan pengadaan alutsista tambahan, yakni dengan disediakannya tiga kapal baru jenis Landing Ship Tank (LST) untuk tahun ini,” ujar Laksda Aan usai menjadi inspektur upacara HUT ke-55 Kolinlamil di Lapangan Dermaga Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Jumat (1/7).

Laksda Aan menjelaskan bahwa mulai tahun 2017 akan disediakan kapal-kapal baru. Menurutnya, selain kapal jenis LST, TNI Angkatan Laut juga akan melakukan pengadaan jenis kapal Landing Platform Deck (LPD ship). “Tahun depan kita sediakan LPD. Untuk LST-nya nanti digunakan untuk mengangkut armada Tank Leophard. Ini kita lakukan bertahap ya,” katanya.

Sumber: wartakota.tribunnews.com

51 COMMENTS

  1. Sabar bung.. ini saya lagi pusing ngaturnya sebab semua daerah minta leopard, bahkan untuk seskoad juga minta leopard juga, nanti saya atur setiap bulan leopardnya saya geser2 ke setiap komando dan instansii militer biar kebagian pegang semua.

  2. Mungkin setiap Kogabwilhan (saya kok masih berharap Kogabwilhan bisa segera terbentuk, ya). minimal bisa punya 1-2 batalyon Tank serbu dan Air cavalry untuk TNI AD. Jangan sampai Tanknya terpusat di Jawa saja dan baru sibuk digotong kesana-kemari kalau ada perang, karena riskan ditenggalam oleh musuh.

  3. itu kapal karatan dimana-mana, perawatan kapal kita seperti apa sih? Harus ada unit pemeliharaan yang terintegrasi, mulai body kapal hingga persenjataan. Kalau lihat kondisi kapal seperti kurang terawat.

  4. Kalo LST sekelas Teluk Bintuni cuma bisa ngangkut Leo 10 biji..mungkin masih kurang klo cuma nambah 3 biji…..selain itu LPD sekelas Makassar juga harus ditambah karena menurut Panglima Komando Angkutan Laut Militer (Kolinlamil) Laksamana Muda (TNI) Aan Kurnia kapal-kapal yang rencananya dipensiunkan tahun ini adalah:
    LST KRI Teluk Ratai-509 produksi 1944
    KRI Teluk Bone-511 buatan 1944
    KRI Karimata-960 buatan tahun 1964
    KRI Tanjung Nusanive-973 buatan tahun 1983

  5. Seskoad itu sekolah staf dan komando, utk perwira menengah bos, yg akan diarahkan menduduki jabatan letnan kolonel, ngapain lagi turun grade jadi sopir tank, itu urusannya danton tank, kalo seskoad bicaranya sdh taktik dan strategi perang tingkat brigade ke atas, bukan bawa tank lagi, tapi mikir bawanya komputer

  6. LST LST LST… LPD LPD LPD…. walaupun msh kurang tp sudah punya… trs kapan LHD nya…..???? masak lautan seluas itu sama sekali blm punya LHD…. Sutrali yg selalu ehek ehek dg indonesia sdh punya 2… jepang malah bikin LHDnya gede banget… hadeh… telat trs…

LEAVE A REPLY